RILIS ARTIKEL TERBARU :

apakah melakukan backup data penting, cara melakukan backup di android, backup data android, backup data melalui android, backup data dengan recovery

Pernahkah kalian suatu hari menyimpan sebuah data yang kalian anggap penting pada smartphone kalian tetapi entah karena suatu hal data tersebut hilang entah akibat dari smartphone yang menjadi error, kerusakan komponen penyimpan data atau kesalahan lainnya, pasti kalian semua kesal bukan? tetapi disini smartphone kalian tidak bisa disalahkan jadi siapa yang patut disalahkan?

Yang pastinya yang salah adalah kalian sendiri karena kalian tidak membackup data kalian apalagi itu adalah sebuah data yang menurut kalian penting yang seharusnya tetap disimpan dan tidak hilang, lalu kenapa smartphone tidak bisa disalahkan? ya karena dalam smartphone tersebut sudah disediakn fitur untuk melakukan backup data tersebut bisa langsung dari system atau dari aplikasi pihak ketiga.

Mau bagaimanapun smartphone itu adalah sebuah alat elektronik yang rentan rusak dalam artian kerusakan secara internal meliputi kerusakan system, crash bahkan error hingga matot dan kerusakan secara external seperti smartphone kecemplung di air, dihantam meteor bahkan yang lebih ngerinya di injek kuda mau kawin, nah sesuatu hal yang seperti ini tidak bisa kita prediksi dan hampir tidak pernah dapat kita hindari.

Dengan demikian sebuah smartphone tersebut dibuat pasti dengan fitur backup dan restore tersebut, bukan tanpa alasan dibutnya fitur tersebut, melainkan karena untuk mengatasi hal kehilangan data yang tidak di inginkan oleh pengguna karena faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, dan jika data penting yang kalian jaga hilang tanpa kalian backup maka 100% tidak akan kembali lagi data tersebut sampai kapanpun, kecuali jika sebuah telur bisa tumbuh rambut maka kemungkinan data kalian akan kembali secara ajaib hehee.

Lalu bagaimana cara membackup data dari sebuah smartphone ? disini ada beberapa pilihan yaitu adalah membackup data dengan aplikasi pihak ketiga, menggunakan system default atau bahkan menggunakan bantuan recovery yang bisa secara default atau bahkan custom recovery.

1. Menggunakan aplikasi pihak ketiga
Jika kalian ingin membackup sebuah data cara yang lebih praktis memang menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga, kalian bisa mendapatkan aplikasi ini di Playstore mulai dari yang free hingga pro, dan kebanyakan kemampuan aplikasi pihak ketiga ini hanya bisa membackup aplikasi dan beberapa opsi lain seperti backup pesan atau kontak.

2. Menggunakan fitur system default
Dalam menu settings kalian pasti terdapat menu backup and restore yang berguna memang untuk membackup data kalian yang ada dismartphone dan ketika kalian menginginkannya kembali kalian bisa melakukan restore, dan kemampuan backup dari fitur bawaan dari system ini sama seperti aplikasi pihak ketiga yang dapat membackup pengaturan yang dilakukan secara personal, pesan, konytak dan lainnya, cara ini terbilang lebih praktis dari cara pertama karena kalian hanya perlu memakai fitur yang sudah disediakan system secara default

3. Menggunakan bantuan recovery
Dan jika kalian menginginkan backup system secara full kalian perlu melakukan backup dari recovery karena bukan hanya aplikasi, pengaturan, pesan dan kontak yang dapat di backup melakainkan keseluruhan system tersebut berupa ROM, jadi jangan takut kalau data kalian bakal hilang karena kalian hanya perlu melakukan restore dengan memakai recovery lagi dan data kalian bakal kembali lagi plus dengan keadaan system saat kalian melakukan backup pokoknya lebih komplit deh, tetapi cara ini terbilang agak ribet dan memakan size yang besar untuk tiap file backup jadi direkomendasikan memakai kapasitas storage yang berkapasitas besar.

Jika kalian sudah menerapkan salah satu dari cara diatas maka data yang akan kalian lindungi bakal aman dan tidak ada rasa khawatir untuk kehilangan data tersebut, tetapi jika data kalian berada dalam memory eksternal kalian, mungkin kalian bisa menyalin data tersebut ke berbagai media seperi ke PC, Flashdisk bahkan penyimpanan cloud untuk cari amannya, dan semoga artikel kali ini menjadi pembelajaran yang positif bagi kalian agar jangan pernah menganggap sepele data penting yang tidak di backup agar tidak ada penyesalan nantinya.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot