RILIS ARTIKEL TERBARU :


Secara umumnya smartphone keluaran terbaru dari vendor Oppo dengan nama Oppo F1 ini sudah memiliki fitur 4G yang dalam artian device ini sebenarnya sudah bisa berjalan di jaringan dengan frekuensi 4G untuk pemakaian secara globalnya, tetapi hal yang aneh terjadi pada device ini ketika banyak user atau pengguna yang mengeluh karena tidak bisa ber internet cepat dengan menggunakan jaringan 4G yang tidak ada bahkan menu pengaturannya pun tidak ada, meski sim card pada device ini sudah di pasangkan yang mendukung teknologi 4G tersebut.

Alasan paling kuat mengapa fitur 4G ini tidak tersedia pada device ini ada beberapa macam hal yang bisa di katakan masuk akal yaitu adalah :
1. Firmware pada device Oppo F1 ini mengalami bugs.
2. Settingan software yang berimbas pada hardware penangkap sinyal 4G pada device ini tidak maksimal, atau bekerja secara berbeda dari device kebanyakan.
3. Secara default vendor Oppo memang sengaja mematikan fungsi 4G untuk Oppo F1 yang masuk dalam pasar Indonesia.

Baca juga :
Cara mudah Root Oppo F1 tanpa PC

Meski beberapa alasan diatas cukup masuk akal tetapi tidak ada bukti kuat terkait hal tersebut, memang pada kenyataanya beberapa device Oppo F1 ini tidak mendukung fitur 4G secara penuh pada awal pembeliannya, tetapi dengan melakukan beberapa penyesuaian kalian akan bisa mendapatkan jaringan 4G tersebut pada device ini.

Cara untuk mengaktifkan fitur 4G pada Oppo F1 ada 3 cara sebagai berikut :
Cara pertama :
Cara pertama ini adalah cara yang paling ampuh, bahkan bukan hanya ampuh dalam mengaktifkan jaringan 4G manual pada device Oppo saja, melainkan untuk seluruh device Android yang ada saat ini.
1. Masuk kedalam aplikasi dealer lalu tekan *#*#4636#*#*.
2. Pilih Phone Information, jika menggunakan kartu dual SIM pilih yang nomor 1.
3. Scroll kebawah kalian akan melihat menu drop down dengan judul Set prefered network type.
4. Untuk melakukan lock jaringan 4G, silahkan pilih LTE only.
5. Selesai, jika sewaktu reboot jaringan 4G tidak muncul lagi, silahkan ulangi cara diatas kembali untuk mengaktifkan jaringan 4G secara manual.

Baca juga :
Cara unlock bootloader Oppo F1 dengan mudah dan aman

Cara kedua :
1. Pastikan daerah dan SIM card kalian sudah mendukung teknologi 4G
2. Masuk pada menu phone, lalu ketikan code ini di keypad numeric di dial phone Oppo F1 *#3921234#, maka secara otomatis fitur 4G sudah aktif pada device Oppo F1 kalian.
3. Untuk memaksimalkannya silahkan reboot device kalian jika sudah mengaktifkan fitur ini, dan jika masih belum muncul indikator sinyal 4G, masukan code aktifasi 4G kembali.
4. Kemudian masuk menu setting, dan ganti setting preferred network ke pilihan 4G, dengan demikian harusnya fitur 4G sudah aktif sepenuhnya di device Oppo F1 kalian.
5. Selesai


Baca juga :
Cara mudah pasang TWRP pada Oppo F1

Cara ketiga:
Perlu kalian ketahui cara terakhir ini meski terkesan cukup aneh, namun cara ini adalah yang paling ampuh untuk memunculkan 4G di device Oppo F1 kalian, seperti apa caranya:
1. Matikan atau power off device kalian, lepaskan kartu SIM kalian dari device kalian.
2. Booting atau hidupkan device kalian tanpa menggunakan kartu SIM card.
3. Setelah hidup, segera akses *#*#4636#*#* pada dial pad aplikasi phone kalian.
4. Lalu silahkan konfigurasi dulu prefered network typenya ke LTE Only, jika sudah dalam keadaan hidup dan tetap berada pada menu phone information, silahkan masukan SIM card kalian.
5. Jika masih belum berubah ke 4G, silahkan choose prefered network typenya ke LTE Only lagi, dan di pastikan device kalian akan segera berada pada jaringan 4G.
6. Selesai, perlu kalian ketahui jaringan 4G akan hilang setelah reboot, untuk memunculkannya lagi silahkan ulangi dari langkah pertama lagi.

Dengan demikian produk Oppo F1 bukanlah device yang cacat atau jelek, hanya saja kemungkinan sedang ada masalah pada jenis firmware yang tertanam pada device ini, dan yakin saja vendor Oppo akan memberikan perbaikan firmware pada update selanjutnya nanti, semoga berhasil.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot