RILIS ARTIKEL TERBARU :

Blue Screen Android, Cara atasi Blue Screen di Android, Muncul Blue Screen di Smartphone Android, Smartphone Android muncul layar warna biru, kenapa Android bisa Blue Screen, Cara agar Smartphone Android tidak Blue Screen

Siapa yang bilang hanya PC atau Laptop saja yang bisa mengalami masalah Blue Screen? nyatanya Android pun juga mengalami hal serupa, namun, kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Biasanya terjadi pada smartphone yang di pasangi Custom ROM atau Custom Kernel saja, sebelum itu kalian harus tahu dulu mengapa masalah Blue Screen ini dapat terjadi.

Umumnya masalah Blue Screen terjadi karena adanya crash pada hardware smartphone kalian, dan masalah paling sering itu terjadi pada RAM, Processor dan juga Internal Memory smartphone Android.

Penyebabnya adalah yang paling utama karena settingan dari konfigurasi RAM, Processor atau Internal memory tersebut salah, atau bisa jadi karena kasus Overclock.

Dengan alasan tersebut, maka benar saja faktanya kasus seperti ini hanya sering terjadi pada device yang di pasangi Custom ROM atau Custom Kernel, tetapi hal seperti ini bisa juga muncul pada jenis firmware pabrikan.


Cara atasi masalah Blue Screen di Android


Ciri-ciri utama masalah Blue Screen Android ini adalah sudah tentu layar akan menjadi biru dan muncul banyak tulisan, termasuk informasi komponen yang Crash, solusinya? ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan yaitu adalah :


Biarkan saja


Ya, Biarkan saja, jika kasus Blue Screen ini hanya muncul satu atau dua kali saja, maka kalian tidak perlu khwatir, karena pasalnya terjadi Crash pada sebuah hardware itu sudah menjadi hal yang wajar.

Lain lagi jika kasus Blue Screen ini muncul beberapa kali dalam sehari, maka kalian harus lebih serius menanggapi hal tersebut, umumnya jika kalian mengalami Blue Screen, maka device kalian akan reboot dengan sendirinya, jika sudah reboot, biarkan saja.


Ganti Custom ROM dan Kernel


Jika masalah Blue Screen datang dari 2 hal yaitu gara-gara memasangkan Custom ROM dan Custom Kernel, maka solusinya kalian perlu mengganti Custom ROM dan Kernel ke versi yang stable atau yang lebih terpercaya.

Karena faktanya di luar sana banyak sekali pengembang pihak ke-3 yang jika melakukan build Custom ROM dan Kernel, mereka dengan sengaja melakukan Overclock pada settingan pabrikan, jadi wajar jika device kalian menjadi Blue Screen.


Lakukan Flash ke Stock ROM


Jika masalah tidak kunjung usai dengan hanya mengganti Custom ROM dan Kernel, maka kalian perlu melakukan Flash ulang ke Stock Firmware, atau ke jenis Firmware pabrikan, dan masalah Blue Screen ini pasti akan selesai.

Jika kasus Blue Screen ini muncul tanpa kalian melakukan pemasangan Custom ROM maupun Kernel, maka kalian bisa melakukan Flash Ulang dan bisa juga melakukan update pada jenis versi firmware smartphone kalian.

Jika masalah Blue Screen masih saja terjadi ketika kalian sudah mengikuti cara diatas, maka di pastikan ada terjadi kerusakan di hardware smartphone kalian, dan cara penangannya adalah dengan cara di ganti dengan komponen baru, dan ini harus di lakukan oleh tenaga ahli.

Jadi, hal penting yang bisa kalian dapatkan dari artikel ini adalah kalian mesti hati-hati memasangkan Custom ROM atau Kernel pada smartphone kalian, pilih yang sudah teruji, karena kalau kasus Blue Screen ini sering terjadi maka dapat di pastikan lambat laun smartphone kalian akan rusak. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot