RILIS ARTIKEL TERBARU :


Pernahkah kalian merasa kesal akibat aplikasi yang sedang asik kalian mainkan tiba-tiba aplikasi error dan keluar dengan sendirinya?.

Ketika kalian ingin mengambil gambar dari kamera smartphone kalian, lalu tiba-tiba layar smartphone menjadi hitam, dan muncul pemberitahuan "sayangnya..bl..bla..bla..pret..pret" nah itu namanya adalah Force Close.

Biar lebih jelasnya Force Close adalah suatu kasus di mana aplikasi Android crash secara tiba-tiba dan mengeluarkan pesan yang intinya menyuruh untuk keluar dari aplikasi yang sedang crash tersebut, dengan demikian maka kalian tidak punya pilihan lain selain keluar dari aplikasi bersangkutan.


Cara mengatasi Force Close Aplikasi Android


Umumnya Force Close ini hanya berlangsung sementara dan akan pulih dengan sendirinya saat kalian membuka aplikasi bersangkutan.

Namun jika Force Close ini terus-terusan terjadi maka dapat di pastikan ada Crash yang besar pada data aplikasi kalian, cara penangannya pun cukup mudah, silahkan ikuti cara ini :

  1. Silahkan masuk ke aplikasi Settings
  2. Lalu pilih Application, ingat! beda smartphone bisa beda juga penamaan opsi ini, yang pasti akan ada nama "App, Application, Installed Apps, Management Apps, dll"
  3. Setelah masuk pada opsi tersebut, saatnya kalian cari aplikasi bersangkutan, jika aplikasi ini bersifat download (dari PlayStore) cari pada Tab download saja, jika aplikasi yang crash di datang dari System, maka pilih Tab yang All, lalu cari aplikasi bersangkutan dengan melihat nama dan iconnya.
  4. Jika sudah tahap terakhir, kalian buka aplikasi yang bermasalah dan segera lalukan "Clear Data", maka di pastikan aplikasi kalian yang Force Close sebelumnya sudah berhasil di perbaiki.

Berikut adalah contoh kasus yang terjadi pada smartphone Xiaomi, untuk smartphone jenis lainnya cara penyelesaiannya akan cukup mirip seperti ini :

Catatan penting, jika kalian melakukan Claer Data, maka data yang terseimpan pada aplikasi seperti settingan, download content, dan lainnya akan hilang dari smartphone kalian.

Logikanya kalian seperti menggunakan aplikasi baru lagi, tetapi cara ini tidak akan mengganggu data aplikasi yang lain, dan tidak akan pernah bisa menghilangkan password login pada aplikasi yang bersangkutan, lain kasus jika kalian kelupaan password masuk aplikasi tersebut.

Terakhir, cara ini hanya bisa mengatasi masalah Force Close secara umum saja, jika dalam kondisi khusus karena kalian menginstallkan komponen ke system via akses ROOT, ini sudah beda cerita

Penanganannya pun berbeda, jadi silahkan identifikasi dulu masalahnya di mana, jika memang terjadi begitu saja, maka cara diatas akan sangat bisa membantu kalian mengatasi hal tersebut. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot