RILIS ARTIKEL TERBARU :

Apa itu Random Reboot Android, Cara atasi Random Reboot di Android, Kenapa terjadi Random Reboot di Android, Alasan Random Reboot Android, Solusi masalah Random Reboot di Android

Sama seperti layaknya perangkat elekronik pintar seperti PC, smartphone Android juga kerap mengalami berbagai macam masalah, dan masalah yang paling sering di temukan pada smartphone dengan sistem operasi Android adalah Random Reboot.

Benar saja, masalah ini kerap membuat kesal pengguna device Android tersebut, karena biasanya penyakit Random Reboot ini muncul di saat yang tidak tepat dan faktanya masalah ini bisa sangat menggangu kenyamanan pengguna smartphone tersebut.

Lalu apa sih sebenarnya Random Reboot di Android tersebut?

  1. Random Reboot adalah suatu kasus di mana smartphone Restart/Reboot dengan sendirinya, dan masalah ini kerap datang secara tiba-tiba.


Penyebab Random Reboot di Smartphone Android


Setelah kalian tahu apa itu Random Reboot, sebaiknnya kalian ketahui dulu apasih penyebab dari munculnya Random Reboot tersebut :


RAM penuh


Jika kalian pengguna smartphone Android yang "smart" tentu kalian harus tahu berapa jumlah kapasitas RAM (Random access memory) kalian, dan sebanyak apa aplikasi atau game yang bisa kalian buka pada jumlah kapasitas RAM smartphone kalian, karena benar saja.

RAM smartphone Android yang penuh pasti akan menyebabkan smartphone kalian Hang lalu Restart dan terjadilah yang namanya Random Reboot.


Firmware tidak stable


Ya, ini penyebab Random Reboot yang paling sering terjadi, karena masalah ini datang dari firmware yang belum stable yang sedang di gunakan smartphone kalian.

Karena firmware tersebut belum stable maka beberapa pengaturan penting pada device kalian belum di buat balance, sehingga Random Reboot akan sering muncul, karena ketimpangan yang terjadi pada firmware smartphone Android kalian.


Implementasi Customize yang salah


Faktanya hal ini bisa membuat smartphone kalian Random Reboot lho? alasannya? karena kalian sudah membuat settingan pabrikan berbeda pada smartphone Android kalian, maksud dari customize settingan ini seperti, kalian melakukan overclock, melakukan modifikasi kernel, hingga system ROM pada smartphone kalian, dan jika salah maka akan berdampak besar, salah satu masalah yang akan muncul ialah Random Reboot.


Cacat produksi


Kasus ini memang jarang terjadi, tetapi pernah benar-benar terjadi, indikasinya adalah ketika kalian baru membeli smartphone lalu menggunakannya, dan setelah beberapa lama, smartphone kalian Reboot sendiri dalam frekuensi yang cukup sering, dan kalian mengupayakan untuk memperbaikinya dengan cara melakukan Flash ulang dan sebagainya.

Tetapi hasilnya tetap sama, berarti smartphone kalian cacat produksi dan tidak ada cara lain lagi untuk memperbaikinya, selain melakukan claim garansi untuk di gantikan dengan unit baru.

Sebenarnya masih ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan Random Reboot ini, seperti aplikasi Android yang kalian gunakan tidak compatible terhadap OS Android kalian, hingga ada beberapa kerusakan hardware.

Tetapi hal ini jarang terjadi saat ini, dan ke-4 masalah diatas adalah masalah umum yang teramat sangat sering muncul sebagai biang kerok dari kasus Random Reboot tersebut,


Cara atasi masalah Random Reboot di Smartphone Android



Apa itu Random Reboot Android, Cara atasi Random Reboot di Android, Kenapa terjadi Random Reboot di Android, Alasan Random Reboot Android, Solusi masalah Random Reboot di Android


Bersihkan RAM


Artinya kalian harus melakukan pembersihan kepada aplikasi berjalan yang tidak kalian gunakan lagi, hal ini bukan hanya membuat RAM kalian lega.

Tetapi juga bisa membuat konsumsi baterai smartphone kalian lebih irit, dan umumnya tools ini sudah secara default ada pada semua smartphone Android saat ini, jika tidak ada gunakan aplikasi sejenis Clean Master, atau lainnya.


Periksa performa smartphone


Khusus untuk pengguna smartphone baru atau yang baru membeli sebuah smartphone, dalam waktu 3-5 hari kalian harus teliti terhadap smartphone Android yang kalian beli, mengapa? 

Karena pada saat-saat inilah cacat produk pada smartphone kalian akan terlihat, umumnya smartphone Android yang cacat produksi akan memiliki performa yang buruk, dan diikuti dengan Random Reboot.

Jika indikasi demikian muncul, segera lakukan klaim garansi secepat mungkin untuk menghindari hal yang lebih parah dan merugikan di masa akan datang.


Lakukan Full Wipe atau Flash


Jika masalah Random Reboot muncul akibat Firmware atau ROM yang kalian gunakan belum stable, maka solusinya kalian bisa mempertimbangkan untuk melakukan Full Wipe (Factory Reset) bisa melalui Recovery bawaan jika ada, bisa juga menggunakan Custom Recovery seperti TWRP.

Tetapi kami pribadi lebih menyarankan agar kalian melakukan Flash ulang ke firmware atau ROM yang sudah stable, meski kalian harus melakukan downgrade sembari menunggu versi ROM atau Firmware terbaru untuk device kalian di perbaiki atau di update.

Dengan demikian, sudah jelas dan clear rasanya terkait pembahasan Random Reboot pada smartphone Android, hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya ialah menjaga dan memperhatikan kondisi smartphone Android kalian agar kasus Random Reboot ini tidak muncul lagi.

Karena jika tidak kalian perbaiki, maka masalah Random Reboot ini akan berlangsung selama-lamanya pada smartphone Android kalian, tidak ingin hal ini terjadi bukan? maka dari itu segera ambil tindakan dan perbaiki. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot