RILIS ARTIKEL TERBARU :

Nah, pada kesempatan kali ini DaDroidRd akan memberikan sebuah toturial bermanfaat , guna untuk customisasi antar muka UI device android kalian. Sebelumnya apa itu DPI ?
DPI adalah satuan pixel dalam layar device anda dimana diandroid setingan ini kerap di sebut LDPI,MDPI,HDPI,XHDPI,XXHDPI dan seterusnya.

Nah pada kesempatan kali ini DaDroidRd akan memberikan trik bagaimana cara mengubah DPI bawaan dari dari pabrikan dan tentunya akan ada beberapa hal yang cacat dalam pengubahan DPI ini seperti ICON yang menjadi kabur atau blur dan hal kecil lainnya. sebenaranya banyak cara dalam pengaplikasian mengubah DPI ini seperti menggunakan module xposed dan fitur bawaan dari custom rom , tapi disini DaDroidRd akan membuat toturial secara manual untuk mengganti DPI ini dan diharapkan berhasil dalam pengerjaannya.

Tidak tau apa itu XPOSED silahkan baca referensinya DISINI

Baik langsung saja kita bahas toturial ini

1. usahakan device anda harus sudah diroot dan menginstall root explorer atau sejenisnya yang dapat mengganti permission pada file.

2. Kemudian buka root explorer tersebut masuk ke System/ dan cari build.prop kemudian buka dengan menngunakan text viewer sebelumnya ubah dulu permission di system tersebut yang sebelumnya R/O menjadi R/W.

3.Kemudian cari kode ini
(kalau tidak ketemu silahkan buat sendiri kodenya lihat Screenshot letak dan tulisannya)
ro.sf.lcd_density=000
**000 adalah angka DPI device anda seperti 240,320 dan lainnya dan ini yang diganti** 

Sebagai contoh device DaDroidRd adalah xperia L dengan resolusi WVGA maka angka DPInya adalah 240 disini DaDroidRd akan menggantinya menjadi lebih kecil dengan angka 200

Lihat pada screenshot ini.


4.setelah selesai silahkan di save dan di reboot dan lihat hasilnya sebagai contoh lihat perbandingan di device DaDroidRd ini

Sebelum diganti DPI (240)


Sesudah diganti DPI (200)


Nah sudah kelihatan kan hasilnya dan trik ini sudah saya test di berbagai perangkat android dan berhasil di custom rom maupun official rom dari vendor.

kalau ada yang bingung silahkan bertanya di post komentar. terima kasih

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot