RILIS ARTIKEL TERBARU :

Mengenal Spesifikasi Smartphone Android, Arti pada Spesifikasi Android, Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android, Pengertian masing-masing Spesifikasi di Android, Mempelajari Spesifikasi di Smartphone Android

Smartphone memang sudah tidak bisa lagi kita pandang sebagai sebuah alat penunjang yang bersifat Sekunder sekarang ini, lebih kesini Smartphone sudah berevelosi menjadi sebuah alat yang memang menjadi penunjang kebutuhan utama.

Jika kita bandingkan kelasnya, mungkin kegunaan dan fungsi Smartphone sekarang ini sama seperti sebuah alat transportasi individual, seperti motor atau sepeda, memang tidak harus dimiliki.

Tetapi, bagi yang memilikinya, maka kegunaan Smartphone tersebut mungkin akan sama manfaatnya seperti kegunaan dari alat transportasi yang sudah kami sebutkan diatas.

Kenapa tidak? karena sekarang ini dengan hanya bermodalkan Smartphone saja, kalian sudah bisa melakukan banyak hal dengan mudah dan dengan tenaga yang minim, sebut saja seperti Komunikasi dengan jalur pribadi atau grup.

Lalu, dengan Smartphone kalian juga bisa melakukan hal lain untuk kebutuhan hidup kalian, seperti urusan perut, keuangan, asuransi, pulsa, belanja dan kebutuhan utama kita sebagai manusia lainnya, memang bisa dipermudah dengan adanya sebuah Smartphone tersebut.

Jika, kita berbicara terkait Smartphone mana yang paling banyak penggunaanya sekarang ini, maka jawabannya sudah pasti adalah Smartphone Android!

Tetapi, pada faktanya sekarang ini bukan hanya Smartphone Android saja yang bisa kalian miliki, melainkan masih ada Smartphone dengan OS lain yang bisa kalian beli, sebut saja seperti rival abadi Smartphone Android, yaitu adalah Smartphone iOS dari Apple.

Lalu, ada juga Smartphone berbasis OS Tizen, Jola dan lainnya, tetapi dari semua jenis Smartphone tersebut, pada faktanya Smartphone yang paling mendominasi sekarang ini, ya memang hanya Smartphone Android saja.

Kenapa demikian? dengan alasan Smartphone Android itu mampu hadir dalam semua Segmentasi level pasar, baik itu kelas paling bawah yaitu Entry-level hingga kelas atas yaitu High-end, kalian bisa dengan mudah menemukan variasi dari Smartphone Android dari kelas tersebut.

Berbeda dengan Smartphone dari Apple, yang pada kenyataannya memang hanya berada dan bermain di level kelas High-end saja, sehingga dengan kondisi tersebut, maka wajar jika Smartphone Android bisa melakukan Dominasi dari dulu hingga sekarang.

Terlebih lagi, dalam dunia Smartphone Android tersebut, ada banyak Brand atau pemain hebat yang juga ikut ambil bagian, sebut saja seperti Samsung, Sony, LG, Huawei, Asus dan lainnya.

Dengan adanya pengaruh Brand besar tersebut, maka tidak mengherankan jika sekarang ini banyak sekali bermunculan Smartphone Android dengan jenis Inovasi yang variatif dan terkesan sangat mutakhir.

Lalu, jika dari perspektif pembeli atau calon pembeli bagaimana?

Nah, tentu saja akan sangat membingungkan untuk bisa mencari Smartphone Android terbaik dari beragam jenis Smartphone Android yang bisa kalian pilih dari pasar sekarang ini.

Apalagi, jika kalian adalah seorang yang awam, maka untuk bisa menemukan atau membeli sebuah Smartphone Android terbaik dengan budget yang dimiliki pasti akan sulit dilakukan, jika tidak tahu tolak ukur dan indikatornya.

Lalu, apa sih tolak ukur dan indikator value (Nilai) dari sebuah Smartphone Android tersebut? maka jawabannya adalah 2 hal ini :

  • Harga
  • Spesifikasi

Jika, terkait harga maka sudah jelas, ada harga ada kualitas, tetapi jika dari Perspektif Spesifikasi? maka disini kalian bisa akan lebih banyak diuntungkan.

Karena ada beberapa kondisi dimana ada sebuah Smartphone Android dengan Spesifikasi yang lebih bagus, tetapi dijual dengan harga yang lebih rendah, dari Smartphone Android dengan Spesifikasi yang lebih rendah, tetapi dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait masalah kunci kepuasan pembeli dalam sebuah Smartphone Android yang akan mereka beli dari Budget yang sudah disiapkan, karena kunci kepuasan ada di Spesifikasi Smartphone Android tersebut.


Apa pentingnya Spesifikasi di Smartphone Android?


Jika, dulunya kalian hanya mementingkan sebuah Brand dan tidak mau tahu terkait Spesifikasi yang ada didalamnya, maka mungkin cara pandang kalian harus diubah dulu.

Karena, bagi kami pribadi, masa bodoh dengan yang namanya Brand, asalkan Spesifikasi dari Smartphone Android tersebut baik dan terbaik jika dilihat dari Valuenya, maka sudah pasti Smartphone Android tersebut akan kami beli.

Alasan yang mendasari dari kondisi ini adalah karena disini yang dipertaruhkan adalah uang yang kalian kumpulkan, untuk membeli sebuah Smartphone Android baru, yang pasti saja kalian ingin sebuah Smartphone Android paling terbaik dengan Budget yang bisa kalian jangkau.

Namun, jika kalian adalah seorang Fanboy atau seorang yang sudah cinta mati dengan sebuah Brand tertentu, maka tidak salah juga sebenarnya dan bahasan dibawah ini masih tetap akan bermanfaat untuk kalian.

Karena disini kami akan mengartikan semua hal terkait yang ada dalam sebuah Spesifikasi didalam suatu Smartphone Android tersebut.

Lalu, jika kalian bertanya, apa pentingnya Spesifikasi tersebut untuk diketahui? maka jawabannya akan sangat penting sekali, karena Spesifikasi akan berkaitan erat dengan kepuasan penggunaan Smartphone Android tersebut dan tentu saja Spesifikasi juga akan mencerminkan Kualitas dan Harga dari Smartphone Android terkait.


Kenapa Spesifikasi perlu diperhatikan?


Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Spesifikasi itu jika dipelajari akan berdampak positif untuk kalian, karena dengan adanya Spesifikasi tersebut, kalian bisa menbandingkan Smartphone Android satu dengan lainnya dan mengukur Smartphone Android mana yang terbaik yang bisa kalian jangkau sekarang ini.

Untuk bisa melihat Spesifikasi tersebut, mudah saja, kalian bisa berkunjung kehalaman situs resmi Produsen Smartphone Android terkait, atau bisa juga mendapatkan informasi dari Spesifikasi Smartphone Android tersebut dari situs pihak ke-3 seperti GSMArena atau Phone Arena.

Jika, kalian adalah seoarang yang memang kritis dengan Budget yang kalian miliki, maka hal terkait Spesifikasi dan pembandingannya tersebut akan menjadi sangat krusial untuk kalian lakukan, karena kepuasan yang akan dipertaruhkan disini.

Lalu, indikator Spesifikasi itu baiknya dilihat dari faktor apa saja?


Indikator penilaian Spesifikasi Smartphone Android yang baik


Jika, kita berbicara terkait Indikator, maka sudah pasti dalam penilaian sebuah Spesifikasi Smartphone Android yang baik itu, kita akan membutuhkan beberapa Indikator perbandingan yang bisa kita lihat dari beberapa aspek.

Aspek-aspek tersebut memang bagian menyeluruh dari sebuah Smartphone Android, tetapi dipisahkan menjadi bagian-bagian penting yang akan diperbandingkan, aspek yang kami maksud disini ialah :

  • Display
  • Body & Material
  • Performance
  • Features

Nah, ke-4 bagian diatas adalah kunci untuk bisa mempelajari Spesifikasi pada sebuah Smartphone Android dan kami tekankan sekali lagi, semua hal yang kami bahas dibawah ini merujuk ke pada hal yang berkaitan dengan Hardware dalam 80% persentasinya.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama, kita akan mulai pembahasan kita kali ini, kami akan menjelaskannya secara bertahap, sesuai dengan aspek-aspek yang sudah kami sebutkan diatas.


Mengartikan Spesifikasi pada Smartphone Android


Seperti yang sudah kami singgung diatas, disini kami akan menjelaskan terkait masalah Spesifikasi tersebut secara runtut, berbasarkan aspek dan segmentasi yang sudah kami sebutkan diatas.

Kami pun akan menjelaskannya secara padat pada tiap bagian Part yang perlu diartikan, sehingga kalian bisa dengan mudah memahaminya, baiklah kita akan mulai masuk pada titik berat pembahasan kita kali ini :


Display Specifications


Mengenal Spesifikasi Smartphone Android, Arti pada Spesifikasi Android, Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android, Pengertian masing-masing Spesifikasi di Android, Mempelajari Spesifikasi di Smartphone Android

  1. Display Panel : Panel utama pada Smartphone Android untuk memunculkan gambar dan teknologi Touch Screen, umumnya Display Panel yang sering digunakan saat ini adalah TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED dan Fluid AMOLED.
  1. Ratio : Berkaitan dengan luas pandangan pada Smartphone Android, umumnya ratio yang sering digunakan adalah 16:9, tetapi diteknologi Full Screen sekarang ini, Smartphone Android sudah lebih banyak menggunakan Ratio 18:9 hingga 21:9.
  1. Resolusi (PPI Density) : Berkaitan dengan ketajaman layar atau kejernihan dari gambar yang dihasilkan oleh Display Panel, semakin tinggi Resolusi yang digunakan, maka akan semakin jernih gambar yang ditampilakn, karena Pixel yang sangat rapat dan kecil (PPI Density), Resolusi yang sering digunakan pada Smartphone Android sekarang ini adalah HD, HD+, FHD, FHD+, QHD (2K) dan UHD (4K).
  1. Ukuran / Size (Inch) : Ukuran layar pada Smartphone Android itu tidak dihitung berdasarkan CM, melainkan Inch, umumnya Smartphone Android Modern itu sudah menggunakan Size layar minimal 5.5 Inch, tetapi perlu digaris bawahi, ukuran Layar yang besar, juga harus dibarengi dengan Resolusi Layar yang besar juga, misalkan Layar 6.3 Inch, maka minimal Resolusi Layarnya adalah FHD atau FHD+, jika menggunakan HD+ saja, maka gambar dilayar Smartphone Android tersebut, tidak akan enak untuk dipandangi.
  1. Corning Gorilla Glass : Ini adalah sebuah Proteksi Kaca layar yang berfungsi untuk menahan goresan yang terjadi dilayar Smartphone Android, tetapi karena harganya yang cukup mahal, biasanya perlindungan layar ini hanya tersedia untuk Smartphone kelas Menengah keatas saja.

Jika, kalian berminat untuk mempelajari semua hal terkait Display tersebut secara lebih mendalam, silahkan pelajari selengkapnya pada halaman yang sudah kami tulis dibawah ini :


Nah, bagian layar ini sudah kita bahas, berikutnya yang akan kita bahas adalah terkait Spesifikasi Body & Material.


Body & Material Specifications


Mengenal Spesifikasi Smartphone Android, Arti pada Spesifikasi Android, Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android, Pengertian masing-masing Spesifikasi di Android, Mempelajari Spesifikasi di Smartphone Android

  1. Polycarbonate : Adalah bahan material yang Body Smartphone Android yang dibuat dengan basis Plastik kuat yang mudah untuk dibentuk dan sangat Superior untuk bisa menangkap Signal Seluler secara maksimal.
  1. Metal : Adalah bahan material dari besi yang akan terasa lebih kokoh dan kuat, tetapi tidak cukup bagus untuk menangkap Signal Seluler, kecuali pada Smartphone Android tersebut diletakan Anthena Lines dibagian Case belakang Smartphone Android terkait.
  1. Glass : Adalah bahan material yang terbuat dari kaca, bukan kaca semabarangan tetapi sebuah kaca yang kokoh dan biasanya sudah diberikan perlindungan oleh Corning Gorilla Glass.
  1. Ceramic : Bahan material yang sebenarnya cukup mirip dengan kaca, tetapi lebih kokoh dan tahan terhadap tekanan, sama seperti material bahan Glass, bahan material pada Ceramic pada Smartphone Android, biasanya juga sudah diberikan perlindungan extra dari Corning Gorilla Glass.
  1. Aluminum : kalau ini biasanya digunakan untuk membuat rangka atau frame dari sebuah Smartphone Android, agar bobot Smartphone Android akan menjadi lebih ringan, sekaligus menjadi lebih kokoh dari metarial berbahan plastik, umumnya Frame Aluminum ini biasanya digunakan sebagai Athena Lines tambahan untuk Smartphone berbahan Metal, Glass ataupun Ceramic.

Jika, kalian ingin lebih mendalami terkait masalah Body & Material tersebut, kami punya pembahasan komperhensifnya, jika berminat silahkan pelajari semua hal tersebut pada halaman dibawah ini :


Pembahasan terkait aspek Body & Materai sudah selesai kita bahas, lalu hal yang menjadi pembahasan selanjutnya adalah terkait pada bagian Performa tersebut.


Performance Specifications


Mengenal Spesifikasi Smartphone Android, Arti pada Spesifikasi Android, Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android, Pengertian masing-masing Spesifikasi di Android, Mempelajari Spesifikasi di Smartphone Android

  1. CPU : Biasanya disebutkan untuk mewakali Processor, fungsi CPU ialah untuk melakukan semua tidankan Processing yang berjalan di Smartphone Android, semakin cepat CPU, maka akan semakin cepat dan lancar tanpa Lags, aplikasi yang telah kalian jalankan, umunya CPU Processor yang kerap digunakan adalah Dual-Core, Quad-Core hingga Dexa-Core.

Mau tahu, ranking CPU terbaik untuk Smartphone Android sekarang ini dan jenis-jenis dari Processor Android yang ada dan umum digunakan sekarang ini? maka silahkan lihat halaman dibawah ini :


  1. GPU : Sepaket dengan CPU yang menjadi satu bagian dari SoC, GPU ini berfungsi sebagai media Rendering untuk mengolah grafis 3D, umumnya jika kalian adalah seorang Gamers, maka permasalahan GPU ini wajib untuk kalian perhitungkan, karena tidak semua Smartphone Android memiliki GPU yang bagus untuk bisa diajak bermain Games 3D yang berat.

Mau tahu, ranking GPU terbaik untuk Smartphone Android sekarang ini dan jenis-jenis dari GPU Android yang ada dan umum digunakan sekarang ini? maka silahkan lihat halaman dibawah ini :


  1. Memory / RAM : Fungsinya sama seperti yang ada di Komputer Desktop, kegunaan RAM di Smartphone Android juga akan berfungsi sebagai sebuah media untuk menjalankan Resource Size dari Aplikasi-aplikasi Android dan umumnya lebih berfungsi sebagai media Multitasking, semakin besar Size RAM, maka akan semakin lancar aplikasi yang kalian buka, meski dibuka dan dijalankan bersama-sama sekaligus.

Mungkin muncul pertanyaan, penting mana? RAM atau CPU untuk Smartphone Android, maka halaman dibawah inilah jawabannya :


  1. Internal Storage : Hal ini terkait dengan Hardware Drive Storage yang ada pada sebuah Smartphone Android, umumnya menggunakan Hardware eMMC, tetapi sekarang ini beberapa Smartphone Android kelas atas sudah menggunakan Harwdare UFS yang memiliki transfer yang lebih cepat dan usia yang lebih lama dari eMMC.
  1. External / Expansion Storage : Mudahnya ini bisa kalian artikan dengan sebagai media untuk menambahkan Storage External dari Memory SD, tetapi tidak semua Smartphone Android memiliki fitur ini.
  1. Battery : Ini sudah jelas sebenarnya, yaitu baterai, semua orang pasti sudah tahu bahwa Smartphone Android itu baru bisa hidup, jika baterai pada Smartphone Android tersebut ada dayanya, umumnya jenis Baterai yang digunakan adalah Li-Ion dan Li-Po dan untuk besaran kapasitas baterai pada Smartphone Android itu dihitung berdasarkan Milliampere Hour (mAh).

Perlu kalian perhatikan, Battery besar bukan berarti akan tahan seharian atau tahan lama, alasannya? sudah kami tulis dihalaman dibawah ini :


Sampai sini, selesai sudah pembahasan 3 kunci aspek utama dalam melakukan penilaian terhadap Spesifikasi pada Smartphone Android tersebut, setelah ini kita akan berbicara terkait Spesifikasi Optional yang nyatanya juga akan sangat penting untuk diperhitungkan, yaitu terkait masalah Features atau Fitur.


Features Specifications


Mengenal Spesifikasi Smartphone Android, Arti pada Spesifikasi Android, Mengartikan semua Spesifikasi pada Smartphone Android, Pengertian masing-masing Spesifikasi di Android, Mempelajari Spesifikasi di Smartphone Android

  1. Fast Charging : Adalah sebuah fitur untuk melakukan akselesari dalam kecepatan Charge Battery agar bisa lebih singkat dan cepat penuh Battery Smartphone Android terkait, umumnya fitur Fast Charging ini menggunakan besaran 18W, 20W, 30W hingga lebih besar lagi, semikin besar Watt tersebut, maka akan semakin singkat Process Charging berlangsung.
  1. Fingerprint : Adalah sebuah alat keamanan berupa sensor sidik jari yang ditanamkan pada Smartphone Android terkait, peletakan umumnya biasanya terletak pada bagian Case Belakang (Rear Mounted), bagian samping sekaligus menjadi Tombol Power dan dulunya juga sering digunakan di Home Button, ingat! tidak semua Smartphone Android memiliki fitur ini.
  1. Fingerprint under Display : Sama seperti fitur fingerprint yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi Fingerprint under Display ini, memiliki letak dibawah bagian layar dan sifatnya juga Optical.
  1. Camera : Ini adalah fitur yang selalu menjadi pembanding utama, biasanya seseorang yang ingin membeli sebuah Smartphone Android baru, pasti ingin memiliki sebuah Smartphone Android dengan performa kamera yang bagus, sejauh ini ada beragam jenis Camera yang ada pada Smartphone Android.

Karena, pembahasan terkait Kamera pada Smartphone Android ini bisa jadi sangat panjang sekali, maka kami sarankan untuk melihat detailnya pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


  1. Face Unlock / ID : Adalah terkait fitur keamanan yang akan menfungsikan kamera depan (Selfie) Smartphone Android kalian untuk bisa digunakan dalam melakukan Scanning wajah pengguna, sehingga Smartphone Android bisa terbuka seketika, jika wajah kalian dikenali oleh System OS Android melaluai Kamera Selfie tersebut, umumnya fitur ini dimiliki semua Smartphone Android, asalkan memiliki kamera depan.
  1. Iris Scanner : Fungsinya munkin mirip seperti Face ID, tetapi Iris scanner ini adalah sebuah Teknologi yang sangat canggih yang bisa membaca biometrics Iris mata pengguna Smartphone Androd terkait, fitur ini masih sangat jarang digunakan, karena memang biaya produksinya mahal.
  1. Wireless Charging : Ini adalah sebuah fitur masa depan, dimana Smartphone Android kalian tidak perlu lagi di Charge dengan menggunakan sebuah Kabel dan Adaptor, cukup tempatkan pada alat Wireless Charging, maka Smartphone Android kalian akan terisi baterainya secara otomatis, tanpa kabel sama sekali.
  1. NFC : Memiliki arti Near Field Communication adalah sebuah fitur dan menjadi Standard baru dalam proses transaksi cepat, seperti belanja di minimarket, mall ataupun bayar jalan tol, hanya saja di Indonesia, fitur NFC ini masih sangat jarang di Implementasikan, sehingga Smartphone Android yang masuk ke Indonesia, rata-rata masih belum memiliki fitur tersebut.
  1. USB on Go : Punya Flashdisk? dan kalian mau agar Flashdisk tersebut bisa terbaca di Smartphone Android? maka USB on Go adalah fitur untuk bisa mewujudkan hal tersebut.
  1. USB Type-C : Ini adalah Standard baru dalam pengguna USB di Perangkat Smartphone Android, umumnya fitur ini telah menggantikan teknologi Micro USB yang memiliki Transfer File lebih lamban dan tidak bisa dibolak balik Portnya (Reverse).
  1. Dolby Atmos : Merunjuk kepada sebuah fitur pengeras suara yang sangat andal untuk mengeluarkan suara yang lantang, bulat, jernih dan nendang, sekali lagi tidak semua Smartphone Android memiliki fitur ini.
  1. AI (Artificial Intelligence) : Kecerdasan buatan, itulah fungsi dari fitur ini, umumnya fitur ini bisa sangat diandalkan untuk mengatur segala hal yang tidak bisa kalian lakukan dan umumnya AI itu memiliki keputusannya sendiri.
  1. OS : Terkait kepada System Software yang digunakan, umumnya di indikasikan dengan Versi dari OS Android terkait dan biasanya beberapa Produsen Smartphone Android juga menyertakan Custom ROM disini, seperti MIUI, EMUI, ColorOS, One UI, OxygenOS dan lainnya.
  1. Sensor : Ini terkait dengan banyaknya sensor yang ada di Smartphone Android, seperti sensor Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass, Barometer, Pleasure dan Temperature, tidak semua Smartphone Android memiliki Sensor yang lengkap.
  1. Wi-Fi, GPS, Bluetooth, SIM, Network : Kalian tahu sendiri lah fungsinya ini buat apa.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, kami menyadari mungkin ada beberapa hal yang masih belum kami sertakan diatas, karena mungkin ketidaktahuan kami.

Tetapi, artikel ini akan terus akan kami lengkapi dan update setiap saat, agar bisa menjadi acuan untuk tempat belajar yang bagus untuk mengartikan sebuah komponen yang ada dalam suatu Perangkat Smartphone Android.

Dengan adanya artikel ini, kami harapkan kalian bisa dengan mudah melakukan perbandingan antar Smartphone Android dan bisa mencari yang terbaik diantara banyak perbandingan yang telah kalian buat sebelumnya.

Karena, disini kita berbicara terkait Budget, maka hal maksimal harus menjadi prioritas untuk kalian, agar kalian tidak akan dirugikan setelahnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, pengetahuan kalian bisa bertambah dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot