RILIS ARTIKEL TERBARU :


Pihak smartphone Android dari xiaomi baru saja merilis ROM terbaru mereka dengan versi miui 7.1.1 dan ROM terbaru ini menjangkau hampir seluruh device keluaran vendor xiaomi, beragam feedback dari xiaomi stock ROM terbaru ini mengemuka ada yang memberi respon yang positif dan ada juga yang negatif seperti xiaomi stock ROM yang masih belum stabil dan menu untuk mengganti font secara custom dihilangkan atau masih belum disertakan, dan bagi sebagian orang custom font sangat berguna untuk mempercantik device xiaomi mereka agar tampak berbeda dan keren dari smartphone sejenis, juga dengan itu maka pengguna dapat lebih leluasa dalam memilih dan mengganti android fonts dengan kumpulan font keren yang tersedia saat ini dengan mudah tentunya sesuai dengan selera masing-masing pengguna.

Apakah dengan demikian font tidak akan bisa diganti di miui 7.1.1? jawabannya sangat bisa dan kalian hanya perlu berpikir sejenak dan masalah seperti ini sangat mudah untuk diatasi, sebenarnya banyak metode dalam mengganti font ini seperti via aplikasi pihak ketiga dan bisa juga dengan cara flash via custom recovery, tetapi untuk mudahnya disini akan dibuatkan tutorial yang gampang saja dengan cara mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga :
Cara ampuh pasang custom font di MIUI 8

Syarat yang dibutuhkan:
1. Device sudah berada dalam versi miui 7.1.1 keatas dan dalam keadaan ROOTED (download SuperSU DISINI lalu flash via custom recovery)
2. Xposed terinstall (download Xposed yang sudah dimodifikasi agar bisa berkerja di miui versi 7 DISINI)

Ketahui ini sebelum kalian mengganti font MIUI di device kalian :
1. Tutorial ini aman namun tetap harus teliti dan cermat, dalam artian kalian hanya bisa memasangkan custom font mengikuti tutorial ini pada versi ROM MIUI yang sudah stable, hal ini dimaksudkan agar custom font dapat terinstall secara pasti dan aman, dan jika kalian memasangkan custom font ini pada versi ROM MIUI tidak stable maka ada kemungkinan akan terjadi crash dan berakhir dengan bootloop, jadi uasahakan sebelum itu device kalian berada pada versi MIUI resmi dan stable.
2. Bisa saja tidak semua jenis font ikut berubah, dengan alasan setiap jenis ROM MIUI saat ini memiliki banyak variasi base versi Android, seperti berversi base dari Android kit-kat hingga Marshmallow, dan setiap versi base Android yang berbeda tersebut memiliki struktur system font yang berbeda, jadi tidak mengherankan jika ada beberapa font di bagian tertentu yang tidak berubah, namun hal ini bukan masalah besar yang berarti.
3. Usahakan gunakan custom font yang tidak berat, hal ini untuk membuat kinerja device kalian agar lebih terjaga dan lebih stabil, maksud tidak berat disini adalah type custom font yang tidak berlebihan dalam ukuran compress sizenya, misalkan kalian akan memasangkan custom font dengan ukuran size 5MB, maka load dalam membuka aplikasi dan lainnya akan menjadi lebih berat jika di bandingkan dengan custom font yang berukuran 100kb saja, namun hal ini bukan perintah mutlak keputusan di tangan kalian sendiri jika kalian anggap keren ya sah-sah saja.
4. Font yang tidak sesuai dapat mengakibatkan error dalam bebapa style text dan symbol, untuk melakukan cek tersebut silahkan kalian buka aplikasi keyboard kalian dan lihat bagian mana yang ikut berubah dan tidak terbaca, dan perlu juga kalian ketahui bahwa tidak semua jenis font itu komplit ada beberapa bagian yang bisa menimbulkan error bahkan tidak menampilkan gambar sama sekali, dan jika kalian menemui masalah ini, segera ganti pada custom font yang baru.

Baca juga:
Inilah 4 cara untuk melakukan screenshot di MIUI 8

Cara pemasangan :
1. Setalah syarat yang dibutuhkan sudah terinstall secara baik silahkan buka aplikasi Xposed dan download module iFont agar font dapat diterapkan di miui versi 7.1.1
2. Download iFont dari playstore, kemudian buka aplikasi tersebut
3. Masuk kedalam MY tab > Setting > Change font mode, ganti mode kedalam "System mode (need root)" dan jangan lupa auto reboot diset "ON"
4. Kemudian download font yang kalian mau di aplikasi iFont tersebut, lalu terapkan.
5. Setelah itu device akan reboot secara otomatis dan tunggu hingga booting selesai dan font baru kalian sudah terinstall dengan baik.


Selanjutnya praktik pemasangan custom font ini dapat kalian implementasikan pada semua jenis versi ROM MIUI 7, untuk versi MIUI 8 belum bisa terbukti dapat berkerja secara baik namun jika pada base ROM MIUI 8 yang kalian pakai saat ini adalah versi base Android kit-kat hingga lollipop, cara diatas dapat berkerja dengan sangat baik, untuk versi base Android Marshamallow juga dapat work namun tidak semuanya, jadi coba saja terlebih dahulu dan ikuti tutorial ini secara teliti untuk mengetahui bagian mana yang mungkin saja menjadi kendalanya, untuk aplikasi iFontnya sendiri sekarang sudah di support hingga pada versi Android tertinggi sekarang ini, asalkan ROM MIUI yang kalian jalankan sekarang ini berstatus stabil, maka aplikasi iFont tersebut dapat berkerja secara penuh.

Screenshoot


Perlu kalian ketahui method yang disebutkan diatas adalah hanya salah satu cara saja dari beberapa cara yang ada sekarang ini, namun tutorial diatas memiliki keuntungan tersendiri yaitu adalah cara pengerjaan cukup mudah dan simple, selain itu aplikasi iFont sendiri juga sangat baik dan mempunyai banyak pilihan font yang sangat keren, dan kalian juga bisa mendownload sebanyak apapun custom font yang tersedia untuk dapat kalian ganti atau terapkan dalam suatu saat agar tampilan lebih fresh dan tidak membosankan.

Baca juga :
Cara ampuh melacak lokasi smartphone yang hilang dengan Android device manager 

Sebagai saran ada baiknya jika kalian melakukan backup terlebih dahulu kepada data kalian yang kalian anggap penting, karena bootloop bisa saja terjadi dalam tutorial ini karena beda device beda rasa dan hal itu tergantung dari system yang kalian pakai apakah masih orisinil atau sudah dimodifikasi dan juga tidak kalah penting usahakan pakai ROM sudah dalam keadaan stabil, juga jika terjadi suatu masalah terkait tutorial diatas pada device kalian hal ini bukan tanggung jawab dari kami, jadi bijakasanalah dalam menjalankan tutorial yang sudah di sampaikan diatas.

Merasa Sulit? coba yang ini >> Cara mudah ganti font di MIUI 7.1.1

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot