RILIS ARTIKEL TERBARU :


Perlu kalian ketahui bahwa saat ini produk terbaru Xiaomi di jual dalam keadaan locked bootloader, jadi dengan kesimpulan jika device kalian dalam kondisi locked bootloader maka tidak memungkinkan untuk melakukan flash ulang dengan metode fastboot atau untuk mengakses dan memasang custom recovery, hingga hal ini akan menjadi sulit ketika device kalian mengalami masalah seperti bootloop hingga hardbrick pada kondisi locked bootloader.

Jika dalam kondisi tersebut device kalian sudah berada pada posisi unlock bootloader maka hal ini tidak akan menjadi masalah yang perlu kalian lakukan hanyalah dengan cara melakukan flash ulang atau fastboot secara normal saja, namun jika dalam kondisi locked bootloader cara untuk melakukan flash ulang atau fastboot tidak akan bisa, untuk itu peran metode EDL atau emergency download mode di butuhkan disini.

Untuk metode ini sebenarnya di khusus kan pada device dengan processor Qualcomm Snapdragon, dan untuk versi MediaTek proses flash ulang akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan SP Flashtool yang juga sudah mampu melakukan flash ulang walau device masih dalam kondisi locked bootloader, namun untuk device bermesin Qualcomm Snapdragon akan beda penanganan dan hasilnya.

Untuk kalian ketahui persentasi keberhasilan dari metode EDL ini adalah hampir 100% jika syarat seperti driver USB dan juga PC dalam keadaan normal, untuk itu dalam menggunakan metode EDL ini perlu adanya bahan seperti :
1. USB driver terpasang dengan baik pada PC atau laptop.
2. USB debuging pada developer options sudah aktif.
3. Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.
4. Batrai smartphone harus diatas 50%.
5. Disable Driver Signature Enforcement, ikuti caranya DISINI.
6. Driver ADB dan Fastboot sudah terinstall di PC, cara mudahnya DISINI

Perlu kalian ketahui metode ini dapat di terapkan bukan hanya terbatas pada device Xiaomi saja, melainkan dari brand lain juga bisa asal dengan syarat device bermesin Qualcomm Snapdragon dengan optional locked bootloader, namun pada artikel kali ini hanya terkhusus untuk jajaran produk Xiaomi saja, karena sampai saat ini banyak orang yang masih belum bisa dan tahu cara menggunakan metode EDL ini untuk melakukan fastboot pada device Xiaomi yang dengan kondisi locked bootloader.

Sebelum kalian melakukan fastboot atau flash ulang dengan menggunakan metode EDL ini, ada baiknya kalian melengkapi bahan untuk proses kerjanya yaitu adalah :
1. File fastboot dan tool Mi Flash, download DISINI.
2. Fungsi CMD atau Command Prompt pada PC atau laptop kalian berfungsi dengan baik.
3. Direkomendasikan menggunakan windows versi 64-bit.

Jika sudah di lengkapi pada tahap ini kita akan mulai melakukan metode EDL ini dengan penjelasan yang sederhana sebagai berikut :
1. Install semua komponen ADB, Fastboot driver, Mi Flash tool pada PC kalian.
2. Lakukan settingan file fastboot kalian pada Mi Flash, tidak akan di bahas spesifik disini karena untuk bahasan terkait metode fastboot dengan mi flash masing-masing device Xiaomi sudah ada di blog ini.
3. Setelah USB debuging aktif, dalam keadaan smartphone hidup koneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka CMD pada lokasi ADB dan Fastboot driver kalian berada, lalu masukan perintah ini:

adb devices (Jika terkoneksi dengan baik list id device kalian akan terbaca pada CMD)

Untuk masuk EDL masukan perintah ini:

adb reboot edl (smartphone akan reboot otomatis, ciri-ciri umum sudah masuk EDL lampu LED akan menyala atau berkedip dengan warna merah)

5. Saat ini device kalian sudah masuk dalam mode EDL, selanjutnya buka Mi Flash tool yang sudah kalian setting sebelumnya.
6. Tekan button refresh, maka device kalian akan terbaca, jika list yang muncul di tandai dengan COM, maka device kalian berhasil masuk EDL dan dapat melakukan metode fastboot.
7. Lakukan flashing file fastboot dengan Mi Flash, tunggu hingga selesai.
8. Beres.

Jika kalian tidak bisa masuk kedalam mode EDL pada kasus khusus seperti harbrick atau bootloop yang hanya mampu mengakses atau masuk pada mode fastboot saja tentu kalian tidak bisa menjalan metode EDL ini secara normal untuk itu disini di butuhkan penanganan yang lebih khusus agar EDL dapat di akses, detailnya proses dan prosedurnya DISINI.

Masih tidak bisa masuk kedalam mode EDL atau menggunakan kabel DFC khusus? mungkin ini dia alasannya kenapa mode EDL tidak bisa kalian gunakan pada smartphone Xiaomi kalian artikel lengkapnya DISINI.

Dengan demikian proses fastboot atau flash ulang dengan metode EDL sudah berhasil, jika kalian melakukan cara tersebut sesuai dengan petunjuk diatas maka harusnya proses akan berjalan dengan semestinya dan berhasil, juga sekali lagi jika ada terjadi sesuatu dengan device kalian itu bukan tanggung jawab dari kami, untuk tutorial sendiri sudah kami uji coba berkali-kali dengan hasil yang 100% berhasil, good luck.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot