RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion

Tidak beda layaknya smartphone Android lainnya, smartphone Sony Xperia juga sangat sering mengalami berbagai macam masalah, seperti bootloop, stuck di logo bahkan hardbrick yang menyebabkan device mati total, beruntungnya bagi pengguna device Sony Xperia saat ini, melakukan perbaikan sendiri itu sangat mungkin di lakukan karena pada faktanya saat ini sudah tersedia beberapa tool untuk memudahkan kalian dalam mengatasi hal yang sudah di sebutkan di atas.

Tools ini bernama "Xperia Companion" yang merupakan sebuah software PC resmi buatan pihak Sony, ada banyak sekali fitur pada aplikasi ini, termasuk fitur Software Repair yang mampu memperbaiki smartphone kalian secara otomatis.


Beberapa masalah yang dapat di atasi aplikasi ini antara lain adalah :


  1. Hilang sinyal (bukan kerusakan hardware)
  2. Bootloop
  3. Stuck di logo SONY
  4. Brick (layar item aja gitu)


Persiapan yang di butuhkan :


  1. PC atau Laptop OS Windows / MacOS, (Pada kasus ini kami menggunakan OS Windows)
  2. Download aplikasi Xperia Companion.


  1. Kabel USB (kalau bisa bukan yang KW sih)
  2. Sony Xperia USB Driver sudah terpasang di OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


  1. Baterai di smartphone terisi paling tidak 80% (wajib)
  2. Koneksi Internet yang stabil, kalau bisa yang cepat juga

Sebelum memulai tutorial ini, disini di tekankans sekali lagi, biar tidak muncul pertanyaan yang berulang-ulang nantinya, bahwa tutorial ini dapat berlaku pada semua jenis smartphone Sony Xperia, mulai dari yang dulu sampai yang paling baru, mulai dari kecil hingga yang besar, dan mulai dari baru di pakai satu hari hingga yang udah engkong-engkong, pastinya tutorial ini tetap dapat di gunakan, jelas? lanjut.


Cara menggunakan Xperia Companion


  1. Silahkan install saja dulu aplikasi Xperia Companion yang sudah kalian download sebelumnya, jika sudah buka aplikasi tersebut.
  2. Selanjutnya dalam keadaan device kalian power-off kalian bisa koneksikan device kalian ke PC melalui kabel USB.
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
  1. Pada opsi di aplikasi Xperia Companion, pilih opsi "Software Repair".
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
  1. Lalu pilih produk yang akan di perbaiki, jika yang bermasalah adalah smartphone kalian, maka pilih opsi yang phone or phablet, jangan pilih janda tetangga.
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
  1. Silahkan tekan Next saja terus, dan yang terakhir centang saja dan "Next".
  2. Disini proses sebenarnya akan berjalan, tunggu hingga muncul pemberitahuan di suruh mencabut device dari kabel USB, dan sambungkan lagi dengan menekan tombol Volume Down (-).
  3. Jika sudah benar, aplikasi Xperia Companion ini akan mulai mndownload dan melakukan flashing secara otomatis pada device Sony Xepria kalian, tunggu saja sampai selesai, bisa memakan waktu yang lama lho!
  4. Jika sudah selesai, cabut device kalian dari kabel USB, hidupkan seperti biasa, booting pertama membutuhkan waktu hingga 15 menit.

Dengan demikian, harusnya device Sony Xperia kalian sudah di perbaiki secara otomatis oleh aplikasi ini, jika pada akhirnya device tetap mengalami masalah seperti hilang sinyal dan tetap hardbrick maka bisa jadi yang rusak itu datang dari hardware device kalian bukan dari firmwarenya, silahkan utarakan perasaan kalian setelah melakukan atau sebelum mengikuti tutorial ini di kolom komentar di bawah.

Demikianlah tutorial cara melakukan Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion, semoga tutorail ini bisa membantu menyelsaikan masalah yang saat ini sedang kalian hadapi, semoga bermanfaat, dan semoga sukses. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot