RILIS ARTIKEL TERBARU :

Whetstone Xiaomi dan Redmi, Apakah APK Whetstone Virus, Whetstone Malware Xiaomi dan Redmi, Fungsi Whetstone di Xiaomi dan Redmi

Belakangan ini ada banyak pertanyaan yang muncul dalam inbox kami, dan pertanyaan itu adalah "apa itu fitur whetstone", "apakah whetstone di Xiaomi itu Spayware atau Malware?" dan pertanyaan lainnya yang pada intinya menanyakan apa fungsi dari Whetstone tersebut.

Apakah berbahaya atau tidak, kami sendiri pun baru tahu dan jujur tertarik dengan pembahasan kali ini, sebelumnya perlu kalian ketahui, fitur/aplikasi/fungsi dari Whetstone ini hanya akan hadir pada jenis firmware Xiaomi dengan seri versi China, untuk versi Global tidak tersedia.

Jadi wajar bagi mereka (kami) baru tahu bahwa ada sebuah fitur yang asing bagi kami yang bernama whetstone di Xiaomi, yang faktanya hanya terdapat pada versi MIUI China.


Apakah APK Whetstone Xiaomi dan Redmi itu Virus?


Untuk fitur Whetstone ini bisa kalian lihat pada menu Settings>>Accessibility, dan secara defaultnya kalian akan melihat nama sebuah fitur dengan nama "Whetstone Assist Service" yang secara default muncul dalam pengaturan Off, dan untuk aplikasi (.apk) nya sendiri memiliki nama Whetstone.apk yang terletak di dalam system ROM MIUI kalian.

Whetstone Xiaomi dan Redmi, Apakah APK Whetstone Virus, Whetstone Malware Xiaomi dan Redmi, Fungsi Whetstone di Xiaomi dan Redmi

Lalu, pertanyaan utamanya adalah apa sih fungsi dari Whetstone tersebut, apakah benar itu jenis Spyware atau Malware? maka pertanyaan pertama yang akan kami jawab adalah bahwa Whetstone itu adalah aplikasi yang sangat amat aman.

Artinya bukan mengandung virus berupa Spyware atau Malware, melainkan sebuah aplikasi pihak ke-3 yang memang di peruntukan untuk melihat atau memonitoring hasil dari benchmarking penggunaan smartphone Xiaomi tersebut.

Artinya adalah kemungkinan pihak Xiaomi sengaja memasukan fitur ini sebagai alat untuk mengumpulkan data kolektif yang nantinya akan menjadi bahan masukan untuk mereka.

Secara umum bisa jadi fitur ini melanggar hak privacy dari pengguna smartphone Xiaomi, dan itulah alasannya kemungkinan kenapa hanya tersedia di jenis ROM China saja dan settingan defaultnya adalah Off.

Tetapi, jika kalian mengaktifkan fitur ini, maka kalian tidak akan mendapatkan resiko apapun, karena pada dasarnya fitur ini aman untuk di gunakan dan besar dari apa yang namanya virus Malware atau Spayware tersebut.

Jika aktif maka pihak Xiaomi akan mengambil data benchmarking smartphone yang mereka butuhkan, jika tidak aktif yang tidak apa-apa juga.

Perlu kalian ketahui teknik benchmarking dengan menggunakan Whetstone ini sudah lama ada dan teruji kredibilitasnya, jadi jangan khwatir dengan fitur ini, tetapi kalau ada yang bertanya apakah ini jenis aplikasi Bloatware, jawabannya yes! itu Bloatware dan bisa kalian freze (bekukan) tanpa efek samping ke system. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot