RILIS ARTIKEL TERBARU :

Xiaomi dan Redmi Muncul Layar Hitam, Cara atasi Black Screen di Xiaomi dan Redmi, Muncul layar hitam di Xiaomi dan Redmi, Atasi masalah layar hitam di Xiaomi dan Redmi

Bagi kalian pengguna device Xiaomi yang sudah cukup lama, atau mungkin yang sudah lama menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, pasti paling tidak pernah mengalami sekali atau dua kali masalah yang mungkin membuat kalian heran dan bingung.

Kenapa hal tersebut terjadi, dan uniknya lagi masalah tersebut identik dengan yang sering terjadi di PC (Personal Computer) dan masalah tersebut adalah Blue Screen dan juga Black Screen.

Masalah Blue atau Black Screen tersebut adalah masalah dengan indikasi layar berubah menjadi warna Biru atau Hitam bisa dengan atau tanpa disertai tulisan, dan kedua masalah ini juga sering terjadi dan mempunyai potensi terjadi di setiap smartphone Android yang ada saat ini.

Untuk masalah Black Screen yang terjadi di Xiaomi tersebut memang bisa muncul karena berbagai macam kondisi, dan kondisi tersebut adalah sebagai berikut :


Firmware Crash


Ya, benar saja menggunakan sebuah firmware yang tidak stable atau bahkan mempunyai bugs, maka akan besar kemungkinannya device kalian mengalami Black Screen tesrebut, karena jika ada suatu komponen utama firmware sebut saja Kernel bermasalah.

Maka, kasus Black Screen tersebut akan sangat sering kalian jumpai, karena memang terjadi sebuah Crash yang langsung berdampak pada settingan hardware smartphone Xiaomi kalian, dan biasanya hal ini terjadi, karena pemasangan Custom Kernel atau Custom ROM yang tidak benar atau belum Stable.


Settingan brightness error


Siapa bilang kasus Black Screen hanya terjadi akibat Crash? faktanya ada beberapa kasus di mana yang menjadi biang masalah utama adalah fitur Brightness pada smartphone Xiaomi kalian, dan kami juga pernah mengalami masalah serupa.

Hal ini terjadi karena memang adanya error atau misconfiguration pada settingan default fitur Brigtness di level 0% yang benar saja hal ini akan membuat device Xiaomi kalian, hanya akan menampilkan layar hitam saja.


Tidak sengaja masuk ke Mode EDL


Masalah semacam ini hanya akan terjadi pada variant smartphone dengan tipe Chipset Qualcomm Snapdragon saja, untuk variant lain seperti MediaTek tidak akan mengalami hal serupa, karena bisa jadi kalian mendapat kasus Black Screen tersebut.

Karena kalian tidak sengaja masuk ke Mode EDL yang notabene memiliki indikasi yang hampir mirip dengan kasus Black Screen dengan hanya menampilkan layar hitam saja, dan faktanya bisa jadi kalian tidak sengaja menekan kombinasi tombol di smartphone Xiaomi kalian, sehingga secara tidak kalian sadari kalian sudah masuk ke Mode EDL.


Konektor Xiaomi dan Redmi rusak


Benar sekali, hal ini bisa saja menjadi biang kerok utama kasus Black Screen yang terjadi pada smartphone Xiaomi kalian, karena jika IC (Integrated Circuit) layar yang langsung terhubung ke Motherboard rusak, gosong atau korsleting, maka layar di smartphone Xiaomi kalian tidak akan bisa menampilkan gambar apapun lagi, dan kasus seperti ini sering terjadi, karena pemakaian smartphone Android yang terlalu berlebihan.


Solusi mengatasi munculnya Black Screen di Xiaomi dan Redmi (Semua Tipe)


Jika masalah datang dari error/crash firmware/settingan smartphone Xiaomi kalian, maka untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukan Wipe (Factory Reset) pada smartphone Xiaomi kalian, dan jika memungkinkan alangkah lebih baiknya jika kalian melakukan Flash Ulang di smartphone Xiaomi dan Redmi kalian.

Dengan melakukan Flash ulang ke jenis atau type firmware versi paling baru, maka semua bugs yang sebelumnya ada harusnya sudah di perbaiki dan configuration Kernel atau komponen lainnya akan menjadi lebih stable.

Jika masalah datang dari kerusakan hardware layar Xiaomi kalian, maka saran kami jika kalian tidak punya kemampuan untuk memperbaikinya sendiri, bawa saja smartphone Xiaomi kalian ke tukan Service smartphone, karena ini sudah urusannya ke hardware alangkah lebih baiknya agar di tangani oleh tenaga yang lebih profesional di bidangnya.

Dengan demikian, harusnya kalian sudah tahu kenapa bisa terjadi kasus Black Screen di smartphone Xiaomi tersebut, dan sebenarnya masalah ini bukan hanya terjadi pada jajaran smartphone Xiaomi dan Redmi saja.

Melainkan bisa terjadi di semua smartphone Android dengan keterangan dan indikasi yang hampir mirip, untuk diagnosanya pun juga hampir sama seperti yang sudah di sebutkan diatas, dengan demikian jika sudah kalian ketahui penyebabnya apa, maka kalian bisa secara langsung memperbaiki masalah tersebut secara cepat dan tepat. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot