RILIS ARTIKEL TERBARU :

Xiaomi dan Redmi tidak bisa masuk Mode EDL, Cara atasi Xiaomi dan Redmi yang tidak bisa masuk Mode EDL, Mode EDL Xiaomi dan Redmi tidak bisa diakses, Cara agar Xiaomi dan Redmi bisa masuk Mode EDL

Seperti yang telah kalian ketahui, di jajaran smartphone Xiaomi sendiri saat ini di ketahui ada beberepa macam metode yang bisa kalian gunakan untuk melakukan Flashing terhadap device Xiaomi kalian, dan dari beberapa metode tersebut ada satu metode yang paling populer dan itu adalah metode flashing via EDL (Emergency Download Mode).

Alasan kenapa metode EDL tersebut banyak di sukai oleh pengguna Xiaomi adalah bahwa dengan mengikuti prosedur Flashing via EDL tersebut, device Xiaomi kalian tidak perlu Unlock Bootloader terlebih dahulu, dengan artian metode EDL ini sangat memungkinkan di lakukan di device Xiaomi yang masih dalam keadaan Locked Bootloader.


Mode EDL Tidak bisa diakses leluasa


Ya, benar sekali saat ini mode EDL pada Xiaomi sudah di batasi penggunaannya, karena batas akses ke mode EDL tersebut sudah secara pasti di batasi oleh pihak Xiaomi dengan beragam cara, itulah alasannya kenapa device terbaru dari Xiaomi saat ini tidak bisa lagi masuk dalam mode EDL tersebut, dan berikut adalah penyebab dan solusi jika device Xiaomi kalian tidak bisa masuk dalam mode EDL.


Xiaomi / Redmi tidak support mode EDL


Pada faktanya ternyata tidak semua device Xiaomi itu bisa support mode EDL lho! benar sekali, karena mode EDL tersebut hanya tersedia bagi Xiaomi yang memiliki tipe mesin Qualcomm Snapdragon saja.

Jika device kalian bermesin MediaTek, maka sudah pasti kalian tidak akan bisa masuk mode EDL, karena secara hardware, mode EDL tersebut memang salah satu fitur ekslusif yang ada di smartphone Android dengan Chipset Qualcomm Snapdragon saja, dan setau kami mode EDL tersebut jarang di temui pada smartphone Android non-Qualcomm Snapdragon, termasuk di antaranya adalah MediaTek.


Solusinya


Jika kalian pemilik device Xiaomi bermesin MediaTek dan ingin masuk ke mode EDL, maka kalian tidak bisa mengupayakan apapun lagi, karena secara hardware pun sudah tidak support, jika masih ngotot ingin masuk ke mode EDL, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli device Xiaomi baru dengan tipe mesin Qualcomm Snapdragon.


ROM MIUI support EDL Locked Bootloader


Ini adalah batasan yang sudah di sebutkan di atas, karena sebelum ini, kalian bisa dengan bebas masuk ke Mode EDL Xiaomi kapanpun kalian mau, tetapi dengan alasan (Privacy dan Security) Xiaomi mengupayakan membatasi akses ke Mode EDL tersebut bagi mereka yang masih memiliki device Xiaomi dengan kondisi Locked Bootloader.

Dengan demikian ketika user Xiaomi ingin masuk ke Mode EDL, maka secara langsung device Xiaomi tersebut akan restart (mental) dengan sendirinya, hal ini terjadi karena pada dasarnya Xiaomi memang telah mematikan fitur ini yang telah di update pada ROM MIUI jenis baru.


Solusinya


Mudah saja, silahkan kalian lakukan downgrade ke versi MIUI terdahulu jika memungkinkan, karena pada versi tersebut, Mode EDL masih belum di kunci oleh pihak Xiaomi, tetapi ini hanya berlaku pada beberapa tipe Xiaomi lawas saja.


Xiaomi / Redmi Belum Unlock Bootloader


Sudah menjadi hal yang pasti dan jelas bagi device Xiaomi saat ini bahwa jika belum Unlock Bootloader maka device kalian tidak akan bisa masuk dalam mode EDL, karena memang salah satu syarat untuk masuk Mode EDL Xiaomi saat ini adalag dengan melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Karena bagi variant device baru Xiaomi dengan ROM MIUI versi baru, masuk Mode EDL sudah pasti tidak bisa di lakukan, karena sudah di kunci oleh pihak Xiaomi, dan kalian pun tidak bisa melakukan downgrade, karena ketersediaan ROM lawas untuk variant device Xiaomi kalian tidak tersedia, seperti yang sudah di jelaskan di atas.


Solusinya


Faktanya kalian masih tetap bisa mengakses Mode EDL tersebut pada jajaran smartphone Xiaomi baru, meski berada pada ROM MIUI baru yang notabene Mode EDL tersebut sudah di locked (Kunci) oleh pihak Xiaomi.

Tetapi kalian harus mengupayakan hal lebih dengan cara membuka tutup bagian belakang smartphone Xiaomi kalian untuk bisa mengakses metode Test Point, karena memang hanya metode inilah yang bisa kalian terapkan jika kalian memiliki device Xiaomi dengan variant terbaru dan tentu saja dengan ROM MIUI versi baru.

Dengan demikian, sudah sangat jelas rasanya kami sebutkan di atas alasan kenapa Xiaomi kalian tidak bisa masuk kedalam Mode EDL, dan jika beberapa solusi tersebut sudah kalian lakukan dan ternyata berhasil.

Maka langkah selanjutnya adalah kalian mesti masuk ke Mode EDL tersebut dengan cara yang benar dan jika masih tidak bisa di lakukan saran terbaik dari kami adalah lakukan Unlock Bootloader, karena hal ini akan mampu mengatasi berbagai masalah yang kalian hadapi saat ini. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot