RILIS ARTIKEL TERBARU :

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

Produk smartphone Android dari memang tengah di gemari sekarang ini, selain murah kalian juga bisa mendapatkan spesifikasi mumpuni dari produk Asus tersebut, salah satunya adalah Asus Zenfone Max M2 (X01A).

Beruntungnya sekarang ini anggota komunitas dari pengguna smartphone ini sudah kian meningkat, sebagai buktinya sekarang ini sudah tersedia Custom Recovery yaitu TWRP untuk device ini, benar saja, dengan adanya TWRP maka kalian bisa dengan mudah melakukan banyak hal, seperti melakukan ROOT sebagai salah satu contohnya dan masih banyak hal yang bisa kalian manfaatkan dengan adanya TWRP tersebut.

Sayangnya TWRP ini belum Resmi, artinya ini adalah versi Unofficial hasil Porting dari Asus Zenfone Max Pro M2, silahkan cari tahu disini untuk Perbedaan TWRP Resmi dan Tidak Resmi.

Tetapi, sudah bisa di gunakan secara normal untuk fitur kuncinya, hanya sedikit saja terdapat Bugs dari TWRP Unofficial tersebut, secara umum performanya sudah cukup baik, hanya beberapa fitur saja yang tidak berfungsi.

Sebelum kalian ingin memasangkan TWRP tersebut, maka kalian perlu beberpa syarat yang mutlak untuk kalian penuhi sebelumnya, yaitu adalah sebagai berikut :


# Unlock Bootloader


Karena pada kasus ini bersinggungan erat dengan Bootloader dan Fastboot, maka sudah pasti sebelum melakukan Metode ini, Asus Zenfone Max M2 kalian harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader, disini ada 2 buah cara melakukan Unlock Bootloader tersebut, silahkan ikuti Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max M2 Resmi atau Unlock Bootloader Asus Zenfone Max M2 Tidak Resmi.


# File TWRP


Ini yang selanjutnya, memasang TWRP di Asus Zenfone Max M2, berarti kalian harus punya TWRP itu sendiri, kalian bisa mendownload TWRP tersebut DISINI (Official), kami ingatkan ini adalah versi Unofficial yang bisa jadi belum Stable.


# FASTBOOT Driver


Kalian memerlukan sebuah Driver pendukung untuk bisa memasangkan TWRP ke Asus Zenfone Max M2, carannya adalah dengan menggunakan FASTBOOT Driver, maka silahkan Download Fastboot Driver versi terbaru.


# Kabel USB


Pemasangan TWRP ini membutugkan PC sebagai medianya, karena cara kerjanya adalah dengan menggunakan Command Prompt, jadi Asus Zenfone Max M2 kalian harus di hubungkan dulu ke PC dengan menggunakan kabel USB.


# Kapasitas Baterai Minimal 30%


Tidak harus memang, tetapi syarat ini untuk menghindari agar Asus Zenfone Max M2 kalian tidak mati ketika proses pemasangan TWRP sedang berlangsung, jika konksi terputus di tengah jalan, maka kami yakin Asus Zenfone Max M2 kalian akan Brick.


# File DM-Verity No Encryprt


File ini sangat penting keberadaannya, pastikan setelah kalian memasangkan TWRP, kalian langsung melakukan Flash terhadap File No Verity ini, File ini di buat agar tidak terjadi Bootloop setelah pemasangan TWRP, silahkan Download File DM-Verity No Encrypt (No-Verity) Terbaru atau gunakan No-Verity versi MOD ini jika masih Bootloop setelah memasangkan TWRP tersebut, setelahnya langsung letakan di Internal Memory yang mudah untuk kalian temukan.

Jika Kalian sudah mengerti terkait Syarat yang sudah kami jelaskan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasangkan TWRP ke Asus Zenfone Max M2, berikut adalah prosedur dan cara kerjanya.


# Cara Pasang TWRP di Asus Zenfone Max M2 (X01A)


1. Silahkan Rename dulu File TWRP yang sudah kalian Download sebelumnya menjadi twrp.img.
2. Lalu letakan di dalam Direktori tempat Fastboot Driver berada, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

3. Dalam keadaan sudah masuk ke Mode Fastboot, silahkan koneksi Asus Zenfone Max M2 kalian ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan pastikan tertuju ke direktori Fastboot Driver, seperti ini :

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

5. Selanjutnya silahkan coba cek koneksi apakah Asus Zenfone Max M2 kalian sudah terhubung ke PC dengan baik atau tidak, dengan memasukan perintah ini :

adb devices

Jika sudah terhubung, maka harusnya akan muncul contoh list seperti ini :

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

6. Selanjutnya silahkan masuk Mode Bootloader (Fastboot) dengan memasukan Perintah ini :

adb reboot bootloader

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

7. Tunggu hingga Asus Zenfone Max M2 kalian masuk kedalam Mode Fastboot.
8. Untuk memasangkan TWRP ke Asus Zenfone Max M2 silahkan masukan perintah ini :

fastboot flash recovery twrp.img

TWRP Asus Zenfone Max M2 (X01A)

Atau jika tidak berhasil kalian juga bisa memasukan perintah ini :

fastboot flash boot twrp.img

9. Jika sudah muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan TWRP sudah berhasil.
10. Silahkan lakukan Reboot dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

11. Selanjutnya langsung saja masuk ke Mode TWRP.
12. Jika sudah masuk ke dalam Mode TWRP, langsung Flash File DM-Verity Disabler No Encrypt (No-Verity) atau yang Versi MOD yang sudah kalian Download dan letakan di Internal Storage.
13. Jika sudah lakuakan Reboot, Booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.
14. Done.

Dengan demikian, harusnya saat ini TWRP sudah terpasang di Asus Zenfone Max M2 kalian, perlu kami ingatkan sekali lagi, jenis TWRP ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga kalian tidak bisa menikmati semua fiturnya, seperti ADB via TWRP atau MTP Storage.

Tetapi, di masa depan dipastikan TWRP ini akan terus di Update hingga memiliki status Stable atau bisa jadi nantinya akan ada jenis TWRP Recovery yang berversi Official.

Namun, silahkan kunjungi Blog ini secara berkala, karena jika ada versi TWRP terbaru dari Asus Zenfone Max M2 tersebut, maka pasti akan kami Update, semoga bermanfaat.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot