RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara Relock Bootloader Zenfone Max Pro M2

Sama seperti saudaranya yaitu seri Asus Zenfone Max M2 (X01A) di Asus Zenfone Max Pro M2 (X01BD) kalian juga bisa melakukan Relock Bootloader, terhadap Bootloader yang sudah kalian buka kuncinya (Unlock Bootloader) sebelumnya, metode dan caranya pun juga sama, yaitu sama-sama menggunakan CMD.

Selain itu jika kalian ingin melakukan Relock Bootloader, maka pastikan sebelumnya kalian melakukan Unlock Bootloader dengan cara Unofficial, karena jika kalian melakukan UBL dengan cara Resmi dari Asus, maka Bootloader tidak akan bisa di Relock lagi setelahnya.

Jika kalian paksakan, misalnya kalian melakukan UBL secara resmi sebelumnya dan ingin kalian Relock dengan menggunakan cara ini, maka semua itu akan sia-sia saja, karena sudah pasti gagal dan smartphone Asus Zenfone Max Pro M2 kalian akan berakhir Brick.

Lalu, kenapa sih kalian harus dan perlu melakukan Relock Bootloader, setelah sebelumnya melakukan Unlock Bootloader? mungkin beberapa alasan dibawah ini akan mewakili jawaban dari pertanyaan tersebut :

1. Ketika kalian ingin menjual smartphone ini lagi, karena biasanya smartphone yang sudah UBL harga jualnya akan lebih murah.
2. Kalian ingin membuat security OS menjadi lebih kuat seperti semula.
3. Kalian memang tidak ingin mendapatkan status UBL selamanya.
4. Kalian tidak ingin menghilangkan garansi pembelian (OEM).

Jika kalian sudah mantap untuk melakukan Relock Bootloader dengan kehendak anda sendiri dan tidak memperdulikan keuntungan berada di dalam kondisi Unlock Bootloader lagi, maka kalian bisa saja melakukannya sekarang.

Tetapi, beberapa persyaratan di bawah ini harus sudah kalian penuhi sebelumnya :


# Tool Relock Bootloader


Jika sebelumnya kalian menggunakan Tool khusus untuk bisa melakukan Unlock Bootloader, maka pada cara kali ini kalian juga akan menggunakan hal serupa, tetapi dengan file yang berbeda.

Dalam Tool yang akan kami bagikan di bawah ini sudah terdapat ADB dan Fastboot Driver, jadi kalian tidak perlu lagi memasangkan ADB dan Fastboot Driver tersebut, tujuan disertakannya ADB dan Fastboot Driver tersebut adalah agar Asus Zenfone Max Pro M2 bisa masuk ke dalam Mode Bootloader (Fastboot).

Silahkan Download File Tool Relock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M2 DISINI kemudian Extract di tempat yang mudah untuk kalian temukan.

Password (.zip) : dadroidrd.com


# USB Debugging


Untuk bisa melakukan Unlock Bootloader di Asus Zenfone Max Pro M2, kalian mesti mengaktfikan fitur USB Debugging terlebih dahulu, jika kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :



# Kabel USB


Karena menggunakan PC sebagai Media untuk melakukan UBL, maka untuk menyambungkan smartphone Asus Zenfone Max Pro M2 ke PC di perlukan sebuah kabel USB, sebisa mungkin gunakan kabel USB Original bawaan dari Asus Zenfone Max Pro M2 tersebut.


# Asus Zenfone USB Driver


Hanya untuk berjaga-jaga jika Asus Zenfone Max Pro M2 kalian tidak bisa terhubung ke PC dengan baik, maka biasanya masalah tersebut datang dari USB Driver yang tidak terinstall dengan baik, maka dari itu jika tidak terbaca silahkan Download USB Driver Asus Zenfone dan install ke PC Windows yang kalian gunakan sekarang, melalui halaman di bawah ini :


Jika semua persyatan telah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Relock Bootloader tersebut.


# Cara Relock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M2 (X01BD)


1. Pastikan USB Debugging sudah aktif dan Tool Relock Bootloader sudah di Download dan di Extract.
2. Silahkan hubungkan Asus Zenfone Max Pro M2 kalian ke PC dengan kabel USB.
3. Buka Folder Tool Relock Bootloader dan tekan file CMD.cmd.

Cara Relock Bootloader Zenfone Max Pro M2

4. Kemudian masukan perintah ini :

adb devices

5. Jika sudah terbaca di dalam List, berarti koneksi Asus Zenfone Max Pro M2 kalian ke PC sudah benar dan aman.
6. Selanjutnya silahkan masuk ke Mode Bootloader dengan menetikan perintah ini :

adb reboot bootloader

7. Tunggu hingga Asus Zenfone Max Pro M2 kalian masuk ke Mode Bootloader (Fastboot).
8. Jika sudah silahkan Close saja jendela CMD tersebut.
9. Lalu selanjutnya untuk bisa melakukan Relock Bootloader, buka file Relock.cmd.

Cara Relock Bootloader Zenfone Max Pro M2

10. Proses akan berjalan singkat.
11. Selanjutnya silahkan lakukan Reboot dengan mengetikan perintah ini :

fastboot reboot

12. Done!

Dengan demikian, harusnya Bootloader dari Asus Zenfone Max Pro M2 kalian sudah kembali seperti sedia kala, kekurangan dari metode ini hampir tidak ada, tetapi potensi seperti Bootloop dan Brick, masih tetap bisa terjadi, meski belum pernah terdengar sebelumnya, semoga berhasil.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot