RILIS ARTIKEL TERBARU :

GPU Android Terbaik, GPU Android, Tingkatan GPU Android, Urutan tingkat GPU Android, Rnaking GPU Android Sekarang, Nama GPU Android terbaik, GPU Android Rank 2019, Apa itu GPU Android, Pengertian GPU Android, Arti GPU Android, Jenis-jenis GPU Android, Kelas di GPU Android, Macam-macam GPU Android, Nama-nama GPU Android, Kelebihan GPU Android, Mali GPU Android, PowerVR GPU Android, Adreno GPU Android, Apa itu Adreno, Apa itu PowerVR, Apa itu Mali

Smartphone memang menjadi kebutuhan Primer sekarang ini, karena hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan Smartphone untuk menunjang beragam kebutuhan di Era Digital sekarang ini, Smartphone bukan lagi menjadi sebuah barang mewah, karena variasi harganya yang memang ada beragam dan bisa menyesuaikan isi kantong masyarakat dari berbagai kelas.

Selanjutnya, Smartphone di zaman sekarang ini bukan lagi menjadi alat yang hanya bisa di gunakan untuk melakukan Komunikasi jarak jauh, melainkan sekarang ini Smartphone sudah berevolusi menjadi sebuah Perangkat Pintar yang bisa di gunakan untuk bermacam-macam aktifitas.

Seperti, bermain Games, beli Voucher Google Play, menonton Video secara Streaming maupun Offline, membuat Design, bisa di gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang dulunya hanya bisa di lakukan di Perangkat Komputer saja, bahkan bisa di gunakan sebagai sebuah Perangkat Kamera handal.

Intinya, Smartphone bukan lagi menjadi sebuah alat yang kaku, melainkan sekarang ini sudah jauh berevolusi dengan fleksibilitas tinggi dalam bidang Multimedia.

Semua ini memang terjadi, karena setiap tahunnya Smartphone itu selalu mengalami perkembangan yang pesat di bidang Inovasi, Rekayasa Software dan Kemampuan Hardware yang sekarang ini sudah bisa menjalankan beragam aktifitas yang sebelumnya mungkin dirasa tidak mungkin di lakukan melalui sebuah Smartphone.

Jika, kita berbicara terkait Smartphone, maka sudah jelas pokok pembahasan tersebut tidak akan jauh dari Smartphone Android, karena memang saat ini Smartphone Android memang sudah benar-benar seakan mendominasi pasar Smartphone Global.

Meski demikian, pada faktanya di luar sana masih ada beberapa jenis Smartphone selain Smartphone Android, contohnya seperti Smartphone Apple yang memang juga terkenal, tetapi bedanya dengan Smartphone Android adalah karena Segment Pasar Smartphone Android lebih luas dan lebih bisa menjangkau kalangan bawah.

Sehingga, tidak mengherankan di zaman sekarang ini, banyak orang yang lebih menggunakan Smartphone Android di bandingkan Smartphone bersistem operasi lainnya, karena variasi jenis dan harga tersedia di semua kelas pasar.

Baiklah, kita akan masuk ke pokok pembahasan utama kali ini, yaitu adalah terkait masalah Hardware yang tidak kalah pentingnya dari Hardware Kamera ataupun Hardware Processor, yaitu adalah Graphics Processing Unit (GPU).

Apa sih GPU tersebut? dan apa bedanya dengan GPU yang ada di Perangkat Komputer?


GPU Smartphone Android


Seperti namanya sendiri yang memiliki singkatan dari Graphics Processing Unit, maka sudah jelas fungsi dari Komponen ini ialah untuk mengolah gambar atau grafis yang ada di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Umumnya semua Smartphone Android di bekali dengan GPU, karena GPU itu bagian dari SoC (System on Chip) yang dalam artian maka GPU ini akan memiliki tempat yang sama dengan CPU, karena memang menjadi satu bagian di dalam SoC.

Selanjutnya, yang membedakan GPU dari Smartphone Android satu dan lainnya adalah karena Spesifikasi yang di gunakan, biasanya GPU untuk Smartphone Android Premium itu di buat dengan Spesifikasi yang tinggi, sehingga bisa memproses grafis dengan sangat cepat secara efektif dan juga efisien.

Apakah GPU di Smartphone Android sama dengan GPU yang ada di Perangkat Komputer? jika dari Perspektif Fungsi jelas saja sama, karena memang memiliki kemampuan khusus untuk mengolah Grafis.

Hanya saja yang menjadi pembedannya adalah terletak pada jenis hardware yang di gunakan, karena umumnya GPU pada Perangkat Komputer itu bisa berbentuk Eksternal, walau ada juga yang menggunakan konsel Graphics on Board, hanya saja ada perbedaan kemampuan yang jauh antara GPU Eksternal dan Internal pada Perangkat Komputer tersebut.

Dari penggunaannya pun juga berbeda, karena GPU di Smartphone Android sekarang ini memang hanya bisa untuk menjalankan beberapa aplikasi berat saja dan tidak bisa di gunakan untuk kerja yang keras, seperti pembuatan grafis, rendering 3D design dan lainnya.

Maka, disini kalian perlu mengerti, karena pada dasarnya, mau secanggih apapun GPU yang ada pada Smartphone Android, tetap saja tidak bisa menyaingi GPU yang ada di Perangkat Komputer, semua ini layaknya sudah menjadi hukum alam.

Lalu, apa sih bedanya CPU dan GPU di Smartphone Android?


Beda GPU dan CPU di Smartphone Android


Meski berada di tempat yang sama yaitu tergabung di dalam SoC, ternyata GPU dan CPU ini memiliki perbedaan dasar yang sangat jauh.


  1. CPU adalah Central Processing Unit yang memiliki fungsi untuk melakukan Processor terhadap semua aktifitas yang berlangsung di dalam suatu Sistem Operasi, sifat dari CPU ini adalah Universal, karena tugasnya memang menjadi Otak dari sebuah OS agar fungsi System secara keseluruhan bisa berjalan dengan mestinya.

  1. GPU adalah Graphic Processing Unit yang memiliki fungsi khusus yaitu hanya untuk aktifitas pengolahan grafis atau rendering saja, jadi GPU ini tugasnya hanya untuk melakukan process pengolahan grafis saja, tentu dalam kasus nyatanya, GPU ini tetap membutuhkan resource dari CPU, sehingga GPU yang baik itu adalah GPU yang di tunjang CPU yang juga sama baiknya.


Bagaimana? apakah kalian sudah mengerti terkait perbedaan GPU dan CPU yang ada pada suatu Perangkat, yang dalam kasus ini khusus untuk pembahasan Smartphone Android.

Jika, kalian sudah mengerti maka ada baiknya, untuk kalian pahami dulu apa sih kegunaan dari GPU di Smartphone Android tersebut.


Fungsi GPU di Smartphone Android


Karena GPU itu tugasnya khusus untuk pengolahan grafis saja, maka sudah jelas fungsi GPU di Smartphone Android itu ya untuk melakukan rendering terhadap semua bentuk gambar animasi, baik itu 2D ataupun 3D.

Sehingga, GPU di Smartphone Android itu sangat erat kaitannya dengan aktifitas Multimedia seperti untuk bermain Games! maka, wajar saja jika kebanyakan anak muda sekarang ini banyak menggunakan Smartphone Androi dengan GPU yang cepat dan bagus.

Alasannya, yaitu adalah agar bisa bermain Games dengan lancar, karena sekarang ini rata-rata Games keren dengan animasi bagus di Smartphone Android itu memerlukan GPU yang cepat agar bisa berjalan dengan baik, meski demikian peran RAM dan CPU juga menjadi salah satu faktor utamanya.

Selain untuk bermain Games, faktanya GPU di Smartphone Android itu memiliki andil yang besar untuk mengolah Warna dan Efect Transisi pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Maka disini, akan terlihat jelas perbedaan GPU mahal dan GPU murah, jika kalian gunakan untuk menonton Video ataupun melakukan hal apapun yang berhubungan dengan Animasi 3D, tentu saja GPU yang lebih mahal bisa menghasilkan warna dan transisi yang lembut dan konsisten.

Tetapi, untuk warna sendiri peran Panel Layar juga mempengaruhi, tetapi dengan adanya GPU, maka kalian bisa dengan mudah untuk mengatur Komposisi Warna di layar Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.


GPU Smartphone Android ada banyak jenisnya


Selanjutnya, sama seperti Processor, ternyata GPU juga menjadi ladang bisinis yang bagus untuk beberapa Perusahaan Manufacture Hardware, hanya saja untuk persaingannya tidak se-kompetitif persaingan pada sektor Processor Mobile.

Karena, hingga sekarang terhitung hanya ada beberapa saja OEM dari Produsen GPU Mobile tersebut, jika kita lihat lebih jauh, mungkin sama seperti GPU yang ada pada Perangkat Komputer yang rata-ratanya di Dominasi oleh OEM Nvidia dan juga AMD.

Pada Smartphone Android juga sama saja, karena hingga sekarang hanya ada 3 OEM GPU Mobile saja yang terus-terusan bersaing.

Padahal sebenarnya masih ada jenis Hardware GPU Mobile lagi di luar sana, tetapi tidak begitu terkenal, kemungkinan karena kalah bersaing secara Teknologi dan juga Pangsa Pasar yang sulit.

Berikut di bawah ini adalah jenis-jenis GPU Smartphone Android yang terkenal dan selalu bersaing secara ketat yang harus kalian ketahui informasinya.


Jenis-jenis GPU Smartphone Android


Baiklah, disini kita akan masuk ke pembahasan utama kita, yaitu terkait Informasi tentang jenis-jenis GPU yang ada di Smartphone Android yang eksis sekarang ini.

Ingat! kami hanya memberikan Informasi GPU yang eksis saja, yang sudah tutup usia atau Discontinued tidak kami sertakan, karena pada dasarnya GPU ini memang tidak terlalu di kenali oleh para pengguna Smartphone Android.

Sehingga, disini kami memutuskan untuk memberikan Informasi terkait GPU yang tengah sengit bersaing secara kompetitif saja, karena memang menarik untuk di bahas.

Berikut, adalah jenis-jenis Brand GPU di Smartphone Android :


Adreno


Kami, kira kalian pasti sudah familiar dengan Processor Qualcomm Snapdragon, bukan? jika iya, nah inilah GPU dari Qualcomm Snapdragon, yaitu adalah Adreno.

GPU Android Terbaik, GPU Android, Tingkatan GPU Android, Urutan tingkat GPU Android, Rnaking GPU Android Sekarang, Nama GPU Android terbaik, GPU Android Rank 2019, Apa itu GPU Android, Pengertian GPU Android, Arti GPU Android, Jenis-jenis GPU Android, Kelas di GPU Android, Macam-macam GPU Android, Nama-nama GPU Android, Kelebihan GPU Android, Mali GPU Android, PowerVR GPU Android, Adreno GPU Android, Apa itu Adreno, Apa itu PowerVR, Apa itu Mali

Kalau dari segi kemampuan dan teknologi yang di usung sudah jelas, tidak usah di ragukan lagi kemampuannya, karena pasti akan memuaskan dan sesuai dengan kelasnya.

Sejatinya, GPU Adreno ini memang menjadi GPU Ekslusif untuk Processor Qualcomm Snapdragon, karena setiap ada versi baru dari variant Processor Qualcomm Snapdragon, pastinya GPU Adreno ini juga akan di berikan peningkatan terhadap kemampuannya.

Sehingga, dari jenis Processor Qualcomm Snapdragon kelas bawah hingga atas untuk Smartphone Android, setiap jenis Processor tersebt pasti akan di bekali dengan GPU Adreno tersebut.

Sama, seperti Processornya yaitu Qualcomm Snapdragon, GPU Adreno ini juga memiliki series, berikut adalah Series GPU Adreno yang harus kalian ketahui :

  • Adreno 100 Series
  • Adreno 200 Series
  • Adreno 300 Series
  • Adreno 400 Series
  • Adreno 500 Series
  • Adreno 600 Series

Perlu kalian ketahui, disini tidak ada penamaan Seri yang khusus untuk kelas tertentu, seperti pada seri Processornya, karena pengembangannya memang di tujukan secara merata dan periodik.

Sehingga, biasanya untuk Smartphone dengan kelas menengah ke bawah akan menggunakan GPU Adreno versi terdahulu dan untuk Smartphone Android dengan Processor Qualcomm Snapdragon terbaru untuk seri kelas Menengah hingga atas, akan di bekali dengan versi Adreno yang lebih baru dan tentu saja akan lebih cepat dan canggih.


Mali


Berbeda dengan Adreno yang biasanya Ekslusif untuk Processor Qualcomm Snapdragon, GPU Mali ini merupakan sebuah GPU yang di buat oleh Perusahaan ARM Holdings yang nanti hasilnya akan di Implementasi oleh Produsen Processor Mobile.

GPU Android Terbaik, GPU Android, Tingkatan GPU Android, Urutan tingkat GPU Android, Rnaking GPU Android Sekarang, Nama GPU Android terbaik, GPU Android Rank 2019, Apa itu GPU Android, Pengertian GPU Android, Arti GPU Android, Jenis-jenis GPU Android, Kelas di GPU Android, Macam-macam GPU Android, Nama-nama GPU Android, Kelebihan GPU Android, Mali GPU Android, PowerVR GPU Android, Adreno GPU Android, Apa itu Adreno, Apa itu PowerVR, Apa itu Mali

Sejauh ini, GPU dari Mali tersebut sudah banyak di gunakan oleh para Produsen Processor Mobile Top Tier, seperti Samsung Exynos, MediaTek, Xiaomi Surge dan Huawei HiSilicon Kirin, maka jika kalian melihat Track Recordnya.

Maka, sudah pasti GPU dari Mali ini memang memiliki reputasi yang bagus, karena Performanya yang memang bisa di andalkan untuk mengolah grafis secara baik dan cepat.

GPU Mali tersebut juga sangat kompetitif bersaing dengan GPU besar seperti Adreno milik Qualcomm Snapdragon, sehingga setiap tahunnya GPU Mali ini selalu di Update dengan menggunakan Teknologi dan kemampuan yang lebih canggih dari sebelumnya.

Berikut adalah beberapa seri GPU Mali yang harus kalian ketahui :

  • Mali 200 Series >> (Entry Level)
  • Mali 400 Series >> (Entry Level - Mid Level)
  • Mali T Series >> (Mid Level - High Level)
  • Mali G Series >> (High Level)

Dari pemaparan jenis Kategori dan Kelas diatas, sudah bisa ketahui bahwa biasanya seri GPU Mali dengan G Series, biasanya akan memiliki Performa yang jauh lebih cepat dari pada seri lainnya, yang memang sudah di design untuk Segment Pasarnya masing-masing.


PowerVR


Sama seperti Mali, PowerVR juga merupakan sebuah produk GPU dari Produsen GPU khusus yaitu dari perusahaan Imagination Technologies Group.

GPU Android Terbaik, GPU Android, Tingkatan GPU Android, Urutan tingkat GPU Android, Rnaking GPU Android Sekarang, Nama GPU Android terbaik, GPU Android Rank 2019, Apa itu GPU Android, Pengertian GPU Android, Arti GPU Android, Jenis-jenis GPU Android, Kelas di GPU Android, Macam-macam GPU Android, Nama-nama GPU Android, Kelebihan GPU Android, Mali GPU Android, PowerVR GPU Android, Adreno GPU Android, Apa itu Adreno, Apa itu PowerVR, Apa itu Mali

Sama seperti ke-2 GPU diatas, GPU PowerVR ini sudah memiliki jam terbang yang sama banyaknya seperti 2 GPU yang sudah kami sebutkan diatas, sehingga untuk reputasinya jangan di pertanyakan lagi.

Lalu untuk kemampuannya juga akan sangat kompetitif seperti jenis GPU Mobile lainnya, PowerVR juga sering di suntikan ke dalam jenis Processor ternama seperti di Impementasikan oleh OEM MediaTek, Apple dan juga Intel.

PowerVR juga memiliki seri khusus agar bisa di kenali oleh para penggunannya dengan mudah, yaitu adalah sebagai berikut :

  • PowerVR SGX500 Series
  • PowerVR G6000 Series
  • PowerVR GX6000 Series
  • PowerVR GT7000 Series
  • PowerVR GE8000 Series
  • PowerVR GM8000 Series

Sama seperti Adreno, di GPU PowerVR kita tidak akan bisa menemukan Kasta khusus pada setiap serinya, karena biasanya seri GPU tercepat selalu di gunakan pada jenis Processor baru yang di Implementasikan oleh Produsen Processor Mobile.

Dan jenis GPU PowerVR lawas akan di Implementasikan ke jenis Processor yang memang di tujukan untuk Kelas Segment Pasar Menengah ke Bawah.


Tingkatan GPU Android Tercepat Sekarang (UPDATED - 2022)


Jika, kalian sudah bisa mengenali jenis dan kelas dari GPU di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, maka informasi di bawah ini mungkin akan bisa bermanfaat untuk kalian.

Karena disini kami telah merekap dan melakukan List terhadap 20 GPU Terbaik dan Tercepat untuk Smartphone Android.

GPU Android Terbaik, GPU Android, Tingkatan GPU Android, Urutan tingkat GPU Android, Rnaking GPU Android Sekarang, Nama GPU Android terbaik, GPU Android Rank 2019, Apa itu GPU Android, Pengertian GPU Android, Arti GPU Android, Jenis-jenis GPU Android, Kelas di GPU Android, Macam-macam GPU Android, Nama-nama GPU Android, Kelebihan GPU Android, Mali GPU Android, PowerVR GPU Android, Adreno GPU Android, Apa itu Adreno, Apa itu PowerVR, Apa itu Mali

Benar sekali, pokok pembahasan ini khusus untuk daftar GPU terbaik untuk Smartphone Android saja, untuk GPU Smartphone Non-Android sengaja tidak kami sertakan, selanjutnya untuk jenis peringkat disini, kami mengambil Analysis data dari hasil Benchmark dengan menggunakan Tool GFXBench dan Basemark.

Karena ke-2 buah Tool Benchmark tersebut memang di percaya dengan akurasi data yang teruji dan real, maka berikut adalah 20 Daftar GPU Smartphone Android (Smartphone GPU Ranking) yang ada sekarang ini :

  • #1 - Adreno 730 - 380
  • #2 - Samsung Xclipse 920 - 302
  • #3 - Adreno 660 - 243
  • #4 - Mali-G78 MP22 - 232
  • #5 - Adreno 650 - 206
  • #6 - Mali-G77 MP11 - 199
  • #7 - Mali-G77 MP9 - 178
  • #8 - Adreno 640 - 166
  • #9 - Mali-G78 MP14 - 154
  • #10 - Adreno 642 - 153
  • #11 - Mali-G76 MP16 - 151.5
  • #12 - Adreno 630 - 150
  • #13 - Mali-G72 MP18 - 145
  • #14 - Mali-G78 MP20 - 134.5
  • #15 - Adreno 642L - 133
  • #16 - Mali-G76 MP10 - 119.5
  • #17 - Mali-G72 MP12 - 118
  • #18 - Mali-G57 MP5 - 115
  • #19 - Mali-G57 MP6 - 112
  • #20 - Adreno 540 - 111.5

(Update ~ Juni 2022)

Perlu kalian ketahui, List Ranking GPU Smartphone Android terbaik dan tercepat diatas, bisa saja berbeda dari daftar yang disediakan oleh situs lain, karena pada dasarnya, metode pengujiannya bisa jadi berbeda dan tidak sama.

Hanya, saja perbedaanya mungkin hanya sedikit, sehingga pada garis besarnya Urutan Ranking Terbaik GPU Android sekarang (Best Mobile GPU) ini memang demikianlah seperti yang sudah kalian lihat diatas.

Selanjutnya, untuk Listing Daftar Ranking diatas, semuanya khusus untuk GPU saja dan disini kami tidak menyertakan terkait Ranking CPU Android, karena sudah kami buatkan halaman khususnya di bawah ini :


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, sehingga pada artikel sederhana ini, kalian bisa mengetahui jenis dan seri dari Hardware GPU yang ada pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Maka, jika GPU Smartphone Android kalian ada di dalam daftar diatas, maka sudah pasti kalian sekarang menggunakan GPU tercepat yang ada sekarang ini, sehingga bisa kalian maksimalkan dalam penggunaannya untuk beragam aktifitas rendering ringan atau berat seperti bermain Games 3D keren.

Daftar Urutan Ranking GPU Android diatas, akan selalu kami Update setiap saatnya, sehingga kalian tidak akan ketinggalan Informasi, karena terkait masalah GPU ini kalau menurut kacamata kami, memang cukup penting, apalagi jika kalian adalah seorang yang memang hobi untuk bermain Games di Smartphone Android.

Maka, informasi dan pengetahuan diatas bisa sangat berguna dan bermanfaat untu kalian, dalam membantu mencari Smartphone Android yang bertenaga dan cocok untuk budget yang kalian miliki.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan yang lebih banyak untuk kalian dan semoga kalian bisa terbantu dengan beberapa Informasi diatas, semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot