RILIS ARTIKEL TERBARU :

Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver

Saat ini memang ada banyak sekali Smartphone Android yang bisa kalian pilih dan kalian beli untuk di gunakan sehari-hari, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal, sehingga di zaman sekarang ini hampir semua orang pada setiap kalangan paling tidak memiliki satu buah Smartphone dan salah satu Smartphone tersebut pasti menggunakan OS Android.

Negera Indonesia sendiri menjadi sebuah Negara yang paling banyak memasarkan banyak jenis Smartphone Android, bisa itu Smartphone produk Lokal hingga International, semuanya berlomba-lomba untuk menjual Produknya di Indonesia.

Karena memang sudah terbukti dari hasil statistik Indonesia memang menjadi salah satu Negara yang paling cepat beradaptasi dengan kemajuan zaman, salah satunya adalah terhadap penggunaan Ponsel Pintar tersebut.

Lalu, smartphone dari merk apa yang paling terkenal di Indonesia? jawabannya ada beberapa dan salah satu diantaranya adalah Xiaomi yang sekarang juga sudah memiliki Sub-Brand bernama Redmi.

Jika kalian tidak percaya silahkan kalian lihat Smartphone tetangga, teman di lingkungan sekitar hingga rekan kerja, pasti salah satu atau beberapanya ada yang menggunakan Brand dari Xiaomi tersebut.

Hal ini wajar terjadi, mengingat Smartphone Androi dari Xiaomi itu memang di jual dengan harga yang murah, tetapi memiliki kemampuan yang sangat baik.

Selanjutnya hal menarik dari Smartphone Android Xiaomi adalah terletak pada penggunaannya yang terlihat lebih Flexible dari produk Kompetitor sebut saja Vivo dan Oppo yang memang menjadi saingan sengit Brand Xiaomi tersebut.

Dari ke-2 buah Brand tersebut, Xiaomi memang menang dari segi Support terhadap Customer, mulai dari besarnya Komunitas hingga Support langsung dari Vendor atau OEM dengan menyediakan Tools, Firmware dan ROM yang selalu di update secara berkala, semuanya demi kepuasan pelanggan.

Sehingga para Costumer atau pengguna akan merasa puas dalam penggunaan Smartphone Androi dari Xiaomi tersebut, selanjutnya meski menggunakan ROM MIUI sebagai ROM utamanya, yang namanya Smartphone Android itu pasti ujung-ujungnya menggunakan OS Android dari Google.

Hanya saja di Xiaomi sendiri OS Android tersebut sudah di Custom sedemikian rupa, hingga akhirnya muncul kesan Ekslusif dan berbeda dari Smartphone Android kebanyakan, lalu bagaimana untuk masalah Konektivitas?

Ya! lagi-lagi sama saja, kalian bisa menggunakan Smartphone Android Xiaomi itu sama seperti seri Smartphone Android lain, yaitu kalian bisa terhubung ke Internet, melakukan berbagai macam secara Wireless dan kalian juga bisa menghubungkan Smartphone Android Xiaomi ke PC untuk beragam kegiatan, seperti Transfer File, Mode MTP atau Mode Pengembangan.


Xiaomi / Redmi USB Driver


Pada bahasan kali ini, kita hanya akan berfokus pada permasalahan Driver USB yang di gunakan Xiaomi / Redmi saja, karena hal ini sangat penting untuk di perhatikan secara baik dan benar, jika tidak jelas saja kalian tidak akan bisa menghubungkan Smartphone Android Xiaomi kalian ke PC dan pastinya beberapa hal di bawah ini tidak akan bisa di lakukan :


  • Unlock Bootloader
  • ROOT
  • Flash
  • Custom ROM, Kernel, Recovery, dll
  • Transfer File / Data (MTP)
  • Maintenance
  • Command Prompt (Development)


Seperti yang terlihat, jika Xiaomi kalian tidak bisa terhubung ke PC denga  kabel USB, maka jelas saja kalian tidak akan bisa melakukan hal penting dan keren seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Maka, disini di perlukan sebuah Driver USB Xiaomi secara khusus agar semua itu dapat di jalankan dengan semestinya.

Sebenarnya secara default OS Windows tersebut bisa membaca dan menginstall secara langsung Driver USB dari Xiaomi secara otomatis, ketika Smartphone Xiaomi kalian disambungkan ke PC untuk pertama kalinya, tetapi hal ini tidak berlangsung selalu, karena ada beberapa kondisi yang menyebabkan Driver tersebut tidak ter-install secara otomatis, maka dengan demikian disinilah kalian perlu menginstallnya secara manual.


Beda Android USB Driver dan Xiaomi USB Driver


Pada dasarnya sama saja, yaitu berfungsi untuk membuat Smartphone Android Xiaomi kalian bisa terhubung ke PC dengan baik yang selanjutnya bisa di gunakan untuk penggunaan CMD dengan bantuan Driver ADB dan Fastboot Driver.

Yang menjadi pembedannya adalah terdapat pada Fitur tambahan yang terkesan Ekslusif di Xiaomi, seperti saat kalian melakukan Flash, Unlock Bootloader dan melakukan Maintenance dengan Tools Produktivitas dari Xiaomi, maka disinilah Xiaomi USB Driver itu bisa terlihat fungsinya.

Jika kalian hanya menggunakan Android USB Driver biasa yang bersifat Universal saja, maka sudah pasti kalian tetap bisa menghubungkan Smartphone Android Xiaomi kalian ke PC Windows, tetapi dalam lingkung yang terbatas, seperti melakukan Transfer Data dari Mode MTP saja.

Maka, dengan demikian alangkah lebih baiknya jika kalian menggunakan USB Driver yang memang sudah di buat khusus oleh Xiaomi saja, karena hal ini akan mengacu kepada tingkat kesuksesan dan kecocokan terhadap Tools produkivitas (Software) yang di ciptakan oleh Xiaomi.


Cara Atasi Xiaomi / Redmi yang tidak terbaca di OS Windows


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada dasarnya OS Windows itu bisa saja langsung menginstall Driver Smartphone Android Xiaomi kalian pada saat pertama kali di hubungkan ke PC / Komputer untuk pertama kalianya.

Namun, bisa juga Driver tersebut gagal terinstall secara otomatis yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal ini :


  1. OS Windows Error.
  2. Terbaca sebagai virus (gara-gara penggunaan aplikasi Anti-Virus)
  3. Driver yang di Install dianggap Illegal dan berbaya (solusinya bisa dengan cara Disable Driver Signature Enforcement).
  4. ROM MIUI yang di gunakan memiliki Bugs.
  5. Firmware yang di gunakan tidak stabil.


Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang membuat USB Driver Xiaomi tersebut tidak bisa terinstall secara baik ke PC Windows yang kalian miliki.

Namun, tenang saja masalah ini bisa kalian selesaikan dengan mudah, yaitu kalian hanya perlu menginstall Driver USB Xiaomi / Redmi tersebut secara manual saja, maka masalah ini akan terselesaikan dengan sangat cepat dan efektif tentunya.

Selain itu masalah ini bisa diandalkan untuk mengatasi beragam masalah yang sering terjadi, seperti :


  1. Tidak terbaca di aplikasi Mi Flash Unlock.
  2. Mi Flash Unlcok (Mi Unlock Tool) gagal melakukan Unlock Bootloader (UBL).
  3. ABD dan Fastboot Driver tidak bisa membaca koneksi dari Smartphone Xiaomi kalian.
  4. Tidak bisa di gunakan untuk penggunaan Transfer Data atau USB MTP.
  5. Tidak terbaca saat menggunakan Mode Test Point.


Jika kalian menemui masalah serupa atau sejenis yang sudah kami sebutkan diatas, maka masalah tersebut bisa terselesaikan hanya dengan menginstall USB Driver Xiaomi versi Terbaru ini saja, kalau tidak percaya silahkan coba saja sendiri.


Download Xiaomi USB Driver Terbaru


Dibawah ini kami sudah sediakan Driver USB khusus Xiaomi dan juga Driver Android USB Universal, silahkan kalian pilih dan gunakan sesuai kebutuhan dengan identifikasi sebagai berikut :


  1. Android USB Driver (Untuk penggunaan biasa seperti Transfer Data (MTP) dan menjalankan fungsi ADB dan Fastboot).
  2. Xiaomi USB Driver (Untuk penggunaan tingkat lanjut dalam kegiatan Unlock Bootloader, Flash, Maintenance dengan bantuan Software dari Xiaomi, seperti Mi Flash Unlock, Mi Flash Tool dan Mi PC Suite).


Jika, kalian sudah mengerti apa yang kalian inginkan maka, silahkan Donwload salah satu dari 2 buah USB Driver yang sudah kami sediakan di bawah ini :


Password : dadroidrd.com

Sekali lagi, silahkan pilih saja salah satu sesuai kebutuhan kalian, jika ingin yang Advance gunakan Xiaomi USB Driver saja dan tidak usah menggunakan Android USB Driver, tetapi jika kalian tidak memerlukan hal seperti Flash, UBL dan lainnya, cukup gunakan saja Android USB Driver saja, karena Driver tersebut sudah mampu untuk hanya sekedar di gunakan dalam melakukan Transfer Data dan fungsi ADB dan Fastboot.

Xiaomi USB Driver ini sudah bisa mendukung / Support untuk semua versi Smartphone Android Xiaomi, seperti seri Xiaomi Mi, Xiaomi Redmi, Redmi (Sub-Brand) dan juga Black Shark semua versi.

Jika sudah kalian kalian Download, silahkan Extract setelahnya di tempat yang mudah untuk kalian temukan, jika sudah silahkan ikuti instruksi selanjutnya.


USB Debugging


Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum menginstall Xiaomi USB Driver Terbaru ini adalah dengan mengaktifkan Mode Pengembang atau Developer Options dulu, selanjutnya aktifkan juga USB Debugging.

Karena cara ini adalah syarat utama yang akan membuat Smartphone Android Xioami kalian bisa terhubung ke PC Windows melalui koneksi yang di lakukan dari Kabel USB, jika kalian tidak tahu caranya silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Sekali lagi, pastikan fitur USB Debugging ini aktif, karena jika tidak maka proses selanjutnya tidak akan bisa di laksanakan.

Jika sudah kalian aktifkan dan sudah kalian pastikan aktif dengan sebenar-benarnya, silahkan ikuti langkah selanjutnya.


Cara Install Xiaomi USB Driver di OS Windows


  1. Silahkan Buka Tool yang bernama Device Manager, cari di Start Menu atau di Control Panel >> Hardware & Sound >> Devices and Printers >> Device Manager.
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Silahkan buka Tool Device Manager.
  2. Biarkan saja aplikasi Device Manager tersebut terbuka, lalu hubungkan Smartphone Android Xiaomi kalian dengan Kabel USB ke Komputer atau PC Windows yang kalian miliki.
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Sorot pada List Menu, harusnya muncul Menu baru yang bernama Other Devices atau Portable Devices (Pasti muncul di salah satu List Menu tersebut, pilih dan buka saja List Menu tempat munculnya Koneksi yang telah kalian buat dengan Kabel USB, pada kasus kami, List Device tersebut muncul di Portable Devices).
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Jika sudah, tekan Klik Kanan pada List Device yang telah muncul.
  2. Pilih Opsi Update Driver.
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Selanjutnya silahkan cari Android USB Driver / Xiaomi USB Driver yang sudah kalian Download dan Extract sebelumnya.
  2. Pada tahap ini pilihlah Opsi Browse my Computer for driver Software.
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Jika sudah menemukan letak Folder USB Driver tersebut, tekan saja Next.
  2. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Download Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Terbaru, Xiaomi / Redmi USB Driver Latest, Xiaomi USB Driver, Redmi USB Driver, Cara Install Xiaomi USB Driver, Cara Install Redmi USB Driver, Atasi Xiaomi yang tidak tersambung dengan komputer, Xiaomi tidak terbaca di USB, Xiaomi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, Redmi tidak terbaca di Windows, panduan Install Xiaomi USB Driver, panduan pasang Redmi USB Driver
  1. Agar Driver bisa berjalan dengan baik, silahkan lakukan Reboot / Restart OS Windows.
  2. Harusnya sekarang USB Driver Xiaomi sudah terpasang dengan baik di OS Windows yang kalian miliki.
  3. Done.


Langkah Setelah Driver USB Xiaomi Ter-install


Selanjutnya silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian masing-masing, apakah kalian hanya akan menggunakan USB Driver Xiaomi ini untuk penggunaan biasa saja, seperti menggunakan ADB dan Fastboot Driver saja atau menggunakan untuk hal lebih lainnya, seperti ingin melakukan Flashing atau Unlock Bootloader, kalian bebas menentukannya sendiri.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi ADB dan Fastboot, maka tentu saja kalian harus menginstall ADB dan Fastboot Driver dulu di PC Windows yang kalian miliki, silahkan pilih satu ADB dan Fastboot Driver di bawah ini :

  1. ADB Driver + Fastboot Driver (Minimal) Terbaru
  2. ADB + Fastboot Driver Instant (Support hingga Android 12)
  3. Android SDK Platform Tools (ADB + Fastboot Driver versi paling terbaru)

Untuk cara Installnya sudah kami sertakan di dalam masing-masing artikel diatas.

Jika kalian ingin menggunakan USB Driver Xiaomi ini untuk keperluan Flash atau Unlock Bootloader, maka disini kalian memerlukan sebuah aplikasi khusus yang telah di buat oleh Xiaomi dan aplikasi tersebut adalah Mi Flash Tool (Untuk melakukan Flash Firmware) dan Mi Flash Unlock (Untuk melakukan Unlock Bootloader).

Silahkan Download dan Install aplikasi tersebut melalui artikel yang sudah kami buat di bawah ini :


Setelahnya, silahkan lakukan semau kalian, ingat! jika kalian ingin melakukan sesuatu pastikan kalian tahu apa yang ingin kalian lakukan, jangan sembarangan, pastikan kalian sudah mengerti terkait apa yang akan kalian aplikasikan, jangan lakukan sembarangan, bisa jadi akan berakibat buruk pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.


Smartphone Xiaomi / Redmi masih tidak bisa terhubung ke OS Windows


Meski kalian sudah mengikuti tutorial diatas. Tetapi, pada akhirnya masih tetap saja tidak bisa, maka silahkan lakukan Disable Driver Signature Enforcement dulu, baru ulangi langkah Installasi diatas, jika tidak tahu cara melakukan Disable Driver Signature Enforcement di OS Windows, silahkan ikuti cara di bawah ini :


Biasanya, yang menyebabkan gagalnya Driver terinstall di OS Windows tersebut, di karenakan System Security OS Windows itu sendiri, yang tidak membiarkan sembarang Driver bisa terinstall, maka untuk mengatasi hal tersebit di perlukan langkah Disable Driver Signature Enforcement sebelum kalian menginstall USB Driver terkait.


Masih saja tidak bisa?


Jika, pada akhirnya masih saja tetap tidak bisa, maka pastinya ada masalah di baliknya dan masalah tersebut bisa saja datang dari 2 hal ini :

  1. OS Windows yang kalian gunakan.
  2. Firmware ROM MIUI yang ada di Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.

Masalahnya bisa jadi karena beberapa hal ini :

  1. Bugs (cacat) di Firmware atau OS.
  2. Kalian menggunakan aplikasi Anti Virus dengan Proteksi berlebihan.
  3. Kalian menggunakan OS Windows tidak resmi hasil Modifikasi.
  4. Adanya kekurangan Part di OS Windows yang kalian gunakan.
  5. OS Windows mengalami Error.

Selanjutnya pastikan juga secara fisik tidak ada kecacatan seperti pada Port USB di Komputer atau Laptop kalian dan tidak kalah penting silahkan pastikan Kabel USB yang kalian gunakan itu berfungsi dengan baik.

Disini kami punya beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Install ulang OS Windows.
  • Gunakan Komputer atau Laptop lain.
  • Upgrade ROM MIUI yang kalian gunakan.
  • Lakukan Facory Reset (Full Wipe) di Smartphone Android Xiaomi / Redmi yang kalian gunakan.

Harusnya dengan melakukan ke-4 hal diatas, maka masalah USB Driver Xiaomi / Redmi yang tidak bisa di gunakan atau terbaca bisa terselesaikan dengan mudah.

Silahkan ikuti satu persatu cara dengan teliti dan dengan sebaik-baiknya, karena jika ada satu saja yang salah atau tertinggal, maka bisa jadi akan berakibat gagalnya proses Install Driver tersebut, jika bingung silahkan tanyakan saja di kolom komentar dan semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian dan juga kami. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot