RILIS ARTIKEL TERBARU :

MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows

MediaTek memang sangat terkenal sekarang ini sebagai sebuah Perusahaan atau Vendor yang fokus untuk memperoduksi sebuah Processor atau Chipset untuk Perangkat pintar, sebut saja Smartphone dan Smartwatch, sehingga wajar jika saat ini penggunaan Chipset MediaTek ini telah menjamur dan banyak sekali di gunakan oleh perusahaan pembuat Smartphone atau perangkat pintar lainnya.

Seperti yang kalian ketahui Processor MediaTek itu memang bersaing sengit dengan jenis Processor Qualcomm Snapdragon, tetapi kalau dari segi fitur dan performa, nampaknya seri MediaTek harus kalah pada segmen Processor kelas atas.

Tetapi, untuk jenis Processor Smartphone Android kelas menengah, Processor MediaTek ini masih bisa bersaing secara kompetetif dengan Processor Qualcomm Snapdragon, untuk performanya sendiri jangan di anggap remeh, karena di zaman sekarang ini Processor MediaTek sudah berevolusi menjadi sebuah Chipset Processor yang canggih dan juga bertenaga.

Hal lain yang membuat Chipset MediaTek ini menjadi menarik adalah bahwa ketika sebuah Smartphone Android di pasangai sebuah Chipset MediaTek, maka harga jualnya akan lebih murah dari pada Smartphone Android yang telah menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon.

Meski pada kenyataannya, hasil performa antar kedua buah Chipset tersebut hanya berbeda sedikit saja dan dalam beberapa kali kesempatan Chipset MediaTek ini bisa mengungguli Chipset Processor dari Qualcomm Snapdragon, kalau di lihat dari kelas dan performanya.

Untuk urusan konektivitas, Smartphone Android yang di tenagai oleh mesin MediaTek ini juga sama halnya seperti Smartphone Android kebanyakan, karena bisa melakukan hal apapun yang sudah menjadi fungsi Ponsel Pintar yang ada di zaman sekarang ini.

Selain itu untuk masalah Maintenance sendiri juga sama nyamannya seperti Smartphone Android dengan Processor Qualcomm Snapdragon, karena Smartphone MediaTek juga bisa di gunakan untuk Self Development, Self Maintenance dan lainnya.


Perbedaan Chipset MediaTek dan Processor Qualcomm dari Segi Maintenance


Terlihat mirip memang, karena memang sama-sama menggunakan OS Android sebagai OS basis utamanya, tetapi untuk segi Development dan Maintenance tentu saja berbeda, karena MediaTek dan Qualcomm Snapdragon sendiri, punya sebuah cara khusus untuk bisa di gunakan untuk kegiatan Maintenance tersebut.

Maksud Maintenance yang kami maksud adalah sebagai berikut :

  • Flash
  • Upgrade
  • Penggunaan Tool
  • Driver yang di perlukan
  • Jenis Firmware

Jika kalian menggunakan Smartphone bermesin MediaTek, jelas saja untuk cara Maintenance-nya tidak akan sama seperti Smartphone bermesin Qualcomm Snapdragon, untuk Development di OS Android sendiri juga berbeda.

Dimana pada Smartphone MediaTek itu mereka membutuhkan sebuah file Library khusus dan juga sebuah Framework Khusus yang jika di lihat, maka akan sangat berbeda dari yang di gunakan Smartphone Android bermesin Qualcomm Snapdragon.

Selanjutnya hal yang paling bisa terlihat adalah, jika Smartphone Android dari Qualcomm Snapdragon punya fitur Test Point, yang artinya ini adalah Metode tertinggi dan terbaik untuk bisa melakukan Flash dalam kondisi apapun.

Sayangnya, Smartphone Android berbasis MediaTek tidak bisa melakukan hal itu, sehingga jika kita bicara soal Fleksibilitas, jelas saja Smartphone Qualcomm Snapdragon lebih unggul. Namun, bukan berari Smartphone bermesin MediaTek jelek, hanya kalah sedikit saja, begitulah intinya.


MediaTek (MTK) USB Driver


Sama seperti Qualcomm Snapdragon yang memerlukan sebuah Driver khusus agar bisa terbaca di Komputer yang dalam kasus ini penggunaannya pada OS Windows, MediaTek juga memerlukan hal tersebut, agar OS Windows bisa melakukan identifikasi terhadap perangkat MediaTek yang telah terkoneksi.

Tujuan penggunaan Driver MediaTek ini jelas saja langsung mengarah ketindakan Maintenance dan Produktivitas, seperti melakukan Transfer File (Data), hingga ke tahap yang lebih lanjut seperti melakukan beberapa hal berikut ini ;

  • Flashing
  • Custom ROM
  • Custom Kernel
  • Custom Recovery
  • Penggunaan ADB
  • Penggunaan Fastboot
  • Melakukan Factory Reset
  • Melakukan Upgrade versi OS, dll

Sehingga kebutuhan akan Installasi Driver MediaTek di OS Windows tersebut memang sangat di perlukan, agar Smartphone Android kalian bisa terhubung ke Komputer yang kalian miliki, untuk media penghubungnya pada kasus ini adalah Kabel USB dan bisa juga menggunakannya secara Wireless, tapi kami belum pernah mencoba hal tersebut.


Perbedaan MTK USB Driver dan VCOM MTK Driver


Sebelumnya kami memang telah membagikan sebuah Driver MTK yang memang agak mirip dengan yang akan kami bagikan sekarang ini, bagi yang awam atau pengguna Smartphone Android MediaTek baru, mungkin akan bingung terkait penggunaan kedua buah Driver tersebut.

Maka, disini akan kami jelaskan dulu terkait perbedaan antar kedua buah jenis Driver untuk OS Windows tersebut.

MTK USB Driver, seperti namanya sendiri, Driver ini adalah merupakan sebuah Driver Basic yang di khususkan untuk penggunaan dasar, seperti untuk melakukan Transfer Data (MTP) dan penggunaan fungsi lain seperti ADB dan Fastboot.

Cara Installnya pun harus di lakukan secara Manual dan tidak ada Installer di dalamnya, ini yang akan kita bahas di bawah nanti, intinya MTK USB Driver ini hanya merujuk ke penggunaan koneksi Smartphone dan Komputer Windows dalam lingkung Basic atau Standard saja.

VCOM MediaTek Driver, untuk jenis Driver satu ini merujuk ke penggunaan yang lebih Expert, karena Driver ini sangat di butuhkan, jika kalian ingin melakukan tindakan Flash atau hal lain yang berhubungan dengan System OS Android itu sendiri.

Driver ini adalah bagian penting yang tidak boleh terpisahkan jika kalian menggunakan sebuah Tool Flasher yang memang di khususkan untuk perangkat MediaTek dan itu adalah aplikasi SP Flash Tool, untuk lebih detailnya silahkan pelajari artikel di bawah ini :


Jika kalian sudah mengerti, maka sebenarnya penggunaan dari kedua biah Driver ini sama saja, yaitu agar OS Windows bisa mengidentifikasi Informasi Smartphone Android kalian yang telah kalian hubungkan ke OS Windows dari Kabel USB.

Tetapi, jika di lihat dari fungsinya, kedua Driver ini tentu saja berbeda, karena satu diantaranya adalah untuk penggunaan Basic dan satu lainnya untuk penggunaan Advance, jika yang kalian butuhkan adalah VCOM MediaTek USB Driver atau CDC MediaTek (MTK) Driver, maka silahkan dapatkan Driver tersebut pada halaman di bawah ini :



Perbedan MTK USB Driver dan Android USB Driver


Selanjutnya, ada juga yang kebingungan terkait masalah kedua buah Driver ini, karena memang bejenis Driver Basic yang mudah untuk kalian gunakan.

Secara garis besar memang sama saja, jika kita merunjuk ke penggunaan OS Android secara Universal, intinya Driver ini bisa menghubungkan OS Android yang kalian gunakan ke OS Windows yang bertindak sebagai Media utamanya, untuk bisa di gunakan dalam hal apapun yang terkait dalam penggunaan fungsi yang Normal, seperti Transfer Data, ADB dan Fastboot.

Tetapi, yang menjadi pembedannya adalah jika Android USB Driver itu bersifat Universal, maka MediaTek (MTK) USB Driver ini bersifat khusus untuk perangkat pintar dengan mesin MediaTek, begitulah pemahaman mudahnya.

Jika yang kalian cari adalah Android USB Driver, maka silahkan masuk ke halaman di bawah ini :


Sebenarnya basis utama dari MTK USB Driver ini memanglah dari Android USB Driver juga, hanya saja di dalamnya telah di modifikasi sedikit, agar bisa menjalankan fungsi Tool Produktivitas (Software) buatan MediaTek untuk penggunaan Development atau Maintenance.

Sehingga jika kalian menggunakan Smartphone MediaTek, maka yang kalian install haruslah MediaTek USB Driver, karena memang di buat khusus dan memiliki kelebihan tersendiri untuk Smartphone Android MediaTek, di bandingkan dengan penggunaan Android USB Driver yang bersifat Universal.


USB Debugging


Ingat! menginstall MediaTek (MTK) USB Driver ini memang penting di lakukan di OS Windows, agar Smartphone Android MediaTek kalian bisa terkoneksi dan bisa di gunakan sesuai kebutuhan kalian.

Tetapi ada satu hal penting yang tidak boleh terlupakan sebelumnya, yaitu adalah USB Debugging dan fitur Mode Pengembangan atau Development Options, harus sudah aktif sebelumnya.

Jika, tidak maka kalian tidak akan bisa menginstall MTK USB Driver ini di OS Windows yang kalian gunakan sekarang, jika kalian tidak tahu cara mengaktifkan USB Debugging tersebut, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :



Download Mediatek USB Driver Terbaru


Di bawah ini kami sudah sediakan Driver USB MTK versi paling baru yang bisa kami temukan sekarang ini, tenang saja, sumber dari USB Driver ini langsung dari situs resmi MediaTek, jadi di pastikan aman untuk di pakai.


Password : dadroidrd.com

Silahkan Download dan Extract di tempat yang mudah untuk kalian temukan, karena langkah setelah ini ialah masuk ke dalam tahap Installasi terhadap Driver USB MediaTek tersebut.


Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver di OS Windows


  1. Buka aplikasi Device Manager di Start Menu atau di Control Panel >> Hardware & Sound >> Devices and Printers >> Device Manager.
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Silahkan dulu aplikasi tersebut.
  2. Biarkan terbuka, selanjutnya hubungkan Smartphone Android dengan Kabel USB ke Komputer atau Laptop, pastikan USB Debugging sudah aktif.
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Lihat pada List Menu, harusnya muncul Menu List baru yang bernama Other Devices atau Portable Devices (Pasti muncul di salah satu List Menu tersebut, pilih dan buka saja List Menu tempat munculnya Koneksi yang telah kalian buat dengan Kabel USB, pada kasus kami, List Device tersebut muncul di Portable Devices).
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Jika sudah, Klik Kanan pada List Device yang muncul tersebut.
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Lalu, selanjutnya Opsi Update Driver.
  2. Pada tanmpilan jendela Window yang tampil, silahkan cari MediaTek (MTK) USB Driver yang sudah kalian Download dan Extract sebelumnya.
  3. Gunakan Opsi Browse my Computer for driver Software.
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Jika MediaTek USB Driver sudah di temukan, tekan saja Next setelahnya.
  2. Jika berhasil, akan muncul pesan seperti ini :
MediaTek (MTK) USB Driver, Download MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek USB Driver Terbaru, MediaTek USB Driver Latest, MTK USB Driver, MTK USB Driver Terbaru. MTK USB Driver Latest, Cara Install MediaTek (MTK) USB Driver, MediaTek (MTK) USB Driver Windows, Atasi Android MTK tidak bisa konek ke Komputer, MediaTek (MTK) USB Driver cara install, Download MTK USB Driver Windows, Download MediaTek USB Driver Windows
  1. Agar Driver yang terinstall berfungsi dengan baik, silahkan lakukan Reboot / Restart OS Windows.
  2. Harusnya sekarang MediaTek USB Driver sudah bisa di gunakan sekarang.
  3. Done.

Tutorial ini kami uji coba pada OS Windows 8.1 dan Windows 10, untuk seri OS Windows lain akan sama saja pengerjaannya, hanya saja mungkin yang menjadi pembedannya terdapat pada peletakan dan nama opsi yang di gunakan, jadi sesuaikan saja.

Proses Installasi diatas ini dipastikan akan menyelesaikan Masalah Smartphone Android yang tidak bisa terhubung ke Komputer / Laptop OS Windows, karena yang membuatnya tidak bisa terkoneksi itu adalah diakibatkan tidak adanya Driver yang di gunakan untuk bisa mengenali Koneksi yang telah kalian buat.

Jika langkah diatas sudah kalian laksanakan, maka seharusnya sekarang ini kalian sudah bisa dengan maksimal menggunakan fitur USB tersebut untuk bermacam-macam keperluan.


Langkah Lanjutan!


Kalau kalian hanya ingin sebatas penggunaan untuk melakukan Transfer Data melalui fitur MTP saja, maka cara diatas sudah lebih dari cukup untuk bisa melakukan hal tersebut.

Namun, jika kalian ingin melakukan hal lebih lagi, seperti menggunakan fitur ADB dan Fastboot, maka kalian memerlukan sebuah Driver tambahan lain lagi, yaitu Driver ADB dan Fastboot yang harus kalian Install di OS Windows yang kalian miliki.

Kalian bisa mendapatkan ADB dan Fastboot Driver dari halaman yang sudah kami sediakan di bawah ini, silahkan gunakan salah satunya saja :


Untuk cara Install dari masing-masing ABD dan Fastboot Driver diatas, sudah kami sertakan lengkap pada tiap masing-masing artikel tersebut.


Jika MTK Driver masih tetap tidak bisa berkerja (Tidak berfungsi)


Seandainya kalian mengalami hal tersebut, maka sudah bisa ditebak pokok masalahnya itu terletak dimana, yaitu bisa datang dari beberapa hal dibawah ini :

  1. Kalian melewatkan salah satu cara diatas.
  2. OS Windows yang kalian gunakan bermasalah (Error).
  3. Akibat penggunaan Anti-virus.
  4. Kalian menggunakan OS Windows tidak resmi yang sudah di Modifikasi.
  5. Port USB di Komputer kalian bermasalah.
  6. Kabel USB yang di gunakan bermaslah.
  7. Firmware atau ROM yang di gunakan di Smartphone MediaTek kalian memiliki Bugs (cacat) atau Error.


Solusinya!


Di bawah ini ada beberapa solusi yang bisa kalian terapkan, tetapi hal pertama yang bisa kalian lakukan yang tentu saja minim resiko dan mudah untuk di lakukan, ialah dengan melakukan Disable Driver Signature Enforcement terlebih dahulu di OS Windows yang kalian miliki.

Jika kalian tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorial yang sudah kami tulis di bawah ini, untuk melakukan Disable Driver Signature Enforcement tersebut :


Meski kalian sudah melakukan cara diatas. Namun, hasilnya tetap saja tidak bisa, maka kalian harus melakukan beberapa hal di bawah ini, agar USB Driver dari MediaTek tersebut bisa berkerja :

  • Lakukan Install ulang OS Windows.
  • Upgrade Firmware / ROM di Smartphone Android kalian.
  • Lakukan Factory Reset / Full Wipe di Smartphone Android MediaTek kalian.
  • Ganti posisi lubang Port USB di komputer.
  • Gunakan Kabel USB yang lain.
  • Gunakan Komputer / Laptop OS Windows lain.

Dengan mengikuti beberapa solusi diatas, kami pastikan masalah MediaTek USB Driver yang tidak berfungsi atau yang tidak bisa terbaca ini akan bisa dengan cepat terselesaikan dengan mudah.

Sudah sampai sejauh ini pembahasan kita kali ini, semoga kalian bisa memahami isinya dan semoga kalian bisa mendapatkan pengetahuan lebih dari artikel yang telah kami buat diatas, pesan dari kami adalah silahkan lakukan dengan teliti dan seksama, jika ada satu saja langkah yang terlewat pastinya proses Intsallasi ini akan gagal untuk di jalankan.

Selanjutnya, jika memang kalian memerlukan MediaTek USB Driver ini untuk penggunaan ADB dan Fastboot Driver, pastikan dulu bahwa kalian tahu apa yang ingin kalian lakukan, sehingga jangan pernah melakukan hal tersebut tanpa tahu ilmunya, karena ini berkaitan dengan System OS, maka sudah pasti, jika ada kesalahan, maka akan berakibat fatal, semoga bermanfaat. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot