RILIS ARTIKEL TERBARU

Vivo USB Driver, Download Vivo USB Driver, Download Vivo USB Driver Latest, Vivo USB Driver Windows, Download Vivo USB Driver Terbaru, Download Vivo USB Driver Windows, Latest Version Vivo USB Driver, How to get Vivo USB Driver, cara install Vivo USB Driver Windows, cara pasang Vivo USB Driver, Vivo USB Driver Windows 32 bit, Vivo USB Driver Windows 64 bit, Cara atasi Vivo yang tidak bisa tersambung ke komputer, Vivo tidak terbaca di Windows, Vivo tidak bisa MTP, Vivo tidak bisa USB, Vivo tidak tersambung ke Komputer

Siapa sih yang tidak tahu dengan Brand Smartphone Android Vivo sekarang ini? jika tidak tahu memang sungguh keterlaluan, karena Brand satu ini memang sangat gencar dalam melakukan promosi baik itu di Media Televisi, Internet dan bahkan Banner Smartphone Vivo ini terpampang banyak di jalan-jalan raya.

Memang beberapa tahun silan Brand Vivo ini tidak di kenali sama sekali, tetapi beberapa tahun belakangan Brand / Merek satu ini sudah menjadi Top 5 Best Selling Smartphone di tanah air kita ini, tentu saja hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Karena untuk Spreading Market, pertumbuhan Vivo Smartphone memang sangat cepat, hal tersebut di iringi juga dengan kualitas Smartphone Android produksi mereka yang memang berkualitas dan terpercaya.

Jika kita lihat Vivo dan Oppo itu sebenarnya kurang lebih saja dan terkesan cukup mirip, seperti pada teknologi yang di gunakan, hingga fitur yang di usung pada setiap versinya, untuk harga jual sendiri juga sangat bersaing.

Sehingga sekarang ini pengguna dari Smartphone Android Vivo di tanah air kita ini selalu meningkat, hal tersebut tidak lepas dari Inovasi hebat yang selalu mereka rilis, sebut saja seperti teknologi In-Dislpay Fingerprint dan Pop-up Camera, kalau kita Flashback sebentar maka Vivo lah salah satu pionir di bidang tersebut.

Selanjutnya untuk urusan kamera pun juga tidak main, karena hasilnya akan sangat memuaskan dengan beragam teknologi seperti Teknologi AI dan juga hardware yang di gunakan tentu saja berkualitas.

Namun, nampaknya untuk urusan Support terkait masalah Maintenance dan ketersediaan Tools resmi untuk Repairing, pihak Vivo tidak sebaik misalnya vendor Sony yang memang menyediakan Tool Flasher secara resmi, berikut juga dengan Source Firmware yang bisa di dapatkan dengan mudah dan cepat.

Untuk variant Smartphone Android Vivo, hal tersebut memang agak sulit di lakukan, karena kurangnya metode yang bisa di gunakan di Internet, kalaupun bisa itupun hanya untuk beberapa seri Smartphone Android Vivo saja.

Tetapi, bukan berarti tidak bisa, hal tersebut hanya menunggu waktu saja, karena biasanya semakin besar komunitas Vivo berdiri, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan resource yang di butuhkan.

Masuk dalam pembahasan utama kita sekarang, yaitu adalah terkait masalah USB Driver yang bisa di gunakan Smartphone Vivo untuk bisa di gunakan dalam koneksi ke PC / Komputer dalam kasus ini di kerjakan di OS Windows.


Vivo USB Driver OS Windows


Seperti yang sudah kami singgung diatas, Vivo dan Oppo itu memang cukup Identik atau cukup mirip, sehingga ada sebuah kabar yang mengatakan bahwa sebenarnya boss dari kedua buah Brand ini sama saja orangnya atau perusahaannya.

Benar atau tidak, kami tidak bisa mengkonfirmasi hal tersebut, tetapi kalau melihat dari kondisi sebenarnya, mungkin hal tersebut benar adanya, karena setiap produk Vivo rilis, untuk urusan fitur dan teknologi yang di gunakan, memang agak mirip seperti Oppo.

Selanjutnya, terakit masalah USB Driver ini juga agak mirip, karena baik itu Vivo maupun Oppo, kedua OEM tersebut sama-sama tidak membuat dan merilis sebuah USB Driver khusus untuk Smartphone yang mereka produksi.

Berbeda dengan Samsung maupun Sony, yang memang membuat sebuah USB Driver khusus untuk produk Smartphone Android mereka, yang memang tujuannya agar bisa terintegrasi dengan Tools (Software) yang mereka buat untuk kepentingan konsumen.

Pada Smartphone Android Vivo tersebut kalian tidak akan menemukan hal tersebut, karena jika kalian ingin melakukan Maintenance dan Repairing, maka kalian harus menggunakan Resource dari pihak ke-3 untuk urusan Tools maupun Driver yang di butuhkan.

Sehingga pada intinya, jika kalian menggunakan Smartphone Android Vivo, maka kalian tidak perlu repot mencari USB Driver khusus untuk Smartphone tersebut, karena memang tidak ada dan tidak di sediakan oleh OEM.

Hal tersebut sama seperti Oppo yang sudah kami singgung sebelumnya diatas, untuk memperjelas hal tersebut, silahkan buka halaman di bawah ini :


Lalu, USB Driver apa yang harus di gunakan? apakah tidak ada sama sekali? atau ada alternatifnya? Maka, jawabannya ada dan itu bukan alternatif, karena cukup menggunakan Android USB Driver Universal saja, maka semua kebutuhan akan penggunaan Smartphone Vivo dalam urusan Repairing sudah bisa terpenuhi.


Android USB Driver Universal


Perlu kalian ketahui, sebenarnya semua Smartphone Android itu sama saja, yaitu sama-sama menggunakan OS Android, yang membuatnya berbeda adalah kustomisasi yang di lakukan oleh Produsen / OEM Smartphone tersebut.

Sehingga muncul beberapa USB Driver Custom yang memang sengaja mereka Custom agar bisa di gunakan dengan aplikasi yang telah mereka buat.

Tetapi, sebenarnya cukup menggunakan Android USB Driver Universal saja, maka semua kebutuhan dasar terkait masalah Maintenance, Productivity hingga Repairing sudah bisa di penuhi.

Hal inilah yang bisa di manfaatkan oleh Smartphone Android Vivo, kalian tidak perlu mencari sebuah USB Driver khusus untuk Vivo, karena secara default Smartphone Vivo sudah bisa terkoneksi ke PC dengan hanya menggunakan Android USB Driver Universal saja.

Lalu, apa yang bisa di lakukan oleh Android USB Driver Universal tersebut pada Smartphone Android Vivo? jelas saja, kalian bisa menggunakan semua kemampuan dasar OS Android yang sudah kami singgung diatas.

Untuk lebih jelasnya, kalian sudah bisa melakukan beberapa hal di bawah ini, hanya dengan menginstall Android USB Driver Universal saja, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Transfer Data (MTP)
  • ABD
  • Fastboot
  • PTP, dan lainnya


Melihat dari fungsi yang sudah kami sebutkan diatas, tentu saja aspek dalam melakukan Maintenance dan Repairing sudah bisa terpenuhi.

Misalkan saja, dengan penggunaan ADB, maka kalian sudah bisa melakukan Upgrade ROM, menghapus aplikasi System bahkan bisa mengakses ke tingkat ROOT secara Remotely.

Selanjutnya ada Fastboot yang bisa di gunakan untuk tujuan Flashing, menginstall Custom Recovery dan bahkan bisa di gunakan untuk memasangkan Custom Kernel.

Vivo USB Driver, Download Vivo USB Driver, Download Vivo USB Driver Latest, Vivo USB Driver Windows, Download Vivo USB Driver Terbaru, Download Vivo USB Driver Windows, Latest Version Vivo USB Driver, How to get Vivo USB Driver, cara install Vivo USB Driver Windows, cara pasang Vivo USB Driver, Vivo USB Driver Windows 32 bit, Vivo USB Driver Windows 64 bit, Cara atasi Vivo yang tidak bisa tersambung ke komputer, Vivo tidak terbaca di Windows, Vivo tidak bisa MTP, Vivo tidak bisa USB, Vivo tidak tersambung ke Komputer

Jadi, cukup dengan Android USB Driver Universal saja, kalian sudah bisa melakukan hal tersebut, maka untuk bisa menggunakan semua hal tersebut pada Smartphone Android Vivo kalian, silahkan pasang Android USB Driver deafult tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang, panduan dan link downloadnya sudah kami sertakan pada halaman di bawah ini :


Jika, Android USB Driver ini sudah kalian Install, maka minimalnya kalian sudah bisa menggunakan fungsi Transfer Data / File (MTP) dan kalian juga sudah bisa melakukan hal Advanced seperti penggunaan fungsi ADB dan Fastboot, hanya saja ada beberapa hal lain yang harus kalian penuhi jika ingin menggunakan ADB dan Fastboot tersebut, agar lebih lengkap akan di jelaskan pada Section di bawah ini.


ADB & Fastboot Driver


Setelah memasang Android USB Driver Universal diatas, maka sekarang kalian sudah bisa menggunakan fitur ADB dan Fastboot yang memang merupakan menjadi fitur orisinil yang ada pada OS Android, hanya saja menggunakan fitur ini di perlukan pengetahuan yang baik akan masalah Command Lines (Perintah).

Karena pada dasarnya menggunakan ADB dan Fastboot dasarnya adalah di lakukan secara Manual dengan bantuan Command Prompt atau Windows PowerShell, maka pastikan kalian paham betul terkait perintah ADB dan Fastboot yang akan kalian gunakan.

Selain itu menggunakan ADB dan Fastboot di OS Windows juga harus menggunakan Driver khusus yaitu ADB dan Fastboot Driver, komponen ini tidak tersedia secara Default, jadi jika ingin kalian menggunakan ADB dan Fastboot, maka silahkan Install atau pasangkan dulu di OS Wundows yang kalian gunakan sekarang.

Jika, kalian tidak punya silahkan Download ADB dan Fastboot Driver koleksi kami dari halaman di bawah ini :


Untuk tutorial cara pasang sudah kami sertakan pada masing-masing halaman diatas, kalian hanya cukup menggunakan satu dari beberapa koleksi ADB dan Fastboot Driver diatas, pastikan Driver tersebut terpasang setelah kalian Download agar kalian bisa langsung menggunakan kemampuan ADB dan Fastboot OS Android tersebut.

Namun, pastikan sebelum kalian menggunakan ADB dan Fastboot Driver di OS Windows tersebut, Smartphone Android Vivo kalian sudah aktif Mode USB Debugging, karena jika fitur ini tidak aktif, maka OS Android tidak akan mengijinkan OS Windows untuk melakukan perintah untuk mengubah System, jadi hal ini sangat penting untuk di ketahui.

Jika, kalian pengguna Smartphone Android Vivo pemula dan masih bingung dengan beragam istilah yang ada di dalam artikel ini, apalagi masalah USB Debugging ini, jangan khwatir, kami punya panduannya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :


Nah, sampai sini, maka kalian sudah bisa melakukan Maintenance, Repairing ataupun hal lainnya seperti memasang Custom ROM dan ROOT dengan hanya bermodalnya Android USB Driver Universal dan kemampuan fitur ADB dan Fastboot bawaan OS Android tersebut.

Hanya saja, ada kekurangannya, yaitu semuanya di lakukan serba manual dan hanya bisa di gunakan untuk keperluan dasar saja.

Lalu, untuk keperluan tingkat Advanced dan agar bisa di gunakan secara otomatis harus menggunakan cara apa?

Karena OS Android itu system yang flexible dan ramah, maka kalian bisa melakukan tindakan Repairing untuk Flashing dengan cara yang otomatis dengan Tool tertentu, yaitu menggunakan Tool buatan Developer pihak ke-3 yang sudah terbukti Powerful dan bisa diandalkan.

Selanjutnya melakukan teknik Flash pada Smartphone Android Vivo juga berbeda sesuai spesifikasi yang di gunakan, dalam kasus ini yang menjadi pembedannya adalah Spesifikasi Chipset Processor yang di gunakan.


Flash Smartphone Android Vivo


Pada faktanya hingga sekarang ini Smartphone Vivo itu di produksi dengan menggunakan 2 buah variant Processor berbeda di seri-seri tertentu, tentu saja untuk melakukan tindakan Flash antar Smartphone Android Vivo itu bisa berbeda.

Karena jika beda Processor maka beda pula Tool, bahan dan metode yang di gunakan, untuk lebih jelasnya, Smartphone Android Vivo itu menggunakan 2 buah Processor berbeda yaitu adalah :


  • MediaTek
  • Qualcomm Snapdragon

Seperti yang sudah kami singgung diatas, melakukan tindakan Flash di Processor yang berbeda itu di lakukan dengan cara yang berbeda juga, jadi misalnya begini jika kalian memiliki Smartphone Android Vivo bermesin MediaTek, maka jelas saja kalian tidak akan bisa melakukan Flashing dengan menggunakan cara untuk Smartphone Android Vivo bermesin Qualcomm Snapdragon.

Karena disini ada perbedaan dalam bentuk dan jenis Firmware, jadi meski sama-sama memiliki Brand Vivo, bukan berarti cara Flashingnya harus sama dan pukul rata, itu dikarenakan pada kondisi ini pihak Vivo sebagai OEM tidak menyediakan aplikasi khusus untuk melakukan Flashing dengan Support resmi dari mereka.

Maka, satu-satunya cara yang bisa di pakai adalah dengan mengandalkan resource dari pihak ke-3, sehingga proses Flash tersebut bisa di penuhi.


Flash Vivo Qualcomm Snapdragon


Pada Section ini kita akan khsusu berbicara terkait pada kasus Smartphone Vivo bermesin Qualcomm Snapdragon, apa saja Tool yang di gunakan dan Driver apa yang harus di Install akan kita rumuskan pada Section ini.

Hal pertama yang harus kalian pahami, melakukan Flash di Smartphone Android Vivo dengan mesin Qualcomm Snapdragon itu sangat mudah di lakukan, karena kalian tidak perlu menginstall sebuah Driver khusus dalam kasus ini adalah USB Driver.

Cukup hanya menggunakan Android USB Driver Universal yang sudah kita bahas diatas, maka syarat untuk bisa melakukan Flash sudah bisa terpenuhi, adapun Tool yang biasa di gunakan adalah QFIL dan QPST.

Kedua buah Tools tersebut memang merupakan sebuah Software khusus yang bisa di gunakan untuk melakukan Flash di Smartphone Android bermesin Qualcomm Snapdragon. Jadi, artinya aplikasi ini bisa di gunakan semua Smartphone Android bermesin Qualcomm dan bukan hanya khusus untuk Vivo saja.

Tetapi, sebelum kalian menggunakan aplikasi ini untuk melakukan Flash, pastikan kalian sudah punya Firmware Spesifik yang di butuhkan, karena jika tidak ada Firmware yang tersedia, maka Tool ini tidak akan ada manfaatnya.

Jika, kalian ingin menggunakan versi terbaru dari aplikasi QFIL dan QPST silahkan Download dari halaman di bawah ini :


Android USB Driver Universal tidak cukup? artinya kalian gagal melakukan Flashing dengan kedua aplikasi diatas, maka disini kalian perlu tambahan Driver lagi dan biasanya USB Driver di bawah ini di peruntukan untuk tindakan yang lebih tinggi lagi.

Seperti melakukan Flash dengan Metode EDL (Emergency Download) dan Test Point, maka agar kedua tindakan tersebut bisa berjalan, kalian mesti memasang Driver khusus buatan dari Qualcomm yaitu adalah Qualcomm HS-USB QDLoader Driver.

Silahkan Download versi terbaru dari Driver tersebut di bawah ini :


Jangan khwatir, cara pasang USB Driver dari Qualcomm tersebut sudah kami sertakan di dalam halaman diatas, tugas kalian hanya mengikuti setiap panduan yang telah kami tulis saja.


Flash Vivo MediaTek


Selanjutnya yang akan khusus kita bahas pada Section ini adalah terkait Processor MediaTek yang di gunakan oleh beberapa produk Smartphone Android Vivo, disini kalian tentu saja menggunakan Resource yang berbeda dari jensi Smartphone Android Vivo bermesin Qualcomm Snapdragon.

Hal pertama yang harus kalian penuhi jika ingin melakukan tindakan Flash pada Vivo bermesin MediaTek tersebut ialah dengan menginstall USB Driver khusus untuk perangkat MediaTek, silahkan Download dan pasang dari halaman di bawah ini :


Setelahnya, disini kalian juga memerlukan sebuah Tool Flasher khusus yang bernama SP Flash Tool, aplikasi ini juga sama istimewanya seperti QFIL dan QPST, karena memang di buat khusus agar bisa melakukan Flashing di semua Smartphone Android bermesin MediaTek.

Selain itu aplikasi ini sangat mudah untuk di gunakan, karena kalian hanya perlu melakukan Sedikit Konfigurasi, maka proses Flash sudah bisa terpenuhi.

Silahkan gunakan aplikasi SP Flash Tool terbaru, kalian tidak perlu repot mencari aplikasi tersebut, karena disini kami sudah menyediakannya pada halaman di bawah ini :


Selanjutnya, aplikasi SP Flash Tool ini juga membutuhkan sebuah Driver khusus lagi agar Smartphone Android Vivo MediaTek kalian bisa terintegrasi, pastikan setelah kalian mendownload aplikasi SP Flash Tool diatas, kalian langsung memasangkan Driver khusus di bawah ini, pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.


Jika, pada akhirnya proses Flashing gagal kalian lakukan, karena beragam kondisi, seperti aplikasi SP Flash Tool yang tidak bisa membaca koneksi dari Smartphone Android Vivo kalian, maka silahkan pasangkan lagi Driver CDC di bawah ini.


Driver ini di publikasikan dan di buat langsung oleh MediaTek untuk melakukan Support terhadap semua jenis Processor buatan mereka agar bisa terkoneksi dengan beragam Tool MediaTek yang ada tersedia sekarang.

Akhirnya, seleasi sudah pembahasan terkait USB Driver di Smartphone Android Vivo tersebut, dengan adanya artikel ini kami harapkan kalian bisa mengerti dan bisa tambah ilmu.

Karena mau bagaimanapun jika kalian tahu ilmu dan informasi yang cukup, maka kalian tidak akan melakukan hal yang sia-sia, seperti mencari-cari USB Driver khusus Vivo yang pada faktanya tidak pernah ada dan cukup hanya menggunakan Android USB Driver Universal saja.

Maka, harapannya artikel ini bisa membantu kalian, terkhusus bagi para pemula yang baru saja menggunakan Smartphone Android dari Vivo agar mudah untuk mencari Informasi dan Resource yangi butuhkan untuk tindakan Maintenance dan Repairing misalnya Flashing, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian. ~ P.AW_DRD 
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot