RILIS ARTIKEL TERBARU

Download Oppo USB Driver, Download Oppo USB Driver Terbaru, Download Oppo USB Driver Latest, Oppo USB Driver Windows, How to install Oppo USB Driver Windows, Download latest version Oppo USB Driver Windows, Cara pasang Oppo USB Driver Windows, Oppo USB Driver Windows 32 bit, Oppo USB Driver Windows 64 bit, Solusi Oppo USB Driver, Solusi Oppo tidak bisa tersambung, solusi Oppo tidak terbaca di Windows, Oppo tidak terdetect di Komputer, cara usb oppo ke komputer, cara atasi Oppo tidak terdetect di OS Windows, cara menggunakan Driver Oppo, Driver USB Oppo

Sekarang ini Smartphone asal Negeri China memang sudah mulai mendominasi pasar Smartphone Global, Indonesia sendiri tidak lepas dari target utama pangsa pasar para Produsen Smartphone asal China tersebut, sebut saja sekarang ini ada Xiaomi, Vivo, Huawei, Oppo dan lainnya/

Semua Brand Smartphone tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan hati para konsumen yang ada di negara kita ini, ada banyak Inovasi yang mereka berikan, seperti pengalaman mengaggumkan dalam sektor hiburan seperti bermain game, menonton film bahkan hingga pada lini photography.

Selain itu ada beragam design bentuk Smartphone yang keren dan memikat, ada juga sebuah Smartphone unggulan dengan teknologi mutakhir di dalamnya, maka di zaman sekarang produk Smartphone dari China memang tidak bisa di remehkan lagi.

Karena sudah mampu merobohkan dominasi Smartphone asal Negara maju lainnya, maka yang akan menjadi bahasan kita kali ini adalah salah satu Brand Smartphone yang pasti sudah di kenal sekarang ini, yaitu adalah Oppo!.

Faktanya, sekarang ini Oppo menjadi salah satu Smartphone paling laris penjualannya untuk kawasan Regional Indonesia dan mempu dudukdi Top 5 Best Selling yang beberapa waktu lalu sudah di Publish persentasinya oleh Media besar yang ada di Indonesia.

Sehingga, bagi kalian yang memiliki Smartphone Oppo, sudah sepatutnya berbangga atas pencapaian dari pihak Oppo tersebut, karena secara teori tidak mungkin sebuah Brand Smartphone itu mendapat predikit Top Selling jika Produk yang mereka jual tidak Populer dan berkualitas.

Maka, sudah pasti Brand Oppo itu ada kualitas dan keunikannya tersendiri, hanya untuk melengkapi saja, Smartphone Oppo itu terkenal dengan Produk Kamera Selfie-nya dan juga teknologi pengisian baterai yang cepat (Fast Charging).

Sampai sekarang pun, kriteria Smartphone Kamera terbaik di kelas tertentu masih di pegang oleh Vendor Oppo tersebut, sudah cukup rasanya kita berbicara terkait pengenalan terhadap Brand Smartphone Oppo tersebut.

Baiklah, kita akan mulai masuk dalam pembahasan kita kali ini, yaitu terkait masalah USB Driver yang ada pada Smartphone Oppo tersebut, apakah ada sebuah USB Driver khusus atau tidak?


USB Driver Android Oppo


Berbeda pada beberapa Brand Smartphone diluar sana, ternyata Oppo itu tidak memiliki Driver USB khusus buatan OEM, karena memang pada dasarnya pihak Oppo tidak mengeluarkan aplikasi khusus untuk kegiatan Maintenance, Developing ataupun Repairing.

Tetapi, bukan berarti Oppo tidak memiliki USB Driver, hanya saja USB Driver yang di gunakan adalah berbentuk USB Driver Universal yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu.

Bagaimana cara memperbaiki Smartphone Android Oppo, jika tidak ada USB Driver-nya? bukan tidak ada, tetapi dari Vendor / Smartphone Maker tidak merilis USB Driver tersebut secara khusus, kalian pun masih tetap bisa melakukan tindakan, seperti Flashing, Repairing dan Upgrade sama mudahnya seperti kebanyakan Smartphone Android di luar sana.

*** Flash / Flashing adalah tindakan Install ulang OS / Firmware ***

Sehingga, silahkan hemat waktu kalian dan tidak usah lagi mencari Driver USB khusus untuk Smartphone Oppo tersebut, karena dari Vendor sendiri memang tidak mengeluarkan USB Driver tersebut, berbeda dengan OEM Samsung dan Sony yang memang telah membuat sebuah USB Driver.

Yang memang penggunaannya akan ter-integrasi dengan aplikasi (Software) yang telah mereka buat khusus untuk konsumen Produk mereka yang bisa di gunakan untuk beragam tindakan, tetapi di Oppo kalian tidak akan menemukan hal tersebut.

Lalu, USB Driver apa yang akan di gunakan? sudah pasti kalau pihak Oppo tidak mengeluarkan USB Driver khusus, berarti kalian harus menggunakan USB Driver Android Universal.

Lalu apasih USB Android Universal tersebut?


Android USB Driver


Nah, disini kami akan menjelaskan sedikit terkait Android USB Driver default untuk OS Android tersebut, sejatinya USB Driver Android Universal ini adalah sebuah USB Driver yang memang di tujukan untuk OS Android dan bisa di gunakan untuk semua Smartphone Android.

Pembuatnya adalah Google dan USB Driver ini selalu di perbaharui versinya secara berkala, seiring semakin canggihnya OS Android tersebut dari waktu-kewaktu.

Download Oppo USB Driver, Download Oppo USB Driver Terbaru, Download Oppo USB Driver Latest, Oppo USB Driver Windows, How to install Oppo USB Driver Windows, Download latest version Oppo USB Driver Windows, Cara pasang Oppo USB Driver Windows, Oppo USB Driver Windows 32 bit, Oppo USB Driver Windows 64 bit, Solusi Oppo USB Driver, Solusi Oppo tidak bisa tersambung, solusi Oppo tidak terbaca di Windows, Oppo tidak terdetect di Komputer, cara usb oppo ke komputer, cara atasi Oppo tidak terdetect di OS Windows, cara menggunakan Driver Oppo, Driver USB Oppo

Android USB Universal ini memiliki kemampuan dasar yang bisa di aplikasikan oleh OS Android, seperti Mode MTP (Transfer Data) hingga bisa di gunakan untuk menjalankan fungsi ADB dan Fastboot.

Ketiga hal dasar diatas bisa digunakan pada semua Smartphone Android, tidak terkecuali dengan Oppo sendiri, sejatinya secara default Oppo itu sudah menggunakan USB Driver Android ini secara otomatis dari System.

Sebagai contohnya, ketika kalian pertama kali mengkoneksikan Smartphone Oppo kalian ke OS Windows, maka saat itu juga USB Driver Android Universal ini akan secara otomatis terinstall.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat USB Driver ini tidak bisa terinstall dengan semestinya, yang biasanya menimbulkan pesan USB Not Recognized, maka jika kalian mengalami masalah ini, satu-satunya solusi adalah dengan menginstall Android USB Driver tersebut secara Manual di OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Karena, jika tidak kalian lakukan, maka sudah jelas kalian tidak akan bisa menikmati fitur Transfer Data (MTP) dan beberapa fitur Core OS Android seperti ADB dan Fastboot, menginstall Android USB Driver di OS Android memang sedikit membingungkan jika di lakukan oleh para pengguna awam.

Tetapi, tenang saja kami punya tutorialnya yang perlu kalian lakukan adalah mendownload Android USB Driver versi terbaru dan langsung menginstallnya saja pada Komputer Windows yang kalian gunakan, silahkan masuk ke halaman di bawah ini :


Perlu kalian ketahui, Android USB Driver ini adalah USB Driver paling utama yang harus ada pada OS Windows, karena jika tidak ada USB Driver yang terinstall, maka sudah jelas kalian tidak akan bisa melakukan sambungan (Koneksi) dari Smartphone Oppo ke PC Windows dengan Kabel Data.

Hal ini terjadi karena OS Windows tidak bisa mengenali koneksi yang telah kalian buat, karena USB Driver Android ini tidak ada di Komputer / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.

Jadi, silahkan Download dan Install Android USB Driver tersebut dulu, tetapi jika OS Windows yang kalian gunakan bisa menginstall USB Driver dari koneksi pertama Oppo dengan Kabel USB, maka kalian tidak perlu lagi menginstall Android USB Driver tersebut secara manual.

Tetapi, kalau kalian ingin memperbaharui versi dari Android USB Driver Universal tersebut, silahkan ikuti cara Install diatas.


ABD dan Fastboot Driver


Jika, tujuan kalian hanya ingin agar bisa menggunakan fitur MTP (Transfer Data / File) saja, maka tutorial untuk kalian hanya cukup sampai disini saja.

Tetapi, kalau kalian ingin hal yang lebih seperti menggunakan fitur ADB dan Fastboot yang memang merupakan sebuah Driver untuk pengguna Advanced, maka silahkan ikuti artikel ini sampai selesai.

Seperti yang telah kami singgung diatas, Android USB Driver Universal tersebut sudah bisa menjalan fungsi Core dari OS Android tersebut, yaitu adalah ADB dan Fastboot, tetapi untuk bisa menggunakan kedua buah fitur ini, maka kalian mesti menginstall ADB dan Fastboot Driver lebih dulu di OS Windows yang kalian gunakan.

Caranya bisa dengan menggunakan satu dari beberapa koleksi kami di bawah ini, silahkan Download dan ikuti cara Installnya di masing-masing halaman di bawah ini :


Perlu kalian ingat selalu! menjalankan fungsi ADB dan Fastboot ini hanya bisa di lakukan jika kalian sudah mengaktifkan Mode Development (Mode Pengembang) dan USB Debugging, karena ini adalah syarat yang harus di penuhi dalam pengguanaan fungsi ADB dan Fastboot di OS Windows melalui koneksi dari Kabel USB.


Sampai, disini maka kalian sudah berhasil untuk menginstall Oppo USB Driver dengan menggunakan USB Driver Android Universal yang paling utama dan paling penting untuk kebutuhan koneksi ke Komputer / Laptop Windows.

Tetapi, jika kalian ingin USB Driver untuk keperluan seperti tindakan Flash dan lainnya, maka silahkan lanjutkan bacaan ini, karena masih cukup panjang hingga selesai, kami berniat untuk membuat artikel ini selengkap dan sebaik mungkin.


USB Driver untuk keperluan Flash & Repairing


Apakah tidak cukup hanya dengan Android USB Driver? sebenarnya sudah lebih dari cukup, tetapi kalian harus melakukan semuanya secara manual dengan Command Prompt, terlebih lagi ada puluhan Command Lines yang harus kalian Execute.

Tentu saja hal ini akan membuang banyak waktu dan akan sangat membingungkan untuk pengguna awam, sehingga untuk memudahkan tindakan Flash dan Repairing tersebut, kalian mesti menggunakan Tools khusus, sebut saja ada SP Flash Tool atau QFIL / QPST yang memang bisa di gunakan untuk melakukan tindakan Flashing pada jajaran Smartphone Android Oppo tersebut.

Jangan salah dulu, USB Driver yang di gunakan pun tidak sama, terhadap seluruh Produk Oppo tersebut, karena berbeda Chipset Processor, maka berbeda pula USB Driver, Tool yang di gunakan dan lebih penting cara kerjanya pun juga akan berbeda.

Maka dengan demikian, kalian harus tahu Smartphone Android Oppo kalian menggunakan Chipset Processor merek apa sih?

Sejauh ini cuma ada 2 buah Merek Chipset yang sering di gunakan oleh Smartphone Android Oppo, yaitu adalah sebagai berikut :

  • MediaTek
  • Qualcomm Snapdragon

Kebanyakan Smartphone Oppo memang hadir dengan mesin MediaTek, karena harga jualnya bisa lebih murah dari Smartphone dengan mesin Qualcomm Snapdragon, sehingga kita bisa mendapat kesimpulan seperti ini.

Untuk lini Kelas Mainstream Oppo menggunakan Chipset MediaTek dan untuk lini Flagship (unggulan) Oppo menggunakan Qualcomm Snapdragon, tetapi yang akan kita bahas bukan kelas dari level penggunaan Chipset ini, melainkan terkait USB Driver yang akan di gunakan untuk tindakan Flash.

Sehingga pada pembahasan lanjutan di bawah ini akan kami bagi menjadi 2 bagian, silahkan baca section sesuai dengan jenis Chipset Processor yang di gunakan oleh Smartphone Android Oppo kalian saja, karena tidak akan ada gunanya juga jika kalian menginstall dan menggunakan USB Driver dari Processor yang tidak spesifik untuk Smartphone Oppo kalian, karena tidak akan berguna sama sekali dan terkesan akan membuang waktu saja.


USB Driver Oppo (MediaTek)


Pertama yang akan kita bahas kali ini adalah terkait USB Driver untuk kebutuhan Flash di Smartphone Android Oppo yang bermesin MediaTek, karena jika kita lihat pihak Oppo lebih banyak merilis Smartphone dengan mesin MediaTek ketimbang dengan Qualcomm Snapdragon.

Jadi, biarlah Section untuk Oppo MediaTek saja yang pertama kali akan kami bahas, jika kalian adalah pengguna Smartphone Oppo mesin Qualcomm Snapdragon, silahkan baca Section di bawah.

Hal pertama yang di butuhkan untuk bisa melakukan Flash di Smartphone Oppo adalah sebuah Dedicated USB Driver khusus yang telah di rilis oleh pihak pembuat Processor, dalam kasus ini adalah MediaTek USB Driver.

Download Oppo USB Driver, Download Oppo USB Driver Terbaru, Download Oppo USB Driver Latest, Oppo USB Driver Windows, How to install Oppo USB Driver Windows, Download latest version Oppo USB Driver Windows, Cara pasang Oppo USB Driver Windows, Oppo USB Driver Windows 32 bit, Oppo USB Driver Windows 64 bit, Solusi Oppo USB Driver, Solusi Oppo tidak bisa tersambung, solusi Oppo tidak terbaca di Windows, Oppo tidak terdetect di Komputer, cara usb oppo ke komputer, cara atasi Oppo tidak terdetect di OS Windows, cara menggunakan Driver Oppo, Driver USB Oppo

Driver ini berfungsi sebagai pengenal, agar ketika Smartphone Oppo kalian di koneksikan ke OS Windows, maka Driver ini akan bisa mengenali bahwa Smartphone tersebut memiliki spesifikasi mesin MediaTek, sehingga bisa di gunakan untuk keperluan yang lebih mendalam.

Maka, silahkan Download dan Install MediaTek USB Driver Terbaru di bawah ini dulu dan lanjutkan ke pembahasan selanjutnya :


Setelah, MediaTek USB Driver tersebut terisntall di OS Windows yang kalian miliki, maka selanjutnya yang perlu kalian Install adalah VCOM USB Driver.

USB Driver ini berfungsi sebagai sebuah Driver yang akan mengintegrasikan ke aplikasi Flasher khusus MediaTek, yaitu adalah SP Flash Tool dan bisa juga di gunakan kepada aplikasi Flasher lain yang mengambil base kepada aplikasi SP Flash Tool tersebut.

Maka, jika kalian ingin melakukan tindakan Flash, silahkan Download VCOM USB Driver dan Install ke PC Windows yang kalian gunakan.


Seperti yang sudah kami singgung diatas, melakukan tindakan Flash ini membutuhkan sebuah aplikasi Windows khusus untuk Smartphone MediaTek, yaitu adalah SP Flash Tool, jika kalian belum punya aplikasi ini, silahkan Download SP Flash Tool versi terbaru melalui halaman di bawah ini :


Aplikasi SP Flash Tool tidak bisa membaca koneksi dari Smartphone Oppo MediaTek kalian? berarti ada sebuah Driver yang kurang dan itu adalah CDC Driver.

Ada banyak hal yang membuat CDC Driver ini tidak bisa terinstall di OS Windows yang kalian miliki, sebenarnya CDC Driver ini sudah satu paket dengan VCOM MTK USB Driver, hanya saja jika gagal terinstall.

Maka, kalian harus menginstall CDC Driver tersebut secara manual, silahkan ikuti caranya di halaman di bawah ini :


Jika, semua hal diatas sudah kalian penuhi, maka kalian sudah bisa melakukan tindakan Flash pada Smartphone Android Oppo yang kalian miliki.

Hanya, saja melakukan Flash ini harus di lakukan dengan teliti dan hati-hati, karena jika ada kesalahan bisa berakibat fatal, terlebih lagi tentu saja semua persyatan lainnya harus kalian penuhi, salah satunya adanya tersedia Firmware yang bisa di gunakan untuk tindakan Flash tersebut.


USB Driver Oppo (Qualcomm Snapdragon)


Berbeda dengan kebutuhan USB Driver untuk Smartphone Android Oppo dengan mesin MediaTek, untuk Smartphone Oppo dengan mesin Qualcomm itu cukup dengan menggunakan Android USB Driver Universal saja, maka sudah bisa digunakan untuk melakukan tindakan Flash / Install ulang.

Download Oppo USB Driver, Download Oppo USB Driver Terbaru, Download Oppo USB Driver Latest, Oppo USB Driver Windows, How to install Oppo USB Driver Windows, Download latest version Oppo USB Driver Windows, Cara pasang Oppo USB Driver Windows, Oppo USB Driver Windows 32 bit, Oppo USB Driver Windows 64 bit, Solusi Oppo USB Driver, Solusi Oppo tidak bisa tersambung, solusi Oppo tidak terbaca di Windows, Oppo tidak terdetect di Komputer, cara usb oppo ke komputer, cara atasi Oppo tidak terdetect di OS Windows, cara menggunakan Driver Oppo, Driver USB Oppo

Tentu saja akan menggunakan Tool yang tidak sama dengan Smartphone Oppo MediaTek, karena untuk Smartphone Oppo Qualcomm Snapdragon, juga membutuhkan sebuah Tool Flasher khusus dan Tool tersebut adalah QFIL (QualComm Flash Image Loader) dan QPST (Qualcomm Product Support Tools).

Silahkan dapatkan versi terbaru dari QFIL dan QPST di bawah ini, sehingga kalian bisa untuk melakukan tindakan Flashing sekarang juga untuk variant Oppo bermesin Qualcomm Snapdragon.


Jika, pada akhirnya Smartphone Android Oppo kalian tidak terdeteksi melalui aplikasi QFIL dan QPST tersebut, berarti kalian membutuhkan satu USB Driver lagi. Namun, hal ini sangat jarang terjadi, kecuali kalian menggunakan Mode EDL (Emergency Download).

Maka, penggunaan USB Driver khusus Qualcomm Snapdragon ini menjadi sangat mendesak untuk segera di Installkan ke PC Windows yang kalian miliki, USB Driver tersebut adalah Qualcomm HS-USB QDLoader yang merupakan sebuah USB Driver khusus yang di keluarkan oleh pihak Qualcomm.

Sebenarnya penggunaan USB Driver Qualcomm ini memang di rekomendasikan jika kalian menggunakan Tool QPST, maka agar tindakan Flash kalian berjalan dengan lancar, silahkan pasang dulu Qualcomm HS-USB QDLoader versi terbaru dari halaman di bawah ini.


Setelah semua Driver terinstall di OS Windows yang kalian gunakan saat ini, maka kalian sudah bisa melakukan tindakan Flashing tersebut. Tetapi dengan syarat Firmware Flash harus sudah tersedia, jika tidak maka kalian tidak akan bisa melakukan Flash tersebut, karena salah satu syarat utama tindakan Flash tidak terpenuhi.


Jika salah satu USB Driver diatas gagal terinstall


Sebenarnya hal tersebut wajar terjadi, apalagi di OS Windows 8.1 dan Windows 10, tetapi tidak menutup kemungkinan pula akan terjadi pada OS Windows yang lain, hal itu terjadi karena OS Windows menganggap USB Driver yang akan kalian Install tersebut berbahaya.

Karena biasanya USB Driver diatas itu bersifat Unsigned, apalagi yang di Install dengan cara manual tanpa Installer, maka untuk solusi hal ini adalah kalian harus melakukan Disabel Driver Signature Enforcement terlebih dahulu.

Jika, kalian tidak tahu caranya silahkan ikuti tutorial di bawah ini untuk melakukan Disable Driver Signature Enforcement di OS Windows.


Dengan demikian, selesai sudah artikel khusus untuk USB Driver Smartphone Android Oppo tersebut, artikel ini memang agak panjang, tetapi kami harapkan isinya bisa untuk kalian pahami.

Satu hal yang harus kami ingatkan, selalu lakukan segala hal yang sudah kami sampaikan dengan hati-hati dan teliti, agar hasil akhirnya sesuai dengan apa yang kalian harapkan, jika kalian ingin melakukan Flashing, maka pastikan semua Syarat seperti Firmware dan kebutuhan akan Tool dan lainnya terpenuhi.

Adakalanya melakukan Flashing itu tidak bisa di lakukan dalam satu kali percobaan saja, maka silahkan perbanyak membaca dan menonton agar tahu solusi dari masalah yang kalian hadapi.

Karena biasanya permasalahan setiap pengguna Smartphone Android Oppo itu berbeda-beda, jika mungkin ada silahkan cari solusinya di Blog ini. Tetapi, jika tidak ada silahkan cari dari sumber lain yang tentu saja harus terpercaya.

Terakhir, jika ada hal yang membingunkan silahkan tanyakan saja pada kolom komentar di bawah, maka akan kami jawab sebisa dan sebaik mungkin agar kalian paham, semoga beruntung dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot