8/03/2020

Daftar peringkat Smartphone Android dengan Kamera terbaik

Daftar peringkat Smartphone Android dengan Kamera terbaik

Kebutuhan orang-orang yang ada dizaman modern seperti sekarang ini memang sangat beragam, apalagi jika permasalahannya datang dari kebutuhan terkait permasalahan digital, tentu akan ada begitu banyak kebutuhan yang variatif.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa meliputi beragam aspek, seperti aspek dalam perkerjaan, hiburan, hobi hingga untuk kebutuhan yang bersifat khusus dan unik.

Beruntungnya dizaman modern seperti yang ada sekarang ini, kita bisa dengan mudah memenuhi semua kebutuhan dan keperluan yang bersifat variatif tersebut, hanya dengan bermodalkan sebuah Smartphone Android saja.

Ya! mau tidak mau, kita memang harus mengakui bahwa sedikit banyaknya Smartphone Android itu memang telah banyak membantu kita dalam beragam urusan, baik untuk keperluan diri sendiri ataupun yang menyangkut orang banyak.

Sejatinya, Smartphone Android memang dibuat dan dirancang untuk bisa memenuhi beragam kebutuhan-kebutuhan tersebut, kata "Smart" pada Perangkat Seluler bersistem Operasi Android tersebut, memang secara menyeluruh menggambarkan, bahwa Smartphone Android memang merupakan sebuah Perangkat Seluler Pintar yang bisa digunakan untuk beragam kepentingan.

Umumnya, Smartphone Android yang ada dizaman sekarang ini sudah sangat mutakhir dan sudah sangat canggih, bukan hanya bisa digunakan sebagai sebuah alat komunikasi saja, melainkan sudah bisa digunakan untuk beragam hal lain.

Selain itu, sampai saat ini kita pun masih belum bisa melihat dimana titik terakhir evolusi dari Smartphone Android tersebut.

Karena memang, setiap saatnya Smartphone Android tersebut selalu saja berevolusi menjadi kian canggih dan kian pintar disetiap tahunnya, apalagi dengan dukungan fitur Artificial Intelligence (AI) seperti yang ada pada kebanyakan Smartphone Android modern saat ini.

Tentu dengan adanya bantuan AI tersebut, semua hal terasa lebih mudah untuk dilakukan, terlebih jika menyangkut suatu perkerjaan yang spesifik, maka teknologi AI pada Smartphone Android tersebut, akan sangat berguna untuk kalian dalam penentuan keputusan serta untuk efektivitas waktu kerja yang dilakukan.

Umumnya, dizaman sekarang ini Smartphone Android sudah seperti menjadi barang yang terkesan biasa saja, bukan dalam artian negatif, melainkan dalam artian bahwa kenyataannya hampir setiap orang yang kita jumpai dimasyarakat, seperti keluarga, rekan kerja dan lainnya, sedikit banyaknya pasti menggunakan Smartphone Android sebagai sebuah Perangkat Daily Driver mereka.

Hal ini memang tidak terlepas dari fakta, bahwa Smartphone Android memang menjadi sebuah Perangkat Pintar yang paling Populer digunakan oleh orang dari seluruh dunia.

Mendapatkan sebuah Smartphone Android pun tidaklah sulit untuk dilakukan, karena dipasaran ada begitu banyak Smartphone Android dari bermacam-macam Brand dengan harga yang sangat variatif tentunya.

Sehingga, jika kalian memiliki sejumlah uang atau budget, sebut saja seperti uang berjumlah 2 juta rupiah, maka untuk mendapatkan sebuah Smartphone Android yang bagus itu tidaklah sulit untuk dilakukan.


Beragam kebutuhan terkait penggunaan Smartphone Android


Memang harus kita akui, Smartphone Android itu memang bisa diandalkan untuk beragam keperluan, sehingga Smartphone Android memang sangat layak untuk disebut sebagai sebuah Perangkat Pintar Mobile Multimedia paling komplit.

Karena sejatinya, penggunaan dari Smartphone Android tersebut memang tidak hanya terbatas kesatu fungsi saja, sebut saja seperti fungsi Komunikasi saja, melainkan lebih dari itu.

Dengan hanya bermodalkan satu buah Smartphone Android saja, maka kalian akan bisa melakukan banyak hal sekejap, seperti :

  1. Bisa digunakan untuk menonton Film atau Streaming Video.
  2. Bisa digunakan untuk mendengarkan Music atau Lagu Favorit kalian.
  3. Bisa digunakan untuk kepentingan pekerjaan, karena ada begitu banyak sekali Tool Office yang bisa kalian manfaatkan.
  4. Bisa digunakan untuk bermain Games, baik Offline dan Online.
  5. Bisa digunakan untuk seseorang yang memiliki hobi tertentu.
  6. Bisa digunakan untuk menambah penghasilan lebih.
  7. Bisa digunakan untuk kepentingan Fotografi dan Videografi.
  8. Bisa digunakan untuk permasalahan Editing.
  9. Pokonya bisa digunakan untuk banyak hal dalam beragam kepentingan.

Nah, dari apa yang sudah kami sebutkan diatas, maka wajar Smartphone Android itu bisa disukai oleh banyak orang, karena sifat penggunaannya yang memang sangat luas.

Jika kita berbicara salah satu fitur Smartphone Android yang paling disukai banyak penggunannya, maka hal tersebut memang tidak jauh dari permasalahan pada aspek fitur Kamera yang digunakan di Smartphone Android tersebut.


Kamera menjadi sebuah aspek vital di Smartphone Android


Siapa sih yang tidak ingin memiliki Smartphone Android dengan hasil Kamera yang baik? nah, maka dari itu fungsi Kamera di sebuah Smartphone Android itu menjadi sangat vital.

Karena, aspek Kamera tersebut memang memiliki trend yang tinggi, sehingga kebanyakan orang itu memang menilai baik atau tidaknya sebuah Smartphone Android itu berdasarkan hasil tangkapan gambar dari Kamera yang digunakan.

Maka, tentu saja fungsi Kamera di sebuah Smartphone Android itu memang memiliki nilai jual yang tinggi, umumnya Smartphone Android yang memiliki kualitas Kamera yang baik itu rata-rata memang disukai banyak orang dan bisa menjadi populer penggunaannya.

Itulah kenapa, banyak Brand Smartphone Android yang memang mati-matian untuk meracik Hardware Kamera pada sebuah Smartphone Android yang akan dijual kepasaran, agar bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, terkhusus untuk masyarakat Indonesia yang memang memiliki keinginan yang tinggi untuk memiliki sebuah Smartphone Android dengan performa Kamera yang baik.

Umumnya, rata-rata Smartphone Android yang ada dizaman sekarang ini sudah memiliki kualitas Kamera yang baik dan mumpuni, maksudnya disini adalah Smartphone Android tersebut sudah bisa menangkap gambar yang jelas dengan warna yang akurat.

Namun, tentu saja jika ada yang bagus maka pasti akan ada yang lebih bagus, maka disinilah kita harus benar-benar teliti jika ingin membeli sebuah Smartphone Android yang memang memiliki performa Kamera yang baik.

Karena sejatinya, fitur Kamera di sebuah Smartphone Android itu memang ada banyak sekali jenisnya, ada yang bersifat umum dan ada juga yang bersifat khusus.


Jenis Kamera di Smartphone Android itu ada banyak


Faktanya, sekarang ini rata-rata Smartphone Android itu memang datang dengan konfigurasi Kamera lebih dari satu.

Dengan majunya Teknologi seperti yang ada sekarang ini, maka mendapati Kamera yang lebih dari satu pada sebuah Smartphone Android tersebut, menjadi hal yang biasa saja untuk kita temui.

Bahkan, dibeberapa Smartphone Android yang spesifik untuk Brand tertentu, ada didapati fitur Kamera yang bisa berjumlah 4 hingga 6 buah dan hal ini normal saja sebenarnya.

Karena, masing-masing Fitur Kamera tersebut memang memiliki fungsinya masing-masing, sehingga dengan adanya Teknologi semacam ini, maka kalian tidak akan pernah bosan mengabadikan suatu moment dengan beragam gaya atau style.

Disini kami memang tidak akan menjelaskan secara spesifik terkait permasalahan jenis-jenis Kamera yang ada di Smartphone Android, karena disini kami hanya akan memberitahu kalian, bahwa kenyataanya memang ada banyak jenis Kamera pada Smartphone Android modern yang ada dizaman sekarang ini.

Jika, kalian ingin mengetahui detail terkait jenis-jenis Kamera yang ada di Smartphone Android, mungkin kalian bisa membaca artikel yang sudah kami buat dibawah ini :


Baiklah, kita akan melanjutkan pembahasan kita, lalu sebenarnya bagaimana sih menilai bagus atau tidaknya fitur Kamera dari sebuah Smartphone Android tersebut?


Faktor penilaian kualitas hasil Kamera di Smartphone Android


Jika kita berbicara terkait permasalahan faktor dalam penilaian bagus atau tidaknya fitur Kamera pada sebuah Smartphone Android tersebut, maka jelas saja pembahasannya akan menjadi sedikit teknis.

Karena sejatinya, untuk menentukan bagus atau tidaknya sebuah fitur Kamera yang ada disebuah Smartphone Android itu bisa dinilai dari beberapa faktor dibawah ini :

  1. Hardware Processing Kamera yang digunakan.
  2. Sensor Kamera yang digunakan.
  3. Jenis Lensa yang digunakan.
  4. Software Kamera yang digunakan.
  5. Fitur didalam Software Kamera tersebut.
  6. Settingan Balancing yang dilakukan oleh Vendor Smartphone Android terkait.
  7. User Experience ketika menggunakan fitur Kamera tersebut.
  8. Penyematan Teknologi pendukung seperti AI atau Smart Scene untuk memaksimalkan hasil foto diberagam kondisi, seperti saat malam hari.

Sehingga, menilai fitur atau performa dari Kamera dari sebuah Smartphone Android itu memang cukup sulit dilakukan, apalagi jika kalian tidak bisa mencobanya secara langsung dan hanya melihat Review atau ulasan dari orang lain.

Maka, tentu memberikan penilian terhadap kualitas hasil Kamera dari suatu Smartphone Android itu menjadi kurang bijak untuk dilakukan, jika memang kalian belum bisa mencobanya secara langsung.

Lalu, bagaiman tepatnya untuk menilai bagus atau tidaknya kualitas dari fitur Kamera yang ada disebuah Smartphone Android tersebut?

Jawabannya mudah saja, kalian hanya perlu melihat Ranking atau daftar dari Smartphone Android dengan kualitas Kamera terbaik saja, tentu yang menduduki peringkat atas, pasti memiliki performa Kamera yang terbaik dan tidak perlu diragukan lagi.


Sistem peringkat Smartphone Android dengan hasil Kamera terbaik


Untuk mengklasifikasikan Peringkat Smartphone Android dengan performa Kamera terbaik tersebut tentu kita harus melihat datanya realnya yang berbasis pada hasil benchmark terpercaya dan teruji.

Pada kasus kali ini, kami mengambil Data Chart dari penyedia data yang memang khusus melakukan Benchmarking pada sektor Kamera di sebuah Smartphone Android, penyedia data tersebut ialah DXOMARK.

Hasil ranking untuk menentukan Peringkat Smartphone Android dengan performa kualitas Kamera terbaik tersebut menggunakan sistem Scoring atau mudahnya kita sebut saja dengan akumulasi angka skor yang dikumulatifkan berdasarkan beragam pengujian.

Selanjutnya, data Ranking tersebut kami jamin kredibel, karena hasil data dari DXOMARK tersebut memang sudah teruji dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk menggambarkan sebuah realitas performa Kamera dari sebuah Smartphone Android.

Meski demikian, tidak semua jenis Smartphone Android diuji hasil Kameranya dari situs DXOMARK tersebut, melainkan pengujian tersebut hanya akan dilangsungkan kepada Smartphone Android yang memang mendapat cukup perhatian atau exposure dari masyarakat.

Namun, kebanyakan Smartphone Android mainstream memang selalu diuji oleh pihak DXOMARK tersebut, sehingga jika kalian menggunakan Smartphone Android Branded yang memang cukup dikenal, maka harusnya data dari Score tersebut bisa kalian lihat di database DXOMARK tersebut.

Lalu, bagaimana sih metode pengujian untuk menentukan baik atau tidaknya kualitas Kamera dari Smartphone Android berdasarkan sistem skor tersebut?


Metode pengujian yang dilakukan DXOMARK


Secara umum, DXOMARK akan menguji dari beragam aspek, penguji yang akan melakukan uji coba terhadap Performa Kamera pada sebuah Smartphone Android disini bukanlah berasal dari orang biasa.

Melainkan datang dari orang-orang yang memang sudah ahil dalam bidang Fotografi, beserta para ilmuwan yang menerapkan teknologi efektif untuk menentukan penilaian dan pemberian skor pada Kualitas Kamera yang diuji tersebut.

Metode pengujian yang dilakukan pun datang dari beragam aspek, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Uji Spesifikasi Hardware Kamera.
  2. Uji Lab dengan peratalan canggih untuk menentukan kualitas Performa Kamera.
  3. Uji penggunaan secara langsung berdasarkan User Experience Based.

Dengan menggunakan 3 metode diatas, maka hasilnya sudah tidak perlu diragukan lagi dan pastinya akan sangat kredibel untuk bisa menggambarkan hasil nyatanya.

Sehingga, jika sebuah Smartphone Android tersebut mendapat Skor Performa Kamera yang tinggi atau banyak, maka sudah bisa dipastikan Kualitas Kamera pasti akan sangat baik dan pasti akan lebih baik daripada yang lainnya.

Lalu, dimana kalian bisa melihat Ranking atau Daftar Peringkat Smartphone Android dengan Kamera terbaik tersebut?

Tenang saja, disini kami punya data listnya untuk kalian.


Ranking Smartphone Android dengan Kamera Terbaik


Nah, sampailah kita pada pembahasan utama kita, disini kami punya 30 daftar Smartphone Android dengann hasil performa Kamera terbaik yang ada saat ini.

Tentu saja, daftar atau peringkat dibawah ini akan berubah setiap waktunya, mengingat ada banyaknya Smartphone Android baru yang dirilis kepasaran disetiap waktunya.

Namun, kalian tidak perlu khawatir, daftar atau List Peringkat Smartphone Android dengan Performa Kamera terbaik dibawah ini pasti akan selalu kami Update dalam beberapa periode tertentu, agar hasilnya tetap kredibel.

Berikut adalah Daftar Smartphone Android dengan Kamera Terbaik saat ini :

  • Huawei P40 Pro (Skor 128)
  • Honor 30 Pro + (Skor 125)
  • Oppo Find X2 Pro (Skor 124)
  • Xiaomi Mi 10 Pro (Skor 124)
  • Huawei Mate 30 Pro 5G (Skor 123)
  • Honor V30 Pro (Skor 122)
  • Samsung Galaxy S20 Ultra (Skor 122)
  • Huawei Mate 30 Pro (Skor 121)
  • Xiaomi Mi CC9 Pro Premium (Skor 121)
  • Xiaomi Redmi K30 Pro Zoom (Skor 120)
  • OnePlus 8 Pro (Skor 119)
  • Samsung Galaxy S20+ (Skor 118)
  • Samsung Galaxy Note 10+ 5G (Skor 117)
  • Samsung Galaxy Note 10+ (Skor 117)
  • Huawei P30 Pro (Skor 116)
  • Oppo Reno 10x Zoom (Skor 116)
  • Samsung Galaxy S10 5G (Skor 116)
  • OnePlus 7 Pro (Skor 114)
  • OnePlus 7T Pro (Skor 114)
  • Honor 20 Pro (Skor 113)
  • Motorola Edge+ (Skor 113)
  • Samsung Galaxy S10+ (Skor 113)
  • Google Pixel 4 (Skor 112)
  • Huawei Mate 20 Pro (Skor 112)
  • Huawei Mate 20 X (Skor 111)
  • Xiaomi Mi 9 (Skor 110)
  • Huawei P20 Pro (Skor 109)
  • Samsung Galaxy Z Flip (Skor 105)
  • Asus ZenFone 6 (Skor 104)
  • HTC U12+ (Skor 103)
  • Samsung Galaxy Note 9 (Skor 103)

(Update : July 2020)

Nah, apakah Smartphone Android kalian termasuk kedalam salah satu daftar diatas? jika iya tentu kalian akan menjadi bangga dan lebih percaya diri dengan Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Dari daftar yang bisa kita lihat diatas, umumnya Smartphone Android dengan performa Kamera terbaik tersebut rata-rata datang dari seri Line-up kelas tingkat atas.

Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat Smartphone Android kelas atas itu pasti menggunakan Teknologi Kamera yang paling terbaru dan paling mutakhir, itulah kenapa Peringkatnya bisa menjadi yang teratas.

Nah dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, dengan adanya artikel ini, harusnya kalian sudah menjadi lebih tahu terkait Smartphone Android mana saja yang bisa dikatakan memiliki Predikat dengan hasil performa Kamera terbaik yang ada saat ini.

Jika, kalian ingin memiliki sebuah Smartphone Android dengan Hasil Kamera yang mantap dan memiliki Performa Kamera diatas rata-rata Smartphone Android lainnya.

Maka, Daftar Peringkat Smartphone Android dengan Kamera Terbaik diatas bisa kalian jadikan referensi, jika memang kalian ingin berburu sebuah Smartphone Android dengan hasil Kamera terbaik.

Umumnya, ke-30 Smartphone Android yang ada didaftar diatas tersebut, sudah bisa dipastikan akan memiliki Performa Kamera yang memuaskan, apalagi juga sudah masuk 3 besar, intinya pasti memiliki hasil tangkapan Kamera yang terbaik dari yang terbaik.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot