RILIS ARTIKEL TERBARU

Realme USB Driver, Download Realme USB Driver, Latest Realme USB Driver, Download Realme USB Driver Terbaru, Realme USB Driver Android, Realme USB Driver Windows, How to get Realme USB Driver, Install Realme USB Driver, Cara pasang Realme USB Driver, Realme tidak terbaca di Windows, Realme tidak bisa terhubung ke komputer, USB tidak berkerja di Realme, MTP Realme bermasalah, MTP Realme tidak berfungsi, Realme USB Driver Windows 32 bit, Realme USB Driver Windows 64 bit

Belakangan ini ada banyak sekali Smartphone Android yang masuk dan di jual di tanah air kita ini, kebanyakannya memang berasal dari China dan kebanyakannya memiliki nama Brand yang benar-benar tidak di ketahui sebelumnya.

Realme contohnya, sekarang ini mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal Brand ini yang memang sudah di kenal dengan kemampuan Photography-nya yang sangat baik, selanjutnya untuk urusan harga Brand Smartphone ini juga terkenal ramah di kantong.

Lalu siapa sih di perusahaan di balik Realme ini? mengapa bisa begitu cepat perkembangannya? maka kami yakin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa Realme adalah bagian Sub-Brand dari Oppo, ya! Oppo yang memang sudah menjadi Top 5 Best Selling Smartphone di tanah air kita ini.

Bukan hanya Oppo yang membentuk sebuah Sub-Brand Smartphone Android, melainkan di ketahui saat ini beberapa Produsen Smartphone kompetitor sudah melakukannya, sebut saja Huawei dengan Sub-Brand-nya Honor dan juga Xiaomi dengan Sub-Brand-nya Redmi.

Bukan tanpa alasan memang pihak OEM mengeluarkan seri Sub-Brand tersebut, karena seri tersebut memang khusus untuk menyasar kelas menengah keatas dan kebawah saja, berbeda dengan Brand utama yang menyasar ke seluruh Segmen pasar.

Sub-Brand seperti Realme memang sejatinya memiliki kemampuan layaknya seperti Smartphone Oppo kebanyakan, hanya saja pada seri Sub-Brand ini mungkin di buat lebih baik lagi, karena mereka memang akan fokus terhadap detail yang ingin di tonjolkan yang sebelumnya tidak bisa Oppo lakukan pada seri Reguler-nya, karena beragam alasan dan karena nama Brand yang sudah kian membesar.

Tentu saja merilis Smartphone dengan spek tinggi tetapi dengan harga jual yang murah menjadi suatu masalah, jika Brand tersebut memang sudah benar-benar besar dan sudah memiliki Identitas sebagai sebuah Brand Smartphone Android kelas kakap.

Maka agar bisa lebih dalam menyasar ke konsumen dan untuk bisa menekan harga, maka di buatlah sebuah seri Sub-Brand dan inilah alternatif yang menguntungkan kita sebagai konsumen, karena kita bisa memiliki sebuah Smartphone dari OEM terkenal di jual dengan harga murah, tetapi dengan nama Brand yang berbeda.

Jika kalian adalah seorang yang tidak terlalu memperdulikan nama merek, maka Smartphone Android dari Sub-Brand OEM seperti Realme ini adalah pilihan yang paling tepat untuk kalian, dengan alasan yang sudah kami gambarkan diatas.

Baiklah, kita akan masuk ke dalam tahap pembahasan utama kita, terkait Resource Driver yang di perlukan dari Smartphone Android Realme tersebut, yang dalam kasus ini kita persempit menjadi terkait masalah USB Driver Smartphone Android Realme tersebut.


Realme USB Driver


Seperti yang telah kami singgung diatas, bahwa sebenarnya Realme itu adalah Sub-Brand dari Oppo yang kalau kita artikan artinya semua Support melalui Tools dan metode itu sama saja seperti Smartphone Android Oppo pada umumnya.

Berarti jika sama dengan Oppo, maka artinya Realme juga tidak punya sebuah USB Android Driver khusus seperti yang ada pada OEM Samsung dan Sony, untuk masalah ini sudah kami jelaskan lengkap pada halaman khusus di bawah ini.


Sehingga untuk penggunaan USB Driver Android, Realme hanya cukup menggunakan Android USB Driver Universal saja, karena dengan USB Driver tersebut maka semua kebutuhan dasar terkait penggunaan OS Android untuk tujuan Developing, Maintenance dan juga Repairing sudah bisa terpenuhi.

Lalu untuk kenapa pihak Oppo / Realme tidak membuat sebuah USB Android Driver khusus untuk perangkat mereka?

Maka jawabannya akan sederhana saja, karena mereka tidak mendistribusikan sebuah Tool atau Software khusus untuk para konsumennya.

Sony membuat sebuah USB Driver khusus untuk perangkat mereka agar aplikasi atau Software buatan mereka seperti Xperia Companion bisa di jalankan, untuk tujuan Repairing dan Updating.

Samsung juga membuat sebuuah USB Driver khusus agar perangkat pintar buatan mereka seperti Samsung Galaxy dan Smartwatch mereka bisa terkoneksi ke Tools Productivity yang mereka rilis.

Berbeda dengan Realme dan Oppo, OEM tersebut tidak membuat ataupun mengeluarkan sebuah Software khusus, yang artinya kebutuhan akan USB Driver Android khusus tidak di perlukan saat ini, sehingg sampai sekarang Dedicated USB Driver untuk kedua Brand ini tidak akan mungkin bisa kalian temukan di manapun.

Jika ada, mungkin itu hanya buatan pihak Komunitas yang isinya adalah Android USB Driver Universal saja dan tidak ada sesuatu yang khusus di dalamnya.


Android USB Driver Universal


Jika kalian membutuhkan sebuah USB Driver Android yang bisa di gunakan untuk beragam hal seperti pada Smartphone Android kebanyakan, Realme juga bisa melakukannya, cukup hanya dengan menggunakan Android USB Driver Universal saja.

Karena seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa Realme tidak mempunyai sebuah USB Driver khusus, sama seperti Oppo yang merupakan OEM puncak dari seri Realme tersebut.

Android USB Driver Universal ini sudah sangat mampu di gunakan untuk bisa terhubung ke Komputer Windows / PC Windows dengan bantuan Kabel USB ataupun secara Wireless, semua kebutuhan tersebut sudah bisa kalian dapatkan dengan hanya bermodalkan Android USB Driver universal tersebut.

Karena pada umumnya OS Android itu hanya membutuhkan Satu Driver USB yang memang khusus di buat oleh Google sekalu Developer dari OS tersebut, dengan begitu maka kalian sudah bisa melakukan beberapa hal dibawah ini :


  • Transfer Data (MTP)
  • PTP
  • ABD
  • Fastboot, dan lainnya


ke-4 kebutuhan diatas merupakan sebuah kebutuhan utama dan paling dasar yang bisa kalian lakukan pada OS Android, maka artinya Smartphone Android Realme kalian juga bisa menggunakan hal tersebut.

Untuk lebih detailnya, dengan hanya menggunakan Android USB Driver Universal, kalian sudah bisa menggunakan fungsi ADB untuk kegiatan Developing, Debugging seperti membaca Logcat untuk aplikasi atau ROM yang sedang kalian kembangkan.

Atau yang lebih advanced lagi kalian bisa menggunakan Fastboot untuk keperluan Flashing maupun Modding, maka jika kalian membutuhkan sebuah USB Driver untuk Smartphone Android Realme kalian.

Maka jawabannya adalah Android USB Driver Universal, karena disini kalian tidak mempunyai pilihan selain itu, dengan alasan pihak OEM memang tidak menyediakannya, jika memang kalian membutuhkan sebuah Android USB Driver untuk Smartphone Realme, segera pasang Android USB Driver Universal versi terbaru melalui halaman di bawah ini :


Dengan menggunakan Android USB Driver Universal diatas, maka sekarang kalian sudah bisa menggunakan semua fitur dasar yang ada pada OS Android, hanya saja melakukan hal tersebut tidak bisa di lakukan dengan sembarangan.

Kalian harus paham apa yang ingin kalian lakukan dan tentu saja kalian masih membutuhkan sebuah Part atau Komponen lain agar bisa menjalankan fungsi ADB dan Fastboot tersebut.

Tetapi, jika yang kalian butuhkan hanya sekedar fungsi Transfer Data (MTP) atau kalian hanya ingin mengatasi masalah Smartphone Android Realme kalian yang tidak bisa terbaca di OS Windows melalui Kabel USB, maka dengan menginstall Android USB Driver Universal diatas itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi dan menyelesaikan masalah yang kalian hadapi sekarang.

Namun, jika kalian ingin mengerjakan sesuatu yang lebih dalam lagi seperti ingin menjalankan fungsi ADB dan Fastboot, maka silahkan lanjutkan bacaan artikel ini sampai akhir.


ADB dan Fastboot Driver


Syarat kedua jika kalian ingin menggunakan fungsi ADB dan Fastboot pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang, maka hal selanjutnya ketika kalian sudah menginstall Android USB Driver Universal diatas adalah dengan memasang ADB dan Fastboot Driver.

Perlu kalian ketahui ADB dan Fastboot Driver ini terpisah dari paketan Android USB Driver, karena ADB dan Fastboot memang perlu di Download secara Individual, kecuali kalian menggunakan Android SDK yang memang di dalam Software tersebut sudah tersedia segala macam hal terkait dengan OS Android.

Tetapi, jika yang kalian perlukan hanyalah ADB dan Fastboot Driver-nya saja, maka kalian hanya perlu mendownload dan memasangkan ADB dan Fastboot Driver saja, karena meski tanpa Software Android SDK, fungsi ADB dan Fastboot masih bisa di jalankan dengan sangat lancar.

Kalian juga tidak perlu pusing dan ribet mencari ADB dan Fastboot Driver tersebut, karena disini kami punya beberapa koleksi dari ADB dan Fastboot Driver tersebut, silahkan Download satu dari beberapa koleksi kami di bawah ini :


Selanjutnya, jika kalian bingung terkait cara Installasinya, pada tiap-tiap halaman tersebut sudah kami sertakan cara Installasinya, jadi kalian hanya perlu mengikutinya saja dan silahkan langsung gunakan saja.

Apakah hanya itu yang di perlukan untuk bisa menjalankan fungsi ADB dan Fastboot? Ya! hanya itu saja, tetapi perlu di ingat bahwa fitur ADB Debugging harus sudah aktif pada Smartphone Android Realme yang kalian gunakan.

Karena fitur ini adalah fitur kunci agar proses ADB dan Fastboot bisa di jalankan melalui PC Windows, dengan alasan bahwa fitur ini adalah sebuah fitur pemberi izin agar bisa di akses oleh Source lain dalam kasus ini adalah OS Windows.

Sebagian dari pengguna Smartphone Android memang sudah tahu cara mengaktifkan fitur ini dan biasanya akan selalu diaktifkan setiap saat, jika kalian adalah pemula, maka silahkan ikuti tutorial di bawah ini agar bisa mengaktifkan USB Debugging di Smartphone Realme yang kalian miliki.


Selanjutnya, silahkan lakukan sesuai kebutuhan kalian, karena saat ini kalian sudah bisa melakukan hal seperti memasangkan Custom ROM, Custom Kernel, Custom Recovery, menghapus Apk System atau bisa juga untuk melakukan Update ROM hingga melakukan Flashing.

Apakah ADB dan Fastboot ini bisa di gunakan untuk melakukan Flash? tentu saja sangat bisa, karena fitur dari Fastboot sangat memungkinkan untuk melakukan Flash file Image yang memang menjadi salah satu bagian penting dari sebuah kesatuan Firmware.


Cara Flash Realme


Kami ingatkan lagi, dengan hanya bermodalkan Android USB Driver Universal saja, maka kalian sudah bisa melakuka hal hebat dan penting seperti Flash / Install Ulang OS, dengan kemampuan Fastboot maka kalian sudah sangat bisa melakukan Flash System Image (.img) pada suatu part Firmware ke dalam Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Hanya saja, jika kalian memang ingin melakukan Flash hanya dengan bermodalkan ADB dan Fastboot, maka kalian perlu beragam Command Lines yang harus kalian masukan ke dalam aplikasi Command Prompt / Windows PowerShell.

Karena, dalam kesatuan sebuah Firmware itu ada beberapa bagian yang bisa mencapai 20 hingga 30 bagian, yang tentu saja kalian harus melakukan Flash terhadap File System tersebut secara manual dan yang membuatnya lebih berat adalah ada suatu kondisi file B harus di Flash sebelum melakukan Flashing file A.

Jika, kalian awam maka sudah jelas cara ini sangat tidak bersahabat untuk kalian, tetapi jika tujuannya hanya untuk melakukan Flash file Kernel (Boot.img) atau Recovery, maka dengan menggunakan Fastboot Driver biasa saja, hal tersebut sudah lebih dari cukup.

Lalu, apakah ada sebuah metode otomatisnya? karena OS Android itu adalah sebuah OS yang Open Source, maka sudah jelas cara yang kalian butuhkan pasti tersedia, hanya saja harus di memenuhi persyaratan yang spesifik pastinya.

Maksudnya? jika Smartphone Android Realme kalian menggunakan Qualcomm Snapdragon, tentu saja melakukan Flashing harus dengan metode yang bisa berjalan pada Chipset Qualcomm, begitu juga jika Processor Realme kalian adalah MediaTek, maka proses pengerjaanya juga tersendiri dan tidak akan mungkin sama dengan metode Processor Qualcomm Snapdragon.

Karena disini kita akan menggunakan Tools dan tentu saja Resource yang berbeda jika di lihat dari Strukturnya, maka untuk memudahkan kalian, disini kami akan membuat Section khusus terkait cara Flashing terhadap seri Processor yang ada pada Smartphone Android Realme tersebut.

Sejauh ini, Smartphone Android Realme hanya menggunakan 2 buah seri Chipse Processor yang berbeda, yaitu adalah :

  • Qualcomm Snapdragon
  • MediaTek

Seperti yang sudah kami singgng diatas, pengerjaan tindakan Flashing terhadap kedua buah jenis Processor ini berbeda, maka akan kita rumuskan di bawah ini agar jelas.


Flash Realme (MediaTek)


Jika, kalian menggunakan Smartphone Android Realme bermesin MediaTek dan ingin melakukan tindakan Repairing yaitu Flash secara otomatis dengan sebuah Software khusus, maka hal tersebut sudah sangat mungkin di lakukan.

Dengan syarat Firmware yang di butuhkan secara Spesfik tersedia, jika tidak maka aplikasi dan Driver di bawah ini akan sama sekali tidak berguna.

Namun, jika Firmware tersebut tersedia, maka persyaratan melakukan Flash sudah bisa kalian penuhi dengan menggunakan aplikasi SP Flash Tool!

Aplikasi SP Flash Tool adalah sebuah Software khusus yang bisa di jalankan pada OS Windows dan Linux, aplikasi ini adalah Specialist MediaTek Flasher, artinya semuan Smartphone Android bermesin MediaTek bisa di Flash dengan menggunakan aplikasi ini.

Asalkan Firmware yang di butuhkan sudah tersedia, maka hal pertama yang harus kalian penuhi adalah mencari Firmware tersebut apakah ada dan tersedia, jika ada, maka silahkan Download aplikasi SP Flash Tool Windows terbaru di bawah ini :


Setelah, kalian Melakukan Download dan Extract terhadap aplikasi SP Flash Tools diatas, maka kalian membutuhkan sebuah USB Driver khusus, yaitu adalah VCOM USB Driver.

Driver ini sangat di perlukan oleh aplikasi SP Flash Tool untuk bisa membaca jenis Processor Smartphone Realme kalian agar bisa di Integrasikan pada aplikasi SP Flash Tool tersebut, maka silahkan Download dulu VCOM Driver versi terbaru di bawah ini dan langsung saja di Installkan ke OS Windows yang kalian miliki.


Dengan kedua komponen diatas yaitu aplikasi SP Flash Tool dan VCOM USB Driver, maka harusnya kalian sudah bisa melakukan tindakan Flashing sekarang ini.

Tetapi, Smartphone Android Realme tidak terbaca pada aplikasi SP Flash Tool, padahal sudah menginstall Android USB Driver Universal, VCOM Driver dan juga sudah mengaktifkan USB Debugging, apa yang salah?

Tidak ada yang salah sebenarnya, mungkin ada beberapa Part yang hilang atau kurang pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Penyebabnya bisa beragam, bisa di karenakan ulah Anti Virus atau bahkan memang OS Windows memblock beberapa komponen dari VCOM Driver tersebut untuk di pasangkan pada System OS Windows.

Solusinya mudah saja, silahkan Install MediaTek USB Driver dan CDC Driver di bawah ini, maka masalah tersebut akan terselesaikan.


Saat ini, kami sangat yakin kalian sudah bisa melakukan tindakan Flash, karena semua bahan yang di butuhkan sudah ada dan siap pakai, hanya saja pastikan Firmware yang di butuhkan untuk kegiatan Flash tersedia dan bisa di gunakan (tidak corrupt).


Flash Realme (Qualcomm Snapdragon)


Berbeda dengan Metode Flash Realme pada dengan seri Chipset MediaTek, pada seri Qualcomm Snapdragon, kalian bisa melakukan Flash dengan lebih efesien, karena tidak memerlukan banyak Driver yang harus di Installkan.

Cukup hanya dengan menggunakan Android USB Universal saja, maka kalian sudah bisa melakukan Flashing, hanya saja sekali lagi, Firmware yang di butuhkan untuk tindakan Flashing harus tersedia dan sudah memang spesifik untuk kedua aplikasi di bawah ini.

Aplikasi yang kami maksud adalah QFIL dan QPST, sama seperti SP Flash Tool, aplikasi ini juga memang merupakan sebuah Software Qualcomm Flasher Specialist, yang artinya kedua aplikasi tersebut memang bisa di gunakan untuk melakukan Flash pada semua jenis Smartphone bermesin Qualcomm Snapdragon.

Namun, sebelum itu pastikan dulu, apakah kalian ingin melakukan Flash secara biasa atau dalam keadaan luar biasa atau khusus?

Biasa maksudanya adalah di kerjakan hanya dengan modal Mode Bootloader atau Mode Fastboot saja, tanpa perlu melakukan hal yang lebih advanced, jika memang demikian, maka kalian hanya cukup menggunakan Android USB Driver Universal saja, sebagai USB Driver utama-nya.

Tetapi, jika pada kasus luar biasa, dalam kasus ini adalah dengan menggunan Metode Test Point dan Mode EDL (Emergency Download), maka kalian juga harus menggunakan sebuah USB Driver khusus dan itu adalah Qualcomm HS-USB QDLoader Driver.

Silahkan Download dan pasang Qualcomm HS-USB QDLoader Driver pada Komputer Windows yang kalian gunakan sakarang jika memang kalian menggunakan Metode Flashing yang tidak biasa,


Tetapi, jika kalian hanya ingin melakukan Flashing dengan Metode Normal saja, maka langsung saja Download salah satu dari 2 aplikasi Qualcomm Flasher dibawah ini :


Sekali lagi, kalian baru bisa melakukan Flashing dengan kedua aplikasi diatas, jika Firmware spesifik yang di perlukan itu tersedia dan memang di peruntukan untuk kedua aplikasi tersebut, jika tidak maka proses Flashing tidak akan bisa di lanjutkan, karena kekuarangan Resource utama dalam metode Flash.

Akhirnya, artikel panjang ini sudah selesai, semua Resource dan pengetahuan bisa kalian dapatkan dari artikel yang kami tulis diatas, begitulah kira-kira harapan kami, semoga saja kalian mengerti apa yang kami maksud dan apa yang menjadi titik berat dari artikel ini.

Jika, kalian merasa kebingungan, silahkan tanyakan saja di kolom komentar di bawah, karena akan kami jawab sebisa kami, semoga artikel ini bisa memberikan kalian banyak manfaat dan semoga kalian bisa tambah ilmu. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot