RILIS ARTIKEL TERBARU

Install TWRP Android, Tutorial Install TWRP Android, Pasang Install TWRP Android, Download Install TWRP Android, Install TWRP tanpa PC, Isntall TWRP Root, Panduan Isntall TWRP Android, TWRP Official. TWRP Unofficial, Apa itu TWRP, Pengertian TWRP, Keunggulan TWRP, Kelemahan TWRP, Bahaya TWRP, Custom Recovery TWRP, Install TWRP Fastboot, File TWRP, Flashify TWRP, Cara pakai Flashify, Pasang TWRP dengan Flashify, TWRP CMD Fastboot. Command TWRP Fastboot

OS Android memang menjadi salah satu OS Mobile paling pintar sekarang ini, mengapa tidak? ada beragam inovasi yang hadir setiap tahunnya kedalam OS satu ini, sehingga setiap versi terbaru dari OS Android tersebut selalu saja membawa sebuah fitur yang terbilang mutakhir yang memang harus ada sebagai sebuah OS yang menopang konsep Smartphone.

Sejak dari dulu, komunitas dari OS Android tersebut selalu saja ramai dan bahkan kian bertambah setiap harinya, maka tidak mengherankan jika ada banyak sekali Mod yang muncul di OS Android tersebut.

Komunitas OS Android semakin membesar itu juga di karenakan sekarang ini ada banyak sekali Brand Smartphone Android yang di jual ke pasar baik itu secara Lokal maupun Global, untuk kalian ketahui saat ini para Produsen Smartphone besar hampir semuanya memproduksi Smartphone dengan OS Android.

Jadi, tidak mengherankan di zaman sekarang ini OS Android memang menjadi OS Mobile yang paling banyak di gunakan dan paling banyak anggota komunitasnya jika kita akumulasikan dari OS kompetitor seperti iOS dan OS Mobile lainnya.

Selain itu OS Android menjadi sebesar sekarang memang salah satu alasannya adalah pengembang di belakangnya adalah Perusahaan Raksasa Internet yaitu Google, tetapi di samping itu OS Android bisa sebesar sekarang itu tidak terlepas dari konsep Open Source yang di adopsi sejak dari pertama kali rilis.

Maka, di era sekarang ini menggunakan Smartphone Android tidak akan pernah membosankan, karena meski OS Android itu dimana-mana sama saja, yang membuatnya menarik adalah karena sifat Open Source-nya tersebut yang kemudian di Implementasi oleh para Produsen Smartphone Android, sehingga muncul Smartphone Android yang berbeda-beda dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, OS Android harus bisa mengadopsi semua kebutuhan Smartphone, artinya tentu saja jika dari Aspek Tools, OS Android itu tidak usah di ragukan lagi.

Karena OS Android itu di buat untuk Ponsel Pintar, maka sudah jelas standard utama yang harus ada pada sebuah Sistem Operasi itu adalah sebuah Tool Recovery, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah terkait masalah Tool Recovery yang ada di OS Android.


Recovery Android


Sama seperti Tool Recovery yang ada pada OS apapun, sifat Tool Recovery di Android juga kurang lebih sama saja, yaitu bisa di gunakan untuk melakukan beragam hal, seperti Maintened, Upgrading, Repairing, Flashing dan Fixing.

Hanya saja beberapa diantara Smartphone Android yang ada di pasaran saat ini, beberapanya tidak memiliki Tool Recovery secara default, karena mungkin tidak disertakan oleh pihak OEM, karena suatu alasan khusus.

Tetapi, hal seperti ini mudah saja untuk di atasi, karena kalian bisa saja dengan mudah menginstall Tool Recovery secara Custom langsung ke Smartphone Android yang kalian miliki, setelahnya maka segala kemampuan Tool Recovery yang sudah kami sebutkan diatas bisa kalian manfaatkan dengan adanya Custom Recovery tersebut.

Saat ini ada banyak sekali jenis Custom Recovery yang bisa kalian gunakan di Smartphone Android kalian, tetapi dari sekian banyak Custom Recovery tersebut, hanya ada satu Custom Recovery saja yang benar-benar terkenal dan paling banyak penggunannya sekarang ini, yaitu adalah TWRP.


TWRP Recovery


TWRP sendiri memiliki singkatan dari Team Win Recovery Project yang lahir dari komunitas OS Android beberapa tahun silam, orang-orang di balik Custom Recovery TWRP ini juga bukan orang sembarangan, karena mereka adalah para ahli di bidang OS Android tersebut yang memang sudah memiliki keahlian dan jam terbang yang banyak dalam masalah pengembangan OS Android pihak ke-3.

Selain itu TWRP sendiri sekarang sudah menjangkau banyak sekali Smartphone Android di luar sana dari beragam merek, hal tersebut terjadi karena TWRP sendiri memiliki banyak Maintainer yang siap untuk mendistribusikan TWRP tersebut secara Resmi ke beberapa seri Smartphone Android pilihan.

Berbeda dari Stock Recovery yang terbilang kuno dan terlihat Monoton, TWRP sendiri memiliki banyak kelebihan lain seperti sebagai berikut :


  1. Tampilan yang keren.
  2. Tema bisa di gonta-ganti.
  3. Memiliki fitur Touch Screen yang di pastikan tidak ada pada Stock Recovery.
  4. Memiliki Fitur yang lengkap dan hebat.
  5. Selalu menjadi Custom Recovery Prioritas oleh banyak User Smartphone Android.
  6. Cara Installasinya yang mudah dengan beberapa pilihan pemasangan secara Instant.


Selain itu ada hal penting yang harus kalian ketahui, meski TWRP ini tidak Support secara Resmi ke seri Smartphone Android yang kalian gunakan, bukan berarti kalian tidak bisa menggunakan TWRP tersebut, karena sekarang ini ada 2 buah jenis versi TWRP yang bisa di gunakan dan kalian harus mengetahui hal tersebut.


2 Jenis TWRP Recovery


Menyambung pembahasan diatas, sejatinya TWRP itu memiliki 2 buah jenis berbeda, perbedaan ini hanya bersifat versi dan source saja, selebihnya sama saja, 2 buah versi TWRP yang kami maksud tersebut adalah Versi Official (Resmi) dan juga Versi Unofficial (Tidak Resmi).

Hal ini penting untuk kalian ketahui, karena meski sama-sama bisa di gunakan layaknya TWRP pada biasanya, ternyata ada perbedaan yang besar diantara kedua buah versi ini, maka dengan demikian akan kami jelaskan detailnya pada Scene ini.

Official TWRP (Resmi) seperti namanya "Resmi" maka artinya TWRP ini langsung secara resmi di distribusikan oleh para Maintainer TWRP dengan beberapa keunggulan sebagai berikut :


  1. Stabil / Stable tanpa Bugs.
  2. Mendapat Update Versi secara berkala.
  3. Di pastikan aman di gunakan, karena sudah lolos uji kontrol.


Tetapi, ada juga kekurangan dari pada jenis TWRP Resmi ini yaitu adalah Official TWRP ini tidak bisa Support untuk semua jenis seri Smartphone Android, karena memang bisa jadi Tidak Ada Maintainer Resmi TWRP yang ikut dalam pengembangan pada seri Smartphone Android yang kalian gunakan, atau bahkan Source Code Kernel tidak tersedia, sehingga TWRP ini tidak bisa di buat (Build).

Unofficial TWRP (Tidak Resmi) perlu kalian ketahui, maksud tidak resmi disini bukan berarti TWRP ini ilegal, melainkan Source TWRP ini di buat oleh Non-Maintainer Official TWRP, atau mudahnya di kembangkan oleh seorang Individual saja, dengan keunggulan sebagai berikut :


  1. Bisa menjangkau dan Support lebih banyak seri Smartphone Android
  2. Tersedia dalam waktu yang cepat


Hanya saja kekurangan dari Unofficial TWRP ini juga ada banyak, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Bisa terdapat Bugs, karena memang di kembangkan oleh orang luar dari grup TWRP.
  2. Update tidak berkala atau biasanya hanya di buat untuk sekali Build saja, ketika sudah bisa di pakai dan sudah bisa berjalan normal, maka TWRP tidak akan di Update lagi versinya.
  3. Ketersediaan bahasa yang terbatas, misalkan hanya tersedia Bahasa China saja.
  4. Bisa jadi membahayakan System, jika di buat oleh Developer Amatiran.


Sehingga kalau memang bisa dan tersedia, gunakan saja versi TWRP Official, kalaupun tidak ada versi Offcialnya, pastikan TWRP Unofficial yang kalian ingin gunakan sudah terbukti bisa berjalan dan tidak membuat Smartphone Android kalian masuk ke dalam masalah seperti Bricked dan lain sebagainya.

Lalu, dimana kita bisa mendapatkan Custom Recovery TWRP tersebut, baik secra Official maupun Unofficial?


Download TWRP Recovery (Official / Unofficial)


Jika kalian ingin mendownload secara resmi TWRP versi Official, maka kalian bisa mengakses ke halaman di bawah ini, silahkan lihat apakah seri Smartphone Android kalian tersedia atau tidak.


Pastikan yang kalian Download adalah file TWRP berekstensi (.IMG), karena kasus pemasangan TWRP yang akan kita bahas di bawah ini, hanya khusus untuk menggunakan TWRP berformat Image saja (.IMG).

Lalu, dimana tempat untuk mendownload versi TWRP Unofficial? nah, untuk hal ini kalian harus sesuaikan sendiri, biasanya TWRP versi Unofficial ini akan tersedia pada Forum (seperti xda-developers, Kaskus, etc), Grup Diskusi (Facebook, dll) ataupun Situs yang khusus membahas terkait seri Smartphone Android yang kalian gunakan secara spesifik.

Ingat! jangan sampai salah mendownload TWRP Official ataupun Unofficial, karena jika kalian pasang ke Smartphone Android yang tidak semestinya, maka Smartphone Android kalian akan berakhir Brick atau Stuck, yang bisa jadi akan sulit untuk di perbaiki.

Jika, kalian sudah memahami terkait apa itu Custom Recovery TWRP, keunggulan, jenisnya dan juga dimana bisa mendapatkan TWRP tersebut, maka langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah memasangkan Custom Recovery TWRP tersebut ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, silahkan ikuti Scene di bawah ini.


Cara Pasang TWRP di Android


Seperti judul pada artikel ini, pada kasus ini kami akan menjelaskan 2 buah metode yang bisa kalian gunakan untuk bisa memasangkan TWRP ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Kedua cara tersebut adalah Dengan Bantuan PC (Fastboot) dan Tanpa PC (ROOT), untuk lebih jelasnya kita akan bahas secara masing-masing, karena persyaratan yang di perlukan juga berbeda-beda.


Cara Install TWRP dengan Fastboot


Ini adalah cara Installasi TWRP yang paling banyak di gunakan, karena proses pemasangannya bisa di lakukan dengan sangat cepat dan juga sangat mudah, tetapi kalian harus mempersiapkan beberapa hal di bawah ini dulu, sebelum bisa melakukan pemasangan TWRP via Fastboot tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Unlock Bootloader (diperlukan untuk menjalankan fungsi Fastboot).
  2. Fastboot Driver, silahkan Download dan gunakan salah satu dari Fastboot Driver di bawah ini.

  1. Kabel USB
  2. Mode Fastboot / Bootloader

Jika, persyaratan diatas sudah kalian penuhi, silahkan ikuti cara Installasinya di bawah ini :

  1. Pastikan kalian sudah mendownload TWRP dengan format (.IMG).
  2. Pindahkan File TWRP tersebut ke Folder Fastboot Driver, seperti ini :
Install TWRP Android, Tutorial Install TWRP Android, Pasang Install TWRP Android, Download Install TWRP Android, Install TWRP tanpa PC, Isntall TWRP Root, Panduan Isntall TWRP Android, TWRP Official. TWRP Unofficial, Apa itu TWRP, Pengertian TWRP, Keunggulan TWRP, Kelemahan TWRP, Bahaya TWRP, Custom Recovery TWRP, Install TWRP Fastboot, File TWRP, Flashify TWRP, Cara pakai Flashify, Pasang TWRP dengan Flashify, TWRP CMD Fastboot. Command TWRP Fastboot
  1. Pastikan Rename File TWRP yang kalian Download menjadi twrp.img saja.
  2. Selanjutnya, silahkan buat Smartphone Android kalian masuk ke dalam Mode Fastboot / Bootloader.
  3. Hubungkan ke PC (Komputer) dengan Kabel USB.
  4. Buka Aplikasi CMD (Command Prompt) dan arahkan ke Folder Fastboot, jika tidak tahu caranya, silahkan ikuti cara di bawah ini :


  1. Setelahnya, silahkan masukan perintah ini untuk bisa memasangkan (Install) TWRP ke Smartphone Android :

fastboot flash recovery twrp.img

  1. atau

fastboot flash boot twrp.img

  1. Tunggu hingga proses selesai, jika sudah muncul status OKAY, berarti pemasangan TWRP sudah berhasil.
  2. Kalian bisa saja langsung melakukan Reboot sekarang ini dengan memasukan perintah ini :

fastboot reboot

  1. Tetapi, jika kalian ingin langsung masuk ke Mode TWRP, silahkan masukan perintah ini :

fastboot boot twrp.img

  1. Maka, secara otomatis Smartphone Android kalian akan Reboot dan langsung masuk ke Mode TWRP.
  2. Done!

Cara ini adalah cara yang paling kami rekomendasikan, karena bisa di lakukan dengan sangat cepat dan mudah dalam pengaplikasiannya. Namun, jika kalian tidak punya PC (Komputer), maka silahkan gunakan cara di bawah ini untuk pemasangan TWRP tanpa PC.


Cara Install TWRP Tanpa PC


Berbeda dari cara pertama diatas, cara kali ini kalian sama sekali tidak membutuhkan Komputer untuk bisa memasangkan TWRP ini ke Smartphone Android yang kalian gunakan, kalian hanya perlu sebuah aplikasi khusus yang bernama Flashify saja.

Aplikasi ini bisa kalian Download secara gratis di Google Play Store, pastikan gunakan aplikasi Flashify untuk ROOT User seperti ini :

Install TWRP Android, Tutorial Install TWRP Android, Pasang Install TWRP Android, Download Install TWRP Android, Install TWRP tanpa PC, Isntall TWRP Root, Panduan Isntall TWRP Android, TWRP Official. TWRP Unofficial, Apa itu TWRP, Pengertian TWRP, Keunggulan TWRP, Kelemahan TWRP, Bahaya TWRP, Custom Recovery TWRP, Install TWRP Fastboot, File TWRP, Flashify TWRP, Cara pakai Flashify, Pasang TWRP dengan Flashify, TWRP CMD Fastboot. Command TWRP Fastboot

Setelah aplikasi Flashify ini terinstall, maka ada Syarat utama yang harus kalian penuhi, yaitu Smartphone Android kalian harus sudah ROOT! untuk bisa melakukan ROOT pada Smartphone Android yang kalian miliki, silahkan ikuti cara di bawah ini :


Jika ke-2 buah persyaratan diatas sudah kalian penuhi, selanjutnya kalian bisa memasangkan TWRP dengan cara di bawah ini :

  1. Pastikan file TWRP (.IMG) sudah kalian Download dan di pindahkan ke Internal Storage.
  2. Smartphone Android kalian, letakan di tempat yang mudah untuk kalian temukan.
  3. Buka aplikasi Flashify dan berikan Izin (Grant) akses ROOT.
  4. Pilih Opsi Recovery Image.
Install TWRP Android, Tutorial Install TWRP Android, Pasang Install TWRP Android, Download Install TWRP Android, Install TWRP tanpa PC, Isntall TWRP Root, Panduan Isntall TWRP Android, TWRP Official. TWRP Unofficial, Apa itu TWRP, Pengertian TWRP, Keunggulan TWRP, Kelemahan TWRP, Bahaya TWRP, Custom Recovery TWRP, Install TWRP Fastboot, File TWRP, Flashify TWRP, Cara pakai Flashify, Pasang TWRP dengan Flashify, TWRP CMD Fastboot. Command TWRP Fastboot
  1. Lalu, pilih opsi Choose a File.
Install TWRP Android, Tutorial Install TWRP Android, Pasang Install TWRP Android, Download Install TWRP Android, Install TWRP tanpa PC, Isntall TWRP Root, Panduan Isntall TWRP Android, TWRP Official. TWRP Unofficial, Apa itu TWRP, Pengertian TWRP, Keunggulan TWRP, Kelemahan TWRP, Bahaya TWRP, Custom Recovery TWRP, Install TWRP Fastboot, File TWRP, Flashify TWRP, Cara pakai Flashify, Pasang TWRP dengan Flashify, TWRP CMD Fastboot. Command TWRP Fastboot
  1. Silahkan cari dan pilih File TWRP yang sudah kalian Download sebelumnya.
  2. Konfirmasi pemasangan TWRP dan tunggu hingga proses Installasi selesai.
  3. Terakhir, lakukan Reboot.
  4. Secara otomatis akan Reboot ke Mode TWRP.
  5. Done!

Pasti kalian akan mempertanyakan hal ini, bagaimana bisa mendapatkan akses ROOT, jika kalian belum punya TWRP? pertanyaan ini memang logis.

Maka jawaban kami adalah cara ke-2 ini memang lebih di tujukan bagi kalian yang ingin melakukan Upgrade versi TWRP saja, tetapi masih bisa di lakukan jika kalian mendapatkan akses ROOT melalui cara lain selain menggunakan TWRP, yang sudah kami bahas lengkap beberapa metode ROOT yang bisa kalian gunakan pada halaman di bawah ini :


Bagaimana? apakah kalian sudah memutuskan untuk menggunakan cara yang nomor berapa? kalau memang bisa, kami sarankan gunakan saja cara yang pertama, karena memang tidak ribet dan sudah menjadi cara yang paling populer yang banyak di gunakan oleh User Smartphone Android di luar sana.


Bootloop setelah pasang TWRP ?


Jika, kalian mengalami hal serupa yaitu Bootloop yang terjadi secara terus menerus setelah memasangkan TWRP tersebut, maka solusi dari masalah tersebut sangat mudah untuk di lakukan.

Sebelumnya, jika kalian bingung apa sih itu masalah Bootloop? artinya adalah Bootloop merupakan sebuah masalah pada OS Android dengan indikasi Booting yang selalu terulang dan tidak bisa sampai Booting secara sempurna (Masuk Homescreen).

Masalah ini memang sering di temui oleh para User Smartphone Android setelah memasangkan TWRP, terlebih jika TWRP tersebut adalah versi Unofficial, maka solusinya cukup mudah kalian hanya perlu melakukan Flash File DM-Verity melalui TWRP, maka masalah Bootloop ini akan selesai.

Silahkan Download File DM-Verity Terbaru dari halaman di bawah ini :


File tersebut sama sekali tidak berbahaya, karena sifatnya yang memang di tujukan untuk melakukan Bypass ke Security Level pada OS Android yang kalian gunakan, terlebih dan di khususkan untuk melakukan Bypass ke Security System yang telah di buat oleh Produsen Smartphone Android.

Sebenarnya hal inilah yang membuat kalian mengalami masalah Bootloop setelah memasangkan TWRP, karena Securty System lah yang menyebabkan hal tersebut terjadi, dengan melakukan Flash Dile DM-Verity diatas, maka masalag Bootloop tersebut akan langsung terselesaikan dengan cepat dan mudah.

Dengan demikian, tuntas sudah pembahasan kita kali ini, kami pikir artikel semacam ini masih jarang untuk di temui, yaitu artikel yang membahas secara detail terkait apapun tentang pembahasan TWRP tersebut.

Hanya, saja pada artikel ini kami hanya menggambarkan secara Global saja, karena di beberapa seri Smartphone Android, mungkin cara pasang TWRP bisa jadi berbeda dan lebih spesifik, tetapi secara garis besarnya, begitulah cara memasangkan TWRP pada Smartphone Android yang kalian miliki, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot