RILIS ARTIKEL TERBARU

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Zaman sekarang ini, penggunaan Smartphone atau Ponsel Pintar bukan menjadi hal yang istimewa lagi, karena sebuah Smartphone sekarang ini bukan menjadi sebuah barang mewah lagi, bayangkan saja jika dulu harga sebuah Smartphone bisa sangat mahal dan terkesan hanya orang-orang elit saja yang dapat menggunakannya.

Sekarang ini sudah berbeda jauh, karena satu buah Smartphone sekarang ini bisa kalian beli dengan harga di bawah 1 jutaan saja, sehingga tidak salah jika kita menyebut zaman sekarang ini, sebagai zamannya Ponsel Pintar dengan beragam Perangkat Pintar lainnya, intinya serba Digital dan canggih.

Salah satu hal yang membuat Penetrasi cepatnya era Smartphone ini berkembang ialah variasi produk dari Smartphone Android itu sendiri, hal ini memang sudah tidak bisa di pungkiri lagi, karena variant harga dari Smartphone Android itu sangat beragam dan terkesan sangat variatif.

Tentu saja hukum ada harga ada kualitas masih tetap ada, meski sudah di era secanggih ini, karena semakin majunya zaman, maka kebutuhan akan Hardware yang canggih selalu saja berjalan mengirinya, maka disini bisa kita lihat perbedaan sebuah Smartphone Android murah dan mahal itu memang sangat terlihat perbedaannya.

Meski sama-sama menggunakan OS Android, faktanya tiap masing-masing Produk Smartphone Android tersebut berbeda-beda dan tidak sama, hal yang membuat pembedannya sudah jelas dari Spesifikasi yang di gunakan.

Meski demikian, masih ada faktor pembeda lain, seperti Terobosan Inovasi terbaru, Design Material yang di gunakan, hingga Fitur Hardware yang di gunakan.

Tetapi, pembahasan kita kali ini hanya akan berkutat pada seputaran Spesifikasi Hardware utama dari Smartphone Android saja, dan Spesifikasi yang kami maksud disini teramat penting dan biasanya di gunakan untuk menentukan Kelas dari Smartphone Android itu sendiri.

Hal yang kami maksud yaitu adalah Processor! karena semakin baik dan cepat Processor yang ada di Smartphone Android tentu saja, harga jualnya akan semakin mahal, mengingat semakin canggih Processor tersebut, maka akan semakin nyaman pula dalam penggunaan Smartphone Android tersebut.

Maka, hal itulah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini, yaitu terkait Processor Android, kami tidak akan berbicara secara teknis, terkait keunggulan dan perbedaan masing-masing Processor yang ada pada Smartphone Android.

Karena, kami hanya akan memperkenalkan jenis-jenis dan kategori dari Processor Mobile untuk Smartphone Android dan pada akhir artikel nanti, kami akan berikan Update Terbaru dari Ranking Tingkatan Processor Android saja, tentu saja sama disini kami juga akan memberikan sedikit wawasan untuk kalian, kenapa Processor di Android itu bisa begitu penting dan juga bisa begitu mahal harganya, silahkan simak Artikel ini sampai selesai.


Android Processor


Sebenarnya Processor itu dimana-mana sama saja, mau itu di OS Android, ataupun untuk Perangkat lain seperti Komputer, yaitu sama-sama bertindak sebagai sebuah Hardware Processing Unit, yang pastinya semua Kinerja yang terjadi di OS tersebut akan di Process dari yang namanya Processor tersebut.

Semakin canggih spesifikasi Processor, tentu saja waktu yang di perlukan untuk Processing Process akan sangat singkat dan cepat, imbasnya Performa dari Smartphone Android kalian akan semakin ngebut.

Meski demikian, Processor ini tidak selalu terkait untuk urusan performa, karena Processor di zaman sekarang ini sudah sangat canggih, dari satu buah Processor Unit, kalian bisa mendapatkan beragam fungsi lain, seperti Image Processing UnitAudio Processing dan tentu saja Modem.

Sehingga wajar semakin canggih sebuah Processor di Smartphone Android tersebut, maka harga jualnya akan semakin mahal dan hukum ini akan terus ada mungkin untuk selamannya.


Processor Android yang kian canggih


Menyambung dari bahasan diatas, seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Processor Smartphone Android itu bisa menjadi mahal, karena Spesifikasi canggih yang di usung, sehingga disini akan terlihat Kelas dari sebuah Smartphone Android.

Jika Processor yang di gunakan berada di segmen paling Top atau paling High Class, maka sudah jelas Smartphone Android tersebut bisa di golongkan sebagai sebuah Smartphone Android kelas atas dan begitu seterusnya.

Setiap tahunnya, Processor Mobile untuk Smartphone Android selalu mengalami Revolusi ke tingkat yang baru, jika sebelumnya Chipset Processor Android itu berkisar di angka 20nm bahkan lebih besar, kini sebuah Chipset dari Processor Android tersebut hanya memiliki besaran sebesar 8nm saja.

Tentu saja, ukuran ini akan terus mengecil setiap tahunnya, sehingga semakin kecil, maka akan semakin cepat dan tentu saja akan semakin banyak fitur baru yang di sertakan, karena teradapat cukup ruang untuk melakukan Implementasi teknologi terbaru.

Sehingga, jangan heran jika Teknologi yang ada pada Chipset Processor Android itu selalu saja berubah setiap tahunnya, karena pengembangan dari Processor Android tersebut memang terkesan Progressive.


Processor Smartphone Android Variatif


Jika, kita berbicara terkait jenis, sudah jelas Processor untuk Smartphone Android itu ada banyak jenisnya, sama seperti sebuah Smartphone Android, Processor Mobile untuk Smartphone Android juga menjadi ladang bisnis yang bagus untuk beberapa Produsen Chipset Processor.

Sehingga sekarang ini ada beberapa merek dari Processor Mobile untuk Smartphone Android dengan ciri khas dan kemampuan yang berbeda-beda tentunya.

Nyatanya, persaingan pada Kelas Produsen Processor Smartphone Android ini juga sama kerasnya seperti persaingan yang ada pada segmen pasar Smartphone Android, sekarang ini ada beberapa Brand Processor Android yang sudah tidak beroperasi lagi, karena kalah saing.

Dengan demikian, saat ini hanya ada beberapa Processor Smartphone Android saja yang bisa bertahan, hal menarik lainnya dari dunia Processor Android tersebut ialah adanya campur tangan dari pihak OEM Smartphone Android untuk meramaikan bisnis Processor Smartphone tersebut, untuk lebih detailnya silahkan lanjutkan bacaan ini ke Scene di bawah ini.


Klasifikasi jenis Processor Android


Menyambung dari pembahasan diatas, kini sudah kita ketahui bahwa sekarang ini, Processor di Smartphone Android itu ada banyak jenisnya, karena masin-masing dari Brand Processor tersebut, memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Tetapi, disini ada sebuah fakta menarik yang harus kalian ketahui, karena Processor di Smartphone Android itu ada Klasifikasi Jenisnya, yaitu ada yang di buat oleh Produsen Processor dan ada pula yang di buat oleh Produsen Smartphone Android, yang nantinya jenis Processor tersebut akan di gunakan secara Ekslusif pada jajaran Smartphone Android yang mereka jual kepasaran.

Maka, disini bisa kita Klasifikasikan Processor Mobile untuk Ponsel Pintar Android menjadi 2 bagian, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Mainstream (Umum)
  • Exclusive (Khusus)

Selanjutnya, disini juga bisa kita Klasifikasikan terkait jenis Eksitensi dari Processor Android tersebut, karena ada sebagian Processor Smartphone Android yang sudah berhenti untuk memproduksi dan membuat Processor Android tersebut dan ada juga yang masih aktif hingga sekarang, maka bisa kita kelompokan dengan Kategori sebagai berikut :

  • Exist (Masih berjaya)
  • Discontinued (Berhenti beroperasi)
  • Unpopular (Tidak Populer)

Dengan adanya Klasifikasi ini, maka kalian akan mudah untuk menentukan Jenis Processor Android mana saja yang masih aktif dan kalian juga akan tahu dengan mudah Processor Android yang kalian gunakan, apakah di buat oleh Produsen khusus Processor, atau bahkan di buat oleh OEM Smartphone Android.

Untuk lebih jelasnya, pada Scene di bawah ini, kami akan menjelaskan terkait dari Tingkatan Processor Android sesuai dengan Kategori dan Klasifikasinya, kami ingatkan artikel yang akan kita bahas kali ini mungkin agak sedikit panjang, karena memang akan padat informasi yang berguna untuk kalian.


Jenis-jenis Processor Android


Di bawah ini, akan kami perkenalkan dari masing-masing dari Processor Android sesuai dengan Kategori dan Klasifikasi yang sudah kami jelaskan diatas, sehingga akan ada 3 Kategori pada Scene lanjutan di bawah ini, baiklah kita akan mulai pembahasan utama dari artikel ini :


  • Mainstream (Umum)


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Kategori dan Klasifikasi ini di tujukan untuk Processor buatan Non-Vendor Smartphone Android dan juga Existensinya.


Qualcomm Snapdragon (Exist)


Kalian pasti tahu tentang jenis Processor Android ini, karena memang Qualcomm Snapdragon memang menjadi salah satu Processor untuk Smartphone Android Mainstream atau yang paling sering di gunakan.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Semua ini terjadi, karena Qualcomm Snapdragon memang memiliki keunggulan tersendiri dari jenis Processor Android lainnya, salah satunya adalah Teknologi yang bisa jadi selangkah lebih maju dari Produsen pesaing.

Sehingga, tidak mengherankan jika Qualcomm Snapdragon menjadi Brand Processor Smartphone Android terbaik, seperti yang banyak di gaungkan oleh Specialist IT di luar sana.

Statement tersebut sejalan dengan bukti yang ada, karena Processor Qualcomm Snapdragon ini sudah memulai Dominasinya dari beberapa tahun belakangan dan bahkan sudah terkenal di awal OS Android baru lahir dan beberapa kali pernah menjadi Pelopor teknologi Processing dan Fitur mutakhir terbaru.

Qualcomm Snapdragon juga sudah berevolusi menjadi Processor yang sangat cerdas sekarang ini, karena hadirnya fitur AIE (Artifial Intelligent Engine) untuk beberapa jenis Processor yang mereka buat.

Dalam kategorinya, Qualcomm Snapdragon juga memiliki kelasnya sendiri yang bisa di lihat dari serinya yang bisa kita terjemahkan sebagai berikut :

  • Qualcomm Snapdragon S Series >> (Jadul dan sudah tidak di produksi lagi)
  • Qualcomm Snapdragon 200 Series >> (Entry Level)
  • Qualcomm Snapdragon 400 Series >> ( Entry Level - Mid Level)
  • Qualcomm Snapdragon 600 Series >> (Mid Range Level)
  • Qualcomm Snapdragon 700 Series >> ( Mid Level - High Level)
  • Qualcomm Snapdragon 800 Series >> (Best & High Level)
  • Qualcomm Snapdragon SiP Series >> (Terobosan terbaru pengganti teknologi SoC)

Selanjutnya, pihak Qualcomm juga membuat sebuah Processor yang khusus untuk penggunakan Perangkat Pintar Non-Android Smartphone, seperti Smartwatch dan Wearable lainnya, untuk seri Processor bisa kalian Identifikasi dengan seri berikut :

  • Snapdragon Wear 1000 Series
  • Snapdragon Wear 2000 Series
  • Snapdragon Wear 3000 Series

Untuk jenis Processor Android Wearable ini kami tidak bisa Klasifikasikan sesuai kelasnya, karena pihak Qualcomm hanya membuat Satu buah kelas untuk seri Processor Android Wearble tersebut.


MediaTek (Exist)


Processor untuk Smartphone Android ini juga menjadi sebuah Processor Mainstream yang sudah lazim untuk kita lihat dan temukan sekarang ini, karena MediaTek itu sangat terkenal dengan harga jual Processor yang lebih murah dari Qualcomm Snapdragon, tetapi dengan Spesifikasi yang tidak beda jauh.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Maka, wajar jika sekarang ini banyak Produsen Smartphone mengadopsi jenis Processor ini dengan tujuan untuk menekan biaya produksi.

Namun, ada satu hal yang tidak boleh kalian salah pahami, yaitu bukan berarti Processor MediaTek ini jelek, karena Processor MediaTek di zaman sekarang itu sudah sangat bisa diandalkan untuk beragam aktifitas berat.

Berbeda dari jenis Qualcomm Snapdragon yang memang sering membuat sebuah Processor untuk Smartphone Android kelas atas, MediaTek itu berbeda, karena nampaknya mereka hanya fokus memproduksi jenis Processor untuk Segmen kelas Menengah dan Bawah saja.

Karena pangsa pasar mereka mungkin disitu, sehingga tidak pernah terlihat sebelumnya sebuah Smartphone mahal dan canggih menggunakan Chipset MediaTek sebagai Processor utamanya, karena pada dasarnya MediaTek tidak bermain di kelas itu.

Sama, seperti Qualcomm Snapdragon, MediaTek juga punya kelas sendiri untuk mengkategorikan jenis Processor yang mereka buat dan untuk mengidentifikasinya mudah saja, seperti sebagai berikut :

  • MediaTek Helio A Series >> (Mid Range Level)
  • MediaTek Helio P Series >> (Mid Range Level)
  • MediaTek Helio X Series >> (Mid Range Level)
  • MediaTek Helio G Series >> (Mid Range Level)
  • MediaTek MT Series >> (Entry Level - Mid Level)

Jenis Kategori pada Processor MediaTek ini memang agak berbeda dari Qualcomm Snapdragon yang konsisten terhadap kelas dari jenis seri Processor mereka, di MediaTek sendiri cukup membingungkan untuk membedakan jenis seri Processor mana yang lebih Premium.

Maka, mudahnya begini, jika Processor MediaTek itu memiliki seri Helio, maka jenis Processor ini bisa di katakan Premium, tetapi jika jenis Processor tersebut berseri MT tanpa adanya nama Helio, maka biasanya jenis Processor tersebut lebih di peruntukan untuk kelas Mainstream (Smartphone & Wearable), meski tidak menutup kemungkinan bahwa Processor MediaTek berseri MT bisa memiliki Performa yang lebih baik dari seri Helio.

Sehingga banyak argument yang mengatakan bahwa seri MT pada MediaTek itu merupakan sebuah Processor uji coba yang nantinya bentuk sempurnanya akan memiliki nama Helio.


  • Exclusive (Khusus)


Seperti yang telah kami singgung diatas, pada faktanya sekarang ini ada beberapa Produsen Smartphone yang juga ikut dalam bisnis Processor untuk Smartphone Android tersebut, dan biasanya Processor ini akan di rilis secara Exclusive untuk jajaran Smartphone yang mereka jual.

Untuk performanya sendiri di pastikan tidak akan kalah dengan Processor MediaTek hingga Qualcomm Snapdragon, sehingga beberapa Brand Smartphone Android itu terkesan lebih Exclusive dan Premium jika menggunakan In House Processor sendiri dari OEM.

Berikut adalah beberapa jensi Processor Smartphone Android yang secara Exclusive di buat oleh para OEM / Produsen Smartphone Android ternama.


Samsung Exynos (Exist)


Salah satu Produsen Smartphone terkenal yang juga ikut andil bagian dalam pengembangan Processor untuk Smartphone Android ialah Samsung dan mereka inilah pemilik dari Processor Android yang bernama Exynos.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Seperti yang sudah kami sebutkan, Processor Exynos ini memang di buat secara Exclusive untuk seri Smartphone Android Samsung Galaxy, sehingga pada jajaran Smartphone Kelas atas dan menengah keatas, biasanya pihak Samsung lebih banyak menggunakan In House Processor, di bandingkan menggunakan Processor milik kompetitor seperti Qualcomm Snapdragon dan juga MediaTek.

Exynos sendiri memiliki beberapa Kategori dan Kelas sesuai dengan Series-nya, hanya saja Series dari Exynos ini tidak menjamin hanya di peruntukan untuk Smartphon kelas atas Samsung saja, melainkan sekarang ini Smartphone Android kelas menengah dari Samsung pun ada yang menggunakan Processor Series tertinggi di Exynos tersebut.

Berikut adalah daftar List Series yang ada pada Processor Exynos dari Samsung :

  • Exynos 2 Series >> (Discontinued)
  • Exynos 3 Series >> (Discontinued)
  • Exynos 4 Series >> (Discontinued)
  • Exynos 5 Series >> (Discontinued)
  • Exynos 7 Series >> (Mid Range Level)
  • Exynos 8 Series >> (Mid Level - High Level)
  • Exynos 9 Series >> (High Range Level)

Dari daftar List diatas, dapat kalian lihat, bahwa sejatinya sekarang ini hanya ada 3 buah seri Samsung Exynos saja yang masih di produksi dan di kembangkan, yaitu adalah Exynos 78 dan 9 Series.

Selajutnya, ada fakta menarik dari Processor satu ini, karena ternyata ada OEM / Vendor Smartphone Android lain yang juga mengadopsi Processor buatan Samsung tersebut, yaitu adalah MotorolaMeizu dan Lenovo.

Tetapi, tetap saja sebenarnya Processor Exynos ini menjadi sebuah Processor Exclusive untuk jajaran Smartphone Androi dari Samsung, untuk Performanya sendiri tidak usah di tanya lagi, karena hampir sama kuat dan canggihnya seperti Processor dari Qualcomm Snapdragon.


Huawei HiSilicon (Exist)


Selanjutnya, Produsen Smartphone terbesar asal China ini yaitu Huawei juga tidak mau kalah dari Samsung, karena beberapa tahun belakangan ini, mereka selalu Konsisten untuk membuat dan mengembangkan In House Processor yang mereka buat.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Nama dari Processor Huawei tersebut adalah HiSilicon, tetapi masyarakat umum lebih familiar dengan menyebutnya Kirin Processor, karena memang lebih mudah di sebut dan di ingat.

Processor Kirin dari Huawei ini sudah menjelma menjadi sebuah Processor canggih sekarang ini, jika kita lihat maka Performanya tidak akan kalah dari Processor Exynos buatan Samsung, karena sama seperti Processor tingkat atas lainnya, Huawei Kirin juga sudah mengimplementasikan kemampuan AI (Artificial Inteligent) pada jenis Processor terbaru yang mereka buat.

Hanya saja sampai saat ini tidak terlihat adanya Produsen Smartphone lain yang menggunakan Processor Kirin tersebut.

Sehingga bisa kita simpulkan, bahwa Huawei HiSilicon Kirin Processor ini, untuk sekarang memang hanya akan Exclusive untuk jajaran Smartphone milik Huawei saja dan juga di peruntukan untuk Sub-Brand Smartphone dari Huawei yaitu Honor.

Berikut adalah List Processor dari HiSilicon Processor yang di ketahui :

  • Kirin 600 Series >> (Entry Level - Mid Level)
  • Kirin 700 Series >> (Mid Range Level)
  • Kirin 800 Series >> (Mid Level - High Level)
  • Kirin 900 Series >> (High End Level)

Selanjutnya, sekarang ini pihak Huawei juga sedang mengembangkan sebuah Processor yang khusus di peruntukan untuk Perangkat Android Wearable, seperti Smartwatch dan lainnya, dengan identitas Processor sebagai berikut :

  • Kirin A Series >> (Wearable)

Sebagai perbandingan saja, biasanya Kelas Huawei Kirin 900 Series itu umumnya dapat bersaing secara ketat dengan Processor Exynos 9 Series milik Samsung, jadi bisa kalian bayangkan sendiri, bahwa Processor dari HiSilicon Kirin ini bukanlah sebuah Processor Android kacangan.


Xiaomi Surge (Exist)


Satu lagi Produsen asal Negeri China yang juga ikut dalam pengembangan In House Processor yaitu adalah Xiaomi, vendor ini juga sudah kian kuat sekarang ini dan sangat terkenal dan piawai dalam membuat dan menjual Smartphone Best Value.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Disini mereka mungkin akan mencoba peruntungan mereka dengan membuat sebuah Processor milik sendiri yang bernama Surge, hanya saja Existensi dari Processor ini belumlah terlihat secara nyata, karena usianya yang masih baru dan masih perlu banyak dalam urusan pengembangan.

Smartphone debut pertama Xiaomi yang menggunakan Processor Surge ini adalah Xiaomi Mi 5C, hingga sekarang masih belum ada terlihat penerusnya, tetapi telah di konfimasi bahwa pengambangan dari jenis Processor ini masih terus di lakukan.

Sehingga sekarang ini bisa kita Identifikasi bahwa Processor Surge dari Xiaomi ini memiliki klasifikasi sebagai berikut :

  • Surge S Series >> (Mid Range Level)

Karena jenis Processor ini masih dalam tahap pengembangan, maka tidak akan menutup kemungkinan di dalam beberapa waktu kedepan, pihak Xiaomi akan merilis sebuah Processor baru dari lini Surge S tersebut yang bisa jadi nantinya di suntikan ke seri Sub-Brand Smartphone Xiaomi, yaitu adalah Redmi, kita tunggu saja hal menarik ini.


  • Unpopular (Tidak Begitu Populer)


Beralih ke Klasifikasi Processor terakhir yang menjadi pembahasan kita pada artikel ini, maka pada scene ini kami akan memberikan List terhadap jenis Processor yang tidak begitu gemilang dan tidak begitu di kenal oleh Publik.

Beberapa diantaranya sudah tidak mengembangkan Processor lagi atau bisa kita asumsikan Produsen Smartphone tersebut sudah berpindah haluan atau bangkrut, tetapi disini kami tidak bisa memberikan konfirmasi yang sebenarnya terkait hal tersebut.

Sehingga, disini kami hanya akan memberikan List saja, bahwa beberapa Processor di bawah ini pernah menjadi bagian sejarah dari perkembangan Smartphone Android hingga sekarang.


Intel


Siapasih yang tidak kenal dengan Processor buatan Intel? yap, benar sekali mereka memang sangat mendominasi dalam pasar Processor untuk Perangkat Komputer karena memang sudah berjaya sangat lama hingga sekarang.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Tetapi, sayangnya untuk urusan Mobile Processor, nampaknya Intel tidak begitu beruntung, karena Processor buatan mereka sekarang ini sudah jarang terlihat dan bahkan tidak terlihat sama sekali beberapa waktu belakangan.

Apa yang terjadi? apakah mereka berhenti untuk merambah ke dunia Processor Mobile? tidak ada informasi spesifik terkait hal ini.

Dulu pada era-nya, Processor Intel ini memang cukup kuat di pasaran, karena ada beberapa Brand / OEM Smartphone Android yang menggandeng Processor Intel ini untuk di jadikan Processor utama untuk produk Smartphone yang mereka buat.

Beberapa OEM yang kami maksud disini adalah Lenovo dan Asus, tetapi sekarang nampaknya Processor Intel ini sudah tidak di gunakan lagi, karena mungkin saja pengembangannya terhambat atau gara-gara persaingan bisnis Processor ini yang semakin mengerikan akhir-akhir ini.

Sama, seperti Processor Mobile kebanyakannya, pihak Intel juga memiliki seri nama tersendiri untuk mengidentifikasikan kelas Processor yang mereka, buat sehingga Processor Mobile dari Intel ini biasa di kenali dengan nama :

  • Intel Atom >> (Entry Level - Mid Level)

Tetapi, pada faktanya Intel Atom ini juga di sematkan di beberapa Produk Notebook kelas Entry-level dan beberapa kali terlihat pada Produk Tablet dengan OS Android ataupaun OS Microsoft untuk Mobile Smartphone.


Nvidia Tegra


Sama seperti Intel, Produsen Nvidia juga sudah sangat terkenal di ranah Perangkat Komputer, tetapi mereka terkenal sebagai sebuah Produsen pembuat GPU atau Graphic Card.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Namun, nampaknya mereka juga pernah mencoba peruntungan dengan merilis Processor Mobile untuk perangkat Ponsel Pintar yang pada beberapa waktu lalu Pernah Exist di pasaran dan sekarang ini nampaknya sudah kehilangan sinarnya.

Tidak begitu banyak informasi yang bisa di gali dari jenis Processor satu ini, yang pasti Processor buatan Nvidia ini pernah di pakai oleh Produsen Smartphone Top seperti, LGXiaomiSamsungAsus dan juga Acer.

Namun, sekarang ini sudah tidak terlihat lagi adanya Eksistensi dari Processor satu ini, tetapi satu hal yang pasti, bahwa Klasifikasi Processor Nvidia untuk Mobile bisa kita lihat dari seri berikut :

  • Nvidia Tegra 2 Series
  • Nvidia Tegra 3 Series
  • Nvidia Tegra 4 Series
  • Nvidia Tegra K Series
  • Nvidia Tegra X Series

Untuk jenis kelas Processornya juga sulit untuk di ketahui, tetapi jika melihat dari jenis Smartphone yang mengadopsinya, kira-kira Processor dari Nvidia ini lebih di buat untuk menyasar Segment Pasar kelas Menengah ke atas.


Spreadtrum


Kami yakin, kalian pasti tidak begitu familiar dengan jenis Processor ini, benar saja karena mereka hanya bermain di Level Processor kelas bawah saja dan jenis Processor ini sebenarnya banyak di adopsi oleh Smartphone produk Lokal, sehingga eksistensinya tidak begitu tercium dan terlihat.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Namun, beberapa OEM ternama, sebenarnya pernah menggunakan jasa dari Processor Spreadtrum tersebut, yaitu adalah Brand Samsung dan Lenovo yang mempercayakan Performa dari Smartphone buatan mereka untuk menyasar kelas Entry-level.

Memang tidak begitu banyak Informasi yang bisa kita gali lebih dalam dari jenis Processor satu ini, untuk melakukan Identifikasi, biasanya Processor Spreadtrum ini akan memiliki seri sebagai berikut :

  • Spreadtrum SC Series >> (Entry Level)

Ada, kabar yang menyebutkan bahwa pergerakan dari Produsen Processor ini kian semakin baik dan semakin besar penetrasinya pada tiap tahunnya, mungkin dalam beberapa waktu kedepan, kita bisa melihat lebih banyak Smartphone Android dari Brand ternama yang mengadospi Processor jenis ini.


Broadcom


Ini juga adalah sebuah Processor yang pada faktanya pernah Exist di zaman dulu, Processor jenis ini pernah di adopsi dan di gunakan oleh beberapa Vendor ternama, sebut saja seperti Samsung yang pernah mempercayakan Performa lini Smartphone Galaxy Ace mereka ke Processor Broadcom ini.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Sampai saat ini, hampir tidak pernah terlihat lagi bahwa Processor ini masih Exist dan berkembang di dunia Processor Mobile secara utuh, karena ada kabar yang beredar bahwa pihak Broadcom sudah melakukan Manuver baru dan tidak lagi bermain di bisnis Processor Mobile tersebut.

Untuk Indikasi Processor Broadcom Mobile ini, bisa kita Identifikasikan dengan seri sebagai berikut :

  • Broadcom BCM Series >> (Entry Level -  Mid Range)

Sekarang ini, vendor Broadcom memang lebih Progresive untuk mengembangkan Part dan Teknologi dari Processor, ketimbang membuat Processor sendiri, tetapi tidak menutup kemungkinan di masa depan pihak Broadcom, bisa saja kembali untuk meramaikan bisnis Processor untuk Perangkat Pintar lagi, siapa yang tahu?


NovaThor


Processor satu ini cukup berbeda dari OEM Processor yang sudah kami sebutkan diatas, karena Brand Processor ini tergolong baru dan tergolong cepat juga berhentinya.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Terkahir kali terlacak, Processor NovaThor ini terakhir memberikan perkembangan pada Processor mereka pada tahun 2013, hingga sekarang tidak terlihat lagi perkembangan terbaru dari jenis Processor ini.

Ada sebuah fakta menarik dari Brand Processor ini, yaitu terbentuk ketika Sony dan Ericsson berpisah!

Sony langsung melanjutkan Project Smartphone Android mereka dengan Brand sendiri dan Ericsson melakukan Manuver dengan berubah menjadi sebuah Produsen Processor yang dulunya pernah di gunakan di beberapa Smartphone Sony Xperia.

Selain itu Processor NovaThor ini juga pernah di gunakan oleh Brand Top lain, seperti SamsungHTC dan Motorola.

Untuk Serinya biasanya Processor NovaThor ini memiliki seri sebagai berikut :

  • NovaThor U Series
  • NovaThor A Series
  • NovaThor L Series

Terkait dengan jenis Klasifikasinya tidak bisa kita rinci secara pasti, tetapi jika melihat dari seri Smartphone yang mengadopsinya, maka bisa kita simpulkan bahwa Processor NovaThor ini pernah memiliki Segmen pasar yang berbeda seperti Entry-levelMid Range dan High End.


OMAP


Dulu Jenis Processor ini memang banyak di gunakan oleh beberapa Vendor ternama, karena jenis Processor ini dulunya memang bertenaga karena di kombinasikan dengan GPU PowerVR.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Sekarang nampaknya, pihak Ti-OMAP tidak lagi membuat Processor untuk Smartphone Android, karena terakhir terlacak mereka, melakukan pengembangan dan rilis ke Publik terakhir pada tahun 2013 lalu saja.

Untuk serinya sendiri, OMAP ini memiliki variant Processor Series sebagai berikut :

  • OMAP 3000 Series
  • OMAP 4000 Series
  • OMAP 5000 Series

Beberapa OEM Smartphone yang pernah menggunakan jenis Processor ini adalah Samsung, LG, Huawei, Fujitsu, Motorola dan Blackberry.

Untuk Kelasnya sendiri, pada zaman dulu Processor OMAP ini memang sering di gunakan untuk mentenagai Smartphone kelas atas, sebuah saja seperti Samsung Galaxy Nexus dan Samsung Galaxy S2.


Daftar Ranking Processor Android (UPDATED - 2019)


Setelah kalian mempelajari terkait Jenis dari seri-seri Processor Smartphone Android diatas, kini tiba waktunya untuk mengetahui, seri Processor manakah yang terbaik dan tercepat sekarang ini? apakah kalian salah satu penggunannya atau tidak.

Karena, jika Processor yang kalian gunakan termasuk ke dalam List di bawah ini, maka kalian patut berbangga, karena kalian menggunakan jenis Processor terbaik yang ada sekarang ini.

Daftar Processor Android, Tingkatan Processor Android, Daftar urut Processor Android, Ranking Processor Android Terbaik, List Peringkat Processor Android, Processor Android, Arti Processor Android, Pengertian Processor Android, Jenis Processor Android, Klasifikasi Processor Android, Peringkat Processor Android, Processor Android Terbaik, Processor Android Tercepat, Processor Android Termahal, Processor Android Tercanggih, Urutan Peringkat Processor Android, Merek Processor Android, Daftar Merek Processor Android, Brand Processor Android, Keunggulan Processor Android, Ragam Processor Android, Type of Processor Android

Disini, kami akan membuat 20 List Processor Smartphone Android Terbaik yang menjadi tolak ukur perhitungannya adalah hasil Analysis Benchmark, menggunakan fitur Geekbench, sehingga hasil akhirnya terkumpul Top 20 Android Processor terbaik dan tercepat di bawah ini :

  • #1 - Qualcomm Snpadragon 855 Plus
  • #2 - Qualcomm Snpadragon 855
  • #3 - Huawei HiSilicon Kirin 990
  • #4 - Samsung Exynos 9825
  • #5 - Samsung Exynos 9820
  • #6 - Huawei HiSilicon Kirin 980
  • #7 - Huawei HiSilicon Kirin 810
  • #8 - Qualcomm Snpadragon 845
  • #9 - Samsung Exynos 9810
  • #10 - Qualcomm Snpadragon 730G
  • #11 - Qualcomm Snpadragon 730
  • #12 - Huawei HiSilicon Kirin 970
  • #13 - MediaTek Helio G90T
  • #14 - MediaTek Helio G90
  • #15 - Huawei HiSilicon Kirin 960
  • #16 - Qualcomm Snpadragon 835
  • #17 - Qualcomm Snpadragon 712
  • #18 - Qualcomm Snpadragon 710
  • #19 - Qualcomm Snpadragon 675
  • #20 - Qualcomm Snpadragon 670

Urutan Ranking diatas, mungkin akan berbeda dari Urutan List peringkat Processor dari Sumber lain, karena bisa jadi untuk Analysis Benchmarknya menggunakan Metode atau Tool lain.

Perlu kalian ketahui, pada daftar urutan Processor Smartphone Android ini, kami hanya melakukan List dengan uji coba Kecepatan Saja dan tidak termasuk ke pada Ranking uji coba Camera Result dan AI.

Jika, kalian ingin melihat Daftar GPU (Graphics Processing Unit) Smartphone Android terbaik yang ada sekarang ini, kalian bisa melihatnya pada halaman di bawah ini :


Lalu, untuk urutannya sendiri, disini kami melakukan Sortir, sehingga yang kami List adalah Processor Khusus untuk Smartphone Android saja, untuk Smartphone dengan OS lain tidak kami sertakan.

Gambaran menyeluruh terkaitt Benchmark ini hanya terkait kepada Kecepatan Load (Performa) saja, List diatas akan terus di Update secara Periodik dan berkala, sehingga akan selalu Refresh setiap waktunya.

Nah, sudah cukup sampai disini saja dulu artikel kita kali ini, kami kira pembahasan diatas sudah cukup panjang dan sudah cukup lengkap, meski bukan merupakan artikel yang terbaik.

Namun, kami kira Informasi diatas sudah cukup untuk memberikan kalian wawasan dan pengetahuan baru, guna untuk kepentingan Identifikasi terhadap Product Processor Mobile di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Artikel ini akan terus di perbaharui secara Periodik, jika memang ada perubahan terhadap Seri Processor yang telah kami List diatas, atau bahkan ada Brand / OEM Processor baru yang lahir.

Sehingga, untuk bisa mendapatkan Informasi tersebut, kalian hanya perlu mengunjungi halaman ini saja lagi, karena untuk Updatenya akan kami buat secepat dan seakurat mungkin.

Sebenarnya tujuan kami membuat artikel ini sederhana saja, yaitu agar kalian bisa lebih memahami terkait Spesifikasi Processor Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini, terlebih lagi Informasi sejenis ini memang sangat di butuhkan untuk di jadikan sebuah tolak ukur, kenapa ada perbedaan yang kentara antara Smartphone Android mahal dan Smartphone Android murah.

Salah satunnya, yang seperti kami jelaskan sebelumnya, yaitu datang dari Faktor Spesifikasi, yang mana jika menggunakan sebuah Processor cepat dan canggih, maka harga jualnya sudah pasti akan jauh lebih mahal, karena memang menjadi barang yang Premium.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan kalian bisa tambah ilmu terkait masalah Hardware Processor Android tersebut, semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot