RILIS ARTIKEL TERBARU :

Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android

Bagi kalian yang memiliki minat tertentu dalam urusan Programming, Developing Software maupun hanya seorang Debugger, maka Smartphone Android adalah alat bermain yang sangat menarik dan cocok untuk kalian explorasi.

Benar saja, karena sejatinya OS Android itu adalah sebuah OS yang didistribusikan secara Open Source oleh Google selaku Developer utama dari OS Android tersebut.

Setiap tahunnya, Google selalu merilis versi OS Android terbaru dengan berbagai peningkatan yang sangat menarik dan terkesan sangat berguna serta bermanfaat untuk penggunannya.

Selain itu, Google tidak hanya merilis Source dari OS Android tersebut secara cuma-cuma, mereka juga membekali para pengguna yang berminat untuk ikut membantu tumbuh kembang OS Android tersebut, dengan beragam Tool, Driver, Tutorial hingga Software yang mutakhir.

Maka, tidak mengherankan jika sekarang ini OS Android menjadi OS Mobile yang paling Populer dan paling banyak digunakan dari pengguna Smartphone seluruh dunia.

Dengan adanya Sistem Open Source tersebut, maka efek positifnya adalah bahwa penggunaan dari OS Android tersebut tidak kaku, karena bisa di Customisasi sebebas mungkin, lalu dengan adanya hal tersebut juga membuahkan hasil yang sangat spektakuler terhadap pengembangan Aplikasi yang Support OS Android tersebut.

Hingga sekarang ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya Aplikasi untuk OS Android, baik yang bisa kalian dapatkan secara resmi dari Google Play Store atau bisa kalian dapatkan dari sumber lain.

Selanjutnya, dengan adanya mekanisme Open Source tersebut, para pengembang kecil-kecilan juga bisa ikut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas penggunaan dari Smartphone Android tertentu.

Yaitu dengan cara banyak membuat Mod keren, membuat Custom ROM, Custom Kernel hingga beberapa Aplikasi yang memang akan meningkatkan value kepuasan dalam menggunaan Smartphone Android tersebut.

Kami berkeyakinan, bagi mereka yang memang senang dengan System yang ada pada OS Android tersebut, mereka tidak akan kesulitan sama sekali dalam membangun, memonitoring hingga mengeksekusi System atau Aplikasi yang sedang mereka bangun.

Karena dari segi Developer Console tersebut, pihak Google telah memberikan semua hal tersebut dengan sangat baik, sehingga siapa yang memiliki minat dan kemampuan dalam urusan Programming tersebut, bisa dengan mudah melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

Tentu saja, membangun sebuah System atau Software itu tidaklah mudah, sering kali memang memunculkan hasil yang tidak diharapkan dan sering kali juga bisa menghasilkan sesuatu yang fatal.

Nah, untuk mengatasi hal ini dan mempercepat urusan Solving dari masalah yang tengah terjadi, maka kalian bisa langsung melihat dan melacak Log Library letak permasalahan tersebut secara Real Time, hal semacam ini biasanya disebut dengan Logcat Android.

Lalu, apa sih Logcat pada Smartphone Android tersebut?


Maksud Logcat Android


Dari penjelasan diatas, memang sudah kami singgung bahwa Logcat itu berfungsi sebagai sebuah Console Monitoring yang bisa digunakan untuk melihat semua aktifitas yang terjadi di Smartphone Android kalian secara Real Time.

Dengan adanya bantuan Logcat tersebut, maka kalian bisa dengan mudah mengidentifikasi suatu masalah dan melacak masalah yang ditimbulkan dari hal tertentu.

Hebatnya lagi, kalian bisa dengan mudah melacak permasalahan tersebut pada Logcat Android, karena Logcat tersebut dibuat dengan menggunakan Indikator tertentu untuk menandai sebuah aktifitas yang tengah berlangsung.


Logcat Android ditujukan untuk siapa?


Sudah jelas, fitur Logcat di Smartphone Android itu memang bukan diperuntukan kepada orang-orang awam, karena informasi yang tersaji dari Logcat tersebut semuanya memang bersifat dan berbentuk teknis.

Bagi orang awam, jelas saja mereka pasti akan kesulitan dalam memahami List yang muncul di dalam Logcat yang telah di eksekusi tersebut.

Sehingga, Logcat Android ini hanya akan cocok untuk mereka yang memang memahami permasalahan Programming, Debugging hingga Developing pada sebuah System atau Software tertentu.


Logcat digunakan untuk apa?


Secara umum dan garis besarnya memang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Logcat itu peruntukannya untuk melihat, memonitoring hingga mengeksekusi suatu permasalahan atau hal yang terjadi secara Real Time di OS Android yang sedang berjalan.

Namun, jika kita lebih perdalam lagi, maka penggunaan Logcat tersebut ada banyak sekali, yaitu bisa digunakan untuk beragam hal dibawah ini :


  1. Melihat Error pada suatu komponen System.
  2. Melihat aktifitas performa dari suatu Aplikasi Android yang sedang berjalan.
  3. Melihat beragam aktifitas yang terjadi di OS Android secara keseluruhan.
  4. Dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan Error / Fatal Error dengan lebih Efektif dan Efisien.
  5. Bisa digunakan untuk menguji coba sebuah Aplikasi Android / Custom ROM yang telah kalian bangun, apakah berjalan dengan semestinya atau tidak.
  6. Dapat diandalkan untuk menentukan arah pengembangan untuk jangka panjang.
  7. Dapat digunakan, meski Smartphone Android kalian tengah mengalami Bootloop.


Sebenarnya, masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya Logcat pada OS Android tersebut, hal yang kami sebutkan diatas adalah hal-hal yang biasa kami rasakan ketika tengah melakukan interaksi dengan fitur Logcat pada Smartphone Android yang kami miliki.

Dengan adanya Logcat tersebut, artinya setiap pengembangan Software ataupun System bisa diukur dengan tolak ukur yang efektif, sehingga perbaikan terhadap suatu masalah itu akan berakhir secara efektif dengan tidak membuang-buang waktu kalau hanya untul menerka-nerka suatu permasalahan yang tengah terjadi.


Cara kerja Logcat Android


Logcat di Android tentu memiliki sebuah mekanisme khusus yang memang telah dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk digunakan para penggunannya.

Secara umum, kalian sudah bisa mulai melakukan Logcat tersebut ketika Smartphone Android kalian sudah berada dalam kondisi Bootscreen, Boot Splash Screen atau Bootanimation.

Pada saat ini, Logcat sudah bisa menampilkan dan melakukan Record informasi secara Real Time, artinya ketika Smartphone Android kalian sudah masuk kedalam Interface System OS utama, maka Logcat baru bisa berjalan.

Sehingga, Logcat tersebut tidak akan bisa aktif dan digunakan ketika Smartphone Android kalian Power Off atau tidak sedang berada dalam Inferface System utama, seperti Mode Bootloader, Mode Fastboot atau gagalnya System ROM untuk di Load karena ada suatu permasalahan ditingkat yang lebih dalam.

Selanjutnya, secara default melakukan Logcat di Smartphone Android itu memang memerlukan sebuah Perangkat penghubung khusus dalam kasus ini adalah Perangkat Komputer yang lebih kami khususkan kepada penggunaan OS Windows untuk bisa membaca Record dari Logcat yang telah terkumpul tersebut.

Lalu, kalian juga memerlukan beberapa persyaratan khusus sebelum bisa menggunakan Fitur Logcat di Smartphone Android tersebut secara penuh.

Apa saja persyaratannya?


Persyaratan menggunakan Logcat Android


Sebelum kalian mulai menggunakan Logcat untuk melihat aktifitas secara Real Time di Smartphone Android kalian, maka kalian memerlukan beberapa persyaratan sebelum bisa menggunakannya, yaitu adalah sebagai berikut :


USB Debugging aktif


Ini adalah hal pertama yang harus kalian lakukan, yaitu adalah dengan cara mengaktifkan fitur USB Debugging di Smartphone Android kalian terlebih dahulu.

Karena disini kita menggunakan Perangkat Komputer sebagai Media penghubungnya, maka jelas saja kalian harus mengijinkan Perangkat pihak ke-3 tersebut untuk bisa mengeksekusi Logcat yang telah terjadi, sehingga hasilnya bisa kalian lihat dari layar Perangkat Komputer Windows tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur USB Debugging tersebut? jika kalian tidak tahu caranya, kalian bisa dengan mudah mengikuti Tutorial cara mengaktifkan USB Debugging di Smartphone Android melalui halaman yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Setelah fitur ini aktif, maka kalian tidak bisa langsung menggunakan Logcat tersebut, karena masih ada persyaratan lain yang harus kalian penuhi, silahkan lanjutkan bacaan ini untuk informasi lebih lengkapnya.


ADB Driver


Nah, inilah hal yang paling penting dari penggunaan Logcat di Smartphone Android dengan menggunakan media Perangkat Komputer OS Windows tersebut, ya! kalian memerlukan sebuah Driver khusus yang bernama ADB Driver.

Perlu kalian ketahui, bahwa ABD Driver ini adalah sebuah Driver yang memang dirancang khusus oleh Google untuk penggunaan tingkat Advanced yang melibatkan media Perangkat Komputer sebagai pengeksekusinya.

Selain itu ADB Driver ini juga merupakan bagian dari Android SDK yang memang diperuntukan untuk pengembangan Aplikasi dan System OS Android.

Jika, kalian tidak memiliki ADB Driver tersebut, silahkan gunakan salah satu ADB Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, kalian hanya perlu menggunakan salah satu dari beberapa koleksi ADB Driver yang telah kami sediakan tersebut.

Kalian juga tidak perlu khawatir, karena kami pastikan kalian pasti akan bisa menggunakan fitur Logcat tanpa permasalahan apapun ketika menggunakan satu dari beberapa ADB Driver yang sudah kami sertakan diatas.


Perlu Kabel USB


Karena disini kita menggunakan media Perangkat Komputer dan memerlukan fitur USB Debugging yang harus aktif, maka artinya sudah jelas disini kalian perlu menggunakan Kabel USB sebagai penghubung antara Smartphone Android kalian ke Media pihak ke-3 yaitu adalah Perangkat Komnputer Windows.

Pastikan kalian menggunakan Kabel USB yang masih berkondisi bagus, karena jika kalian ingin hasil yang Real Time, maka sudah jelas koneksi dari Smartphone Android kalian ke Perangkat Komputer tersebut tidak boleh terputus tiba-tiba atau putus nyambung.

Selain itu, pastikan juga Port USB pada Perangkat Komputer kalian masih bisa berkerja dengan baik, karena hal ini yang akan menentukan kesuksesan dalam melakukan Logcat Android tersebut.


Menggunakan Aplikasi Command Prompt Windows


Ini adalah hal yang harus kalian mengerti sebelumnya, karena disini yang akan kita lakukan adalah dengan cara menyisipkan perintah atau Command tertentu untuk membuat Record Log, maka jelas saja kita akan memerlukan Aplikasi CMD di OS Windows yang nantinya akan terhubung ke ADB Driver.

Pastikan, Aplikasi CMD di OS Windows kalian tidak bermasalah, jika tidak ada Aplikasi CMD tersebut, sebenarnya kalian pun juga bisa menggunakan Aplikasi sejenis PowerShell Windows, karena sejatinya CMD dan PowerShell itu sama-sama saja.

Jika, semua persyaratan sudah kalian penuhi dan bisa kalian mengerti, maka harusnya kalian sudah siap untuk bisa melakukan Logcat di Smartphone Android kalian sekarang juga, berikut adalah cara melakukan Logcat di Smartphone Android melalui CMD.


Cara Logcat Android (Windows)


Sampailah kita pada tahap inti dari pembahasan kita kali ini, yaitu kita akan melakukan Logcat pada Smartphone Android dengan menggunakan media dari Perangkat Komputer Windows.

Pastikan sebelum kalian mengikuti apa yang kami sampaikan dibawah ini, semua persyaratan yang sudah kami sediakan diatas, bisa kalian penuhi semuanya.

Selain itu, melakukan Logcat di Smartphone Android bisa menggunakan 2 buah perintah yang berbeda, lebih jelasnya kalian bisa langsung masuk pada tahap tutorial dibawah ini.

  1. Pastikan USB Debugging sudah aktif dan ADB Driver sudah terpasang di Komputer Windows yang kalian miliki.
  2. Hubungkan Smartphone Android dengan menggunakan Kabel USB.
  3. Kemudian, buka Aplikasi Command Prompt (CMD) yang sudah terarah pada ADB Driver.
  4. Lalu, masukan perintah ini :
adb logcat > [nama file].txt
  1. [nama file] bisa kalian isi secara bebas semau kalian.
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. Pada tahap ini, kalian sudah bisa melihat Record dari Logcat yang muncul pada Folder ADB Driver dengan nama file yang telah kalian tentukan sebelumnya.
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Setelahnya, silahkan buka file Log tersebut dengan menggunakan Aplikasi sejenis Notepad++ agar tampilannya lebih rapi, berikut adalah tampilan didalam Logcat yang telah diambil :
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Untuk berhenti menggunakan Logcat, kalian hanya perlu melakukan Close (Menutup) jendela CMD yang telah kalian buka.
  2. Done!

Selain perintah diatas, kalian juga bisa memasukan perintah Logcat lain yang menurut kami hasilnya akan lebih rapi dan mudah untuk dibaca, berukut adalah langkahnya :

  1. Buka aplikasi CMD.
  2. Kemudian masukan perintah ini :
adb logcat -v long > [nama file].txt
  1. [nama file] bisa kalian isi secara bebas semau kalian.
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android

  1. Setelahnya, tekan Enter.
  2. File Logcat tersebut juga akan muncul di Folder ADB Driver.
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Silahkan buka File tersebut menggunakan aplikasi sejenis Notepad++.
  2. Bisa kalian lihat sendiri, bahwa struktur line dari Command satu ini terlihat lebih rapi dan lebih mudah untuk dipahami.
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Untuk berhenti menggunakan Logcat, silahkan Close saja CMD yang telah dipergunakan.
  2. Done!

Sampai sini, kalian sudah berhasil dalam menggunakan Logcat Android tersebut, namun apakah kalian kesulitan dalam memahami isi Logcat tersebut?

Jika iya, maka kalian harus tahu dulu Indikator yang ada pada Line Logcat tersebut, agar bisa dengan mudah memahami permasalahan yang terjadi.


Indikator masalah di Logcat Android


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas sebelumnya, Logcat Android itu sudah dibuat sebaik mungkin oleh para pengembang OS Android yaitu adalah dari pihak Google.

Agar mudah digunakan, tentu saja mereka akan meletakan sebuah indikasi terhadap hasil Record yang sudah diterima, indikasi-indikasi tersebut adalah berupa Huruf Abjad.

Nah, pengertian dari Indikator tersebut bisa kalian pahami dengan mudah dengan cara menerjemahkan dari arti Huruf yang tampil tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :

  • V : Verbose
  • D : Debug 
  • I : Info
  • W : Warning 
  • E : Error 
  • F : Fatal 
  • S : Silent

Nah, jika kalian hanya memerlukan Logcat untuk Aplikasi khusus yang tengah kalian bangun, maka kalian bisa mempersempit hasil Logcat tersebut pada satu hasil Record khusus saja, kalian bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.


Cara Logcat Android terhadap satu permasalahan khusus


Dari apa yang sudah kalian lihat diatas, kenyataannya Tutorial Logcat yang kami sampaikan itu hanya bersifat Universal, artinya akan melakukan Record terhadap semua aktifitas yang terjadi di Smartphone Android yang kalian miliki.

Namun, kalian bisa saja mengkhususkan Logcat tersebut pada satu Value tertentu yaitu dengan cara langsung menginputkan Part yang bermasalah kedalam Command Line Logcat khusus.

Setelahnya, maka Logcat hanya akan menghasilkan Record dari Part yang sudah kalian inputkan, biasanya cara ini untuk melihat masalah dengan Indikasi Error (E) atau Fatal Error (F) agar lebih mudah untuk dipecahkan masalahnya.

Untuk melakukan Logcat khusus pada komponen tertentu tersebut, kalian bisa memasukan perintah ini :

adb logcat [nama komponen yang bermasalah]:E *:S -v long > [nama file].txt

  1. Sebagai contohnya seperti ini :
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Lalu, setelahnya kami masukan perintah tersebut ke CMD seperti ini :
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Maka, hasilnya akan menjadi seperti ini :
Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android
  1. Done!

Dengan melakukan hal ini, tentu saja akan lebih menghemat waktu kalian agar tidak terbuang sia-sia untuk melihat dan mencari permasalahan yang terjadi secara acak.

Tentu cara ini akan sangat efisien untuk bisa kalian lakukan, jika yang ingin kalian lihat hanya pada suatu komponen khusus saja, dalam artian tidak secara menyeluruh, biasanya cara ini digunakan pada pengembang Aplikasi Android, untuk melihat performa Aplikasi yang mereka bangung secara Real Time.

Nah, pembahasan Logcat dengan menggunakan media Perangkat Komputer Windows ini sudah selesai, namun apakah Logcat Android ini tidak bisa digunakan langsung dari Smartphone Android?

Jawabannya tentu saja bisa!


Cara Logcat langsung dari Smartphone Android


Sebenarnya, menggunakan Logcat ini tidak mutlak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan media Perangkat Komputer saja, melainkan kalian juga bisa langsung menggunakan Logcat di Smartphone Android kalian dengan aplikasi tertentu.

Seperti aplikasi CMD Android atau aplikasi Logcat khusus yang bisa kalian dapatkan secara langsung dari Google Play Store, seperti ini :

Logcat Android, Apa itu Logcat, Maksud Logcat, Cara Logcat Android, Cara Logcat Android dari Komputer, Cara membaca Logcat, Cara menjalankan Logcat, Indikator Logcat Android, ABD Logcat Android, Cara Logcat dari Smartphone Android

Namun, melakukan Logcat langsung dari Smartphone Android itu memang memiliki kekurangan yang besar, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Tidak bisa digunakan ketika Smartphone Android tidak bisa Booting sempurna.
  2. Sedikit sulit untuk melihat Log dan melakukan Explore Log, karena memang sistemnya yang Touchscreen.
  3. Ada kalanya, kalian akan kesulitan untuk menemukan File Record Log yang telah dibuat dari Logcat tersebut.
  4. Beberapa Aplikasi Logcat memerlukan akses ROOT.

Sebenarnya, kalian bebas saja, apakah mau menggunakan Logcat dengan bantuan Perangkat Komputer atau langsung dengan menggunakan Smartphone Android.

Kedua cara tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tetapi kalau kami sendiri, maka kami akan lebih menyarankan kalian menggunakan Logcat Android melalui Perangkat Komputer saja.

Karena memang akan lebih mudah digunakan dengan jangkau yang lebih luas tentunya, selain itu kalian juga akan mudah dalam melakukan navigasi untuk melihat Log yang muncul tersebut.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap kalian bisa memanfaatkan fitur Logcat ini sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.

Karena, jika kalian bisa memaksimalkan fitur Logcat tersebut, mungkin kalian akan lebih kreatif dalam membangun suatu System atau Aplikasi Android yang tengah menjadi Project yang sedang kalian kerjakan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, semoga hal yang kalian harapkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot