RILIS ARTIKEL TERBARU

Download Nokia USB Driver, Nokia Android USB Driver, Install Nokia USB Driver, Latest Nokia USB Driver, USB Driver Nokia Terbaru, Nokia USB Driver versi Terbaru, Android Nokia USB Driver Terbaru, Download USB Driver Nokia Android versi paling terbaru, Cara Install USB Driver Nokia, Install Nokia USB Driver, How to get Nokia USB Driver

Siapa yang tidak tahu dengan Brand Smartphone Nokia? kami pikir hampir semua orang baik itu muda dan tua memang sudah seharusnya tahu dengan nama Brand satu ini, karena seperti yang kalian ketahui Brand Nokia ini sudah ada sejak zaman dulu, ketika saat Smartphone Android belum ada.

Faktanya, mereka lah rajanya dulu era Ponsel zaman dulu dengan basis OS Symbian yang memang sudah melegenda, lalu bagaimana dengan sekarang ini?

Ya! mereka tidak lagi menggunakan OS Symbian dan juga tidak lagi menggunakan OS Microsoft Mobile, karena sekarang ini Nokia sudah menjelma seperti Smartphone kebanyakan yang ada dizaman sekarang ini, yaitu sudah menggunakan OS Android sebagai OS utama mereka.

Smartphone Android Nokia memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena mereka sudah mempunyai nama besar yang sudah dibangun sejak lama, sehingga untuk urusan Kualitas Produk dan Inovasi yang digunakan, kalian tidak perlu meragukannya lagi.

Pasalnya, seperti yang kalian bisa lihat sekarang ini, Smartphone Android dari Nokia memang bisa bersaing secara Kompetitif dengan Produk Smartphone pesaing, jika kalian lihat ada beragam Inovasi menarik memang yang hadir dari setiap seri Smartphone Android dari Nokia tersebut.

Untuk harga jualnya sendiri, Smartphone Android Nokia itu rata-rata dibandrol dengan harga yang bersaing, tidak Overpriced, maka jangan heran jika pengguna dari Smartphone Android Nokia menjadi kian banyak dari waktu kewaktu.

Bagi, kalian yang memang suka dengan Ponsel Nokia dizaman dulu, karena mampu membawa sejumlah Inovasi besar, seperti teknologi Xenon Flash dan Carl Zeiss Lens, maka kalian masih tetap akan bisa mendapati hal tersebut pada Smartphone Android Nokia dizaman modern sekarang ini.

Meski demikian, karena Smartphone Nokia sekarang ini hampir semuanya menggunakan OS Android, maka sudah jelas, segala sesuatu terkait OS tersebut, akan sama saja seperti Smartphone Android kebanyakan.

Seperti kemampuan Deafult OS Android terkait masalah ADB dan Fastboot, Smartphone Android dari Nokia juga memiliki kemampuan serupa, hanya saja kalian baru bisa menggunakan ke-2 buah fitur diatas, jika kalian sudah menginstallkan USB Driver Android ke OS Windows yang kalian gunakan.

Maka, dengan demikian disinilah titik berat pembahasan kita kali ini, karena disini kami akan membantu kalian untuk menemukan Software USB Driver yang bisa digunakan oleh semua Smartphone Android Nokia tersebut.

Kenapa, kita membutuhkan USB Driver tersebut?


Fungsi USB Driver Nokia Android


Jika, kita berbicara terkait fungsi, maka sudah jelas USB Driver untuk Smartphone Android Nokia ini memang sangat penting fungsinya, karena tanpa adanya USB Driver ini, maka Smartphone Android Nokia kalian tidak akan bisa dihubungkan ke Perangkat Komputer (Dalam kasus ini adalah OS Windows).

Sehingga, USB Driver ini akan bertindak sebagai sebuah Media Pengenal dari Koneksi yang telah kalian buat melalui Kabel USB, sehingga kalian bisa menggunakan beragam fitur lanjutan, seperti :


  • Mass Storage (MTP)
  • FTP
  • Mode Debugging
  • ADB & Fastboot


Dilihat dari fungsi-fungsi diatas, tentu saja USB Driver untuk Smartphone Android Nokia tersebut akan sangat besar manfaat dan kegunaannya, karena dengan adanya USB Driver yang sudah terinstall di OS Windows yang kalian gunakan.

Maka, kalian bisa dengan mudah melakukan beragam tindakan yang memang memerlukan sebuah Media Perangkat Komputer, seperti :


  • Maintenance
  • Repairing
  • Fixing
  • Upgrading
  • Flashing


Semua hal diatas, tentu saja akan bisa kalian lakukan secara Remotely dengan menggunakan Media Perangkat Komputer.

Jika, kalian bisa memanfaatkan fungsi USB Driver tersebut sebaik mungkin, maka ketika Smartphone Android Nokia kalian bermasalah, kalian bisa memperbaikinya secara Individual, yang artinya kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikian, seperti membawa Smartphone Android Nokia kalian ketempat reparasi.

Itulah, kenapa sekali lagi kami ingatkan bahwa USB Driver pada Smartphone Android Nokia itu memang teramat penting fungsinya, sehingga jika kalian pengguna Smartphone Android Nokia tersebut, kalian harus memasangkan USB Driver tersebut ke OS Windows yang kalian miliki, meski Smartphone Android Nokia kalian tidak sedang mengalami masalah apapun.


Nokia Android USB Driver


Pada faktanya sebenarnya pihak Produsen Smartphone Nokia itu memang tidak membuat dan tidak mendistribusikan USB Driver khusus untuk Smartphone Android Nokia yang mereka jual, sehingga pada kasus ini USB Driver yang akan kita manfaatkan adalah Android USB Driver Universal.

Seperti yang kalian ketahui, Google selaku Developer dari OS Android tersebut, memang sudah membuat sebuah Part / Komponen untuk USB Driver yang memang akan khusus untuk OS Android, agar bisa terbaca di OS Windows.

Sehingga, inilah yang akan kita manfaatkan, karena dizaman sekarang ini Smartphone Android Nokia menggunakan OS Android, maka sudah jelas Android USB Driver Universal tersebut, bisa kalian manfaatkan, meski tidak menggunakan USB Driver khusus buatan Nokia, karena memang tidak mereka sediakan.

Kenapa pihak Nokia tidak membuatkan USB Driver khusus tersebut, seperti Samsung atau Lenovo contohnya?

Karena, memang tidak ada kebutuhan penting terkait pembuatan Dedicated USB Driver tersebut, seperti yang kalian ketahui, pihak Nokia tidak membuat satupun Software yang memang dikhususkan untuk pengguna Smartphone Android Nokia.

Sehingga, kebutuhan akan USB Driver khusus tersebut, belum diperlukan sekarang ini, karena umumnya untuk menjalankan semua fungsi yang sudah kami jelaskan diatas itu, memang sudah cukup hanya menggunakan Android USB Driver Universal saja.

Maka dengan demikian, jika kalian ingin mencari USB Driver khusus untuk Smartphone Android Nokia, maka kalian tidak akan pernah bisa menemukannya dimanapun, karena secara resmi pihak Nokia memang tidak membuat dan tidak mendistribusikan USB Driver tersebut.

Jika, memang kalian perlu USB Driver, maka Android USB Driver Universal itu adalah pilihan satu-satunya, selian itu semua Smartphone Android sebenarnya memang sudah Support dengan Android USB Driver Universal tersebut, karena memang berasal dari bagian dari Android SDK yang memang khusus diperuntukan untuk OS Android secara keseluruhan.


Android USB Driver Universal


Seperti yang sudah kami singgung diatas, memang hanya inilah USB Driver yang bisa digunakan oleh Smartphone Android Nokia tersebut, karena memang tidak ada USB Driver khusus buatan dari Nokia tersebut.

Hanya saja, Android USB Driver ini memiliki sebuah kekurangan, yaitu kalian hanya bisa menginstallnya secara Manual saja, karena memang tidak ada Installer didalam paketan USB Driver tersebut.

Bagi orang awam, mungkin melakukan Installasi Android USB Driver tersebut ke OS Windows secara manual, mungkin akan sedikit membingungkan, tetapi cara ini memang harus kalian lakukan, karena memang hanya inilah yang bisa kalian terapkan.

Sebenarnya, kalian tidak perlu khwatir terkait Cara Install USB Driver untuk Smartphone Android Nokia dengan menggunakan Android USB Driver Universal tersebut, karena sebenarnya sudah kami buatkan cara Installnya sedetail dan semudah mungkin.

Sehingga, meski kalian orang awam sekalipun, kalian masih tetap bisa mengikuti Cara Install USB Driver untuk Smartphone Android Nokia tersebut.

Jika, kalian ingin menginstallkan Nokia Android USB Driver dengan basis Android USB Driver Terbaru, silahkan Download dan ikuti cara Install Manualnya, dihalaman yang sudah kami buatkan dibawah ini :


Jika sudah kalian Install di OS Windows kalian, apakah hal ini sudah cukup?

Mungkin tidak sedikit dari kalian yang berpikiran serupa, jika tujuan kalian hanya ingin menggunakan fitur MTP (Mass Storage) saja, maka USB Driver yang sudah kalian Installkan diatas itu sudah lebih dari cukup.

Tetapi, jika kalian ingin melakukan tindakan yang lebih Advanced seperti melakukan Flash (Install Ulang OS Android), maka tentu saja kalian memerlukan sebuah USB Driver khusus lagi, yang memang harus kalian sesuaikan dengan jenis Processor yang digunakan pada Smartphone Android Nokia tersebut.


USB Driver Android Nokia sesuai dengan jenis Chipset Processor


Seperti yang kalian ketahui, dizaman sekarang ini memang ada banyak jenis Processor yang digunakan pada Smartphone Android, setiap Processor memang memiliki kemampuan dan fiturnya masing-masing.

Smartphone Android Nokia pun juga demikian, yaitu hadir dan dijual dengan jenis Merek Processor yang berbeda-beda, sehingga untuk penanganan, kasus seperti Flash itu sudah pasti tidak sama antar Smartphone Android Nokia dengan Brand Chipset Processor yang berbeda.

Karena, sejatinya setiap Smartphone Android Nokia dengan Brand Processor yang berbeda tersebut, akan memerlukan sebuah Tool dan Driver yang berbeda pula.

Sekarang ini, diketahui ada 3 buah jenis Processor yang sering digunakan oleh Smartphone Android dari Nokia, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Qualcomm Snapdragon
  • MediaTek
  • Intel


Maka, dengan berbedanya jenis Processor tersebut, sudah pasti akan ada perbedaan didalam Resource yang akan digunakan untuk melakukan tindakan seperti Flashing contohnya.

Sehingga, disini kami akan membantu kalian untuk mencari resource yang cocok untuk Smartphone Android Nokia yang kalian gunakan sekarang ini, jika memang kalian memerlukan sebuah tindakan Flashing.


Tool + USB Driver Nokia (Qualcomm Snapdragon)


Jika, kalian menggunakan Smartphone Android Nokia dengan jenis Processor Qualcomm Snapdragon, maka kalian bisa dengan mudah melakukan tindakan Flash (Install ulang OS) tersebut dengan menggunakan 2 Tool dibawah ini :


  • QFIL
  • QPST


Kedua Tool Flasher diatas, memang dibuat khusus untuk semua Perangkat Smartphone Android dengan Chipset Qualcomm Snapdragon, tidak terkecuali dengan Smartphone Android dari Nokia juga.

Sehingga, jika kalian ingin melakukan tindakan Flashing tersebut, silahkan Download dulu satu dari 2 buah Tool Flasher yang sudah kami sebutkan diatas, melalui halaman dibawah ini :


Setelah kalian mendownload Tool Flasher tersebut, selanjutnya kalian juga harus menginstallkan USB Driver khusus untuk jenis Processor Qualcomm Snapdragon, agar aTool Flasher tersebut bisa membaca koneksi yang telah kalian buat dengan menggunakan Kabel USB tersebut.

USB Driver yang kami maksud disini adalah Qualcomm Snapdragon HS-USB QDLoader 9008, sejatinya, kalian harus menginstallkan USB Driver Qualcomm tersebut setelah kalian menginstallkan Android USB Driver Universal seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Jika, kalian sudah mengerti, silahkan Download dulu Qualcomm USB Driver versi terbaru, melalui halaman dibawah ini :


Setelah, semua hal diatas sudah kalian penuhi, maka saat ini kalian sudah bisa melakukan tindakan Flashing, hanya saja ada satu hal yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan tindakan Flash untuk Smartphone Android Nokia bermesin Qualcomm Snapdragon tersebut.

Yaitu, kalian harus mencari sebuah Firmware yang spesifik yang bisa dijalankan dengan kedua aplikasi diatas, setelahnya kalian baru bisa melakukan tindakan Flash tersebut.


Tool + USB Driver Nokia (MediaTek)


Selanjutnya, jika kalian menggunakan Smartphone Android Nokia bermesin MediaTek, maka sudah pasti Resource Tool dan USB Driver yang digunakan, sudah pasti akan berbeda dari resource yang digunakan pada Smartphone Android Nokia dengan Chipset Qualcomm Snapdragon.

Jika, kalian menggunakan Smartphone Android Nokia bermesin MediaTek dan ingin melakukan tindakan Flashing tersebut, maka kalian bisa memanfaatkan aplikasi SP Flash Tool.

Sejatinya, aplikasi SP Flash Tool itu memang dibuat secara khusus untuk para pengguna Smartphone Android bermesin MediaTek, tanpa terkecuali.

Sehingga, aplikasi SP Flash Tool ini memang menjadi sebuah Tool Flasher paling Powerful untuk semua Smartphone Android MediaTek, jika kalian belum memiliki aplikasi SP Flash Tool tersebut, silahkan Download versi terbarunya, melalui halaman dibawah ini :


Nah, saat ini kalian tentu belum bisa menggunakan aplikasi SP Flash Tool tersebut untuk keperluan Flashing, karena disini kalian masih memerlukan sebuah USB Driver pendukung untuk aplikasi SP Flash Tool tersebut agar bisa berkerja dengan baik.

Yaitu adalah VCOM USB Driver, silahkan Install VCOM USB Driver dibawah ini, setelah kalian seleasi menginstallkan Android USB Driver Universal diatas.


Seandainya, setelah kalian memasangkan VCOM USB Driver diatas, tetapi aplikasi SP Flash Tool yang kalian gunakan masih tidak bisa membaca (Detect) koneksi yang telah kalian buat melalui Sambungan Kabel USB.

Maka, kalian harus menginstall lagi USB Driver dibawah ini, lakukan Installasi ini, ketika VCOM USB Driver diatas tidak berkerja :


Jika, kalian sudah menerapkan semua hal diatas, seharusnya sekarang kalian sudah bisa melalukan tindakan Flashing tersebut, asalkan Firmware yang diperlukan untuk proses Flashing sudah tersedia.


Tool + USB Driver Nokia (Intel)


Nah, pada Smartphone Android Nokia dengan mesin Intel ini, kalian tidak akan bisa mendapati Support lengkap seperti Smartphone Android Nokia bermesin MediaTek ataupun Qualcomm Snapdragon.

Karena, disini kalian tidak akan bisa menemukan Tool Flasher khusus untuk Nokia dengan Chipset Intel, sehingga kalian hanya bisa melakukan tindakan Flashing tersebut dengan cara yang manual saja, yaitu menggunakan Fastboot Driver saja.

Sebelum kalian melakukan Flashing tersebut, silahkan Install USB Driver khusus untuk Chipset Intel Android tersebut pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang ini, Install USB Driver tersebut setelah kalian sudah selesai memasangkan Android USB Driver Universal diatas.


Setelahnya, kalian harus mencari sebuah Firmware dari Smartphone Android Nokia Intel yang kalian gunakan sekarang, untuk bisa melakukan tindakan Flashing secara manual dengan metode Fastboot Driver.


ABD & Fastboot Driver


Nah, menyambung dari pembahasan diatas, kalian sebenarnya juga masih membutuhkan sebuah Driver lain agar bisa melakukan tindakan Advanced seperti Flashing, misalnya melakukan Flash di Smartphone Android Nokia dengan jenis Chipset Intel yang memang diketahui tidak memiliki sebuah Tool Flasher khusus.

Maka, disinilah Fastboot Driver tersebut akan bisa sangat membantu kalian, tetapi pada pembahasan kali ini kami juga akan menyertakan komponen ABD tersebut, karena ADB dan Fastboot Driver itu memang menjadi sebuah Part yang tidak bisa terpisahkan.

Selain untuk tujuan Flash / Upgrade ROM atau Firmware, ABD & Fastboot Driver tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan lain seperti :


  1. Debugging Aplikasi / ROM
  2. Pembuatan Aplikasi Android
  3. Pemasangan Custom ROM / Kernel / Recovery
  4. Bisa dimanfaatkan untuk melakukan Update ROM / Install ROM
  5. Bisa digunakan untuk tujuan Flashing Firmware secara utuh
  6. Bisa digunakan untuk mengakses System utama OS Android secara Remotely hanya dengan CMD saja.


Sebenarnya, cikal bakal dari semua Tool seperti Flasher, Development dan lain sebagainya itu memang berbasis pada 2 buah Part diatas, yaitu adalah ADB dan Fastboot Driver.

Hanya saja, ADB dan Fastboot Driver tersebut hanya bisa dijalankan secara Manual saja dengan bantuan CMD (Command Prompt) di OS Windows yang kalian gunakan sekarang ini.

Jika, kalian berminat menggunakan ADB & Fastboot Driver tersebut, silah Download satu dari beberapa koleksi kami dibawah ini :


Setelahnya, langsung saja kalian kalian Install dan langsung bisa digunakan, tetapi perlu kalian ingat! ADB dan Fastboot Driver yang kami bagikan diatas itu tidak akan bisa berkerja, jika di OS Windows kalian belum terpasang Android USB Driver Universal tersebut.

Sehingga, jika kalian pengguna Smartphone Android Nokia dan ingin menggunakan fungsi ADB dan Fastboot Driver diatas, pastikan OS Windows yang kalian gunakan, sudah bisa membaca koneksi yang telah kalian buat dari Kabel USB.

Jika, tidak bisa terbaca, maka silahkan Install Android USB Driver Universal yang sudah kami jelaskan diatas.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, kami harapkan kalian bisa memahami semua hal yang telah kami jelaskan diatas.

Karena pada intinya, disini kami tidak hanya membagikan sebuah USB Driver basis saja yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna Smartphone Android dari Nokia, tetapi lebih jauh dari itu, disini kami juga menyertakan Resource yang sangat berguna untuk kalian dan bisa kalian sesauikan sendiri dengan jenis Processor yang digunakan pada Smartphone Android Nokia yang kalian gunakan tersebut.

Kami, menyadari bahwa artikel yang kami tulis diatas, memang belum lengkap sepenuhnya, tetapi kalau untuk penggunaan dasar untuk tindakan yang juga umum, maka Resource dari artikel ini sudah bisa kalian andalkan.

Akhir kata, semoga artikel yang kami buat ini bisa berguna untuk kalian, apa yang kalian butuhkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot