RILIS ARTIKEL TERBARU :

Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android

Berbicara terkait OS Android memang tidak ada pernah habisnya, karena OS Mobile untuk Ponsel Pintar (Smartphone) ini selalu saja membuat penggunannya tidak pernah bosan, karena kalian sebagai User Smartphone Android bisa dengan mudah dan cepat melakukan hal keren yang tidak akan bisa kalian lakukan dengan OS Mobile lainnya.

Hal ini tidak lepas dari kemampuan OS Android sendiri yang memang mengadopsi mekanisme Open Source, yang artinya semua pengguna OS Android bisa saja menjadi pengembang untuk membuat atau menciptakan sesuatu.

Misalkan saja seperti Custom ROM, Mod, Tweak, Themes dan lain sebagainya, hal ini memang sudah berlangsung lama, yaitu kira-kira saat awal OS Android mendunia, budaya Modding ini memang sudah tumbuh besar di dalam Komunitas OS Android.

Sekarang ini sama saja, terlebih sekarang ini Komunitas dari OS Android kian membesar, karena memang sekarang ini ada banyak sekali Brand baru yang mengeluarkan seri Smartphone Android yang di jual ke pasaran.

Jadi, jangan heran ketika sekarang ini mayoritas masyarakat dunia banyak yang menggunakan Smartphone berbasis OS Android, karena memang ada banyak ragam dan pilihannya, dan beberapa diantaranya memang akan sangat ramah di kantong.

Terkait kepada masalah Open Source yang ada di OS Android, mekanisme inilah yang kami pikir bisa membuat OS Android bisa sebesar sekarang, terlebih lagi tidak bisa kita pungkiri bahwa di balik OS Android ini adalah Google yang seperti kalian tahu mereka ada Perusahaan Internet Terbesar di dunia.

Sehingga tidak mengherankan, jika setiap tahunnya versi Android di perbaharui dengan banyak sekali fitur dan kemampuan yang canggih dan mutakhir.

Hal lain yang tidak kalah serunya dalam menggunakan Smartphone Android adalah, ketika kalian bosan dengan tampilan dan fitur yang monoton pada Smartphone Android yang kalian miliki.

Maka, kalian akan merasa segar lagi jika menggunakan Custom ROM yang pada faktanya akan sangat berbeda jauh dari Stock ROM yang kalian gunakan sekarang, untuk detail terkait Custom ROM ini sudah kami kupas lengkap pada halaman di bawah ini :


Sehingga, kali ini kita akan membahas sebuah pembahasan yang cukup mirip dengan Custom ROM, yaitu adalah Custom Kernel, lalu apakah gerangan Custom Kernel tersebut?


Kernel Android


Mungkin kalian para pengguna Smartphone Android baru akan kebingungan dengan istilah Kernel tersebut, karena memang pada dasarnya Kernel ini hanya bisa di pahami oleh segelintir orang saja, itu semua karena Kernel ini sudah menjadi pembahasan yang teknis dan tidak umum.

Lalu, apa sih Kernel di Android tersebut?

Kernel adalah sebuah Part paling penting (Core) pada suatu OS, di OS Android Kernel ini menjadi Part yang paling penting yang di dalamnya terdapat berbagai macam kemampuan utama dari OS Android tersebut yang nantinya akan di Sinkron dengan kemampuan Hardware dan Software Terkait.

Kernel menjadi teramat penting posisinya di dalam kesatuan Firmware OS Android tersebut, karena bertindak sebagai Role Utama untuk mengatur konfigurasi menyeluruh terkait performa yang ada pada OS Android tersebut.

Sejatinya, Kernel sendiri terpisah dari System Image, sehingga mudah saja untuk kalian dalam mengidentifikasi dari Kernel Android tersebut yang biasanya di dalam Paketan Firmware akan memiliki nama File Boot.img.

Kernel di Android juga bisa menjadi pusat Informasi dari OS dan Hardware yang di gunakan oleh Smartphone Android tersebut, tanpa adanya Kernel, maka mustahil OS Android bisa berjalan.

Kernel di Android, mirip dengan Kernel di OS Linux? wajar saja, karena OS Android itu memang berjalan dengan Basis Linux, sehingga apa yang disebut dengan Kernel Android itu memang merupakan hasil Implementasi dari Linux Kernel.

Sehingga muncul lagi sebuah pertanyaan, lalu Custom Kernel itu apa?


Custom Kernel Android


Custom Kernel adalah sebuah Kernel Android yang telah di Modifikasi dengan mengganti Value Standard menjadi Custom, lalu juga ada penambahan lain yang di sertakan serti peningkatan Kualitas Foto, Video, Audio, Modem, Performa dan lain penting lainnya.

Umumnya Custom Kernel ini di buat dari Original Source Kernel Branch yang di rilis oleh masing-masing OEM Smartphone Android bersangkutan.

Meski demikian, tidak semua OEM merilis Kernel Source tersebut ke publik, sehingga jika ada Source Kernel dari OEM, maka harusnya Custom Kernel juga pasti akan tersedia untuk seri Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Custom Kernel ini tercipta dari tangan-tangan terampil para Third Party Developer di dalam Komunitas OS Android, ada yang berasal dari tangan Profesional atau Grup tertentu dan ada juga yang berasal dari tangan Amatiran atau bisa kita sebut Developer Pemula.

Sehingga, kalian pun harus Selektif dalam memilih dan menggunakan Custom Kernel tersebut, karena pada kenyataannya Kernel ini lebih sifatnya sangat dengan Hardware dan bahkan jauh lebih dekat dari pada ROM.

Maka, jika Custom Kernel dibuat dengan tidak adanya Quality Control, di pastikan Custom Kernel itu bisa jadi akan membahayakan untuk di pasang di Smartphone Android yang kalian miliki.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari Keuntungan dan Kerugian di dalam menggunakan Custom Kernel Android pada Scene di bawah ini.


Untung & Rugi menggunakan Custom Kernel Android


Memang tidak bisa di pungkiri, para pengguna Smartphone Android memang lebih selektif jika ingin melakukan Mod pada Smartphone Android yang mereka gunakan, jadi meraka akan mengambil keputusan dari Untung dan Rugi, jika memang menguntungkan, maka akan meraka gunakan, jika Merugikan maka akan sebaliknya.

Lalu, apa saja sih keuntungan jika menggunakan Custom Kernel tersebut?

  1. Agar bisa menjalankan Versi OS Android terbaru, meski demikian hal ini akan sangat berkaitan dengan Custom ROM.
  1. Peningkatan Performa, kebanyakan Custom Kernel itu di rilis dengan melakukan Overclock pada Processor ke tingkat yang aman, maka sudah jelas kalian akan merasakan peningkatan performa yang cukup besar, seperti contohnya ketika kalian sedang bermain sebuah games.
  1. Management RAM lebih baik, kebanyakan Custom Kernel saat ini di buat dengan optimasi RAM dengan se-efisien dan se-efektif mungkin, sehingga konsumsi RAM tidak akan menjadi terlalu banyak seperti pada Stock Kernel (Kernel bawaan OS).
  1. Flexible, Custom Kernel itu bisa di manfaatkan untuk membuka hal yang lebih Advanced dari sekedar ROOT saja, seperti kalian bisa melakukan Overclock secara Individu dan kalian juga bisa mengganti Boot Splash dengan Style kalian sendiri, atau kalian ingin mengubah beberapa Informasi yang ada pada Smartphone Android kalian, maka semua itu bisa di lakukan dengan Custom Kernel.
  1. Peningkatan di berbagai sektor, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Custom Kernel itu di buat dengan beragam peningkatan dan penambahan kualitas dari berbagai aspek yang nantinya akan menguntungkan kalian.
  1. ROOT & Custom Recovery Integration, biasanya Custom Kernel itu di buat dengan di sertakan Kemampuan ROOT dan penambahan Fitur Custom Recovery seperti TWRP secara default, sehingga jika kalian menggunakan Custom Kernel, maka kalian tidak perlu lagi melakukan ROOT dan memasang Custom Recovery setelahnya.

Jika, ada untungnya jelas saja ada ruginya, tetapi kerugian pada penggunaan Custom Kernel ini baru akan di rasakan, ketika kalian menggunakan Custom Kernel yang tidak di buat dengan baik dan terkesan asal-asalan, seperti :

  1. Over Heat, ya! menggunakan Custom Kernel yang Over dalam hal Optimized terlebih kepada Overclock CPU, maka akan membahayakan Smartphone Android kalian, karena Smartphone Android kalian akan selalu Panas setiap waktu, karena management Clock Speed tidak tertata dengan baik.
  1. Random Reboot, hal ini juga berkaitan dengan tindakan Over Optimized pada suatu Custom Kernel, karena dari segi Hardware, konfigurasi yang telah di buat itu mustahil untuk di jalankan oleh Hardware dengan baik, maka di pastikan Smartphone Android kalian akan sering terkena masalah Random Reboot.
  1. Kerusakan Hardware Permanent, seperti yang telah kami sebutkan diatas, Kernel itu begitu dengan dengan Hardware, jika kalian salah menggunakan Custom Kernel yang tidak tepat dan tidak aman, maka bisa jadi ada beberapa Hardware yang rusak secara Permanent.

Ingat! sekali lagi kerugian diatas, hanya terjadi pada Custom Kernel yang tidak di buat sesuai Standard dan tidak teruji terhadap Configuration Control terhadap hardware bersangkutan.

Jika, Custom Kernel yang kalian gunakan berasal dari Developer terpercaya dan handal, maka kami tegaskan disini, bahwa kalian hanya akan mendapatkan keuntungannya saja dan sama sekali tidak ada kerugian yang akan kalian rasakan.


Klasifikasi versi Custom Kernel Android


Dalam pengembangannya, Custom Kernel ini di dasarkan kepada beberapa Klasifikasi yang berbeda, hal ini di tujukan agar para pengguna Custom Kernel tersebut bisa tahu terkait Progress dan apakah Cistom Kernel tersebut sudah aman untuk di gunakan.

Perlu kalian ketahui, biasanya pengembangan Custom Kernel ini di lakukan secara Continue dan Periodik, jadi kalian harus jeli melihat Tags yang di sertakan, detailnya akan seperti ini :

  1. ALPHA >> Artinya Build Custom Kernel Pertama dan masih belum layak untuk di gunakan.
  2. BETA >> Artinya Build ini sudah bisa di gunakan. Namun, masih belum Stable dan masih terdapat beberapa Bugs.
  3. STABLE >> Artinya Custom Kernel ini sudah sangat layak di gunakan, karena sudah Stable dan maksimal.
  4. WIP >> Artinya Work In Progress, memiliki maksud bahwa Custom Kernel ini masih di kembangkan dan masih belum tersedia secara Publik.
  5. OFFICIAL >> Artinya Custom Kernel ini di buat oleh para Grup atau Developers dengan Branding Resmi.
  6. UNOFFICIAL >> Artinya Custom Kernel ini di buat dengan mengambil Source Code dari Official Custom Kernel yang di kembangkan oleh pihak tangan ke-3 / Developers yang tidak tergabung dalam Brand Legacy Official.

Jika, kalian bingung untuk bagaimana cara melihat Klasifikasi Versi ini, maka mudahnya biasanya para Developer Custom Kernel tersebut akan membuat sebuah Thread khusus pada suatu Forum menjadi seperti ini :

[KLASIFIKASI][CODENAME]NAMA KERNEL DAN VERSI

Tetapi, bisa juga klasifikasi ini di jelaskan di dalam deskripsi Forum Thread dan bahkan bisa juga di letakan dalam Penamaan File Custom Kernel yang akan di bagikan ke Publik.

Sehingga kalian harus jeli untuk melihat hal ini, karena hal ini akan menentukan kenyamanan kalian saat menggunakan Custom Kernel Android tersebut.


Syarat Penggunaan Custom Kernel Android


Sama seperti pemasangan Custom ROM, Custom Kernel juga memerlukan syarat untuk bisa di gunakan, hanya saja Persyaratan utamanya hanya 1 yaitu adalah Unlock Bootloader.

Karena kalian hanya bisa menggunakan Custom Kernel juga Smartphone Android kalian sudah Unlock Bootloader, sehingga sampai sekarang ini tidak pernah ada terlihat Custom Kernel yang bisa berjalan di Locked Bootloader pada umumnya, meski demikian mungkin ada saja, tetapi sangat jarang dan bahkan tidak pernah di ketahui sebelumnya.

Secara mekanisme Custom Kernel baru bisa di gunakan ketika kalian sudah melakukan Unlock Bootlaoder, karena kaitannya adalah bahwa Custom Kernel ini hanya bisa di pasangkan dengan Metode Fastboot, maupun Metode Flash via Custom Recovery dan Aplikasi Flasher khusus.

Sehingga seperti yang kalian ketahui, kedua hal tersebut yaitu Fastboot dan Custom Recovery hanya bisa di gunakan ketika Smartphone Android kalian sudah berada pada kondisi Unlock Bootloader saja.

Untuk lebih jelasnya, persyaratan-persyaratan penggunaan Custom Kernel Android tersebut akan kami rinci ke dalam Scene pemasangan Custom Kernel di bawah ini, karena seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Pemasangan Custom Kernel ini bisa di lakukan dengan beberapa cara, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti Section di bawah ini.


Cara Pasang Custom Kernel Android


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pemasangan Custom Kernel bisa di lakukan dengan beberapa macam, dan masing-masing cara tersebut memiliki Persyaratan yang berbeda-beda, karena Metode yang di gunakan juga akan berbeda.

Ada yang melibatkan Media Perangkat Komputer sebagai Media Installnya dan ada juga yang hanya mengandalkan Media Custom Recovery, lalu ada pula yang menggunakan Aplikasi Android (.apk) khusus tanpa adanya campur tangan dari Perangkat Komputer.

Sehingga pada pembasahan Pemasangan Custom Kernel di bawah ini, kami akan membuatnya ke dalam beberapa bagian, sesuai dengan Metode Installasi yang bisa kalian gunakan dan kalian pilih.

Berikut adalah detailnya :


Cara Install Custom Kernel (Fastboot)


Cara pertama ini kita akan menggunakan Media Komputer sebagai alat untuk memasangkan Custom Kernel tersebut, maka persyaratan yang di butuhkan antara lain adalah :


  1. Fastboot Driver, jika kalian tidak punya silahkan Download dan Install salah satu dari halaman di bawah ini :
  1. Mode Fastboot / Bootloader
  2. Kabel USB
  3. Android USB Driver, jika belum punya silahkan pasang dengan mengikuti cara di bawah ini :

Untuk jenis file Custom Kernel yang di gunakan pada metode ini adalah berbentuk Ekstensi Image (.img), sehingga biasanya nama Custom Kernel tersebut menjadi boot.img, lalu pada kasus yang akan kami bicarakan di bawah ini, semuanya di jalankan pada Komputer dengan OS Windows, untuk cara pemasangannya kalian bisa mengikuti panduan di bawah ini :


  1. Pastikan Custom Kernel yang kalian Download sudah sesuai dengan seri Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang (Matched).
  2. Setelahnya, pastikan Fastboot Driver sudah terpasang pada PC (Komputer Windows) yang kalian pakai.
  3. Pindahkan file boot.img ke Folder Fastboot seperti ini :
Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android

  1. Jika File Custom Kernel bernama acak, silahkan Rename menjadi boot.img agar mudah untuk kalian dalam mengikuti tutorial ini.
  2. Selanjutnya, silahkan buat Smartphone Android kalian masuk ke dalam Mode Fastboot / Bootloader.
  3. Hubungkan Smartphone Android ke PC Windows dengan Kabel USB
  4. Buka CMD (Command Prompt) dan arahkan ke Folder Fastboot, jika tidak tahu caranya silahkan ikuti panduan ini :
  1. Jika sudah, silahkan masukan perintah ini, untuk menginstall Custom Kernel :
fastboot flash boot boot.img
  1. Jika muncul pesan OKAY, berarti proses pemasangan sudah berhasil untuk di lakukan.
  2. Saat ini kalian sudah bisa melakukan Reboot ke System, dengan memasukan perintah ini dari jendela Fastboot :
fastboot reboot
  1. Sampai sini, tutorial pemasangan Custom Kernel dengan Metode Fastboot telah selesai, kalian bisa mengecek apakah Custom Kernel sudah terpasang atau belum di Aplikasi Settings >> About Phone >> Kernel Version.
  2. Done! selamat menikmati Custom Kernel baru.

Jika, pada kondisi ini kalian tidak memiliki sebuah Perangkat Komputer berbasis OS Windows, maka kalian tetap akan bisa memasangkan Custom Kernel tersebut hanya dengan bermodalkan Smartphone Android saja.

Yaitu dengan bantuan Custom Recovery seperti TWRP, lebih jelasnya silahkan ikuti panduan di bawah ini.


Cara Install Custom Kernel (TWRP)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, memasang Custom Kernel juga bisa di lakukan tanpa perlu adanya bantuan dari PC / Komputer, karena cukup dengan menggunakan Custom Recovery, maka Custom Kernel tersebut bisa kalian pasangkan dengan mudah.

Pada kasus ini, kami menggunakan Custom Recovery TWRP yang memang memiliki kemampuan untuk menginstall File berjenis Image (.img), untuk Custom Recovery selain TWRP, kami tidak tahu.

Selanjutnya untuk jenis File Custom Kernel yang bisa di Install dari TWRP ini ada 2 buah macam yaitu berbentuk (.zip) dan berbentuk (.img), untuk cara Flash / Installnya juga akan berbeda.

Sebelum itu ada hal penting yang menjadi persyaratan utama dari metode ini, yaitu Smartphone Android kalian harus sudah punya Custom Recovery, dalam kasus ini ialah menggunakan TWRP, jika kalian belum punya TWRP dan tidak tahu cara pasangnya, silahkan ikuti panduan pemasangan TWRP dari halaman di bawah ini :


Jika, TWRP sudah terpasang, maka untuk proses pemasangan Custom Kernel ini akan mudah untuk di lakukan, benar saja sekali lagi kalian tidak akan memerlukan bantuan Komputer / PC Windows pada kasus ini, berikut adalah panduannya :


  1. Pastikan File Custom Kernel yang di Download sudah sesuai (Matched) dengan seri Smartphone yang kalian gunakan.
  2. Selanjutnya Pindahkan Custom Kernel ke Memory Internal (Internal Storage) di tempat yang mudah untuk kalian temukan.
  3. Silahkan buat Smartphone Android kalian masuk ke dalam Mode TWRP.
  4. Untuk menginstall Custom Kernel, silahkan pilih Opsi Install.
Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android
  1. Jika, Custom Kernel berformat (.zip), silahkan saja langsung cari File Custom Kernel tersebut melalui Opsi Install di TWRP, lalu lakukan Konfimasi Install setelahnya.
  2. Jika, Custom Kernel berformat (.img), maka setelah kalian masuk ke Opsi Install di TWRP, pilih lagi Opsi Install Image, selanjutnya silahkan cari File Custom Kernel dan lakukan Konfimasi Installasi.
Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android
  1. Tunggu hingga proses installasi seleasi.
  2. Jika, sudah disini kalian sudah bisa melakukan Reboot.
Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android
  1. Booting pertama setelah pemasangan Custom Kernel akan cukup lama, sekitar 10 hingga 20 Menit.
  2. Jika sudah Booting dengan sempurna, kalian bisa melakukan cek apakah Custom Kernel sudah terpasang atau tidak di Aplikasi Settings >> About Phone >> Kernel Version.
  3. Selesai.

Jika, kalian tidak punya Custom Recovery seperti TWRP, apakah masih tetap bisa memasangkan Custom Kernel tersebut? jawabannya adalah iya bisa! yaitu hanya dengan menggunakan Aplikasi Android Flasher Khusus, maka kalian bisa memasangkan Custom Kernel tersebut dan cara ini juga tidak akan melibatkan Media Perangkat Komputer sedikit pun, berikut adalah cara kerjanya.


Cara Install Custom Kernel (Flashify)


Selanjutnya jika kalian tidak punya TWRP, maka solusi lain untuk bisa memasangkan Custom kernel di Smartphone Android kalian, bisa di lakukan dengan sebuah aplikasi khsus bernama Flashify.

Aplikasi ini memang di buat secara khusus untuk tujuan Flashing File System bisa berbentuk Image (.img) maupun (.zip), sehingga kalian bisa memanfaatkan aplikasi satu ini untuk pemasangan Custom Kernel tanpa perlu menggunakan TWRP.

Flashify ini adalah sebuah aplikasi gratis yang bisa kalian Download secara resmi dari Play Store, pastikan gunakan Flashify untuk ROOT User seperti ini :

Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android

Seperti namanya sendiri, aplikasi ini memerlukan Persyaratan utama, yaitu Smartphone Android kalian harus sudah dalam kondisi ROOTED, karena aplikasi ini memerlukan akses ROOT.

Jika, kalian bingung untuk bisa melakukan ROOT pada Smartphone Android kalian, silahkan ikuti cara di bawah ini :


Selanjutnya, meski Flashify ini bisa di gunakan untuk melakukan Flashing File Custom Kernel dengan Format (.zip) dan (.img), kalau kami sendiri lebih menyarankan kalian untuk menginstall Custom Kernel dengan Format (.img) saja, karena lebih maksimal dan terbukti aman dengan resiko yang minimal.

Jika, Smartphone Android kalian sudah bisa mendapat akses ROOT, maka kalian bisa dengan mudah memasangkan Custom Kernel dengan cara di bawah ini :


  1. Buka aplikasi Flashify dan Izinkan (Grant) terhadap akses ROOT.
  2. Pilih opsi Boot Image, lalu cari File Custom Kernel yang telah kalian Download dan letakan di Memory Internal Smartphone Android kalian sebelumnya.
Custom Kernel Android, Cara Custom Kernel Android, Install Custom Kernel Android, Pasang Custom Kernel Android, Tutorial Custom Kernel Android, Arti Custom Kernel Android, Apa itu Custom Kernel Android, Kelebihan Custom Kernel Android, Kekurangan Custom Kernel Android, Bahaya menggunakan Custom Kernel Android, Penjelasan Custom Kernel Android, Download Custom Kernel Android, Custom Kernel Android TWRP, Custom Kernel Android Flashify, Custom Kernel Android Fastboot, Cara Install Custom Kernel Android TWRP, Install Custom Kernel Android Fastboot, Jenis Custom Kernel Android, Syarat untuk Custom Kernel Android, Persyaratan Custom Kernel Android, Pakai Custom Kernel Android, Pengertian Custom Kernel Android
  1. Setelahnya lakukan Konfirmasi Install.
  2. Tunggu hingga proses selesai dan Reboot.
  3. Done!


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang agak lumayan panjang terkait masalah Custom Kernel di OS Android tersebut.

Pastikan kalian tidak salah dalam menggunakan Custom Kernel tersebut yang tidak di peruntukan untuk seri Smartphone Android yang kalian gunakan, karena akibatnya akan Fatal, yaitu di pastikan akan terjadi Brick.

Lalu, metode Install diatas sebenarnya adalah metode dasar dan umum saja, karena di luar sana masih ada beberapa cara untuk mengsintall Custom Kernel tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah Tool khusus untuk jenis Spesifik Smartphone Android yang kalian gunakan.

Cara tersebut sengaja tidak kami sertakan, karena disini kami hanya ingin menggambarkan cara secara umum saja.

Pastikan semua cara diatas, kalian ikuti dengan benar dan teliti, karena jika di lakukan sembarangan maka akan sangat berbahaya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan semoga hari-hari anda menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot