RILIS ARTIKEL TERBARU :

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Transisi dari era Traditional ke era Digital memang sudah terjadi sekarang ini, tepatnya memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan, bersamaan dengan beragam Inovasi digital yang bisa di gunakan oleh masyratakat dunia.

Salah satu penetrasi dari era Digital yang memang sangat terasa dampaknya adalah terkait dengan aspek Komunikasi dan Multimedia, ya! Smartphone adalah salah satu penggenjot kenapa era Digital ini bisa begitu cepat datang dan berubah ke level yang baru.

Smartphone sendiri bukan lagi menjadi barang yang mewah dan langka sekarang ini, karena Smartphone di zaman sekarang ini sudah bisa di gunakan oleh siapapun, meski dengan daya beli yang berbeda di masing-masing Individu.

Karena, sejatinya saat ini kalian sudah bisa menggunakan Smartphone dengan hanya merogoh kocek kantong, paling tidak ratusan ribu, maka sebuah alat yang namanya Smartphone itu sudah bisa kalian miliki dan dinikmati manfaatnya.

Smartphone sendiri adalah sebuah alat yang memang merupakan sebuah evolusi dari sebuah Ponsel biasa yang berubah menjadi sebuah Ponsel Pintar (Smartphone), kata Pintar disini bukan tanpa arti, karena sejatinya sebuah Ponsel Pintar itu baru bisa di katakan Pintar jika sudah bisa di gunakan dalam hal yang beragam.

Tidak semata-mata untuk melakukan Komunikasi jarak jauh saja, melainkan bisa di gunakan untuk hal lain, seperti untuk menunjang Pekerjaan agar lebih mudah diselesaikan, menikmati beragam hiburan, seperti menonton Video atau bermain Games, mengabadikan moment Foto dan Video secara langsung dari Smartphone.

Sehingga sebuah Ponsel itu baru bisa di katakan Pintar jika bisa melalukan semua hal yang sudah kami sebut diatas dan semua hal diatas akan sulit di kerjakan jika tidak ada sebuah System, di dalam kasus ini adalah sebuah System Operasi (OS).

Maka, dengan demikian, Smartphone itu memang kuat kaitannya dengan yang namanya OS (Operating System).

Pada era sekarang ini, memang ada beragam jenis Smartphone dengan OS yang berbeda-beda, tetapi dari banyak OS Mobile tersebut hanya ada beberapa saja yang benar-benar terkenal dan bisa diandalkan untuk melakukan beragam hal.

Sebut saja seperti iOS milik Apple dan juga Android milik Google, kedua OS ini memang selalu menghiasi pasar Smartphone secara Global dari waktu yang sudah sangat lama.

Meski demikian, di luar sana ada beberapa OS Mobile yang nyatanya sudah berhenti beroperasi, karena memang kalah canggih (ketinggalan zaman) dan tentu saja kalah dari aspek Inovasi dan Teknologi.

Sehingga, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait tentang Sistem Operasi Smartphone yang paling terkenal yaitu adalah OS Android.

Bagi, kalian yang memang gemar dengan dunia Teknologi serta senang untuk mengikuti perkembangannya, tentu saja bahasan terkait OS Android tersebut memang akan selalu menarik untuk di bahas.

Hanya saja, di luar sana, masih tidak ada Informasi akurat yang menarik untuk di baca dalam mengupas tuntas semua hal terkait OS Android tersebut, karena seperti yang kalian ketahui OS Android itu memang menjadi OS Mobile yang paling aktif pengembangannya sekarang ini.

Sehingga, semua Informasi yang ada terkait di OS Android selalu saja bisa berubah sewaktu-waktu, maka disinilah kami akan mengambil tantangan tersebut, guna untuk menyajikan tulisan artikel yang lengkap untuk pembahasan OS Android tersebut.

Maka, disini kami akan berbicara banyak terkait apa itu OS Android, sejarahnya, cara distribusinya, perkembangannya, hingga hal lain yang memang penting untuk kalian ketahui.


Apa itu OS Android?


Hal pertama yang harus kalian ketahui yaitu apa sih OS Android tersebut? apa keunggulan dan kehebatannya di bandingkan OS lain? maka disinilah kalian akan bisa memahami hal tersebut.

  1. OS Android adalah sebuah Sistem Operasi untuk Perangkat Pintar yang berbasis pada Linux Kernel sebagai mekanisme System utama untuk menjalankan keseluruhan fungsi dari OS tersebut, OS Android sejatinya berjalan dengan Structure Platform 32-bit dan juga 64-bit.
  1. Kehebatan dari OS Android itu ialah karena bersifat Open Source, yang dalam artian setiap Individu, Agency, Group Development, Researcher hingga Corporate bisa ikut terlibat dalam pengembangan Sistem Operasi tersebut dengan mekanisme Third Party.

Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu, kenapa OS Android bisa tumbuh sebesar sekarang, karena peran Komunitas di dalamnya yang memang aktif dan faktanya melakukan beragam hal terkait Development pada OS Android memang selalu menarik untuk di lakukan.

Selain menjadi ladang bisnis yang bagus, Project Open Source di OS Android ini juga bisa di gunakan untuk menciptakan perangkat dengan teknologi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, misalkan seperti Teknologi Artificial Intelligence (AI) ataupun Augmented Reality (AR), semua hal tersebut bisa tercipta dengan adanya bantuan dari OS Android tersebut sebagai media uji cobanya, meski tidak mutlak ada karena OS Android tentunya.


OS Android bukan hanya untuk Smartphone


Menyambung dari pembahasan diatas, seperti yang kalian ketahui OS Android itu memang Populer dan berasal dari sebuah Smartphone (Ponsel Pintar), tetapi semakin kesini OS Android itu bukan hanya di gunakan pada Smartphone saja lagi, melainkan sudah bisa di Implementasikan ke berbagai Perangkat Pintar lainnya.

Sehingga OS Android bukan lagi menjadi sebuah OS Mobile yang khusus untuk sebuah Smartphone, karena pada faktanya OS Android itu didesign dan bisa di jalankan pada perangkat sebagai berikut :

  • Tablet
  • Smart TV
  • Auto Technology
  • Console
  • Digital Camera
  • Smartwatch
  • Wearable Gadget

Maka, bisa di bilang OS Android itu sangat agresif dalam pertumbuhan serta perkembangannya, maka jangan heran, jika di masa depan nanti, akan ada lebih banyak Perangkat Pintar yang menggunakan OS Android tersebut.

Karena sampai sekarang hanya OS Android lah satu-satunya OS yang bisa menjangkau banyak hal, terkait untuk kemudahan dalam hidup di zaman serba digital seperti yang ada sekarang ini.


Google bukan pencipta OS Android


Kali ini kita akan berbicara terkait fakta, karena mungkin yang kalian tahu bahwa OS Android itu adalah milik Google, Statement tersebut tidak salah, karena sekarang memang milik Google dalam hal Development dan License-nya.

Tetapi, faktanya bukan Google yang menciptakan OS Android tersebut, melainkan sebuah perusahaan yang bernama Android Inc, yang selanjutnya di akuisisi oleh Google pada tahun 2005 dan pengembangan serta hak miliknya pindah ke Perusahaan Raksasa Internet Google hingga sekarang ini.

Maka, jika kalian sudah mengetahui hal ini, jangan lagi salah dalam mengatakan sejarah dari OS Android tersebut, memang benar OS Android menjadi terkenal setelah di beli oleh pihak Google, tetapi OS Android ini tidak akan pernah ada jika tidak di buat oleh perusahaan Android Inc yang berasal Palo Alto yang mulai di buat dari sekitaran tahun 2003.


Pola Distribusi OS Android


Hal ini yang menarik dari OS Android, memang benar OS Android sekarang di kembangkan oleh Google, tetapi yang membuatnya semakin terkenal justru karena pihak Produsen Smartphone!

Bagaimana bisa terjadi? karena Google hanya membuat OS Android dan selanjutnya akan di Implementasi oleh Produsen Smartphone, mudahnya begini Google yang membuat, Vendor Smartphone yang menjual, meski sebenarnya mereka harus membeli License dari Google sebelumnya.

Maka, inilah yang sebelumnya kami katakan menarik, umumnya pihak Google hanya akan menerbitkan Source OS Android versi terbaru dalam sebuah paketan yang bernama AOSP (Android Open Source Project) yang selanjutnya di ambil oleh pihak Produsen Smartphone, kemudian di Implementasikan ke Produk Smartphone yang mereka buat.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Karena, OS Android itu bersifat Open Source, maka pihak OEM (Produsen Smartphone) bisa dengan leluasa untuk mengembangkan Source dari AOSP tersebut, sehingga terciptalah berbagai macam jenis Smartphone Android yang memiliki karakteristik berbeda-beda seperti sekarang ini.

Tetapi, ada hal yang harus kalian ketahui juga, karena Google sendiri juga membuat dan menjual Smartphone Android dengan OS Android asli atau OS Android murni seperti Source dari AOSP, sehingga sekarang menjadi nilai tersendiri karena keunikannya.

Maka, dapat kita simpulkan, bahwa Smartphone dengan OS Android sekarang ini memiliki 2 buah bentuk, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Smartphone dengan OS Android Murni (AOSP)
  2. Smartphone dengan OS Android Custom (OEM Impelented)

Hal hebat lainnya dari OS Android ialah, pihak Google tidak memberikan batasan apapun terkait dalam masalah Custom tersebut, asalkan tidak jauh melenceng dari pada konsep OS Android secara default.

Sehingga, sekarang ini bisa kalian lihat sendiri, meski sama-sama menggunakan OS Android, nyatanya Smartphone Android yang ada sekarang ini, bisa memiliki rasa yang berbeda-beda dan kalian harus berterima kasih, karena OS Android itu Open Source, sehingga hal inilah yang membuatnya menjadi mungkin.


Smartphone OS Android Pertama


Pembahasan ini adalah juga pembahasan penting, karena ini juga menjadi salah satu Pilar sejarah OS Android yang harus kalian ketahui, karena tanpa adanya Smartphone ini, maka OS Android tidak akan bisa di kenali hingga sekarang.

Smartphone pertama yang menggunakan OS Android ialah Smartphone buatan dari vendor HTC yaitu adalah HTC Dream atau juga di kenali dengan T-Mobile G1, berikut adalah penampakan Smartphone pertama dengan OS Android :

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang
Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Meski di rilis masih dalam keadaan seperti bayi, nyatanya OS Android berhasil menarik perhatian OEM besar, seperti Samsung dan Sony, sehingga munculah Smartphone Samsung Galaxy Spica dan juga Sony Ericsson X10 yang mana disinilah di mulai eranya Smartphone Android mulai banyak di kenali dan di gunakan.

Melalui, semua keterbatasan pengembangan di awalnya, OS Android berani menantang OS dominan untuk Ponsel zaman dulu seperti OS Symbian pada Nokia dan OS Java untuk Featured Phones, dengan modal kerja keras dan pintar membaca pasar dan kemauan pasar, maka sekarang ini OS Android sudah benar-benar menjadi OS yang paling banyak digunakan dan paling Populer di seluruh dunia.


Pelopor Terkenalnya Smartphone Touchscreen


Sebenarnya, bukan Smartphone Android yang membuat Smartphone Touchscreen tersebut, tetapi melalui Smartphone Android lah Perubahan Massive itu mulai terjadi.

Karena pada dasarnya OS Android itu memang di design untuk Smartphone dengan Teknologi Layar Sentuh secara primer, hingga menjadi Trend seperti yang ada sekarang ini.

Maka, jika kita lihat dari Historisnya, maka benar saja, semua Produk Smartphone yang menggunakan OS Android memang hampir semuanya menggunakan fitur Touch Screen, maka tidak salah jika kita menyebutkan, bahwa OS Android memang menjadi salah satu Pelopor Smartphone Layar Sentuh yang masih Exist hingga masa sekarang.

Meski demikian, sebenarnya masih ada OS lain yang juga mempopulerkan Smartphone berlayar sentuh tersebut, sebut saja seperti Nokia dengan OS Symbian dan juga Apple iPhone, maka disini OS Android hanya berperan sebagai salah satu Pelopornya saja dan bukan yang menjadi yang pertama dalam penggunaan fitur Touch Screen tersebut.


Perubahan Logo OS Android


Karena OS Android itu merupakan sebuah Brand dari Google, maka sudah jelas disini mereka perlu sebuah Logo untuk membuat suatu karakter dan ciri khas, agar orang-orang bisa dengan mudah mengenali OS Android dari Brand Logo tersebut.

Sejauh ini, Logo OS Android sudah 3 kali berubah sejak pertama kali rilis, uniknya Logo untuk Smartphone Android itu bukan berbentuk seperti Brand Logo pada umumnya, karena Logo OS Android itu ya Text atau kata Android yang di buat dengan style khusus.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, OS Android mengalami perubahan Logo sebanyak 3 kali, yaitu yang pertama sejak tahun 2007, lalu berubah pada tahun 2014 dan berubah lagi pada tahun 2019, berikut adalah bentuk evolusi dari Logo OS Android :

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang
Digunakan dari 2007 - 2014
Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang
Digunakan dari 2014 - 2019
Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang
Digunakan mulai 2019

Bagaimana? sederhana bukan? ya! karena OS Andriod tidak memerlukan model Logo yang atraktif agar bisa terkenal dan mudah di kenali orang, cukup dengan Logo sederhana tersebut, maka orang sudah bisa tahu bahwa itu adalah Logo dari OS Android yang memang menjadi sebuah Fenonema sekarang ini.

Jika, kalian ingin informasi lebih lanjut, mungkin kalian perlu mengetahui terkait latar belakang dan makna yang ada pada Logo Android tersebut yang bisa kalian dapatkan dari informasi bacaan dibawah ini :


Baiklah, kini kita akan beralih ke pembahasan selanjutnya dan inilah pembahasan utama kita kali ini, pastikan semua informasi yang kami sajikan dibawah ini, bisa kalian serap dengan baik, agar bisa dijadikan ladang ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat.


Daftar Nama dan Versi OS Android


Jika, kalian sudah mengetahui bahwa OS Android itu sebenarnya memiliki sejarah yang panjang, maka hal selanjutnya yang harus kalian ketahui, adalah terkait tentang Nama dan Versi dari OS Android tersebut.

Kenapa harus ada Nama? inilah uniknya OS Android, karena umumnya setiap versi OS Android itu memiliki nama tersendiri atau biasanya disebut dengan Codename yang akan mewakili penamaan dari Versi OS Android yang sedang di gunakan.

Fakta menarik yang harus kalian ketahui selanjutnya dari OS Android ini lah, bahwa setiap 1 tahun sekali OS Android itu akan mendapat peningkatan Versi.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Artinya dalam tahun yang berbeda, maka akan ada 1 Versi OS Android baru dan budaya ini tetap berlangsung hingga sekarang yang di mulai dari tahun 2008.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah Daftar Urutan Nama dan Versi OS Android dari yang Pertama hingga yang Terbaru sekarang ini, berikut dengan hal fakta-fakta menarik di dalamnya :


Android 1.0


Disinilah dimulainya pengembangan OS Android untuk pertama kali pada tahun 2008, hanya saja pada pengembangan pertama ini, di ketahui hanya Smartphone HTC Dream atau T-Mobile G1 saja yang menggunakan OS Pertama Android tersebut.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Pada versi pertama inilah Konsep OS Android di kembangkan dengan menggunakan API Level Versi 1, hingga menjadi sekarang ini dengan ciri khas tersendiri, semua itu di mulai Versi 1.0 yang hadir dengan beberapa fitur Core OS Android yang bisa kalian nikmati sekarang ini, seperti :

  1. Android Market (sekarang di kenal dengan Google Play Store)
  2. Integrasi Google Apps (Gmail, Maps, Calender, etc)
  3. Availability Bluetooth dan Wi-Fi Support
  4. Notfication / Statusbar (Ciri khas OS Android)

Selain itu, masih ada banyak fitur kunci utama yang ada pada Versi Pertama OS Android tersebut, tetapi hanya 4 hal diatas saja yang harus kalian ketahui, karena ke-4 Fitur diatas memang sudah sangat bervolusi sekarang ini.

Fakta menarik dari OS Android 1.0 adalah karena pada versi ini OS Android belum memiliki sebuah Codename, sehingga tidak ada nama resmi dari OS Android Pertama ini, banyak yang menyebutkan bahwa Versi Pertama OS Android ini memiliki Codename Alpha, tetapi sampai saat ini masih belum bisa di Konfirmasi kebenarannya.


Android 1.1


Pada tahun berikutnya yaitu tahun 2009, OS Android mendapat pembaharuan Versi ke 1.1 yang di kenali dengan Codename Beta.


Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Versi OS Android 1.1 ini memiliki API Level 2 dengan beberapa peningkatan sebagai berikut :

  1. Peningkatan fitur Maps
  2. Peningkatan Minor dan perbaikian beberapa Bugs pada versi Android sebelumnya

Update Versi OS Android 1.1 ini di ketahui hanya di distribusikan secara resmi untuk Smartphone HTC Dream atau T-Mobile G1 saja, yang memang seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Smartphone Komersial itulah yang Pertama kali menggunakan OS Android secara resmi.


Android 1.5


Di tahun yang sama yaitu pada tahun 2009, kini OS Android sudah mulai menggunakan Codename secara Resmi untuk nama dari Versi OS Android tersebut agar mudah di kenali oleh penggunannya, untuk Codename dari Android 1.5 adalah Cupcake dengan menggunakan API Level 3.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Ada banyak pembaharuan pada versi OS Android ini dan selanjutnya pada OS Android ini juga persebaran penggunaan OS Android sudah kian membanyak, karena sudah di Implementasikan oleh beberapa Produsen Smartphone kala itu, seperti Samsung dan Sony Ericsson.

Beberapa Update Besar (Major) pada versi Android 1.5 ini adalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan menggunakan Virtual Keyboard
  2. Kemampuan menggunakan Widget
  3. Penambahan Efek Transisi System
  4. Fitur Rotasi terintegrasi dengan Sensor terkait
  5. Support Video dengan Formal MP4 dan 3GP

Jika, dilihat maka dari Versi Android 1.5 inilah semua hal hebat mulai ada di OS Android, karena selain sebagai OS Android pertama yang menggunakan Codename, versi OS Android 1.5 ini juga mengalami peningkatan besar dari segi User Experience.


Android 1.6


Lagi-lagi pada tahun 2009 pihak Google kembali merilis versi OS Android baru yaitu versi Android 1.6 dengan Codename Donut (API Level 4).

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Teradapat beragam pembaharuan fitur dan juga perbaikan besar dari versi sebelumnya yang ada pada Versi Android 1.6 tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan fitur Intenal Search
  2. Integrasi Fitur Multimedia agar lebih cepat di gunakan (Gallery, Camera, Camcoder, dll)
  3. Penambahan fitur VPN
  4. Pnambahan Teknologi SIM dengan Implementasi jaringan CMDA / EVDO yang awalnya cuma GSM saja.
  5. Mendukung hingga Resolusi layar WVGA (768x470)

Pada versi OS Android 1.6 ini OS Android sudah mulai di kenali oleh masyrakat luas, meski demikian masih ada sedikit saja OEM yang berani mendistribusikan Smartphone dengan OS Android.

Karena pengaruh Featured Phones dengan OS Java yang masih begitu kuat pada zaman itu, tetapi disinilah mulanya OS Android mulai menggeliat dan naik ke permukaan.


Android 2.0


Pada versi ini di mulailah eranya OS Android, karena pada masa inilah OS Android sudah bisa di terima oleh masyarakat luas, karena beberapa OEM Smartphone sudah mulai banyak membuat Smartphone dengan OS Android untuk di jual kepasaran.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

OS Android versi 2.0 ini di kenali dengan Codename Eclair (API Level 5) yang waktu perilisannya adalah pada tahun 2009 juga, yaitu di tahun dimana OS Android 1.1 hingga 1.6 Exist.

OS Android 2.0 ini juga membawa perubahan yang cukup besar yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Dukungan HTLM5
  2. Multiple Integrated Mail Account
  3. Support Bluetooh 2.1
  4. Peningkatan Performa dan peningkatan UX & UI
  5. Peningkatan fitur Google Maps Mobile
  6. Lahirnya Fitur Live Wallpaper yang melegenda

Selanjutnya, pada versi Android 2.0 ini, terdapat lagi 2 buah versi Update OS, sehingga muncul Sub-Version dengan Codename sama, tetapi berbeda versi dan API Level, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 2.0.1 (API Level 6)
  2. Android 2.1 (API Level 7)

Tetapi, pada Update tersebut hanya di berikan Update Minor untuk memperbaiki beberapa Bugs yang ada dari versi sebelumnya, untuk Codenamenya masih sama-sama menggunakan nama Eclair sebagai alat Brandingnya.


Android 2.2


Tahun 2010, pihak Google kembali merilis OS Android terbaru dengan peningkatan besar-besaran dari segi Fitur dan Fungsionalitas, OS Android 2.2 di kenali dengan Codename Froyo yang merupakan hasil singkatan dari Frozen Yogurt (API Level 8).

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Ada beberapa Update besar bersifat Major yang telah di rekam dari jejak sejarah versi OS Android ini, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan Performa yang signifitan dengan Impelentasi JIT (Just in Time) Module
  2. Support Chrome
  3. Penambahan fitur Push Notifications
  4. Pembaharuan Launcher dan pembaharuan beberapa Aplikasi Core OS Android
  5. Penambahan Wi-Fi Tethering dan USB Tethering (Sejarah penting untuk Fakir Kouta)
  6. Support fitur gambar formal GIF
  7. Dukungan dari Adobe Flash
  8. Dukungan hingga Resolusi layar HD (1280 x 720)
  9. Support keamanan dengan metode angka atau numeric

Selanjutnya, sama seperti OS Android 2.0, pada versi Android Froyo ini, pihak Google juga diketahui mengupdate versi Android 2.2 ini ke beberapa Sub Versi, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 2.2.1
  2. Android 2.2.2
  3. Android 2.2.3

Hanya, saja pada pembaharuan Sub Versi ini, tetap menggunakan API level 8 dan tidak ada perubahan pada Codename, karena sifat dari Pembaharuan tersebut hanya Minor saja.


Android 2.3


Pada versi ini OS Android sudah mendunia, karena pada saat OS Android berada pada versi 2.3 inilah banyak sekali Produsen Smartphone yang sudah menggunakan OS Android untuk menjadi sebuah OS Primer pada Smartphone yang mereka jual, jejak rekamnya terlacak mulai dari tahun 2010.

Karena pada masa-masa ini bukan hanya Brand Smartphone International saja yang telah mengimplementasikan OS Android pada Smartphone yang mereka buat, karena saat ini Brand Lokal pun juga sudah mulai menggunakan OS Android untuk mencoba peruntungan baru.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

OS Android 2.3 ini memang menjadi salah satu pilar sejarah penting dalam historisnya, OS Android 2.3 ini di kenali dengan Codename Gingerbread (API Level 9), pada versi OS Android 2.3 ini juga pihak Google memberikan Update besar-besaran terhadap beragam Support fitur dan Integrasi Hardware yang antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Pembaharuan tampilan (UI)
  2. Support hingga ukuran layar WXGA (1366 x 768)
  3. Dukungan fitur NFC
  4. Dukungan Integrasi Equalizer
  5. Peningkatan pada konsumsi daya baterai yang kini sudah lebih efisien
  6. OS Android Pertama yang menggunakan Easter Egg!

Selain itu pada versi Android 2.3 ini, pihak Google juga beberapa kali memberikan Update dengan bertambahnya Sub Versi OS Android 2.3 tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 2.3.1 (API Level 9)
  2. Android 2.3.2 (API Level 9)
  3. Android 2.3.3 (API Level 10)
  4. Android 2.3.4 (API Level 10)
  5. Android 2.3.5 (API Level 10)
  6. Android 2.3.6 (API Level 10)
  7. Android 2.3.7 (API Level 10)

Era Android 2.3 atau Gingerbread ini memang tidak bisa terlupakan, karena seperti yang telah kami singgung sebelumnya, pada era inilah OS Android sudah mendunia, diakui sebagai sebuah OS yang menjanjikan dan sudah mendapat Popularitas tersendiri.


Android 3.0


OS Versi ini menjadi OS Android yang paling unik, kenapa? karena tidak tersedia untuk Smartphone dan memiliki Sub Versi yang paling banyak, diantara Sub Versi pada versi OS Android lain, selanjutnya OS Android 3.0 ini juga di mulainya sebuah sejarah baru, yaitu sejarah penggunaan Android Tablet!

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Benar sekali, OS Android 3.0 ini bukan di buat untuk Smartphone, melainkan untuk Tablet, sehingga OS Android ini tidak pernah di distribusikan ke Smartphone secara resmi, Android 3.0 ini memiliki Codename Honeycomb yang di rilis pada tahun 2011 dengan API Level 11

Selanjutnya, ada beberapa List Update yang berpengaruh untuk kita sekarang yang datang dari OS Android satu ini, yaitu adalah :

  1. OS Android yang bisa di gunakan di Tablet
  2. Fitur USB On The Go
  3. Peningkatan akselerasi Hardware

Untuk Tablet pertama yang menggunakan OS Android dengan versi 2.3 Honeycomb ini adalah Tablet Motorola Xoom, tetapi pada saat itu, nampaknya penggunan Tablet memang masih menjadi hal yang tidak umum.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Selanjutnya, pada versi Android Honeycomb ini, Google juga paling banyak memberikan Update pada Sub Versinya, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 3.1 (API Level 12)
  2. Android 3.2 (API Level 13)
  3. Android 3.2.1
  4. Android 3.2.2
  5. Android 3.2.3
  6. Android 3.2.4
  7. Android 3.2.5
  8. Android 3.2.6

Sehingga, jika kalian adalah pengguna Tablet Android, maka disinilah eranya Tablet Android di mulai, karena jika tidak ada OS Android 3.0 ini, maka mungkin tidak ada yang namanya Tablet Android sekarang ini.


Android 4.0


Pada tahun 2011 pihak Google kembali merilis OS Android baru dengan membawa peningkatan besar pada sisi User Interface (Tampilan) dengan menggunakan Branding nama "Holo", Android 4.0 ini di kenali sebagai Ice Cream Sandwich dengan API Level 14.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Design Holo pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini memang sangat berbeda dari versi OS Android sebelumnya, karena perubahan yang terjadi, terlihat menyeluruh, dengan Background Default berupa Gradient.

Beberapa, fitur penting pada Update Android 4.0 tersebut adalah antara lain :

  1. OS Android Pertama yang menggunakan Font Roboto yang legendaris
  2. Dukungan Pertama terhadap fungsi Virtual Navigation Button
  3. Peningkatan fungsi Lock Screen
  4. OS Android Pertama yang mendukung fungsi Face Unlock
  5. Pengenalan Android Beam yang sangat terasa sekarang manfaatnya dari fitur NFC
  6. Dukungan perekaman default dari aplikasi Camcoder asli OS Android hingga resolusi 1080p (FullHD)

Sejarah, juga mencatat OS Android Ice Cream Sandwich ini juga mendapatkan beberapa kali Update Sub Versi, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 4.0.1
  2. Android 4.0.2
  3. Android 4.0.3 (API Level 15)
  4. Android 4.0.4

Design Holo pada OS Android Ice Cream Sandwich ini sangat di sukai oleh pengguna Smartphone Android pada masa itu, karena tampilan antar mukanya memang benar-benar keren pada saat itu dan menjadi seakan sangat modern, Design Holo tersebut juga bertahan hingga tahun-tahun selanjutnya.


Android 4.1


Dirilis pada tahun 2012, OS Android 4.1 yang di kenali dengan Codename Jellybean ini menggunakan API Level 16 yang pada Updatenya memberikan peningkatan performa yang sangat baik dengan adanya Fitur Project Butter yang membuat kinerja OS Android 4.1 menjadi sangat cepat dan responsif di bandingkan dari seri versi sebelumnya.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Pada versi ini Google juga memberikan beberapa Update penting, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan performa navigasi meliputi transisi dan pengolahan grafis secara signifikan
  2. Dukungan fitur USB Audio
  3. Dukungan fitur Screensaver
  4. Peningkatan konsumsi Bluetooth yang ramah energi
  5. Peningkatan signifikan untuk Games berbasis OS Android, karena telah menggunakan OpenGL ES 3.0
  6. OS Android Pertama untuk fitur Emoji
  7. Mendukung hingga Resolusi layar 4K (2160 x 3840)

Selanjutnya, OS Android Jelly Bean ini juga beberapa kali mendapat pembaharuan pada Sub Versinya, yaitu sebagai berikut :

  1. Android 4.1.1
  2. Android 4.1.2
  3. Android 4.2 (API Level 17)
  4. Android 4.2.1
  5. Android 4.2.2
  6. Android 4.3 (API Level 18)
  7. Android 4.3.1

OS Android JellyBean ini memang tidak begitu memberikan kesan yang banyak, untuk para penggunannya, karena dari segi tampilan, memang hampir sama persis dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sehingga banyak pengguna di masa itu yang memilih lebih bertahan menggunakan Androd 4.0 saja, ketimbang melakukan Update, itulah fakta yang terjadi pada saat itu.


Android 4.4


Jika, pada versi OS Android sebelumnya tidak memberikan kesan yang menakjubkan, maka pada OS Android 4.4 atau yang biasa di kenal dengan Codename KitKat ini, memberikan hal yang bertolak belakang dari OS Android Jellybean.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Karena perlu kalian ketahui OS Android 4.4 KitKat ini di katakan menjadi salah satu OS Android terbaik yang pernah di buat oleh Google, karena Performa dan Stabilitas yang ada pada OS Android 4.4 KitKat ini memang sangat baik dan bahkan terlampau sangat baik.

Hal tersebut, terjadi karena Google telah memberikan Standard baru bagi penggunaan OS Android di masa itu, yaitu RAM minimal harus menggunakan kapasitas 512MB, sehingga disinilah titik balik terjadinya penggunaan RAM di OS Android yang kian membesar tiap tahunnya.

Asumsinya adalah semakin besar RAM, maka kinerja OS Android akan semakin baik, lalu di mulailah era Smartphone Android dengan RAM besar bermunculan setelahnya.

OS Android 4.4 ini menggunakan API Level 19 dengan peningkatan fungsi sebagai berikut :

  1. Dukungan teknologi Caching terbaru yang di beri nama ART (Android Runtime)
  2. Efisiensi resource OS untuk Smartphone berspesifikasi rendah (Inilah kenapa Android KitKat menjadi yang terbaik, karena mampun berjalan sempurna meski dengan Spesifkasi Smartphone Android yang rendah)
  3. Penambahan variant transisi pada Framework

Selanjutnya, di era Android 4.4 KitKat inilah, OS Android kian melebarkan sayapnya untuk menyasar Gadget Non-Smartphone, karena pada masa ini Google telah merilis OS Android berbasis KitKat untuk penggunaan Wearable seperti Smartwatch.

Untuk jejak rekam update Sub Versi dan variant Android 4.4 KitKat, bisa kalian lihat di bawah ini :

  1. Android 4.4.1
  2. Android 4.4.2
  3. Android 4.4.3
  4. Android 4.4.4
  5. Android 4.4W (Wearable, API Level 20)
  6. Android 4.4W.1
  7. Android 4.4W.2

Fakta menarik dari OS Android KitKat ini adalah menurut sumber bahwa OS Android ini mencetak penggunaan OS Android pada Smartphone Android terbanyak sepanjang masa, karena pada masa Android KitKat inilah, ada banyak sekali jenis Smartphone yang di jual secara Massive masuk ke dalam Pasar Global ataupun Domestik.


Android 5.0


Era baru tampilan OS Android yang Modern di mulai pada OS Android 5.0 atau yang lebih kenal dengan Codename Lollipop tersebut, karena di OS inilah nama Branding "Material Design" pertama kali di gunakan.

Karena mengusung konsep Material Design, maka ada perubahan besar-besaran yang terjadi pada tampilan OS Android satu ini, jika sebelumnya menggunakan tampilan Holo dengan gaya Bold dan Gradient.

Maka, pada Material Design ini lebih di perhalus, dengan konsep design warna Flat yang Eye Catching tentunya.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

OS Android Lollipop ini menggunakan API Level 21 dengan beberapa fitur penting di dalamnya, Google sendiri baru merilis OS Android Lollipop ini pada tahun 2014 dengan inti pembaharuan sebagai berikut :

  1. Peningkatan performa yang lebih efektif
  2. Dukungan pertama untuk jenis CPU 64-bit
  3. Menggunakan OpenGL ES 3.1 yang memberikan dampak besar terhadap fungsi GPU (Penting untuk para Gamers)
  4. Performa konsumsi baterai yang lebih efisien
  5. Dukungan Smart Lock dengan beragam opsi
  6. OS Android Pertama untuk teknologi Dual SIM
  7. Dukungan pertama untuk sistem Upgrade OS via Internet (OTA) langsung dari System

Selanjutnya, OS Androd 5.0 ini juga beberapa kali mendapat pembaharuan Sub Versi dengan jejak rekam sebagai berikut :

  1. Android 5.0.1
  2. Android 5.0.2
  3. Android 5.1 (API Level 22)
  4. Android 5.1.1

Sehingga, hingga sekarang peninggalan OS Android 5.0 Lollipop ini tetap bisa kita rasakan dampak besarnya, yaitu adalah tampilan antar muka dari OS Android tersebutlah yang menjadi peninggalan terbesar Android Lollipop yang masih bisa kita rasakan hingga sekarang.


Android 6.0


Pada tahun 2015 Google kembali merilis versi terbaru dari OS Android dengan nama yang cukup susah untuk di ketik, yaitu dengan Codename Marshmallow (API Level 23), membawa peningkatan yang lumayan banyak.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Menjadikan OS Android 6.0 Marshmallow ini menjadi OS Android Modern Look yang paling banyak di gunakan dan paling lama di gunakan.

Karena jika kita melihat dari data yang tersaji, maka banyak sekali pengguna aktif dari OS Android Marshmallow tersebut, meski versi OS Android terbaru sudah di rilis oleh Google, hal tersebut terjadi karena OS Android 6.0 memang membawa sejumlah update yang sangat penting, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Dukungan Doze Mode, dimana konsumsi daya baterai akan hampir tidak di gunakan, ketika Smartphone tengan Standby atau Sleep
  2. OS Android Pertama untuk Teknologi Fingerprint
  3. OS Android Pertama untuk Teknologi USB Type-C
  4. Fitur baru yang bisa di gunakan untuk menambah kapasitas Memory Internal dengan bantuan dari kapasitas Memory External
  5. Support MIDI
  6. Update koleksi Emoji yang lebih banyak dan variatif

Selanjutnya, OS Android 6.0 Marshmallow hanya 2 kali mendapatkan peningkatan Sub Versi, yaitu sebagai berikut :

  1. Android 6.0.1

OS Android Marshmallow di katakan menjadi OS Android Revolusioner, karena dari era OS Android 6.0 inilah, beragam Inovasi di bidang teknologi dalam penggunaan OS Android, berkembang dengan sangat pesat.


Android 7.0


Pada era ini, OS Android kian makin maju dan makin Modern dari segi Teknologi, di mulai pada tahun 2016 sejak Google pertama kali merilis OS Android 7.0 ke publik yang di kenali dengan Codename Nougat (API Level 24).

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Versi Android ini langsung disambut baik oleh para pengguna Smartphone Android, karena dari sinilah Performa 3D rendering di OS Android semakin signifikan menunjukan perubahan yang sangat drastis.

Sehingga para era inilah bermunculan banyak sekali Games Android dengan grafis fantastis yang bisa di nikmati oleh pengguna Smartphone Android, karena OS Android 7.0 Nougat ini secara resmi sudah mendukung Teknologi Vulkan, yang membuat Animasi 3D tampak lebih nyata.

Selain itu, ada beberapa update besar yang hadir pada versi OS Android 7.0 ini, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Perkenalan fitur Daydream (Virtual Reality)
  2. Dukungan fitur Multi Windows terhadap aplikasi yang berjalan
  3. Dukungan pertama Vulkan 3D API Rendering (Gamers harus berterima kasih dengan ini!)
  4. Peningkatan pada sektor User Interface (UI) dan User Experience (UX)
  5. Update Emoji dengan koleksi lebih banyak
  6. Peningkatan Gesture Navigasi yang kini lebih responsif
  7. Pengayaan fitur Fingerprint

Lalu, OS Android 7.0 ini juga beberapa kali di update oleh Google melalui Sub Versinya, yang bisa kalian lihat di bawah ini :

  1. Android 7.1 (API Level 25)
  2. Android 7.1.1
  3. Android 7.1.2

Pada masa Android 7.0 atau Nougat inilah banyak sekali Games yang bersifat Online maupun Offline dengan grafis yang tinggi mulai banyak bermunculan, maka sekali lagi, jika kalian adalah Gamers dan kalian merasa ada perbedaan besar pada Games di OS Android lawas dan baru, maka salah satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, adalah karena adanya update dari Android 7.0 tersebut.


Android 8.0


Ini adalah OS Android yang paling manis, kalau menurut kami, karena selain menggunakan Codename yang familiar, yaitu adalah Oreo, faktanya OS Android 8.0 (API Level 26) ini juga hadir dengan beragam fungsi baru yang tentu saja manfaatnya bisa kita rasakan hingga sekarang ini.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Selanjutnya, pada era Android 8.0 dimulai sejak tahun 2017 inilah pihak Google membuat sebuah OS Android yang ramah dan bisa di jalankan dengan lancar pada Smartphone Android berspesifikasi rendah, Project tersebut di kenali dengan Project Android Go yang berbasis pada Android 8.0 versi Go (Lite).

Selain itu, ada beberapa Update Major yang harus kalian ketahui pada versi Android 8.0 Oreo tersebut, yaitu adalah :

  1. Dukungan pertama Project Treble, system baru dalam mekanisme dristribusi Update pada OS Android melalui Internet.
  2. Booting yang sudah sangat cepat
  3. Dukungan lebih banyak variant Emoji baru
  4. Integrasi pertama dan resmi fitur Font Changer
  5. Adaptive themes (Dark / Light)
  6. Peningkatan besar dari sisi System yang kini lebih efektif dan responsif
  7. Peningkatan pada Layout Statusbar dan Notifikasi

Pada OS Android 8.0 ini, pihak Google juga diketahui hanya memberikan 1 kali update pada Sub Versi, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Android 8.0.1 (API Lebel 27)

Dari OS Android 8.0 ini sebenarnya di mulai era penggunaan Display terbaru dari Smartphone Android, karena biasanya menggunakan Ratio 16:9, maka pada era ini sudah terjadi pergeseran, karena secara Massive para Vendor Smartphone Android menjual dan membuat Smartphone dengan Ratio layar 18:9.

Jika kita artikan layar Smartphone Android lebih panjang dengan resolusi bari yaitu FullHD+ yang memiliki konsep utama yaitu Full Display dengan hanya sedikit menyisakan Border.


Android 9.0


Sudah kami singgung sedikit terkait penggunaan Trend baru dalam Teknologi Display pada Smartphone Android, maka disini versi Android 9.0 atau lebih di kenal dengan Codename Pie (API Level 28) yang di rilis pada tahun 2018 menjawab hal tersebut dengan merilis beragan fungsi dan fitur terkait penggunaan Trend Display baru tersebut.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Android Pie ini juga membawa sejumlah perubahan besar pada paket Updatenya, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Dukungan penuh terhadap Display Layar 18:9
  2. OS Android pertama yang menggunakan Round Corner (Sudut cekung)
  3. Navigation Bar baru yang Support Gesture untuk memaksimalkan fungsi pada Smartphone Android dengan konsel Full View Display
  4. Update Vulkan API 1.1 yang makin sangar dalam merender Animasi 3D
  5. NFC bisa di gunakan untuk membuka kunci Smartphone
  6. Redesign beberapa Layout Funsionalitas
  7. Animasi Transisi baru
  8. Dukungan peningkatan Security Biometric yang penggunaannya sudah di perluas

Fakta menarik dari Android 9.0 Pie adalah karena Google tidak memberikan Update lagi setelahnya, dalam artian tidak ada Sub Versi pada OS Android 9.0 tersebut, sehingga OS Android 9.0 menjadi OS Android Modern pertama yang tidak memiliki Sub Versi


Android 10


Sejarah baru muncul lagi pada versi ke 10 OS Android tersebut, karena pada versi ini OS Android tidak lagi menggunakan nama makanan sebagai Codenamenya, melainkan hanya Android 10, begitu saja.

Hal tersebut dilakukan agar para pengguna Smartphone Android tidak kebingungan untuk mengetahui versi Android apa yang sedang mereka gunakan, karena kalau dari Codename mungkin hanya segelintir orang saja yang tahu.

Maka, disinilah revolusi baru OS Android dimulai, karena pada awalnya Android 10 (API Level 29) ini memang di kabarkan masih menggunakan seri Android Q dengan Codename Queen Cake, tetapi dibatalkan oleh pihak Google, dengan alasan seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Rilis pada tahun 2019, membuat OS Android inilah yang menjadi OS Android paling terbaru dan paling canggih yang ada sekarang ini, OS Android 10 ini membawa beberapa Update sebagai berikut :

  1. Management App Background yang lebih baik
  2. Penambahan Permission baru dalam penggunaan Aplikasi Android yang membutuhkan Resource
  3. Peningkatan disektor manipulasi Gambar / Foto
  4. Dukungan Format AVI-1 dan HDR+
  5. Peningkatan sektor keamanan Biometric
  6. Dukungan pertama untuk Smartphone berjenis layar lipat (Foldable)
  7. Dukungan Security Protocol WPA3 pada Wi-Fi
  8. Jangkauan Themes Dark Mode yang lebih menyeluruh dari Dark Mode yang ada pada versi sebelumnya.
  9. Penggunaan Project Mainline, yang memungkinkan untuk melakukan Update Core Android OS dengan kemampuan Google Play Store, untuk efesiensi waktu keseluruhan dalam tahap Updating, sehingga bisa menjadi lebih singkat

Sejauh ini, tidak ada Sub Versi dari Android 10 tersebut.


Android 11


Awal tahun 2020, pihak Google kembali mengumumkan bahwa pengembangan versi Android sudah masuk ke tahap Testing dengan nama versi Android 11.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Android 11 menggunakan API Level 30, sampai saat ini belum ada banyak informasi lebih lanjut terkait apa saja hal besar yang ada pada Android 11 tersebut, beberapa hal yang diketahui akan ada di Android 11 antara lain adalah sebagai berikut :


  1. Adanya perubahan sedikit pada System OS
  2. Peningkatan keamanan
  3. Pemutakhiran System Keamanan berbasis Biometrics
  4. Dukungan terhadap jaringan 5G
  5. Permission Control dengan design baru
  6. Auto Reset Permission
  7. One-time Permission control
  8. Koneksi Wireless pada frekuensi 5GHz untuk Android Auto
  9. Peningkatan pada fitur Project Mainline yang sudah ada pada versi Android 10

Pada kenyataannya memang tidak ada perubahan yang begitu besar antara Android 10 dan versi Android 11 tersebut, meski demikian pada System sendiri memang terlihat adanya beberapa kemajuan yang besar, meski pada tampilan utama, masih akan sama saja seperti versi Android 10.


Android 12


Menggunakan API level 31, Android 12 hadir dengan pembaharuan yang besar pada sektor UI, diumumkan pertama kali secara resmi oleh Google pada February 2021.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Berikut adalah hal-hal besar yang ada pada versi Android terbaru tersebut :

  1. Update besar pada sektor Material Design ke versi "3.0"
  2. Support gambar dengan ekstensi AVIF
  3. Fitur Wi-Fi Sharing yang lebih mudah untuk digunakan
  4. Desain baru yang hanya ada pada versi Android 12 dengan nama brand desain Material You.
  5. Penggunaan Gesture bisa digunakan ketika dalam Mode Immersive

Sejauh yang terlihat, update versi pada Android 12 ini memang akan sangat terlihat peningkatannya dibandingkan pada versi Android 11 sebelumnya, dimana masih terlihat cukup mirip dengan versi Android 10.

Pada Android 12 akan disuguhkan pengalaman baru dalam penggunaan OS Android, karena pada versi ini kita akan mendapati peningkatan desain tampilan UI yang memang benar-benar baru.


Program OS Android Khusus


Google sekalu orang dibalik pengembangan OS Android sekarang ini, nampaknya akan terus memberikan kejutan dan Inovasi, agar OS Android yang mereka kembangkan bisa menjangkau lebih banyak pengguna di lapisan masyarakat yang berbeda-beda.

Sudah kami singgung diatas, bahwa sejatinya OS Android itu hadir dengan 2 buah Interface, satunya berjalan dengan Kemampuan Murni dari OS Android itu sendiri dan satu lainnya berjalan sesuai dengan Custom yang sudah di Implementasi oleh pihak OEM.

Agar, OS Android Murni ini bisa digunakan oleh masyarakat luas dan untuk memperkenalkan OS Android yang sebenarnya, tanpa adanya Custom dari pihak OEM, maka disini Google selaku pemilik OS Android, mengeluarkan Program khusus untuk OS Android Murni buatan mereka.

Bukan hanya akan ditempatkan di Smartphone Exclusive mereke saja, seperti Google Pixel, karena pada Program Khusus dari Google ini, tetap melibatkan para Produsen Smartphone, hanya saja dengan Syarat dan Ketentuan khusus.

Sehingga, para OEM yang berkerja sama dengan Google dalam Program Khusus ini, diharuskan mendistribusikan OS Android Murni tanpa Custom untuk nilai jual utamanya.

Sekarang ini ada 2 buah Program OS Android Khusus yang diberlakukan oleh pihak Google, yaitu adalah sebagai berikut :


Android One


Program ini digagas pertama kali pada tahun 2014 lalu, jika kalian sebelumnya familiar dengan istilah Smartphone Android Nexus, maka inilah generasi terbarunya, yaitu diberi nama Android One.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Sama, seperti variant Smartphone Android Nexus, pada Android One ini juga program utamanya adalah untuk memperkenalkan OS Android Murni, yang digunakan sebagai OS Android Premier atau yang utama.

Sehingga Smartphone jenis Android One ini akan mendapat banyak keuntungan lain, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Bisa merasakan bagaimana rasanya menggunakan OS Android Murni Original dari Google
  2. Mendapatkan Update versi Android Prioritas / Lebih cepat dari yang lain
  3. Harga jual Smartphone Android One akan lebih murah dibandingkan dengan Smartphone Android yang sudah di Custom

Hal, menarik dari Program Android One ini adalah adanya kerja sama dari pihak Google terhadap Brand Lokal, sehingga Exposure dari pada Brand Smartphone Android Lokal tersebut akan lebih terlihat.

Karena, biasanya ketika sebuah Produsen Smartphone Android sudah melakukan kerja sama dengan Program Khusus milik Google tersebut, maka secara tertulis mereka dianggap kompeten untuk mengeluarkan dan menjual Smartphone Android yang berkualitas.

Dari jejak rekam sejarah, Smartphone Android berbasis Android One ini pertama kali di Implementasikan pada tahun 2014 silam oleh Produk Smartphone Lokal, yaitu

  • Micromax
  • Spice
  • Karbonn

Brand Lokal di Indonesia juga tidak ketinggalan untuk dipercaya menjalankan Program Android One tersebut, Brand yang dipercayakan untuk menjalankan OS Android One asal Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Mito
  • Evercoss
  • Nexia

Selanjutnya, Brand ternama lainnya juga ikut andil bagian dalam Program Android One tersebut, yaitu adalah :

  • Xiaomi
  • Nokia
  • Motorola
  • LG
  • HTC

Android One pertama kali dirilis pada era OS Android 5.0 Lollipop, sehingga basis Android One Pertama kalia memang berada pada versi Android 5.0 tersebut, hingga sekarang nampaknya Program Android One ini masih terus dilakukan dengan tujuan yang masih sama

Yaitu, untuk memperkenalkan OS Android Murni agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna dan mitra.


Android Go


Ini adalah Program Khusus terbaru yang telah digaungkan oleh pihak Google, Systemnya sama saja, yaitu untuk memperkenalkan OS Android Murni agar penggunaannya bisa lebih banyak dan seimbang dengan penggunaan OS Android Custom dari pihak OEM.

Hanya saja, berbeda dengan Program Android One, Program khusus terbaru dari Google yang bernama Android Go ini dikhususkan untuk mengekspansi Smartphone kelas bawah (Entry-level) saja, sehingga Program ini tidak akan mengganggu ekosistem dari pangsa pasar Android One.

Daftar Nama OS Android, Urutan OS Android, Sejarah OS Android, Versi OS Android, OS Android Pertama, Keunggulan OS Android, Pencipta OS Android, Pengembang OS Android, Urutan Daftar Nama OS Android, Urutan Versi Nama OS Android, Perkembangan OS Android, Detail OS Android, Apa saja dalam update OS Android, Update OS Android, Tahun OS Android, Smartphone OS Android, OS Terbaik, Kenapa OS Android, Jumlah versi OS Android, Versi Terbaru OS Android, OS Android Sekarang

Program ini pertama kali di rilis ke Publik pada tahun 2017 dengan menggaet OS Android 8.1 Oreo sebagai basisnya.

Keutamaan dari Program Android Go ini adalah khusus diperuntukan untuk Smartphone Android dengan Spesifikasi rendah dan harga yang murah, seperti Smartphone Android dengan RAM dibawah 1GB, intinya untuk kelas Entry-level.

Meski diterapkan pada Smartphone Android di kelas yang paling rendah, kalian tidak boleh meremehkan OS Android Go ini, karena ada beragam keuntungan yang bisa kalian dapatkan, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Size OS sangat kecil sehingga tidak akan memberatkan Internal Storage
  2. Aplikasi Google juga sudah dikonversi dengan tingkatan Size yang paling rendah tanpa adanya pengurangan fitur dan performa
  3. Kinerja dari OS Android Go ini tetap cepat dan stabil, meski digunakan pada Smartphone Android dengan RAM dibawah 1GB
  4. Mendapatkan Prioritas Update versi OS Android terbaru yang sudah dijamin oleh pihak Google
  5. Harga jual Smartphone Android One ini sangat murah, yaitu dibawah 1.5 jutaan saja

Selanjutnya, sejarah juga mencatat bahwa Brand Pertama yang menggunakan Program Android Khusus Android Go ini adalah sebagai berikut :

  • Nokia
  • ZTE
  • Alcatel

Sekarang ini, setiap versi Android terbaru setelah Android 8.0 Oreo akan terus mendapatkan versi "Go" atau versi ringannya, sehingga pada seri Android 9.0 Pie dan Android 10, kedua buah versi tersebut juga telah dibuatkan versi Go-nya.

Maka, kalian para pengguna Smartphone Android Go ini akan sangat beruntung, karena akan mendapatkan Update OS Android Murni terbaru yang akan lebih cepat dari Brand Smatphone Android Custom manapun.


OS Android bukan OS Mobile Sempurna


Memang cukup sulit untuk mendefiniskan tingkat kesempurnaan suatu Produk, jika yang terbaik, maka benar saja OS Android memang merupakan salah satu OS Mobile terbaik yang ada saat ini, tetapi kalau sempurna itu tidak!

Karena, seperti yang kalian ketahui, OS Android itu sangat rentan terkena masalah, baik itu masalah secara Internal dan External, masalah yang kami maksud disini adalah terkait penurunan Performa jika di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut berkaitan dengan Mekanisme Caching yang harus kita akui tidak sebaik yang ada pada iOS milik Smartphone Apple, hanya saja setiap waktunya OS Android terus di perbaharui agar bisa berjalan dengan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Masalah lain yang kerap muncul ialah terserang Virus dalam kasus ini adalah Malware, karena OS Android merupakan sebuah OS yang bersifat Complex, maka ini juga menjadi sebuah resiko yang harus di hadapi.

Faktor pengguna juga sangat berpengaruh terhadap Performa dan Stabilitas OS Android tersebut, karena jika di gunakan tidak sesuai Standard, maka akan menimbulkan masalah lain, seperti Bootloop, Brick hingga yang paling ringan adalah munculnya kasus Hang yang sangat sering.

Sehingga, OS Android bukan menjadi OS yang sempurna, karena kembali lagi ke definisinya, tidak ada hal yang Sempurna di dunia ini! begitu juga dengan OS Android.

Tetapi, kalian tidak perlu khwatir, karena pihal Google selaku Developer OS Android akan selalu mengembangkan OS satu ini agar bisa tampil lebih Epic pada setiap pembaharuannya.

Dengan demikian, selesailah sudah pembahasan kita pada artikel sederhana ini, tujuannya adalah agar kalian bisa lebih memahami dan bisa mendapat pengetahuan yang luas tentang OS Android melalui sejarahnya dan hal teknis lainnya.

Artikel terkait Daftar OS Android ini akan selalu kami Update jika ada Informasi terbaru yang dirilis Google secara resmi, sehingga semua hal terkait tentang rekam jejak dari OS Android bisa kalian ketahui melalui satu artikel ini saja.

Sekali lagi, OS Android memang menjadi salah satu OS Mobile yang Fenomenal, karena perkembangannya yang sangat cepat dan juga mampu bertahan di era yang cepat berubah seperti sekarang ini dengan melakukan beragam penyesuaian yang dapat menarik hati konsumennya.

Semoga dengan adanya artikel ini wawasan kalian akan bertambah banyak, apalagi jika kalian adalah seorang penggemar berat OS Android, maka informasi diatas harus kalian ketahui.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, bisa menjadikan pembelajaran yang bagus dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot