8/18/2020

Download Realme Flash Tool versi Terbaru

Realme Flash Tool Latest Version

Realme memang menjadi sebuah Brand Smartphone Android yang sangat populer penggunaannya saat ini, terkhusus untuk penggunaan di Negara kita ini, fakta menarik dari Brand satu ini adalah karena usianya yang masih semuru jagung.

Dalam artian Brand satu ini baru ada sejak beberapa tahun terakhir saja, tetapi sudah bisa masuk kedalam Top 5 Best Selling Android Smartphone yang ada di tanah air kita ini, semua ini memang tidak bisa terlepas dari fakta bahwa Produk Smartphone Android dari Realme itu memang memiliki keualitas yang bisa dipertanggung jawabkan.

Ada banyak kelebihan didalam Produk Smartphone Android dari Realme tersebut, terlebih Brand Smartphone Android Realme ini menjadi semakin menarik, karena masih sedarah dengan Brand Oppo.

Dalam hal fitur, kecepatan, spesifikasi, desain dan inovasi, Produk Smartphone Android Realme ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata, dari apa yang kami lihat, Produk Smartphone Android dari Realme ini memang sangat untuk kebutuhan orang Indonesia.

Yang memang menyukai sebuah Smartphone yang kencang, memiliki kamera yang bagus, memiliki desain yang keren, namun dapat dijangkau dengan harga yang masih bisa ditolerir.

Selain itu, fakta yang menjadikan Smartphone Android Realme ini bisa menjadi sesukses sekarang adalah karena mereka memang sangat gencar dalam melakukan kegiatan promosi dengan berkerjasama dengan Brand besar lainnya di Media Cetak, Digital hingga Media Promosi traditional lainnya.

Meski masih sedarah dengan Brand Oppo, namun tampaknya semakin kesini Brand Smartphone Android Realme seakan sudah mulai siap memisahkan diri.

Hal ini, bisa kita buktikan dengan adanya Realme UI yang menjadi Custom ROM resmi untuk Produk Smartphone Android Realme terbaru.

Dimana sebelumnya, yang kita ketahui adalah bahwa Smartphone Android Realme itu menggunakan Custom ROM resmi dari Oppo yaitu adalaj Color OS, tetapi sekarang sudah tidak lagi, karena Realme sudah mulai berevolusi menjadi sebuah Brand yang independent.

Untuk urusan Komunitas, Brand Smartphone Android Realme ini juga memiliki Komunitas resmi yang jumlah anggotannya cukup besar.

Menariknya, Forum Komunitas tersebut disediakan secara resmi oleh pihak Realme dan didalam Forum tersebut, kita akan mendapati banyak hal menarik yang bisa kalian implementasikan ke Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Beberapa hal menarik yang kami maksud disini adalah kemudahan dalam mencari informasi dan resource yang spesifik.

Tujuannya sudah jelas, yaitu untuk kelancaran dan kepuasan dalam menggunakan Snartphone Android dari Realme tersebut.


Support Komunitas Resmi Realme


Berbeda dari Brand Smartphone Android kebanyakan yang beberapa diantaranya memang tidak menyediakan tempat diskusi resmi berupa Forum Komunitas tersebut.

Realme menjadi berbeda, karena sejatinya Forum tempat diskusi untuk para pengguna Smartphone Android Realme tersebut, memang diurus secara serius oleh pihak Realme, sehingga kalian bisa menemukan banyak hal yang mungkin kalian butuhkan dalam Forum Komunitas tersebut.

Untuk bisa mengakes Forum Komunitas Resmi Realme tersebut, kalian hanya perlu mengunjungi alamat situs atau Link URL dibawah ini :


Menariknya, Forum Resmi Realme ini sudah secara resmi tersedia untuk kawasan Regional Indonesia dan juga Support kepada Regional lain, seperti Regional Eropa dan India.

Melalui Komunitas Realme ini, kalian akan bisa menemukan beragam hal yang menarik dan beberapa diantaranya memang akan sangat berguna dan penting untuk kalian, sebagai contohnya seperti :

  1. Tutorial ROOT
  2. Tutorial Unlock Bootloader
  3. Resource Custom ROM
  4. Resource Custom Kernel
  5. Resource Custom Recovery
  6. Resource ROM dan Firmware Resmi
  7. Resource Tool
  8. Bermacam-macam Guide untuk Mod
  9. dll.

Selain itu, kalian pun juga akan bisa melakukan tanya jawab kepada mereka yang memang sudah ahli dalam mengatasi kasus tertentu, sehingga kalian bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang kalian alami pada Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Menariknya, ketersediaan Resource yang ada di Forum Komunitas Realme tersebut selalu saja diperbaharui dan selalu saja di perbesar skalanya, agar bisa menjangkau ke semua seri Smartphone Android dari Realme tersebut.

Salah satu hal yang paling menarik perhatian belakangan ini, ialah sekarang kalian tidak perlu lagi menggunakan Tool Flasher pihak ke-3 seperti QFIL ataupun SP Flash Tool, karena sekarang pihak Realme sudah menyediakan Tool untuk bisa melakukan tindakan Flashing tersebut secara resmi.

Tool khusus ini diberi nama Realme Flash Tool, karena Tool ini baru saja dibuat dan dirilis kepublik, maka mungkin untuk fitur dan dukungannya masih belum bisa luar menjangkau seri Smartphone Android Realme yang lain.

Lalu, apa sih sebenarnya kegunaan utama dari Realme Flash Tool tersebut?


Fungsi Realme Flash Tool


Jika kita berbicara terkait fungsi, maka sudah jelas, fungsi utama dari Tool ialah bisa dimanfaatkan untuk melakukan tindakan Flashing.

Namun, jika kalian ada seorang pengguna Smartphone Android awam, mungkin akan cukup kebingungan dengan istilah tersebut, maka disini akan kami gambarkan sedikit terkait apa sih tindakan Flashing tersebut.

Mudahnya, Flashing adalah tindakan yang dilakukan pengguna Smartphone Android terkait untuk bisa menginstall ulang Firmware yang digunakan.

Melakukan Flashing tersebut, hampir mirip seperti melakukan Hard Reset ataupun Full Wipe, hanya saja perbedaanya disini adalah tindakan Flashing tersebut akan berdampak bukan hanya pada System OS Android utama saja, melainkan lebih jauh lagi, hingga ke sektor Bootoader, Recovery, User Data dan lainnya.

Selanjutnya, tindakan Flashing ini juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan melakukan Upgrade OS Android atau Upgrade versi Firmware Realme yang digunakan.

Lebih dalam lagi, tindakan Flashing tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi beragam permasalahan, seperti :

  1. Mengatasi Bootloop.
  2. Mengatasi Brick / Stuck / Deep Dead.
  3. Mengatasi permasalahan Smartphone Android Realme sering Restart.
  4. Mengatasi permasalahan leletnya kinerja OS Android.
  5. Mengatasi Internal Storage yang kian menipis kapasitasnya.
  6. Mengatasi beragam Bugs yang terdapat pada Firmware.
  7. dll.

Dari fungsi yang telah kami gambarkan diatas, tentu saja melakukan tindakan Flashing tersebut akan sangat penting dan mendesak untuk kalian lakukan dalam kondisi tertentu.

Tentu saja, melakukan Flashing itu bukan menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika Tool dan Resource yang diperlukan itu sulit untuk didapatkan.

Maka, beruntunglah para pengguna Smartphone Android Realme tersebut, karena sekarang pihak Realme sudah memfasilitasi para penggunaanya jika ingin melakukan tindakan Flashing tersebut.

Sehingga, kalian tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari sumber daya atau resource yang akan diperlukan dalam tindakan Flashing yang ingin kalian lakukan.

Cukup kunjungi Forum Komunitas Resmi Realme, maka kalian bisa mendapatak Resource yang kalian perlukan untuk melakukan Flashing di Smartphone Android Realme tersebut.

Namun, sebelum kalian melakukan Flashing pada Smartphone Android Realme tersebut, kalian harus mengetahui dan mempelajari beberapa persyaratan agar bisa menggunakan Realme Flash Tool tersebut.

Lalu, apa saja sih persyaratan untuk bisa menggunakan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut?


Syarat menggunakan Realme Flash Tool


Perlu kalian ketahui dulu disini, tentu kalian tidak bisa langsung menggunakan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, karena memang ada beberapa persyaratan dalam penggunaannya.

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah Aplikasi Realme Flash Tool ini merupakan sebuah Software yang dijalankan melalui Media Perangkat Komputer Desktop dalam kasus ini adalah Perangkat Komputer dengan OS Windows.

Artinya, jika kalian ingin melakukan Flashing pada Smartphone Android Realme yang kalian miliki, maka prosesnya tentu akan melibatkan media Perangkat Komputer Desktop dengan media penghubungnya adalah Kabel USB.

Selanjutnya, Aplikasi Realme Flash Tool ini baru akan bisa berkerja atau bisa berguna jika Smartphone Android Realme kalian sudah mendapatkan status Unlock Bootloader.

Nah, untuk mendapatkan status Unlock Bootloader tersebut, tentu kalian harus melewati beberapa langkah dan proses sebelumnya.

Namun, kalian tidak perlu khawatir karena pihak Realme juga memberikan dukungan penuh kepada penggunaanya jika ingin melakukan Unlock Bootloader tersebut, karena mereka secara resmi telah membuat dan mendistribusikan Resource untuk keperluan Unlock Bootloader tersebut, kalian bisa melihat Resource yang kami maksud pada halaman dibawah ini :


Lalu, persyaratan selanjutnya adalah kalian memerlukan Mode Fastboot untuk bisa melakukan proses Flashing tersebut.

Perlu kalian ketahui, Mode Fastboot ini hanya akan bisa aktif sepenuhnya jika Smartphone Android Realme kalian sudah dalam status Unlock Bootloader.

Terakhir, Aplikasi Realme Flash Tool ini membutuhkan sebuah Firmware dengan jenis yang spesifik, yaitu adalah Firmware dengan Ekstensi (.OFP).

Bagaimana dengan File ROM Realme dengan Ekstensi (.OZIP)?

Sayangnya, Ekstensi File ROM Realme (.OZIP) tidak akan bisa digunakan pada Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, karena yang dibutuhkan disini ialah Firmware dan bukan ROM, sehingga File (.OZIP) tentu tidak akan bisa digunakan pada kasus ini.

Namun, kalian tidak perlu khawatir karena kalian bisa dengan mudah menemukan Firmware yang dibutuhkan tersebut di Forum Komunitas Realme yang sudah kami jelaskan diatas.

Bagian yang terpentingnya adalah dimana kalian bisa mendapatkan atau mendownload Aplikasi Realme Flash Tool tersebut?


Download Aplikasi Realme Flash Tool (Windows)


Tenang saja, kalian tidak perlu mencarinya kemana-mana, karena disini sudah kami sediakan Resource Tool yang kalian butuhkan.

Sejauh ini, karena masih baru maka hanya terdapat beberapa versi saja dari Aplikasi Realme Flash Tool tersebut.

Pastikan kalian selalu menggunakan versi Aplikasi Realme Flash Tool yang paling baru, karena sudah minim Bugs dan sudah Support ke banyak seri Smartphone Android Realme.

Selain itu, Aplikasi Realme Flash Tool ini kami letakan di Google Drive, sehingga kalian akan bisa langsung mendownload Tool satu ini secara cepat dan tanpa perlu bertele-tele.

Berikut adalah beberapa versi Aplikasi Realme Flash Tool yang kami miliki, sekali lagi usahakan gunakan versi yang paling baru :


Password : dadroidrd.com

Jika sudah kalian Download, lalu bagaimana cara Installasi Aplikasi Realme Flash Tool tersebut di Komputer / Laptop Windows yang kalian miliki?

Jika, kalian bingung, silahkan ikuti caranya dibawah ini.


Cara Install Realme Flash Tool di OS Windows


Sebelum itu, perlu kalian ketahui dulu Aplikasi Realme Flash Tool ini sudah Support sepenuhnya kepada versi OS Windows 7, 8, 8.1 dan juga 10, lalu Aplikasi Realme Flash Tool ini juga sudah Support ke versi 32-bit dan 64-bit OS Windows.

Sehingga, kami pikir aplikasi ini pasti akan bisa berjalan dengan baik dan lancar pada setiap versi OS Windows modern.

Untuk bisa menggunakan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, kalian hanya perlu mengikuti beberapa intsruksi dibawah ini saja :

  1. Extract File Realme Flash Tool dengan Password yang sudah kami sertakan diatas.
  2. Karena Tool ini sudah bersifat Portable, maka kalian tidak perlu melakukan Proses Installasi.
  3. Untuk bisa menjalankan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, kalian hanya perlu membukanya seperti membuka Aplikasi Windows pada umumnya.
Realme Flash Tool Latest Version
  1. Pastikan kalian menjalankan Aplikasi ini dengan Run As Administrator, agar tidak Crash saat dibuka dan dijalankan.
Realme Flash Tool Latest Version
  1. Setelahnya, maka Aplikasi Realme Flash Tool akan terbuka dan siap untuk kalian gunakan.
Realme Flash Tool Latest Version
  1. Done!

Sampai sini, harusnya kalian sudah bisa membuka dan menggunakan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, tetapi apakah Tool ini membutuhkan sebuah USB Driver khusus agar bisa berkerja maksimal?

Faktanya iya, tetapi bukan sebuah USB Driver yang spesifik, untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan detailnya dibawah ini.


USB Driver untuk menjalankan Realme Flash Tool


Pada kenyataannya, Tool ini memang membutuhkan sebuah USB Driver agar bisa mendeteksi koneksi dari Smartphone Android Realme yang telah kalian koneksikan ke Komputer Desktop Windows dengan media penghubung Kabel USB.

Nah, untuk bisa menginstall USB Driver untuk Smartphone Android Realme tersebut, kalian bisa melakukannya dengan 2 buah cara dibawah ini, yaitu :


Menginstall USB Driver Realme secara manual


Berikut adalah halaman panduan dan tata cara Install Realme USB Driver di OS Windows yang bisa kalian ikuti :



Install USB Driver Realme dari Aplikasi Realme Flash Tool


Selanjutnya, kalian pun juga bisa menginstallkan USB Driver tersebut langsung melalui Aplikasi Realme Flash Tool tersebut, cara ini tentu akan lebih mudah dilakukan dari pada cara manualnya.

Berikut adalah cara pemasangan USB Driver Realme, langsung dari Aplikasi Realme Flash Tool :

  1. Buka Aplikasi Realme Flash Tool.
  2. Pilih dan tekan Menu Driver.
Realme Flash Tool Latest Version
  1. Setelahnya, silahkan pilih opsi Install.
Realme Flash Tool Latest Version
  1. Done!

Nah, dengan mengikuti 2 cara diatas, maka USB Driver yang diperlukan untuk bisa menjalankan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut sudah bisa terpenuhi sepenuhnya.

Setelahnya, kalian bisa langsung melakukan tindakan Flashing yang kalian inginkan, perlu kami ingatkan sekali lagi, pastikan semua persyaratan yang sudah kami sampaikan diatas, sudah kalian penuhi semuanya.


Aturan mutlak penggunaan Aplikasi Realme Flash Tool


Satu hal lagi yang harus kalian pahami sebelum kalian menggunakan Aplikasi Realme Flash Tool tersebut untuk keperluan Flashing.

Hal ini menjadi sangat penting untuk kalian ketahui, karena bisa menjadi masalah jika kalian menyepelekannya, yaitu adalah kalian tidak diperkenankan melakukan Downgrade versi Firmware Realme dengan menggunakan Tool satu ini.

Jika, kalian paksakan, maka Smartphone Android Realme kalian akan menjadi Bricked dan tidak bisa Booting dengan sempurna, dalam beberapa kasus melakukan Downgrade versi Firmware dengan Aplikasi Realme Flash Tool ini akan bisa merusak Bootloader pada Smartphone Android Realme terkait.

Sehingga, pastikan kalian tidak melakukan Flashing versi Firmware lawas dibawah versi yang sedang digunakan pada Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Selanjutnya, meski belum pernah kami buktikan sendiri, kabarnya Aplikasi Realme Flash Tool ini memang hanya akan bisa berkerja kepada Firmware yang sudah menggunakan basis Realme UI dengan minimal versi Android 10.

Jika kalian paksakan, melakukan Flashing Firmware dengan jenis Firmware berbasis Color OS dengan versi Android 9 misalnya, maka bisa jadi akan menimbulkan masalah Brick juga.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap kalian bisa paham dan mengerti terkait penggunaan dari Tool hebat satu ini.

Selanjutnya, untuk Resource Aplikasi Realme Flash Tool ini akan selalu kami update versinya, jika memang versi terbaru sudah dirilis kepublik.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian harapkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Tags :

Published by : Philiadi Agung Wicaksana

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot