Cara cek status dan Relock Bootloader Xiaomi


Dadroidrd.com, Setelah sebelumnya sudah di jelaskan secara rinci dan detail tentang cara Unlock Bootloader pada beberapa jenis smartphone Xioami, kini saatnya akan di jelaskan kembali tentang bagaimana cara melakukan Relock Bootloader kembali pada device Xiaomi, selian itu pada artikel kali ini juga akan di sertakan cara untuk melihat status dari kondisi Bootloader pada device Xiaomi apakah sudah Unlock atau masih Lock.

Untuk kita ketahui bersama pihak Xiaomi tidak merekomendasikan tentang kegiatan Unlock Bootloader ini, tetapi bagi sebagian user Xiaomi cara pertama dan syarat wajib memaksimalkan kinerja dan fungsi dari device ini adalah dengan cara melakukan Unlock Bootloader, tetapi untuk kabarnya jika device yang sudah dalam keadaan Unlock Bootloader maka garansi device tersebut akan hilang, dan hal ini akan sangat berbahaya jika kalian membeli device ini secara second tanpa tahu keadaan dari Bootloader device tersebut, dan perlu kalian ketahui bahwa tutorial dalam melakukan check kondisi bootloader ini juga dapat di pakai pada seri semua seri smartphone Xiaomi.

Baca juga :
Perhatikan ini! bahaya Unlock Bootloader bagi device kalian

Untuk melakukan tutorial ini kalian perlu sebuah driver yang disebut dengan ADB, Fastboot, dan juga driver USB sendiri, tetapi jangan kwatir semua driver dapat di download dan di pasang dengan mudah DISINI.

Setelah semua driver terpasang selanjutnya kita perlu mencek kondisi bootloader terlebih dahulu dengan cara :
1. Pastikan device Xiaomi sudah masuk dalam keadaan mode fastboot, dengan menekan tombol Volume down (-) dan Power berbarengan ketika device dalam keadaan power off.
2. Selanjutnya koneksikan device yang sudah masuk dalam mode fastboot tersebut ke PC atau Laptop kalian dengan menggunakan USB Cable.
4. Buka Command prompt (CMD) kemudian tuju direktori files driver adb dan fastboot tadi, dengan mengetikan perintah fastboot devices maka setelah itu akan terlihat device kalian ter indek kalau sudah terkoneksi dengan baik.
5. Langkah selanjutny kalian harus mencek kondisi bootloader kalian dengan mengetik perintah fastboot oem device-info lalu akan terlihat seperti ini jika sudah dalam kondisi unlock bootloader.
dan seperti ini jika masih dalam keadaan locked bootloader.
6. Nah, jika pada kondisi ini device kalian sudah ter unlock bootloader dan kalian ingin melakukan relock bootloader, silahkan ketikan perintah ini fastboot oem lock pada jendela CMD.
7. Proses relock hanya akan berlangsung hanya beberapa detik saja, dan untuk mengakhiri proses relock bootloader, ketikan perintan fastboot reboot untuk melakukan restart pada device kalian, tunggu hingga booting sempurna maka device kalian sudah berhasil relock bootloader dengan baik.

Baca juga :
Cara mudah atasi gagal unlock bootloader Xiaomi 100% berhasil

Dengan demikian cara relock bootloader ini tergolong lebih mudah dari cara unlock bootloadernya yang sedikit rumit, tetapi meski mudah tetap saja harus hati-hati dalam pengerjaannya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

sumber en.miui

0 komentar: