RILIS ARTIKEL TERBARU

Recovery Android, Apa itu Recovery Android, Pengertian Recovery Android, Kegunaan Recovery Android, Fitur Recovery Android, Keuntungan pakai Recovery Android, Cara Pasang Recovery Android, Kekurangan Recovery Android, Bahaya Recovery Android, Sejarah Recovery Android, Masalah Recovery Android, Perbedaa Custom Recovery dan Stock Recovery, Recovery Android solusi, Mengatasi masalah dengan Recovery Android, Referensi Recovery Android, Asal Recovery Android, Recovery Android Terbaik

Memegang predikat sebagai sebuah OS Mobile untuk Perangkat Pintar, sudah pasti OS Android itu harus memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang segala macam kebutuhan dari penggunannya, pada faktanya OS Android itu tidak mengecewakan dan bisa mengadopsi semua kebutuhan dasar tersebut.

Setiap tahunnya kita selalu saja di buat takjub dengan perkembangan OS Android yang begitu cepat dalam menghadirkan teknologi dan inovasi yang mutakhir, hal ini memang tidak terlepas dari siapa pengembang di balik OS Android tersebut.

Ya! mereka adalah Google dan mereka adalah pengembang utama dari OS Android tersebut, selanjutnya OS Android tidak akan bisa secepat dan sebesar sekarang jika tidak ada dukungan dari Komunitas OS Android yang memang telah kian semakin membanyak dan membesar sekarang ini.

Berterima kasihlah karena OS Android itu adalah merupakan sebuah Project Open Source, dengan demikian siapa saja bisa berkesempatan untuk mengembangkan OS Android tersebut, baik dengan Grup Development, Agency, Corporate hingga Individual, semua yang memiliki Skill dan pengetahuan yang cukup baik, maka bisa saja untuk mencoba pengembangan pada OS Android tersebut.

Pengembangan yang dimaksud disini, bukan hanya pengembangan dari segi System OS saja, melainkan dari Aplikasi Android, Fitur, Performance, Modifikasi atau Rekayasa Konfigurasi, hingga hal lainnya.

Sehingga sekarang ini ada begitu banyak Tools baik itu yang langsung terkait di OS Android, hingga Tool pembantu yang di jalankan dari Media Pihak Ke-3 dalam kasus ini adalah Media Perangkat Komputer, alhasil User Smartphone Android sekarang ini bisa lebih leluasa untuk memaksimalkan penggunaan dari OS Android tersebut.

Intinya, OS Android itu sarat akan Fleksibilitas, sehingga OS ini tidak kaku dan terkesan selalu berkembang seiring dengan perubahan zaman.

Baiklah, kita akan masuk ke dalam pembahasan utama kita, sebelumnya kami sudah menyinggung terkait Tool pada OS Android tersebut, maka disini kami akan memperjelas maksud tersebut.

Tool disini bukanlah merupakan sebuah aplikasi, melainkan sebuah Tool yang memang berjalan beriringan dengan OS Android tersebut, sebenarnya OS Android itu memiliki beberapa Tool yang pasti ada seperti Tool Fastboot, ADB hingga Mode Emergency.

Tetapi, yang akan kita bahas kali ini bukanlah Tool yang sudah kami sebutkan diatas, melainkan sebuah Tool yang sangat penting dan sangat besar pengaruhnya pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, yaitu adalah Tool Recovery.


Recovery Android


Karena OS Android itu di tujukan untuk Perangkat Pintar dalam kasus ini adalah Smartphone, maka kebutuhan terkait fitur Recovery memang harus ada, karena dengan adanya Recovery ini, maka sudah jelas penggunaan pada OS Android akan lebih aman dan tentu saja akan menjadi menyenangkan.

Karena pada User Smartphone Android bisa dengan mudah melakukan Kontrol terhadap OS yang mereka gunakan secara penuh, lalu apa sih Recovery Android tersebut?

Recovery Android adalah sebuah Tool yang langsung terintegrasi dengan System utama OS, yang bisa di gunakan untuk beragam kepentingan yang tidak bisa di lakukan pada Mode Normal (Surface Mode).

Sehingga, Recovery ini adalah sebuah Tool yang hanya bisa di jalankan di balik System, artinya Recovery ini mendapat tempatnya sendiri di dalam sebuah satu kesatuan Ekosistem OS tersebut.

Penggunaan Recovery ini langsung terhubung dengan System, sehingga segala apapun yang kalian lakukan di Mode Recovery Android tersebut, maka akan langsung berdampak kepada System OS tersebut.


Awal Kemunculan Tool Recovery Android


Tidak di ketahui persis kapan Tool Android ini ada, apakah waktu pertama OS Android itu di buat sudah ada Tool Recovery atau tidak, semuanya tidak di ketahui, karena memang tidak ada Informasi terkait hal tersebut.

Tetapi, ada satu sejarah yang tidak boleh terlupakan, yaitu Tool Android Recovery ini bisa sebesar sekarang karena dulunya adalah sebuah Tool Recovery Traditional buatan member Komunitas OS Android yang bernama CWM Android Recovery.

Lalu, dari situlah di mulai eranya Custom Recovery Android tercipta, ada klaim yang menyebutkan bahwa CWM ini tercipa atas dari bentukan dari Source Android Recovery dari Samsung dan ada juga yang mengatakan dari HTC, semuanya masih abu-abu dan tidak ada kepastian dari kebenaran dari Informasi tersebut.

Kami sendiri baru menggunakan Custom Recovery dari zaman CMW Recovery dan CWM ini berubah menjadi Cikal Bakal Custom Recovery Professional seperti TWRP dan lainnya di zaman sekarang ini.

Sehingga, awal kemunculan Tool Recovery Android tersebut memang mulai ramai di kenal, ketika CMW Recovery sudah hadi, karena sekarang ini CMW Recovery banyak di jadikan basis utama dalam pembuatan Stock Recovery dari OEM, maupun untuk pembentukan Custom Recovery dari tangan-tangan para Third Party Developer.


Ketersediaan Recovery Android


Jika, kita berbicara soal ketersediaan Tool Recovery di OS Android secara Default, jelas saja jawabannya adalah Optional, karena Tool Recovery ini memang tidak ada secara Default pada OS Android Murni yang berasal dari Google.

Tool Recovery ini baru akan ada karena sudah di Implementasikan oleh para OEM dan di suntikan ke Firmware masing-masing Brand Smartphone Android, sehingga ketersediaan dari Tool Recovery ini jelas saja berbeda dari OEM yang satu dengan OEM yang lainnya.

Misalkan seperti ini di Brand Samsung dan Oppo, mereke menyertakan sebuah Tool Recovery secara Default. Namun, di Brand OEM seperti Sony mereka tidak menyertakannya.

Tetapi, kalian sebagai pengguna OS Android, di pastikan Tetap bisa menikmati Tool Recovery tersebut, dengan cara memasangkannya secara Custom, sehingga disini ada 2 Definisi untuk mengartikan jenis Recovery yang ada pada OS Android, yaitu adalah Stock Recovery dan Custom Recovery, apa bedanya?


Arti Stock Recovery dan Custom Recovery


Melanjutkan dari pembahasan diatas, maka disini ada 2 buah Klasifikasi jenis dari Tool Recovery yang ada pada Smartphone Android yaitu adalah berbentuk Stock dan Custom, maka jika kita artikan akan menjadi penjelasan sebagai berikut :

  1. Stock Recovery adalah sebuah Tool Recovery yang di kembangkan oleh OEM / Brand secara Ekslusif untuk jajaran Smartphone buatan mereka, Tools Recovery ini biasanya memiliki fungsi yang terbatas.

Karena memang hanya di tujukan untuk tindakan Upgrade ROM dan beberapa keperluan dasar seperti Factory Reset saja, selebihnya hampir semua Stock Recovery di Smartphone Android itu di buat dengan tampilan dan fitur yang sederhana.

  1. Custom Recovery adalah sebuah Tool Recovery yang telah di sempurnakan untuk menjangkau lebih banyak penggunaan dan di buat dengan fitur yang sudah Lebih Canggih dari Stock Recovery, Custom Recovery ini tercipta dari tangan handal di Komunitas OS Android, dan sekarang ini Custom Recovery sudah ada banyak sekali jenisnya yang bisa dengan bebas kalian pakai.

Umumnya Custom Recovery ini menjual lebih banyak keunggulan dan keuntungan di bandingkan Stock Recovery, hebatnya lagi, hampir semua Smartphone Android yang ada saat ini memiliki peluang untuk bisa menggunakan Custom Recovery tersebut, asalkan Source Kernel Code atau Branch Code sudah di rilis oleh pihak OEM bersangkutan ke Publik.

Sehingga, disini kalian sudah bisa mengetahui perbedaa dari kedua jenis Klasifikasi Tool Recovery yang ada di OS Android tersebut, sehingga kalian tidak akan salah lagi dalam mengartikan jenis dari Recovery tersebut.

Lalu, apa saja kegunaan yang ada pada Recovery Android tersebut?


Kegunaan Recovery Android


Jika kita berbicara terkait kegunaan, sudah jelas Tool Recovery ini banyak memiliki kegunaan, baik itu untuk versi Stock Recovery maupun Custom Recovery.

Recovery Android, Apa itu Recovery Android, Pengertian Recovery Android, Kegunaan Recovery Android, Fitur Recovery Android, Keuntungan pakai Recovery Android, Cara Pasang Recovery Android, Kekurangan Recovery Android, Bahaya Recovery Android, Sejarah Recovery Android, Masalah Recovery Android, Perbedaa Custom Recovery dan Stock Recovery, Recovery Android solusi, Mengatasi masalah dengan Recovery Android, Referensi Recovery Android, Asal Recovery Android, Recovery Android Terbaik

Disini ada kegunaan Mutlak dari penggunaan Recovery tersebut ataukita bisa sebutkan bahwa kegunaan inti dari Tool Recovery Android tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Flash >> Adalah sebuah fitur untuk Mengubah isi System dengan cara mekanisme seperti melakukan Install Ulang OS, tetapi di Tool Recovery ini skala Flashnya lebih kecil, yaitu hanya sebatas System dan Kernel, fitur Flash ini juga akan sangat dibutuhkan, ketika kalian ingin melakukan ROOT pada Smartphone Android yang kalian miliki.
  1. Upgrade >> Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, fungsi Tool Recovery sebenarnya lebih banyak di tujukan untuk bisa melakukan Upgrade versi ROM secara otomatis, sehingga kalian tidak akan pernah ketinggalan untuk menggunakan atau mencoba versi terbaru dari ROM yang kalian gunakan sekarang.
  1. Wipe >> Atau mudahnya kita sebut dengan Factory Reset, ya! fitur ini adalah sebuah fitur penting untuk mereset semua konfigurasi dan data yang ada di System OS Android dengan sangat cepat dan mudah.
  1. Backup & Restore >> Sama seperti Tool Recovery pada umumnya untuk suatu System Operasi, Tool Recovery di Android juga bisa di gunakan untuk melakukan Backup dan Restore Data Firmware secara utuh, keunggulannya adalah kalian bisa melakukan Backup secara 100% Include dengan semua data dan settingan, lalu kalian pun juga bisa melakukan Restore secara 100% juga.
  1. Mount (MTP) >> Tool Recovery ini juga bisa di manfaatkan untuk tindakan Mass Storage, fitur ini akan sangat di butuhkan ketika Smartphone Android kalian sedang mengalami masalah dan tidak bisa Booting, maka fitur ini akan sangat berguna di gunakan untuk mengakses Internal Storage, guna untuk memindahkan Data atau hal teknis lainnya.
  1. Berpindah Mode >> Tool Recovery di Android juga bisa kalian manfaatkan untuk berpindah dari Mode satu ke Mode lainnya, misalnya dari Normal Mode ke Bootloader Mode, semua itu bisa di lakukan dengan Tool Recovery tersebut.


Bagaimana? sudah paham terkait fitur dan kegunaan utama dari Tool Recovery yang ada pada OS Android? tetapi, kalian harus tahu bahwa Kegunaan Tool Recovery Android diatas lebih banyak di temukan pada Custom Recovery, karena memang lebih kaya Fitur dari pada Stock Recovery.

Misalkan seperti ini, Custom Recovery bisa di gunakan untuk melakukan Flash bukan hanya File sebatas (.zip), bahkan bisa di gunakan untuk melakukan Flash dengan ekstensi File (.img) yang tentu saja, hal ini tidak akan bisa di lakukan oleh Stock Recovery.

Selanjutnya, untuk masalah Wipe sendiri, Custom Recovery juga lebih handal, karena menyertakan Opsi lengkap seperti, Wipe System, User Data, Partition, Internal Storage dan Dalvik (Cache), kalian bisa memilih Opsi mana yang akan kalian Wipe.

Tetapi, hal tersebut tidak akan bisa di lakukan dengan Stock Recovery, karena mekanisme Wipe pada Stock Recovery adalah Full Everythings, artinya Wipe akan di lakukan secara penuh tanpa pandang bulu, sehingga segala sesuatu yang ada di dalam OS maupun Storage akan hilang.

Sehingga, jika kita berbicara terkait Professionalism, maka sudah jelas Custom Recovery akan menang banyak di bandingkan Stock Recovery.


Android Recovery sebagai sebuah Solusi


Sama seperti Tool Recovery di OS Windows atau di OS lainnya, sejatinya fungsi utama dari Tool Recovery di Android itu sama saja, yaitu bisa di gunakan untuk mengatasi beragam masalah yang ada pada OS Android itu sendiri.

Sehingga Tool Recovery itu sangat Ideal di gunakan dalam keperluan Maintenance, Repairing, Upgrading dan juga Fixing.

Seperti yang kalian ketahui, OS Android itu bukanlah OS Mobile yang sempurna, meski menjadi OS Mobile Terbaik dengan pengguna yang sangat banyak dari seluruh dunia, tetap saja seiring waktu pemakaiannya, OS Android tersebut bisa saja memunculkan beragam masalah.

Hebatnya, lagi sebagian masalah tersebut bisa terselesaikan dengan mudah, hanya dengan bermodalkan Tool Android Recovery saja, lalu masalah apa saja yang bisa di selesaikan oleh Tool Recovery Android tersebut? berikut adalah masalah-masalah yang kami maksud :

  • Bootloop
  • Brick
  • Stuck
  • Hang
  • Tertinggal Versi OS Android
  • Firmware / ROM Bugs

Semua masalah diatas, sebenarnya bisa di selesaikan dengan Tool Recovery Android, yaitu dengan memanfaatkan kegunaan Fitur dari Flash dan juga Wipe, maka semua masalah diatas akan teratasi dengan cepat dan instant.

Hanya saja, secara teknisnya mungkin tidak akan semudah itu, karena kalian perlu Custom ROM untuk mengatasi masalah Tertinggal Versi OS Android tersebut, tidak tahu apa itu Custom ROM dan cara Installnya? pelajari dari halaman di bawah ini :


Selanjutnya, untuk mengatasi beragam masalah seperti Bootloop, Brick dan lainnya, tentu saja kalian sangat memerlukan Fitur Full Wipe (Factory Reset) yang akan mengembalikan semua Settingan Error ke Settingan Semula (Pabrikan / Standard OEM), sehingga masalah Hang, Stuck, Bootloop dan Brick tersebut bisa diselesaikan, tanpa perlu melakukan Flash (Install Ulang).

Selanjutnya kalian pun bisa dengan mudah mengatasi masalah Bugs yang ada di Firmware Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, dengan melakukan Flash terhadap File Fixing yang telah tersedia untuk kalian gunakan.

Bayangkan saja, masalah yang bisa jadi terhitung besar seperti yang kami jelaskan diatas, bisa dengan mudah dan cepat terselesaikan dengan hanya Tool Android Recovery saja.

Sehingga, pada Scene ini kalian harusnya sudah paham bahwa Tool Recovery Android tersebut memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan kalian dalam menggunakan Smartphone berbasis OS Android.


Custom Recovery Paling Populer


Tentu saja, kalian juga akan membutuhkan Informasi ini, karena dari yang sudah kami gambarkan diatas, menggunakan Custom Recovery itu lebih menguntungkan dari pada Stock Recovery, terlebih jika tidak ada Stock Recovery pada Smartphone Android yang kalian gunakan, maka sudah jelas kalian akan mencari Custom Recovery terbaik, bukan?

Disini kami punya jawabannya, Custom Recovery terbaik menurut kami yang ada sekarang ini, yaitu adalah TWRP atau Team Win Recovery Project dan kami percaya bahwa banyak User Smartphone Android yang juga setuju dengan hal ini.

Karena, di bandingkan Custom Recovery lain, Komunitas di Custom Recovery TWRP ini lebih banyak dan besar, sehingga TWRP ini selalu saja menjadi yang terbaik dalam urusan Fitur, Update dan juga Stabilitas, intinya tidak perlu di ragukan lagi kehebatan dari TWRP tersebut!

Tertarik menggunakan TWRP?

Silahkan ikuti cara pasang / install TWRP di Android pada halaman di bawah ini :


Lalu, bagaimana dengan Custom Recovery lain? disini kami tidak bisa menjawabnya, karena biasanya di masing-masing Forum Diskusi setiap Seri Smartphone terdapat jenis Tool Recovery yang berbeda-beda yang muncul dari tangan Developer (Grup) terkenal, maupun terbaut dari Kreasi Individu.

Kalau saran dari kami, kalau memang TWRP tersebut tersedia, maka lebih baik gunakan TWRP saja, karena selama beberapa tahun belakangan, TWRP selalu saja menjadi Custom Recovery paling baik dan tak ada yang bisa menyainginya hingga sekarang.

Dengan demikian, tuntas sudah pembahasan kita kali ini, yaitu terkait masalah pengetahuan dasar dari Tool Recovery yang ada di OS Android tersebut.

Dan pada artikel ini kalian juga bisa mengetahui bahwa Tool Recovery di Android tersebut ada Klasifikasinya dan kalian harus bisa memahami hal tersebut, kami sadar artikel ini bukan menjadi artikel pembahasan Tool Android Recovery yang terbaik dan terlengkap.

Tetapi, paling tidak dasar-dasar yang harus kalian ketahui terkait Tool Recovery Android sudah bisa kalian pahami dari tulisan artikel sederhana diatas.

Sehingga, jika kalian bisa memahami dan bisa memanfaatkan Tool Recovery Android tersebut sebaik mungkin, maka akan kami pastikan menggunakan Smartphone Android tidak akan menjadi membosankan lagi, karena ada banyak hal besar yang baru bisa kalian lakukan, jika Tool Recovery ini sudah bisa kalian maksimalkan.

Maka, pelajari hal tersebut, karena manfaatnya ada begitu banyak, akhir kata, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian dan semoga artikel ini bermanfaat serta bisa memberikan nilai Positive untuk kalian. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot