RILIS ARTIKEL TERBARU :

android jadi lambat, atasi android yang lemot, kenapa android jadi lambat, atasi masalah android lambat

Bagi semua pengguna smartphone android pasti pernah merasakan device yang semakin melambat dibandingkan saat pertama kali mengoperasikan device tersebut, kejadian tersebut pasti akan terjadi dan amat terasa jika sudah menggunakan device tersebut selama 3 bulan lebih padahal dengan pemakaian yang wajar saja, lalu apakah hal tersebut wajar atau ada sesuatu yang salah pada device android yang kita miliki ?

Dengan pertanyaan diatas DadroidRD akan menjawab hal tersebut dengan jelas, bahwa kebenarannya adalah ya smartphone android akan semakin melambat jika dipakai secara terus menerus dalam seiring berjalannya waktu, mengapa begitu ? karena secara tidak sadar kalian menginstall banyak aplikasi yang menurut kalian wajib di install dan terus melakukan hal itu dan memakainya secara rutin disamping itu kebutuhan kalian yang terus ada dan terus memenuhi kapasitas memory internal dan RAM kalian dengan hal tersebut inilah yang menjadi alasan mengapa device kalian menjadi melambat dengan seiring bertambahnya umur device smartphone kalian.

Lalu bagaimana detail dari hal tersebut ?
1. Aplikasi terinstall semakin banyak
Ini adalah salah satu penyebab device android kalian melambat karena semakin banyak aplikasi yang kalian install maka akan semakin banyak pula memakan kapasitas memory kalian dan tentu saja akan semakin banyak memakan kapasitas RAM dan akhirnya respon device kalian akan semakin melambat dalam menjalankan aplikasi, dan hal ini akan semakin parah jika kalian melakukan multitasking beberapa aplikasi secara bersamaan.

2. Memory internal yang penuh
Perlu kalian ketahui sebenarnya memory internal kalian tidak boleh dihabiskan semuanya dan harus menyisakan space yang dibutuhkan oleh system karena jika itu terjadi device akan semakin melambat karena kecepatan memory internal juga berpengaruh terhadap performa device kalian, dengan dasar bahwa memory internal ini digunakan oleh system dalam mengolah data dan mengeksekusi konfigurasi yang sudah diatur di device android kalian, jika semakin parah penyakit random reboot bakal sering terjadi pada device android kalian karena ke tidak cukupan space memory tersisa ini.

3. Cache yang semakin menumpuk
Hal ini pasti akan membuat device kalian melambat dan sudah terbukti cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan membuat jenis smartphone android apa saja melambat dan dipastikan akan mengganggu performa device kalian, efek terburuk dari cache ini adalah load system yang lama karena system membutuhkan waktu untuk membaca cache yang sudah menumpuk untuk di eksekusi, dan bagi aplikasi yang cachenya sudah menumpuk pasti akan berat sekali performanya dari mulai navigasi hingga eksekusinya.

Lalu apa yang perlu kalian lakukan untuk mengatasi smartphone yang semakin melambat
1. Memberikan ruang space yang tersisa untuk memory internal idelanya kalian perlu menyediakan space sebesar 1GB untuk memory internal ini.

2. Menghapus aplikasi yang jarang dipakai untuk melegakan RAM.

3. Hindari pemakaiannya multitasking berlebih, sesuaikan dengan kapasitas RAM yang kalian miliki, semakin besar kapasitas RAM semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan.

4. Bersihkan cache secara berkala, dengan aplikasi pihak ketiga atau langsung dari recovery yang kalian install.

5. Flash ulang firmware kalian , hal ini sangat efektif dalam mengatasi device kalian yang semakin melambat, jika posisi kalian dalam keadaan custom rom kalian dapat memflash ulang custom rom tersebut atau bisa juga dengan mengupdate atau mengganti custom rom yang kalian miliki.

Jadi dengan demikian benar adanya jika smartphone android akan semakin melambat seiring berjalannya usia smartphone, hal tersebut terjadi bukan tanpa sebab dan biasanya hal itu tidak disadari oleh penggunanya, dan banyak dari pengguna seperti itu pasti akan menyalahkan devicenya yang tidak mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni atau device yang sudah ketinggalan jaman, jadi dalam penekanan ini smartphone android itu ponsel pintar dan harusnya digunakan oleh pengguna yang pintar juga, jika terjadi sesuatu seharusnya penggunanya dapat mengatasinya dengan banyak mengumpulkan informasi dari masalah tersebut dan menarik kesimpulan dari penyelesaian yang terjadi, semoga bermanfaat.

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot