ARTIKEL ANDROID TERBARU

Cara flash ulang Samung Galaxy S7 dan S7 edge


Samsung Galaxy S7 dan S7 edge memang merupakan salah satu device terbaik Samsung yang pernah mereka rilis sekarang, banyak fitur canggih yang di sertakan pada device tersebut hingga dengan demikian para pengguna device ini semakin banyak, dengan demikian semakin banyak bertambahnya pengguna dari device ini maka akan semakin banyak pula masalah yang timbul akibat dari aktifitas pengguna yang bermacam-macam.

Diantaranya berbagai macam masalah yang menumpa pengguna dari Samsung Galaxy S7 dan S7 edge tersebut ialah :
1. Device terasa lebih lambat kinerjanya
2. Semakin banyak pesan error yang muncul bisa dari kinerja hardware maupun software
3. Bootloop
4. Brick

Dari ke empat masalah tersebut untuk cara penyelesaian sangat mudah yang perlu kalian lakukan ialah dengan cara melakukan flash ulang terhadap firmware yang kalian pakai saat ini dan bisa juga dengan melakukan flash terhadap firmware yang lebih update, tetapi sebelum itu kalian harus memenuhi beberapa persyaratan utama sebelum melakukan flash ulang tersebut :
1. Aplikasi ODIN sudah terinstall di PC kalian, download DISINI
2. USB Driver dari Samsung Galaxy S7 dan S7 edge sudah terpasang di PC, DISINI
3. Donwload firmware Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge DISINI
4. PC atau Laptop
5. Kabel USB
6. Baterai smartphone diatas 50%

Cara pengerjaan :
1. Pertama silahkan installkan dulu USB Driver dan aplikasi ODIN yang sudah di sertakan diatas.
2. Selanjutnya download firmware device kalian dengan mengetikan build number dari device kalian, untuk mengetahui identitas dari build number bisa dengan mengakses menu Settings >> About Phone >> Build number , atau jika device kalian dalam keadaan bootloop atau brick kalian bisa melihat build number device kalian melalui dus smartphone atau bisa melakukan pencarian di internet.
3. Jika firmware sudah terdownload segera extract firmware tersebut.
4. Selanjutnya buka aplikasi ODIN yang sudah terinstall tersebut dengan "Run As Administartor"
5. Selanjutnya tekan menu pilihan AP, lalu navigasikan ke file firmware yang sudah di extract sebelumnya, untuk format file firmware adalah .md5
6. Selanjutnya power off device kalian dan segera masuk dalam download mode dengan menekan tombol Volume down (-) juga Home dan Power berbarengan hingga sampai muncul sebuah tampilan warning, untuk langkah selanjutnya masuk dalam mode download tekan Volume up (+).
7. Jika sudah masuk dalam mode download sekarang kalian bisa mengkoneksikan device kalian ke PC dengan kabel USB, dan lihat jika sudah benar terkoneksi indikasi tulisan ID:COM akan berubah warna, jika tidak berubah maka ada sesuatu yang salah dengan PC, kabel USB atau Driver USB Samsung tersebut.
8. Selanjutnya jika device sudah terkoneksi dengan baik, langkah terakhir ialah dengan menekan pilihan "Start" maka proses flash ulang akan berjalan, tunggu hingga selesai maka device kalian akan reboot dengan sendirinya jika proses sudah berjalan sempurna.
9. Done, untuk waktu booting pertama mungkin membutuhkan waktu sekitaran 5 - 10 menit.

Dengan demikian sudah selesai tutorial dalam melakukan flash ulang terhadap device Samsung Galaxy S7 dan S7 edge, perhatikan untuk aplikasi ODIN sendiri jangan kalian utak-atik konfirgurasi defaultnya, gunakan yang standard saja, dan juga yang tidak kalah penting pastikan firmware yang sudah kalian download itu benar-benar firmware yang khusus untuk device dengan build number kalian, jika tidak masalah yang tak terbayangkan mungkin akan menghampiri device kalian, daan sebagai penutup lakukan semua itu dengan resiko kalian sendiri.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment