RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion

Tidak beda layaknya smartphone Android lainnya, smartphone Sony Xperia juga sangat sering mengalami berbagai macam masalah, seperti bootloop, stuck di logo bahkan hardbrick yang menyebabkan device mati total, beruntungnya bagi pengguna device Sony Xperia saat ini, melakukan perbaikan sendiri itu sangat mungkin di lakukan karena pada faktanya saat ini sudah tersedia beberapa tool untuk memudahkan kalian dalam mengatasi hal yang sudah di sebutkan di atas.

Tools ini bernama "Xperia Companion" yang merupakan sebuah software PC resmi buatan pihak Sony, ada banyak sekali fitur pada aplikasi ini, termasuk fitur Software Repair yang mampu memperbaiki smartphone kalian secara otomatis.

Beberapa masalah yang dapat di atasi aplikasi ini antara lain adalah :
1. Hilang sinyal (bukan kerusakan hardware)
2. Bootloop
3. Stuck di logo SONY
4. Brick (layar item aja gitu)

Lalu apa saja yang perlu kalian persiapkan sebelum memulai tutorial ini? berikut adalah hal yang harus kalian persiapkan :
1. PC atau Laptop
2. Download aplikasi Xperia Companion
3. Kabel USB (kalau bisa bukan yang KW sih)
4. Baterai di smartphone terisi paling tidak 80% (wajib)
5. Koneksi Internet yang stabil, kalau bisa yang cepat juga

Sebelum memulai tutorial ini, disini di tekankans sekali lagi, biar tidak muncul pertanyaan yang berulang-ulang nantinya, bahwa tutorial ini dapat berlaku pada semua jenis smartphone Sony Xperia, mulai dari yang dulu sampai yang paling baru, mulai dari kecil hingga yang besar, dan mulai dari baru di pakai satu hari hingga yang udah engkong-engkong, pastinya tutorial ini tetap dapat di gunakan, jelas? lanjut.

1. Silahkan install saja dulu aplikasi Xperia Companion yang sudah kalian download sebelumnya, jika sudah buka aplikasi tersebut.
2. Selanjutnya dalam keadaan device kalian power-off kalian bisa koneksikan device kalian ke PC melalui kabel USB.
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
3. Pada opsi di aplikasi Xperia Companion, pilih opsi "Software Repair"
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
4. Lalu pilih produk yang akan di perbaiki, jika yang bermasalah adalah smartphone kalian, maka pilih opsi yang phone or phablet, jangan pilih janda tetangga.
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
Cara mudah Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion
5. Silahkan tekan Next saja terus, dan yang terakhir centang saja dan "Next"
6. Disini proses sebenarnya akan berjalan, tunggu hingga muncul pemberitahuan di suruh mencabut device dari kabel USB, dan sambungkan lagi dengan menekan tombol Volume Down (-).
7. Jika sudah benar, aplikasi Xperia Companion ini akan mulai mndownload dan melakukan flashing secara otomatis pada device Sony Xepria kalian, tunggu saja sampai selesai, bisa memakan waktu yang lama lho!
8. Jika sudah selesai, cabut device kalian dari kabel USB, hidupkan seperti biasa, booting pertama membutuhkan waktu hingga 15 menit.

Dengan demikian, harusnya device Sony Xperia kalian sudah di perbaiki secara otomatis oleh aplikasi ini, jika pada akhirnya device tetap mengalami masalah seperti hilang sinyal dan tetap hardbrick maka bisa jadi yang rusak itu datang dari hardware device kalian bukan dari firmwarenya, silahkan utarakan perasaan kalian setelah melakukan atau sebelum mengikuti tutorial ini di kolom komentar di bawah.

Demikianlah tutorial cara melakukan Flash semua Sony Xperia secara online dengan Xperia Companion, semoga tutorail ini bisa membantu menyelsaikan masalah yang saat ini sedang kalian hadapi, semoga bermanfaat, dan semoga sukses.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


11 komentar

Tengkiuu gan
It works :)

Sipp gan, senang bisa membantu mengatasi masalah :)

thanks gan .. its work

Sipp gan, senang bisa membantu hehe

80% kalo ngecas hp yg sedang bootlop gimana? saya ngecas sony xperia z3 stuck di logo mulu ga kecas2
gimana gan?

Di power off saja dulu devicenya gan, ntar di charge sampai 80%, kan ada tuh indikatornya meski devicenya mati gan

thanks.. it really works

Yep, senang bisa membantu mengatasi masalah agan

ini harus 80% baru bisa konek ke kabel usb? atau bagaimana, soalnya di saya tertulis disuruh konek kan device ke kom terus

mohon bantuannya. terimakasih

Alasan kenapa saya menuliskan 80% itu supaya saat prosesnya berjalan device tidak mati tiba-tiba dan berakibat fatal gan, sebenarnya kapasitas baterai 20% pun bisa, tetapi jika mati di tengah jalan device agan akan mengalami brick dan cukup sulit memperbaikinya gan

Post a Comment