RILIS ARTIKEL TERBARU

List Codename Xiaomi, List Codename Redmi, Daftar List Codename semua Xiaomi, Daftar List Codename semua Redmi, Kumpulan Codename Xiaomi dan Redmi, Daftar nama Codename Xiaomi / Redmi, Nama Codename Xiaomi, Nama Codename Redmi, Apa itu Codename di Android, Tujuan penggunaan Codename Android, Codename untuk semua Xiaomi, Codename untuk semua Redmi

Smartphone Android memang menjadi Smartphone yang paling Populer dan paling banyak penggunanya sekarang ini, hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya Produsen Smartphone baik Lokal ataupun Global yang ikut andil bagian dalam distribusi pembuatan Smartphone Android tersebut.

Sehingga, saat ini kita sebagai Konsumen akan sangat diuntungkan dengan adanya beragam jenis tipe dari Smartphone Android yang memiliki Keunggulan dari Spesifikasi dan Inovasinya masing-masing, selanjutnya kita juga akan sangat diuntungkan dalam kasus terkait harga jual dari Smartphone Android tersebut.

Tidak seperti Smartphone pesaingnya yaitu iPhone yang hanya menyasar Segmentasi Pasar Kelas Menengah atas hingga Kelas Premium, pada Segmentasi Pasar untuk Smarrtphone Android, kalian tidak akan menemukan hal tersebut.

Karena, Smartphone Android itu menyasar seluruh pasar untuk menjangkau lebih banyak konsumen dari beragam lapisan, sehingga harga jual dari Smartphone Android itu akan sangat variatif dan kalian bisa dengan bebas menentukan, apakah ingin menggunakan Smartphone Android kelas Bawah, Menengah ataupun Atas.

Pada kenyataannya Smartphone Android memang sama saja dimana-mana, yaitu sama-sama menggunakan OS Android sebagai Sistem Operasi utamanya, tetapi Smartphone Android itu juga berbeda jika kita lihat lebih Spesifik.

Perbedaan itu bisa dengan jelas kita lihat dari Nama Brand / Produk, Spesifikasi, Fitur dan Inovasi yang disematkan dalam setiap Produk Smartphone Android, sehingga sekarang ini, meski para Produsen Smartphone sama-sama membuat dan mendistribusikan Smartphone Android.

Kenyataan dilapangannya, setiap Produsen / Vendor Smartphone Android tersebut selalu bersaing satu sama lain, guna untuk mendapatkan perhatian publik dan keuntungan yang lebih besar, itulah kenapa Smartphone Android itu sangat menarik dan terkesan sangat cepat perkembangannya.

Jika, kita berbicara terkait salah satu Produsen Smartphone Android handal dan memiliki reputasi bagus ditanah air kita ini, ataupun secara Global dan terkenal dengan jenis Smartphone Sangar tetapi dijual dengan harga yang tetap ramah dan masuk akal.

Maka, sudah pasti salah satu jawabannya adalah Xiaomi dan juga Redmi, sebenarnya kedua Brand ini sama saja, yaitu sama-sama dibuat dan didistribusikan oleh Vendor Xiaomi, hanya saja kini Redmi tidak lagi bergabung dengan Xiaomi.

Karena, sudah membentuk Sub-Brand nya sendiri, tetapi secara keseluruhan masih tetap sama saja seperti Smartphone Android Xiaomi pada umumnya, seperti Support yang akan kalian dapatkan, ROM & Firmware yang digunakan, hingga Metode yang bisa digunakan antara Smartphone Android Redmi dan Xiaomi itu sama saja.

Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait pembahasan tentang informasi penting dari kedua buah Brand Smartphone Android tersebut, yaitu adalah Xiaomi dan Redmi.

Namun, jika kita perjelas lebih dalam lagi, disini kita tidak akan membahas banyak hal, tetapi disini kami hanya akan membahas terkait penekanan permasalahan pada Informasi Codename pada suatu Smartphone Android dan ini juga berlaku pada Smartphone Android Redmi dan juga Xiaomi.


Codename di Smartphone Android


Sebelum kita masuk kedalam pembahasan utama kita, kalian perlu mengetahui hal penting ini dulu sebelumnya, yaitu adalah setiap Smartphone Android itu memiliki Codenamenya sendiri dan penamaan Codename tersebut selalu berbeda antar Smartphone Android.

Lalu, apa tujuan pemberian nama Codename tersebut?

Sudah pasti untuk memberikan Identitas dari Smartphone Android bersangkutan, kami juga tidak begitu yakin terkait hal ini, tetapi nampaknya pemberian Codename tersebut pada suatu Smartphone Android memang sudah menjadi hal yang harus dilakukan, ketika para Produsen Smartphone Android ingin mendaftarkan Smartphone Android yang telah mereka buat, kebadan yang berwenang.

Selanjutnya, Codename pada Smartphone Android itu tidak bisa dirubah sama sekali, jika kita analogikan, mungkin akan sama seperti Seri Nomor Mesin pada suatu Kendaraan bermotor, maka Codename di Smartphone Android mungkin akan seperti itu perlakuannya.

Secara teknis Codename pada Smartphone Android itu sudah ada secara Fixed di mesin Smartphone Android bersangkutan, sehingga kalian tidak mungkin bisa merubah Codename tersebut, kecuali kalian melakukan sesuatu dengan Mesin utama pada Smartphone Android terkait, itupun mungkin akan sangat sulit dilakukan dan juga terkesan tidak ada untungnya.

Lalu, apa sih tujuan penggunaan Codename di Smartphone Android tersebut?


Tujuan penggunaan Codename di Smartphone Android


Secara jelas penggunaan Codename sudah jelas agar bisa digunakan untuk melakukan Idenfikasi suatu Identitas dari Perangkat Smartphone Android, tetapi jika lebih dalam lagi, maka akan ada banyak sekali Impelementasi yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan Codename tersebut.

Salah satunya adalah terkait permasalahan Pengembangan dan Repairing, guna untuk memudahkan para Developer (Pengembang) dan para pengguna Expert, maka penggunaan Codename tersebut akan menjadi efektif untuk digunakan.

Dengan hanya menyebutkan Codename, maka para pemilik kebutuhan tersebut akan dengan cepat mengerti tanpa perlu melakukan Idenfikasi lagi, yang nyatannya akan membutuhkan waktu yang akan terbuang sia-sia.

Itulah kenapa penggunaan Codename ini selalu digunakan seperti contohnya dalam suatu pengembangan System ROM pada Smartphone Android, biasanya Source yang dirilis kepublik itu hanya menggunakan Codename dan tidak menggunakan nama seri Produk dari Smartphone Android bersangkutan.

Karena cukup hanya menggunakan Codename, maka sudah jelas Source yang akan digunakan tersebut memang khusus hanya untuk Smartphone Android terkait, namun jika kalian menggunakan nama seri, misalkan Note 10 misalnya, bisakah kalian membedakan Resource tersebut, apakah untuk seri Xiaomi Mi Note 10 atau untuk Samsung Galaxy Note 10?

Mungkin seperti itu mudahnya untuk menjelaskan tujuan dari penggunaan Codename pada Smartphone Android. Namun, pada dasarnya penggunaan Codename itu bisa menjadi lebih luas lagi.

Seperti terkait penggunaan Spare Part, Tool Maintenance / Repairing dan yang tidak kalah penting Codename tersebut, juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah Smartphone Android tersebut memang Orisinil dan bukan dari hasil Clone.

Karena, sejatinya hanya Produsen Smartphone Android terkaitlah yang memang memiliki hak dan bisa untuk menggunakan dan membuat Codename tersebut, sehingga Smartphone Android KW (Clone / HDC) tidak akan pernah bisa menggunakan Codename tersebut, meski secara rupa dan fisik itu sangat mirip.

Dengan demikian, sebenarnya masalah pemberian nama Codename ini memang bukan untuk keren-kerenan saja, melainkan ada banyak masalah Teknis yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan nama Codename yang unik tersebut.

Bagaimana dengan Smartphone Android Xiaomi dan Redmi?


Codename Xiaomi dan Redmi


Sama saja, karena sama-sama merupakan sebuah Perangkat Elektronik yang memiliki license untuk diperdagangkan secara resmi, maka sudah jelas Smartphone Android dari Xiaomi ataupun Redmi itu memiliki Codenamenya sendiri.

Selain itu Codename pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi itu juga sering digunakan untuk memberikan nama atau tag, pada jenis ROM, Firmware (Fastboot ROM) dan juga Tutorial, karena dengan menggunakan Codename, maka sudah jelas peruntukan dari Resource tersebut hanya untuk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi terkait saja.

Untuk kalian ketahui, sekarang ini pihak Xiaomi dan Redmi memang telah banyak merilis Smartphone Android untuk dijual kepasaran, sehingga kenyataan dilapangannya, sekarang ini kalian bisa mendapati nama Codename yang berbeda-beda antar Smartphone Android Xiaomi dan Redmi.

Bagi sebagian orang, mencari Resource seperti ROM, Firmware dan bahkan Tutorial itu akan lebih mudah dilakukan dengan cara mencari langsung dengan Keyword Codename terkait, sehingga peruntukan Resource tersebut menjadi jelas dan tidak mungkin salah lagi.

Tetapi, yang menjadi permasalahannya adalah Codename ini bukanlah hal yang mudah untuk kalian ketahui, kecuali kalian adalah seorang Teknisi Smartphone Android atau orang yang memang paham terkait bahasa Mesin.

Sehingga, jelas saja orang awam akan kesulitan untuk mengidentfikasi nama Codename dari Smartphone Android Xiaomi / Redmi yang mereka gunakan.

Nah, disinilah kami bisa membantu kalian, karena pada artikel ini, kami hanya menyebutkan nama Codename dari masing-masing Smartphone Android Redmi dan Xiaomi tersebut, dari jenis Smartphone jadul hingga yang paling terbaru.

Semua hal tersebut, akan kami sebutkan dalam sebuah List (Daftar) yang akan selalu diperbaharui setiap saat.

Tujuannya, agar kalian bisa terbantu dan mudah untuk mencari Resource yang kalian inginkan secara Efisien dan Efektif.


List Codename Xiaomi dan Redmi


Seperti yang telah kalian ketahui, sekarang ini Vendor Xiaomi memang telah membuat lini seri Redmi menjadi Independent dan tidak lagi tergabung dibawah nama Brand Xiaomi.

Namun, dulunya seri Redmi itu memang lebih dikenal dengan nama seri Xiaomi Redmi, sehingga kalian tidak perlu bingung untuk melihat daftar yang kami tulis dibawah ini.

Karena disini, kami hanya akan membagi 3 buah seri List saja, yaitu List Codename untuk seri Brand Xiaomi (seri Redmi versi lawas juga termasuk), List untuk Codename Smartphone Android Brand Redmi, dan List Brand Independet Xiaomi yang lainnya.

Baiklah, untuk mempermudahnya, silahkan kalian lihat daftar atau List Codename masing-masing dari Produk Smartphone Android Xiaomi dan Redmi dibawah ini :


Xiaomi Codename List


Berikut adalah Daftar / List Codename untuk semua Smartphone Android dari Xiaomi (seri Redmi juga termasuk, ketika sebelum berpisah dengan Xiaomi) :

  • Xiaomi Mi 1/S : Mione_plus
  • Xiaomi Mi 2 : Aries
  • Xiaomi Mi 3 TD : Pisces
  • Xiaomi Mi 3 / Xiaomi Mi 4, LTE/WCDMA : Cancro
  • Xiaomi Mi 4i : Ferrari
  • Xiaomi Mi 4c : Libra
  • Xiaomi Mi 4s : Aqua
  • Xiaomi Mi 5 : Gemini
  • Xiaomi Mi 5s : Capricorn
  • Xiaomi Mi 5s Plus : Natrium
  • Xiaomi Mi 5x : Tiffany
  • Xiaomi Mi 5c : Meri
  • Xiaomi Mi 6 : Sagit
  • Xiaomi Mi 6x : Wayne
  • Xiaomi Mi 8 : Dipper
  • Xiaomi Mi 8 SE : Sirius
  • Xiaomi Mi 8 Explorer Edition : Ursa
  • Xiaomi Mi 8 Lite : Platina
  • Xiaomi Mi 8 Pro : Equuleus
  • Xiaomi Mi 9 : Cepheus
  • Xiaomi Mi 9 SE : Grus
  • Xiaomi Mi 9T : Davinci
  • Xiaomi Mi 9T Pro : Raphael
  • Xiaomi Mi Play : Lotus
  • Xiaomi Mi CC 9/ 9 Lite : Pyxis
  • Xiaomi Mi CC 9E : Laurus
  • Xiaomi Mi CC 9 Meitu : Vela
  • Xiaomi Mi CC 9 Pro : Tucana
  • Xiaomi Mi 9 Pro 5G : Crux
  • Xiaomi Mi Max 32gb : Hydrogen
  • Xiaomi Mi Max Pro 64gb/128gb : Helium
  • Xiaomi Mi Max 2 : Oxygen
  • Xiaomi Mi Max 3 : Nitrogen
  • Xiaomi Mi Note : Virgo
  • Xiaomi Mi Note Pro : Leo
  • Xiaomi Mi Note 2 : Scorpio
  • Xiaomi Mi Note 3 : Jason
  • Xiaomi Mi Note 10 : Tucana
  • Xiaomi Mi MIX : Lithium
  • Xiaomi Mi MIX 2 : Chiron
  • Xiaomi Mi MIX 2S : Polaris
  • Xiaomi Mi MIX 3 : Perseus
  • Xiaomi Mi MIX 3 5G : Andromeda
  • Xiaomi Mi A1 : Tissot
  • Xiaomi Mi A2 : Jasmine
  • Xiaomi Mi A2 Lite : Daisy
  • Xiaomi Mi A3 : Laurel
  • Xiaomi Mi Pad : Mocha
  • Xiaomi Mi Pad 2 : Latte
  • Xiaomi Mi Pad 3 : Cappu
  • Xiaomi Mi Pad 4 : Clover
  • Xiaomi Redmi 1 : HM2013023
  • Xiaomi Redmi 1S : Armani
  • Xiaomi Redmi 2 : Wt88047
  • Xiaomi Redmi 2A : Wt86047
  • Xiaomi Redmi 2 Pro : HM2014819
  • Xiaomi Redmi 3/3 Pro/3 Prime : Ido
  • Xiaomi Redmi 3S/3X/3S Prime : Land
  • Xiaomi Redmi 4A : Rolex
  • Xiaomi Redmi 4 : Prada
  • Xiaomi Redmi 4 PRO : Markw
  • Xiaomi Redmi 4x / Xiaomi Redmi 4 : Santoni
  • Xiaomi Redmi 5A : Riva
  • Xiaomi Redmi 5 : Rosy
  • Xiaomi Redmi 5 Plus / Xiaomi Redmi Note 5 : Vince
  • Xiaomi Redmi Pro : Omega
  • Xiaomi Redmi S2/Y2 : Ysl
  • Xiaomi Redmi 6A : Cactus
  • Xiaomi Redmi 6 : Cereus
  • Xiaomi Redmi 6 Pro : Sakura
  • Xiaomi Redmi Note 1 : lcsh92_wet_jb9
  • Xiaomi Redmi Note 1S : Gucci
  • Xiaomi Redmi Note 1/4G : Dior
  • Xiaomi Redmi Note 2 : Hermes
  • Xiaomi Redmi Note 3 : Hennessy
  • Xiaomi Redmi Note 3 Pro : Kenzo
  • Xiaomi Redmi Note 3 SE : Kate
  • Xiaomi Redmi Note 4 : Nikel
  • Xiaomi Redmi Note 4X : Mido
  • Xiaomi Redmi Note 5a Prime / Y1 : Ugg
  • Xiaomi Redmi Note 5a / Y1 Lite : Ugglite
  • Xiaomi Redmi Note 5 Pro : Whyred
  • Xiaomi Redmi Note 6 Pro : Tulip


Redmi Codename List


Seperti yang kalian ketahui sebelumnya, seri Redmi kini sudah menjadi Sub-Brand resmi dari Xiaomi, sehingga pada nama Produknya tidak lagi menjadi Xiaomi Redmi, melainkan hanya Redmi saja.

Nah, List yang akan kami sebutkan dibawah ini, ialah merupakan List seri Redmi pertama hingga yang terbaru saja, setelah berpisah secara resmi dari Xiaomi dan membentuk Brand Independent sendiri :

  • Redmi Note 7 : Lavender
  • Redmi Note 7 Pro : Violet
  • Redmi Note 8 : Ginkgo
  • Redmi Note 8 Pro : Begonia
  • Redmi 7 : Onclite
  • Redmi 8 : Olive
  • Redmi 8A : Olivelite
  • Redmi GO : Tiare
  • Redmi K20 : Davinci
  • Redmi K20 Pro : Raphael
  • Redmi K20 Pro Premium : Raphael
  • Redmi Note 8T : Willow


Pocophone Codename List


Selain 2 buah Brand utama Xiaomi dan Redmi tersebut, ada lagi sebuah Brand baru yang dikeluarkan oleh pihak Xiaomi, tetapi kami tidak begitu yakin, apakah Brand ini akan menjadi Brand utama saja, atau hanya Brand pelengkap saja?

Mungkin hanya waktu yang bisa menjawabnya nanti, berikut adalah List Codename Brand Smartphone Xiaomi dengan seri Poco :

  • Pocophone F1 : Beryllium


Black Shark Codename List


Ini adalah sebuah seri Smartphone Gaming khusus yang dibuat Xiaomi yang berkolaborasi dengan Produsen Black Shark.

Awalnya banyak yang mengatakan bahwa Samrtphone Android Black Shark itu bukan Xiaomi, tetapi sekarang sudah diketahui fakta bahwa Black Shark memang bukan Xiaomi, tetapi berkolaborasi dengan Xiaomi, sehingga bisa kita katakan bahwa Smartphone Android Black Shark itu ya Xiaomi juga.

Sejauh ini ada beberapa tipe Smartphone Android Black Shark yang dirilis kepasaran, Xiaomi Black Shark tersebut memiliki ciri khas utama, yaitu adalah Desain Body yang terlihat sangat dengan kesan "Gaming" yang sangat kental.

Berikut adalah Codename List dari Xiaomi Black Shark yang diketahui, hingga sekarang ini :

  • Black Shark Helo : Nile
  • Black Shark 2 : Skywalker

Bagaimana, apakah kalian masih bingung terkait penggunaan Codename pada Smartphone Android Xiaomi dan Redmi tersebut?

Jika iya, mungkin penggambaran kasus dibawah ini akan mudah untuk bisa kalian mengerti.


Codename di Fastboot / ROM Xiaomi dan Redmi


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada dasarnya penggunaan Codename tersebut, bukan hanya untuk terkait masalah identitas dari Produk Smartphone Android terkait saja, melainkan lebih dari itu.

Nah, ini adalah salah satu contonya, karena kalian bisa dengan mudah untuk melakukan Identifikasi dari jenis ROM / Fastboot ROM di Smartphone Android Xiaomi dan Redmi dengan cara melihat ke Spesifikasi nama Fastboot ROM atau ROM MIUI terkait, contonya seperti ini :

  • raphael_eea_global_images_V10.3.4.0.PFKEUXM_20190923
  • grus_eea_global_images_V10.3.9.0.PFBEUXM_20190916

Seperti yang kalian lihat, tulisan warna merah di nama Fastboot ROM yang telah kami sertakan diatas, itu peruntukannya memang ke jenis Smartphone Android Xiaomi / Redmi terkait.

Karena Kode Raphael itu merujuk kepada seri Xiaomi Mi 9T Pro dan Grus itu merujuk kepada seri Xiaomi Mi 9 SE.

Seperti yang terlihat, pihak Xiaomi tidak menggunakan nama seri seperti Mi 9T atau Mi 9 SE untuk memberikan penamaan terhadap jenis Fastboot ROM / ROM yang mereka distribusikan, itulah kenapa kalian wajib tahu terkait jenis Informasi Codename yang digunakan pada Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Karena, sewaktu-waktu mungkin kalian akan menemukan jenis Firmware seperti yang sudah kami sebut diatas, sehingga kalian bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi peruntukan dari Fastboot ROM / ROM MIUI tersebut.

Selanjutnya, biasanya di dalam Komunitas Xiaomi dan Redmi, mereka tidak menggunakan nama dari seri Smartphone Android Xiaomi / Redmi terkait, melainkan langsung menggunakan Codename tersebut saja.

Dengan alasan, karena peruntukannya sudah jelas dan jika kalian menanyakan hal tersebut di Forum Thread terkait, mungkin pertanyaan kalian tidak akan dijawab, karena memang sudah jelas tentunya jawabannya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, bisa menambah wawasan kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot