RILIS ARTIKEL TERBARU

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android

Kamera dan Smartphone memang sudah tidak bisa terpisahkan lagi sekarang ini, mau itu Smartphone murah atau mahal, pasti pada Smartphone tersebut paling tidak menggunakan satu buah Module Kamera yang memang bisa di gunakan untuk menangkap gambar moment menarik di sekeliling kalian.

Kamera pada Smartphone sendiri sudah berevolusi hingga ke titik paling mutakhir sekarang ini, bayangkan saja, sekarang ini satu buah Smartphone Android dengan fitur Kamera yang bagus, bisa saja akan memperoleh gambar layaknya hasil dari Kamera Professional seperti DSLR ataupun Mirrorless.

Hanya saja, karena keterbatasan Hardware, maka di era Smartphone canggih sekarang ini, semua hal yang tidak mungkin sebelumnya, kini sudah bisa di Rekayasa oleh para Pembuat / OEM Smartphone Android dengan bragam Inovasi yang menarik dan mencengangkan.

Kamera sendiri menjadi sebuah daya pikat yang kuat untuk Smartphone Android, karena secara nyatanya para masyarakat lebih memilih menggunakan Smartphone Android dengan Kamera yang bagus, meski dengan harga jual Smartphone yang lebih mahal.

Sehingga, dapat kita simpulkan, bahwa Kamera pada sebuah Smartphone itu menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi para Konsumen, sehingga sekarang ini para Produsen Smartphone Android telah berlomba-lomba membuat dan mengembangkan Fitur Kamera yang saat ini sudah mencapai level yang baru.


Teknologi Kamera Smartphone Android


Setiap perkembangannya, Teknologi Kamera di Smartphone Android itu selalu hadir dengan Teknologi yang mutakhir, ada beragam Inovasi terbaru dan Teknologi terbaru yang hadir setiap tahunnya pada Kemampuan Kamera di Smartphone Android tersebut.

Sebut saja pada Kemampuan Megapixel di Kamera sebuah Samrtphone Android, kini bukan hitungan Belasan lagi, karena sekarang rata-rata sudah hitungan Puluhan Megapixel!

Jika, dulu Kamera Resolusi 8 Megapixel, maka sekarang ini tidak cukup lagi, karena sekarang ini hampir semua Smartphone Android sudah mengadopsi Kamera utama dengan Resolusi paling Minim 12 Megapixel dan yang hitungannya besar bisa sampai 48 Megapixel.

Menariknya, ukuran Megapixel yang besar tersebut kini tidak hadir untuk jajaran Smartphone kelas atas saja, karena sekarang ini Smartphone Android kelas menengah pun sudah mengadopsi Kemampuan Megapixel besar tersebut.

Selanjutnya hal hebat dari perkembangan Kamera di Smartphone Android lainnya adalah terkait fitur Speed Shutter dan juga Apperture (Bukaan), sehingga sekarang ini menangkap sebuah Moment gambar dengan sebuah Smartphone itu bisa lebih menyenangkan, karena Processing Image-nya yang sangat cepat bahkan hanya hitungan Mili Detik saja.

Selanjutnya, sekarang ini hampir semua Smartphone Android sudah bisa menghasilkan gambar yang berkualutas, detail dan kaya warna, hal ini terjadi, karena memang kemampuan Bukaan (Aperture) yang biasanya memiliki lambang (f/) sudah kian besar.

Alhasil gambar akan semakin bagus kualitasnya, karena akan ada lebih banyak cahaya yang masuk, sehingga memotret di malam hari atau Kurang Cahaya (Low Light) bisa menjadi lebih menyenangkan dengan hasil yang sangat baik dan minim Noise.

Jika, kita berbicara terkait masalah Teknologi Kamera di Smartphone Android ini memang tidak ada habisnya, karena sekarang ini para Produsen Smartphone / OEM, memang sangat gencar untuk melakukan Inovasi di bidang ini.

Inti dari pembahasan di Scene ini adalah bahwa sekarang ini Teknologi Kamera di Smartphone Android sudah tidak bisa di pandang sebelah mata lagi, karena hasilnya sudah bisa menyamai Kualitas dari sebuah Perangkat Kamere Professional. Tetapi, masih belum bisa menyamainya secara 100% tentunya, karena ada perbedaan Hardware yang jelas saja tidak bisa di paksakan ada di sebuah Smartphone Android.


Evolusi Jumlah Kamera Smartphone Android


Selain pada bagian Teknologi, coba kalian amati, apakah dari waktu kewaktu jumlah kamera di Smartphone Android semakin banyak? ya! benar sekali, sekarang ini satu buah Smartphone Android bisa mengadopsi beberapa Kamera berkemampuan khusus sekaligus.

Sehingga hal inilah yang sudah kami singgung diatas, Kamera pada Smartphone Android itu sudah hampir bisa menyamai Kualitas gambar dari sebuah Perangkat Kamera Professional, hal ini terjadi bukan tanpa alasan.

Karena sekarang ini Rekayasa Hardware dan Software di Smartphone Android sudah kian canggih, sehingga hasil Foto dari Smartphone Android bisa mencapai level yang baru dan terus berkembang setiap tahunnya.

Jika, dulu sebuah Smartphone itu paling tidak hanya di bekali dengan 2 Kamera saja, 1 untuk Kamera Utama dan satu lagi untuk Kamera Selfie (Video Call), maka sekarang sudah tidak zaman lagi!

Karena sekarang ini eranya Smartphone Multiple Camera! benar saja, sekarang ini sebuah Smartphone Android itu bisa saja memiliki beberapa Konfigurasi sebagai berikut :


  • Dual Kamera (2 Kamera Utama & Selfie)
  • Triple Camera (3 Kamera Utama)
  • Quad Camera (4 Kamera Utama)
  • Penta Camera (5 Kamera Utama)


Wow sekali, bukan? meski terlihat agak cukup aneh sebenarnya, jika kita hitung lagi, bisa jadi sebuah Smartphone Android itu memiliki 8 Kamera dari satu buah Smartphone, dengan spesifikasi, 1 buah Kamera Sensor untuk Iris, 2 Buah Kamera untuk Selfie dan 5 Kamera Utama dengan kemampuan khusus pada tiap masing-masing kameranya.

Kembali lagi, maka sekarang ini Nilai jual suatu Smartphone Android itu memang akan lebih banyak ke Sektor Kameranya, karena biasanya para pencari Smartphone, pasti akan membeli sebuah Smartphone Android yang memiliki Kamera yang paling bagus, sesuai dengan Budget yang di miliki.

Sekarang muncul sebuah pertanyaan, apa saja fungsi dari Kamera yang lebih dari satu tersebut? jika hanya untuk menangkap gambar foto pada moment tertentu, bukankah 1 buah Kamera saja sudah cukup?

Pertanyaan diatas tidak salah, tetapi karena disini kita berbicara tentang Inovasi dan Kemajuan Teknologi Mobile, maka sudah jelas, masing-masing Module Kamera pada sebuah Smartphone Android yang memiliki Konfigurasi Kamera yang banyak, tentu memiliki fungsi dan peranannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti Scene dibawah ini, karena kami akan menjelaskan terkait Jenis dari masing-masing Module Kamera tersebut dan juga kami akan menyertakan Contoh hasil gambarnya.

Semua ini kami buat, hanya untuk agar kalian bisa memahami dan tambah ilmu, terkait perkembangan Teknologi Kamera Smartphone di era yang sekarang ini.


Jenis-jenis Kamera di Smartphone Android


Sampailah, kita pada pembahasan utama kita, yaitu adalah terkait Jenis - jenis Kamera pada Smartphone Android Modern yang sudah umum di gunakan sekarang ini.

Perlu kalian ketahui, artikel ini sebenarnya memang khusus kami buat untuk Smartphone Android saja, tetapi sebenarnya Konfigurasi Kamera di OS selain Android juga sama saja, seperti di Apple Smartphone contohnya.

Jenis Kamera yang di gunakan akan sama saja dan gambaran hasilnya pun juga sama saja, sehingga bagi para Non-Smartphone Android User, artikel ini sebenarnya bisa saja di gunakan untuk kalian dalam memahami jenis dari Kemampuan Kamera Mobile yang berbeda-beda saat ini.

Baiklah, akan kita mulai secara urut dan akan kami buat sejelas mungkin terkait gambaran dari Jenis Kamera tersebut.


Normal / Standard Camera


Ya! ini adalah Kamera Standard dari sebuah Smartphone di zaman Modern sekarang ini, meski Standard, tetapi jangan dianggap remeh, karena inilah sebenarnya Kamera Utama yang di gunakan pada semua Smartphone Android.

Biasanya Normal Camera ini memiliki fitur dan teknologi yang canggih, seperti Aperture dan Speed Shutter yang lebih baik ketimbang jenis Kamera yang lain, selain itu pada Standard Camera ini juga disematkan banyak sekali Fitur seperti :


  • Filter
  • Kemampuan AI (Artificial Intelligent)
  • HDR (High Dynamic Range)
  • Night Mode
  • Digital Zoom
  • Beragam Mode / Scene
  • Hingga Manual Mode (Seperti sebuah Kamera Professional)


Selain itu biasanya Standard / Normal Camera ini memiliki Megapixel yang lebih besar dari pada jenis Kamera lainnya, sehingga hasilnya akan lebih detail, karena ukuran Rationya akan benar-benar besar.

Berikut adalah beberapa Contoh dari Normal Camera yang sudah berkembang pesat sekarang ini :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Vivo V17 Pro

Ada fakta menarik dari Normal Camera ini, meski terlihat biasa saja, pada faktanya Normal Camera ini selalu saja di kembangkan kemampuannya pada setiap tahunnya, sehingga tidak salah, jika menyebut bahwa Normal Kamera ini memang menjadi andalah untuk Smartphone berkamera di zaman sekarang ini.


Bokeh Camera


Sebenarnya ini adalah kemampuan yang lumrah ada pada sebuah Kamera Professional seperti Kamera DSLR, tetapi dengan Rekayasa Teknologi, kemampuan ini sudah bisa hadir pada Smartphone Android dengan memanfaatkan kemampuan Processing secara Software dengan di dukung oleh Module Kamera khusus tentunya.

Module Kamera tersebut ialah Bokeh Camera yang memang di buat dan di design khusus untuk mengambil Gambar Background Blur, Megapixel dari Jenis kamera ini juga terhitung kecil, rata-rata hanya memiliki Resolusi sebesar 2 Megapixel saja.

Sehingga Module Camera ini hanya khusus di buat untuk membantu Kamera utama saja untuk mengambil Gambar dengan latar belakang Blur, seperti yang ada pada Kamera DSLR Professional.

Umumnya, kemampuan ini biasa di temukan pada Smartphone dengan Konfigurasi Dual Camera, walau sebenarnya secara Software juga bisa di lakukan, tetapi tidak akan serapi jika menggunakan Module Kamera Blur khusus.

Untuk hasil gambarnya, akan terlihat seperti ini :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Samsung Galaxy Note 8

Bagaimana? terlihat seperti di hasilkan oleh sebuah Kamera Professional bukan? meski demikian, biasanya hasil akhirnya tidak akan serapi dan setajam yang ada pada Kamera Professional, karena disini ada dinding besar, yaitu keterbatasan kemampuan Hardware, sehingga hanya bisa di lakukan hasil Rekayasa saja, agar hasilnya bisa cukup mirip dengan Foto Blur yang di hasilkan Kamera DSLR ataupun Mirrorless.


Tele Camera


Selanjutnya ada lagi Jenis Kamera yang memiliki kemampuna hebat, yaitu adalah Tele Camera, fungsi utamanya adalah untuk melakukan Zooming ke tangkatan objek yang jauh, sehingg kalian tidak perlu mendekat ke objek gambar tersebut.

Lalu, apa bedanya dengan Zoom pada Normal Camera? jelas saja berbeda! karena Tele Camera ini menggunakan fitur Optical Zoom dan bukan Digital Zoom, karena kalau Digital Zoom itu hanya di lakukan Rekayasa fungsi saja, dengan memperbesar gambar.

Tetapi, Optical Zoom itu sudah berbicara secara Hardware dan Teknis, sehingga meski di Zoom kualitas Foto yang akan di Potret tidak akan pecah dan terjaga kualitasnya, sehingga perbedaan antara Tele Camera dan Normal Camera itu sangat jauh perbedaan kualitasnya, jika berkaitan dengan masalah Zooming.

Untuk hasilnya akan seperti ini :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Samsung Galaxy S10

Umumnya, sekarang ini Tele Camera pada Samrtphone Android bisa di gunakan untuk menangkap Objek gambar yang jauh dengan Ratio 2X, 5X dan bahkan 10X, hebatnya dengan kualitas Foto yang terjaga dan tetap detail.


Wide Angle Camera


Ini juga menjadi sebuah bentuk kemajuan Teknologi Kamera di Smartphone Android yang sangat bermanfaat dan berguna, karena pada dasarnya kemampuan Jenis Kamera ini tidak akan bisa di dapatkan dari Normal Camera dan tidak bisa di dapatkan juga dengan bantuan Rekayasa Software.

Karena semua ini sudah terkait dengan masalah Hardware Lensa yang di gunakan, umumnya Lensa pada jenis Kamera Wide Angel ini akan memiliki sudut pandang yang lebih luas, sehingga akan sangat cocok untuk menangkap gambar secara Grup ataupun untuk Gambar Pemandangan.

Ada banyak jenis nama pada penamaan Jenis Kamera Wide Angel tersebut, ada yang menambahkan Embel-embel Super Wide Angel, Ultra Wide Angel dan bahkan ada yang menyertakan nama Panoramatic Wide Angel Camera.

Tetapi, pada akhirnya hasilnya tetap akan sama saja, yaitu di manfaatkan untuk mengambil gambar dengan tangkatan yang lebih luas, berikut adalah contoh gambarnya :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Samsung Galaxy S10

Perlu kalian ketahui, Spesifikasi Camera Wide Angel di Smartphone Android itu ada banyak macamnya, ada yang benar-benar luas dan ada yang luasnya hanya sedikit lebih luas dari jenis Standard Camera saja.

Selanjutnya, untuk Megapixel-nya pun juga terhitung lumayan besar, karena di buat agar bisa menghasilkan gambar yang tetap optimal dengan detail yang masih terjaga dengan baik.


Macro Camera


Nah, ini adalah jenis Kamera yang memang sangat khusus di buat untuk memotret Objek Kecil yang tidak bisa di tangkap oleh Standard Cemera ataupun Jenis Camera lain.

Karena biasanya, semakin dekat Objek Gambar dengan Lensa Camera, maka Kamera tersebut tidak akan bisa menangkap Fokus dari Objek tersebut, karena memang di perlukan sebuah Lensa dan Hardware khusus untuk menangani hal tersebut.

Disinilah peran dari Macro Camera di Smartphone Android, karena dengan Macro Camera ini, kalian bisa memotret gambar kecil, seperti tanaman, bunga dan serangga dengan jarak tangkap yang dekat dan tentu saja detail.

Untuk contoh gambarnya akan seperti ini :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Vivo V17 Pro

Hanya saja, untuk kualitas gambarnya mungkin tidak akan setajam hasil dari Kamera Professional, karena lagi-lagi disini ada keterbatasan Hardware, paling tidak jenis Kamera ini, bisa diandalkan untuk kalian yang memang hobi dalam mengambil Gambar Macro atau Kecil yang tidak bisa diabadikan dengan Jenis Standard Camera pada Smartphone Android pada umumnya.


Monochrome Camera


Kalian pencinta gambar hitam putih? mungkin jenis Camera ini cocok untuk kalian, karena secara Hardware, jenis Kamera ini memang secara khusus di buat untuk menangkap gambar Monochrome saja yaitu Hitam Putih.

Meski demikian, sekarang ini sudah lumayan jarang ada Smartphone Android yang mengadopsi Jenis Kamera ini, karena memang pada dasarnya Foto Monochrome itu sangat mudah di buat dengan bantuan Software.

Berikut adalah contoh gambar dari Monochrome Kamera di Samrtphone Android :

Jenis Kamera Smartphone Android, Macam-macam Kamera Android, Jenis-jenis Kamera Android, Perbedaan Kamera Android, Kemampuan Kamera Android, Maksud Tele Camera, Maksud Macro Camera, Maksud Bokeh Camera, Maksud Blur Camera, Maksud Monochrome Kamera, Maksud Wide Angle Camera, Perbedaan antara Kamera Android, Keunggulan Masing-masing Kamera Android
Source Image : Huawei P20 Pro

Bagaimana? apakah kalian sudah bisa memahami terkait jenis-jenis Kamera yang ada pada Smartphone Android?

Jika, iya maka harusnya disini kalian bisa lebih maksimal dalam penggunaan jenis Kamera yang ada pada Samrtphone Android kalian, untuk di gunakan dalam mengabadikan gambar yang lebih menakjubkan dengan masing-masing kemampuan khusus dari Kamera tersebut.

Untuk kalian ketahui, sebenarnya ada beberapa jenis Kamera lagi yang ada pada Smartphone Android, seperti Thermal Camera dan Biometrics Camera, tetapi kami tidak menyertakannya, karena memang sangat jarang di gunakan di Samrtphone Android dan penggunaannya pun juga tidak umum.

Karena hanya di perlukan untuk keperluan khusus saja, berbeda dengan jenis-jenis Kamera Samrtphone Android yang sudah kami sebutkan diatas, umumnya jenis-jenis Kamera tersebut sering di gunakan oleh para User Smartphone Android untuk mengabadikan bermacam-macam moment dengan Style yang berbeda-beda.

Sehingga, sekali lagi Teknologi Kamera di Smartphone Android itu memang sangat cepat perkembangannya, bahkan Teknologi yang sebelumnya mustahil ada, kini sudah ada dengan bantuan secara Rekayasa melalui Software ataupun Hardware.

Hanya saja, untuk sebuah Smartphone dengan beragam Jenis Kamera tersebut pada faktanya di jual dengan harga yang tidak murah, kalaupun murah, mungkin Kualitas hasil gambarnya yang akan menjadi korban, karena Spesifikasinya yang di pangkas untuk menekan harga.

Maka, pastikan kalian jangan mudah terperdaya dengan Smartphone murah, tetapi dengan konfigurasi banyak kamera, karena biasanya hasilnya tidak akan begitu bagus. Namun, hal ini akan berbeda jika Konfigurasi Multiple Camera tersebut ada pada jajaran Smartphone Premium, minimalnya kelas Menengah (Mid Tier), karena biasanya hasilnya sudah sangat memuaskan.

Dengan demikian, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, agar kalian bisa lebih memaksimalkan Jenis Kamera yang ada pada Smartphone Android kalian sekarang ini, semoga kalian tambah ilmu dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot