RILIS ARTIKEL TERBARU

Beda Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbandingan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Spesifikasi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbedaan Spesifikasi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Spec Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbedaan Harga Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Kelebihan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Kekurangan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Info Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Setelah sukses besar dengan seri Redmi Note 7, kini pihak Xiaomi melalui Sub-Brand mereka yaitu Brand Redmi, kembali merilis sebuah Smartphone Android baru dari lini Redmi yang kembali menyasar kelas Menengah yang sedang panas-panasnya dengan merilis Duo Variant baru Redmi Note, yaitu adalah Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Kedua buah Smartphone Android baru dari Redmi ini dipercaya akan menjadi Smartphone Android idola baru dari kelas menengah, karena memang membawa penyegaran dan perubahan yang terbilang cukup besar dari segi Spesifikasi hingga Desain dari Smartphone itu sendiri.

Benar saja, Smartphone Android baru dari lini Redmi ini bisa menarik banyak antusiasme dari masyarakat umum, karena Spesifikasi yang ditawarkan memang tidak main-main hebatnya untuk hitungan Smartphone kelas Menengah.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, kali ini variant Redmi Note 8 hadir dengan 2 buah versi berbeda, dimana salah satunya adalah seri Reguler yaitu Redmi Note 8 dan satu lainnya memang memiliki Spesifikasi yang jauh diatas seri Reguler, yaitu adalah Redmi Note 8 Pro.

Sekilas, Smartphone ini memang tampak sama jika dilihat dari depan, tetapi dari bagian belakang dan dari Spesifikasi jelas sekali berbeda.

Maka, dari itu disini kami akan membuat perbandingan dan perbedaan terkait 2 buah seri Smartphone baru dari lini Redmi Note 8 tersebut, beserta dengan Infographics-nya agar kalian bisa dengan mudah untuk memahami terkait masing-masing Spesifikasi dari 2 buah Smartphone Redmi Note yang berbeda tersebut.

Pembahasan kita kali ini dalam lingkup perbandingan, akan kita bahas secara bertingkat, yaitu bisa diterjemahkan sebagai berikut :


  1. Perbandingan Body dan Display
  2. Perbandingan Performance
  3. Perbandingan Kamera
  4. Perbandingan Spesifikasi Kunci lainnya


Kenapa perbandingan ini tidak langsung kami bahas secara menyeluruh? karena pada dasarnya memang ada bagian yang sama dan ada juga yang berbeda dari Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro tersebut.

Agar kalian bisa lebih mendalami terkait detail Spesifikasi, Desain dan hal lainnya, maka akan kami bahas secara bertingkat dan berututan sesuai dengan bahasan yang paling banyak di cari dan ditanyakan terkait pada detail bagian utama atau yang paling menonjol dalam Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Baiklah, kita akan mulai pembahasan perbandingan dari kedua Smartphone ini :


Body & Display


Hal pertama yang harus kalian ketahui, baik itu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu sudah menggunakan Desain layar Full Screen dengan sedikit Poni dibagian atasnya, untuk Material Body sama-sama menggunakan Kaca (Glass) pada bagian Case Belakang yang tentu saja sudah dilapisi dengan kemampuan Anti Gores dari Corning Gorilla Glass 5.

Maka, berikut adalah Spesifikasi Kunci dari bagian Body & Display pada Redmi Note 8 dan Note 8 Pro :


Redmi Note 8 (Body & Display) :


  1. IPS Panel (Luas Layar 6.3", FHD+, Ratio 19.5:9)
  2. Material Body terbuat dari Kaca (Glass) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5
  3. Dimensi Body (158.3 x 75.3 x 8.4 mm)
  4. Berat keseluruhan (190g)
  5. Fingerprint Sensor (Tertanam pada bagian belakang Case)



Redmi Note 8 Pro (Body & Display) :


  1. IPS Panel (Luas Layar 6.53", FHD+, Ratio 19.5:9)
  2. Material Body terbuat dari Kaca (Glass) dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5
  3. Dimensi Body (161.4 x 76.4 x 8.8 mm)
  4. Berat keseluruhan (200g)
  5. Fingerprint Sensor (Tertanam pada bagian belakang Case)
  6. Support HDR Display



Performance (Performa)


Hal berbeda juga datang dari Spesifikasi mesin yang diusung oleh kedua Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro tersebut, seperti yang kalian ketahui, Spesifikasi Performance ini memang sangat penting untuk diketahui.

Karena disinilah aspek yang akan membuat kalian nyaman dalam melakukan Multitasking, bermain Games HD dan seberapa besar kapasitas Battery yang digunakan, maka berikut adalah perbandiangannya :


Redmi Note 8 (Performance) :


  1. CPU Chipset Qualcomm Snapdragon 665 (10nm)
  2. GPU Adreno 610
  3. RAM 4GB / 6GB
  4. Internal Storage 64GB / 128GB
  5. Battery Li-Po 4000mAh (Fast Charging 18W)



Redmi Note 8 Pro (Performance) :


  1. CPU Chipset MediaTek Helio G90T (12nm)
  2. GPU Mali-G76 MC4
  3. RAM 6GB / 8GB
  4. Internal Storage 64GB / 128GB
  5. Battery Li-Po 4500mAh (Fast Charging 18W)


Jika, kita lihat dari Spesifikasi Performance diatas, maka sudah jelas Redmi Note 8 Pro jauh lebih unggul dari seri Redmi Note 8 dengan persentase kecepatan dan resource yang lumayan besar.


Kamera (Camera Module)


Selanjutnya, kita akan melihat perbedaan dari Spesifikasi Kamera yang digunakan ke-2 buah seri Redmi Note 8 baru ini, seperti yang terlihat, sektor kamera memang terlihat sama dari komposisinya, yaitu menggunakan 1 Buah Kamera Selfie dan 4 Buah Kamera Utama, baik itu untuk Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Tetapi, untuk lebih detailnya, Spesifikasi Kamera yang diusung ternyata cukup berbeda, karena salah satu variant Redmi Note 8 Pro tersebut, mengusung teknologi Kamera yang jauh lebih hebat dari seri Reguler Redmi Note 8 tersebut, apa saja perbedaan dari Module Kamera yang digunakan, berikut adalah detailnya :


Redmi Note 8 (Camera) :


  1. Single Selfie Camera 13 MP (f/2.0, HDR, Video Recoding 1080p@30fps)
  2. Quad (4) Main Camera 48 MP (Wide, f/1.8, 1/2", 0.8µm, PDAF)8 MP (Ultrawide 13mm, f/2.2, 1/4", 1.12µm)2 MP (Macro, f/2.4, 1/5", 1.75µm)2 MP (Depth Sensor, f/2.4, 1/5", 1.75µm)
  3. Fitur Kamera Utama (HDR, Gyro-EIS)
  4. Video Recording Resolution (2160p@30fps, 1080p@30fps/60fps/120fps, 720p@960fps)



Redmi Note 8 Pro (Camera) :


  1. Single Selfie Camera 20 MP (f/2.0, 0.9µm, HDR, Video Recoding 1080p@30fps)
  2. Quad (4) Main Camera 64 MP (Wide, f/1.9, 1/1.7", 0.8µm, PDAF)8 MP (Ultrawide 13mm, f/2.2, 1/4", 1.12µm)2 MP (Macro, f/2.4, 1/5", 1.75µm)2 MP (Depth Sensor, f/2.4, 1/5", 1.75µm)
  3. Fitur Kamera Utama (HDR, Gyro-EIS)
  4. Video Recording Resolution (2160p@30fps, 1080p@30fps/60fps/120fps, 720p@960fps)


Dari sektor Kamera tersebut, bisa kita lihat bahwa Redmi Note 8 Pro memang lebih unggul, tetapi hanya unggul untuk urusan Megapixel saja pada Kamera utamanya.

Selain itu, ada fakta menarik dari Redmi Note 8 Pro, karena Smartphone Android inilah yang pertama kali hadir secara resmi di Indonesia dengan mengusung Resolusi Kamera utama sebesar 64MP, sehingga ini menjadi sebuah prestasi tersendiri tentunya dan bisa menjadi kebanggaan untuk para pengguna Smartphone Redmi Note 8 Pro diluar sana.


Spesifikasi Kunci lainnya


Setelah 3 hal aspek utama yang sering diperbandingkan diatas, ternyata masih ada beberapa Spesifikasi pembeda yang harus kalian ketahui, memang terkesan sepele jika kita bandingkan dengan 3 aspek Spesifikasi kunci yang sudah kami jelaskan diatas.

Tetapi, bagi beberapa orang, detail kecil juga bisa menjadi pertimbangan lebih yang penting, apa saja itu? berikut adalah Point penting yang harus kalian ketahui terkait dari perbedaan antara Spesifikasi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro :


Redmi Note 8 (Other Spec) :


  1. MIUI 10 (Basis Android 9.0 Pie)
  2. Bluetooth 5.0
  3. USB Type-C
  4. Infrared Blaster
  5. FM Radio
  6. Jack 3.5mm
  7. Tersedia 3 Variant Warna (Space Black, Neptune Blue, Moonlight White)



Redmi Note 8 Pro (Other Spec) :


  1. MIUI 10 (Basis Android 9.0 Pie)
  2. Bluetooth 5.0
  3. USB Type-C
  4. Infrared Blaster
  5. FM Radio
  6. Jack 3.5mm
  7. NFC
  8. Tersedia 3 Variant Warna (Pearl White, Forest Green, Mineral Grey)


Bagaimana? apakah kalian sudah melihat perbedaan yang mendasar dari kedua buah variant Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, secara umum dari Spesifikasi yang dibawa memang tidak begitu jauh perbedaannya.

Karena pada dasarnya variant Redmi Note 8 Pro itu merupakan sebuah variant atau seri penyempurna dari seri Reguler Redmi Note 8, sehingga jangan heran, jika Redmi Note 8 Pro akan lebih unggul dibeberapa aspek.


Infographics Spesifikasi (Perbandingan)


Jika, kalian sulit untuk memahami penjelasan terkait, masalah Perbedaan Spesifikasi diatas, mungkin gambaran Infographics dibawah ini bisa membantu kalian untuk melihat perbedaan dari Desain, Bentuk, hingga Spesifikasi terkait :

Beda Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbandingan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Spesifikasi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbedaan Spesifikasi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Spec Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Perbedaan Harga Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Kelebihan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Kekurangan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Info Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Lalu, bagaimana dengan selisih harganya?


Selisih harga


Nah, disini kami tidak akan menyebutkan detail harga secara gamblang, karena bisa jadi akan ada perbedaan di Pasar sebenarnya, sehingga disini kami hanya akan menyebutkan selisih dari harga antar kedua buah Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro saja.

Dari sumber resmi harga antara Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, terpaut sekitaran Rp.800.000 hingga Rp.1.000.000 tergantung dimana kalian membelinya, sehingga disini harga Redmi Note 8 Pro tentu saja lebih mahal dari Redmi Note 8.

Selisih harga tersebut, terbilang cukup masuk akal, mengingat Spesifikasi yang diusung memang sangat powerful untuk Segment Kelas Menengah.


Kesimpulan dari hasil perbandingan


Setelah kita amati, dari hasil perbandingan diatas, ternyata memang ada beberapa perbedaan dari kedua buah jenis Smartphone baru pada lini Redmi Note tersebut, hal yang paling terlihat adalah pada jenis Spesifikasi Performance dan juga Kamera-nya.

Dapat kalian lihat, meski menggunakan MediaTek Helio G90T, tetapi untuk urusan kecepatan dan performa, maka kecepatan CPU Processor dari MediaTek Helio 690T ini katanya lebih cepat 10-15% dari Qualcomm Snapdragon 710.

Maka, bisa kita asumsikan bahwa Redmi Note 8 Pro ini kalau dari urusan Performance tidak usah diragukan lagi, lalu bagaimana dengan Redmi Note 8?

Kami, bisa bilang Smartphone ini memang terbilang cukup baik, tetapi kalau melihat dari Spesifikasi yang diberikan, maka hanya terdapat sedikit perubahan saja dari variant sebelumnya, yaitu Redmi Note 7.

Tetapi, ugrade yang sangat terlihat besar, memang datang dari variant Redmi Note 8 Pro, karena selain menggunakan Kamera yang super besar resolusinya, yaitu 64MP.

Faktanya, Redmi Note 8 Pro juga di dukung dengan NFC, tetapi pada Redmi Note 8 sebaliknya, yaitu tidak didukung. Padahal, dizaman sekarang ini, kemampuan NFC memang sangat dibutuhkan yang bisa digunakan untuk beragam hal yang bermanfaat dan akan mempermudah urusan kalian.

Selain itu, dengan adanya dukungan kapasitas baterai sebesar 4500mAh pada Redmi Note 8 Pro, tentu saja akan membuat Redmi Note 8 Pro akan menjadi lebih tahan lama dalam urusan penggunaan secara persentasi.


Beberapa hal yang harus diketahui


Sayangnya, pada variant Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro ini masih belum menggunakan Panel Display AMOLED dan teknologi Fingerprint Under Display, karena jika kita lihat dari harga, maka Produk kompetitor sudah ada yang menggunakan Fitur semacam ini.

Lalu, beralih keurusan Desain, hal ini juga sangat disayangkan, jika Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro sudah bisa menggunakan Desain Layar Full tanpa Poni, maka sudah jelas, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro ini menjadi tiada tanding pada kelasnya.

Lalu, selanjutnya untuk urusan Baterai antara Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro yang terpaut 500mAh, mungkin tidak bisa dijadikan tolak ukur sepenuhnya, untuk membandingkan daya tahan konsumsi daya baterai tersebut.

Karena, seperti yang kalian ketahui Redmi Note 8 Pro itu menggunakan Chipset MediaTek yang sudah kita ketahui bersama, bahwa untuk urusan konsumsi daya, maka tidak bisa sebaik Processor Qualcomm Snapdragon.

Sehingga, bisa jadi jika kedua buah Smartphone ini dalam kondisi Full Load (Performa penuh) seperti dalam bermain Games berat, maka bisa jadi umur hidup Redmi Note 8 dengan baterai 4000mAh, bisa lebih bertahan lama dari Redmi Note 8 Pro.

Alasannya, seperti yang sudah kami singgung diatas, yaitu karena Redmi Note 8 menggunakan Chipest Qualcomm Snapdragon 665 yang sudah terbukti sangat awet dalam konsumsi daya betarainya.

Tetapi, kalau untuk urusan Kecepatan dan Performa, jelas sekali Redmi Note 8 Pro itu diatas awan, artinya jauh bahkan terlampau jauh kecepatannya dari Performa yang ada pada Smartphone Android Redmi Note 8.

Bagaimana? apakah kalian sudah menentukan pilihan kalian? semoga artikel diatas bisa membantu kalian untuk bisa dijadikan pertimbangan, karena dengan selisih harga yang tidak begitu kentara, maka memang banyak calon pembeli Smartphone Android Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro ini menjadi galau.

Tetapi, lebih dari itu sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang kalian miliki, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot