RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara agar Smartphone Android Bekas Mahal, Agar harga Smartphone Android Bekas mahal, Cara menjual Smartphone Andriod agar harganya mahal, Trik menjual Smartphone Android Second, Tips menjual Smartphone Android Bekas, Harga Smartphone Android Bekas, Smartphone Android Second, Smartphone Android Bekas

Smartphone Android memang menjadi salah satu barang yang bisa kita bilang berharga, kenapa? jelas saja karena Smartphone Android itu memang dijual dengan harga yang bisa kita katakan tidak terlalu murah dan ada beberapa seri yang memang benar-benar mahal.

Selain itu, Smartphone Android menjadi berharga, karena barang tersebut memang bisa kita uangkan kembali dengan cara menjual Smartphone Android bekas pakai tersebut, menjadi barang Second.

Pada faktanya, dinegara kita ini, memang kebanyakan masyarakatnya memang sangat menyukai dengan produk Smartphone Android Second tersebut, bukan tanpa alasan memang.

Salah satu alasannya adalah harga jual dari Smartphone Android Second tersebut memang bisa terlampau jauh dari harga barunya, selain itu kebanyakan Smartphone Android Second (Bekas) yang dijual baik itu melalui Counter Seluler ataupun ditoko Online.

Biasanya, masih memiliki fisik yang mulus dan performa yang masih terjaga kualitasnya, maka dengan alasan tersebut, tidak mengherankan jika banyak orang yang lebih suka membeli sebuah Smartphone Android bekas ketimbang baru.

Karena budaya seperti ini juga didukung dengan kebiasaan orang Indonesia yang memang kerap bergonta-ganti Smartphone Android, sehingga bergonta-ganti Smartphone Android bekas yang mulus nampaknya lebih ideal dibandingkan dengan gonta-ganti Smartphone Android baru.

Tentu saja, pertimbangan utamanya adalah harga dan selanjutnya adalah gengsi, maka tidak mengherankan banyak orang Indonesia yang melakukan pergantian Smartphone Android sebanyak minimal 2 kali dalam setahun.

Nah, hal semacam ini tentu bisa menjadi peluang bagi para pelaku penjual Smartphone Android bekas, tetapi tentu saja Smartphone Android yang dijual itu harus terjaga kualitasnya dan tidak boleh sembarangan dalam menjual Smartphone Android bekas tersebut.

Karena, jika kalian menjualnya secara asal-asalan tanpa mempertimbangkan banyak hal sebelumnya, maka sudah jelas 2 kondisi dibawah ini akan menjadi masalah utama yang akan kalian hadapi, yaitu adalah sebagai berikut :


  • Tidak laku / Sulit laku
  • Harga jual yang menjadi sangat jatuh


Nah, pada pembahasan kita kali ini, kita hanya akan berfokus pada harga jual pada Smartphone Android Second (Bekas) saja, karena mengingat faktor inilah yang menjadi hal yang sangat penting dalam menjual kembali sebuah Smartphone Android bekas.

Kenapa menjadi penting? tentu saja, kondisi semacam ini bisa membawa keuntungan tersendiri untuk kalian, keuntungan yang dimaksud disini adalah sebagai berikut :


  • Harga jual tidak terlalu jatuh
  • Keuntungan yang nyata (Khusus untuk para pelaku penjual Smartphone Android bekas)


Sebenarnya, siapa saja bisa mempraktekan cara yang kami tulis dibawah ini, baik itu untuk para penjual Smartphone Android bekas pakaian sendiri (Individu) ataupun untuk para penjual Smartphone Android bekas yang memang sudah menjadi perkerjaan utamanya dalam menjual Smartphone Android Second tersebut.

Nah, mungkin kalian disini tertarik dengan permasalahan "Keuntungan yang nyata" yang sudah kami sebutkan diatas.

Apa maksudnya?


Untung besar dalam menjual Smartphone Android Second (Bekas)


Disini kami tidak menggambarkan kondisi ini secara eksplisit, melainkan memang kondisi keuntungan yang sebenarnya.

Asumsikan saja, disini kalian ingin mendapatkan keuntungan dari tindakan bisnis seperti ini, yaitu dengan cara membeli sebuah Smartphone Android Second murah dengan fisik yang sudah tidak sehat, contohnya Case belakang rusak / penyok ataupun Kaca Layar Smartphone Android retak atau pecah, tetapi kondisi mesin masih prima.

Selanjutnya, Smartphone Android tersebut kalian beli seharga 500ribu, tetapi harga jual resmi dari Smartphone Android baru tersebut masih berada dilevel 2jutaan.

Maka, dengan kondisi ini kalian bisa mendapatkan keuntungan paling tidak 2 kali dari biaya yang kalian keluarkan, bagaimana caranya?

Mudah saja, buat Smartphone Android tersebut semulus mungkin, dengan mengganti part yang telah rusak!

Cara ini mungkin akan membuat kalian keluar biaya lagi, tetapi mungkin hanya sekitar 300ribuan saja, setelahnya silahkan kalian jual Smartphone Android yang telah kalian perbaiki tersebut, pada kiasaran 1,3jutaan hingga 1,6jutaan.

Percaya saja, jika memang benar-benar mulus, Smartphone Android Second yang telah kalian perbaiki bisa terjual dengan harga yang tinggi dan tentu saja cepat sekali terjual dipasaran, kami jamin hal tersebut.

Lalu, bagaimana jika yang kalian inginkan hanyalah menjual Smartphone Android Bekas biasa saja (Pemakaian Individu) dan tidak ingin harganya terlalu jatuh, saat pertama kali dibeli?

Maka, jelas disini kalian perlu memperhatikan beragam hal, hanya saja ada pengetahuan utama yang harus kalian ketahui dulu sebelum kalian bisa menjual Smartphone Android bekas tersebut kepasaran baik itu secara Online ataupun ke Ponsel.


Pemahaman utama dalam menjual Smartphone Android Bekas (Second)


Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah terkait permasalahan harga jual dari Smartphone Android yang ingin kalian jual tersebut.

Orientasinya bukan dari harga saat kalian membeli Smartphone Android baru tersebut dulu, tetapi harga jual dari Smartphone Android yang berlaku sekarang ini.

Seperti yang kalian ketahui, seiring berjalannya waktu, harga jual dari Produk Smartphone Android tersebut pasti akan selalu berkurang dan akan menjadi semakin murah.

Nah, hal inilah yang harus kalian sesuaikan, jika harga waktu pertama kalian beli dulu adalah 3jutaan dan harga baru dari Smartphone Android yang ingin kalian jual kembali barunya sekarang adalah 2,3jutaan.

Maka, jelas patokan harga jual Smartphone Android bekas tersebut harus mengikuti harga terbarunya sekarang, yaitu adalah pada level 2,3jutaan.

Selanjutnya, tinggal kalian sesuaikan saja harga yang ingin kalian tetapkan untuk harga jual Smartphone Android yang ingin kalian jual kembali tersebut.

Umumnya, harga jual Smartphone Android Bekas itu kalau masih mulus dan baik, itu biasanya hanya berbeda 20-30% saja dari harga barunya terkini, maka jika Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang harga barunya adalah 2,3jutaan.

Idealnya, kalian hanya bisa menjual Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut pada level harga 1,9jutaan saja dengan harga tertingginyam itupun jika Smartphone Android yang kalian jual masih mulus.

Jika sudah ada terlihat kerusakan fisik yang dominan, maka harga jualnya akan kian jatuh dan bahkan yang terburuknya adalah Samrtphone Android yang ingin kalian jual kembali tidak laku-laku.

Untuk menghindari masalah tersebut, tentu kalian harus mempertimbangkan banyak hal, agar tidak terlalu merugi, beberapa pertimbangan tersebut datang dari 3 hal dibawah ini :


  • Fisik
  • Orisinalitas
  • Kelangkapan Aksesoris


Jika, ke-3 hal diatas bisa kalian perhatikan dengan benar, maka kami jamin, harga jual dari Smartphone Android yang ingin kalian jual kembali tersebut, tidak akan menjadi terlalu jatuh dan kalian bisa meletakannya diharga yang paling tinggi.

Lalu, terkait ke-3 hal diatas, apa sih yang harus dilakukan jika harus diperdetail lagi?

Maka, beberapa pengetahuan dibawah ini bisa membantu kalian untuk bisa mendapatkan harga tertinggi, saat ingin menjual Smartphone Android kembali berupa barang Second.


Cara agar harga jual Smartphone Android Second (Bekas) tidak terlalu jatuh


Nah, beberapa hal dibawah ini bisa kalian pahami dan bisa kalian lakukan, guna untuk bisa menjaga harga jual dari Smartphone Android yang ingin kalian jual, agar tidak terlalu jatuh harganya saat ditawarkan dan dijual kembali kepasaran.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan, agar kalian tidak terlalu merugi, tetapi pastikan terlebih dahulu, bahwa pemahaman akan mekanisme penjualan Smartphone Android bekas (Second) yang sudah kami bahas diatas, sudah bisa kalian pahami dengan benar.

Selanjutnya, silahkan ikuti beberapa saran dibawah ini, sebelum kalian menjual Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut kepasaran, baik itu melalui Toko Online, ke Ponsel ataupun keteman atau kerabat.


Flash / Reset Smartphone Android


Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah yaitu kalian harus memastikan bahwa Smartphone Android yang akan kalian jual itu bersih dari segi Software.

Artinya, tidak ada hal apapun terkait dari penggunaan kalian sebelumnya pada Smartphone Android yang ingin kalian jual tersebut, karena para pembeli dari Smartphone Android Second tersebut, pasti tidak mau tahu terkait dengan penggunaan kalian sebelumnya.

Maka, cara termudah untuk menghapus semua jejak pemakaian kalian sebelumnya, kalian bisa langsung mereset Smartphone Android terkait langsung dari menu Settings.

Tetapi, sebenarnya lebih kami sarankan untuk dilakukannya tindakan Flash, agar semua data yang ada di System OS Android menjadi hilang dan bersih seperti baru lagi.


Format Internal Storage


Setelah, kalian melakukan tindakan Reset ataupun Flash seperti yang sudah kami sampaikan diatas, selanjutnya kalian mesti menghapus semua data pada Internal Storage pada Smartphone Android yang kalian gunakan tersebut.

Kenapa demikian? kan sudah di Flash? ini yang harus kalian ketahui, kebanyakan metode Flash tersebut hanya menghapuas ke tingkat Partisi System saja, untuk Storage tidak.

Maka, kalian harus menghapusnya secara manual atau bisa lakukan Format saja untuk tindakan yang lebih cepatnya.

Dengan melakukan 2 hal diatas, maka disini kalian sudah bisa menghadirkan sebuah Smartphone Android bekas (Second) yang bersih dari segi Software.


Update keversi OS paling terbaru


Ini juga hal yang harus kalian perhatikan sebelum menjual kembali Smartphone Android yang kalian miliki tersebut, yaitu adalah dengan memastikan bahwa OS yang digunakan pada Smartphone Android yang kalian ingin jual tersebut, sudah berada pada versi paling tertinggi yang bisa digunakan sekarang.

Terlihat sepele memang, tetapi hal ini akan sangat bisa membantu kalian untuk membuat harga jual dari Smartphone Android yang ingin kalian jual tidak terlalu jatuh, karena kalian harus pastikan dari segi Software harus prima dan maksimal.


Lakukan Relock Bootloader


Hal ini khusus untuk para pengguna Smartphone Android yang sudah melakukan Unlock Bootloader, karena kenyataannya, Smartphone Android yang sudah Unlock Bootloader itu harga jualnya tentu akan lebih murah dari pada Smartphone Android yang masih Locked Bootloader.

Alasannya mudah saja, jika Smartphone Android tersebut sudah diketahui sudah melakukan Unlock Bootloader, artinya dari segi Software Smartphone Android tersebut sudah dipreteli dan pastinya akan menurunkan kepercayaan pembeli nantinya.

Maka, pastikan sebelum kalian menjual Smartphone Android yang kalian miliki tersebut, pastikan kalian sudah melakukan Relock Bootloader terlebih dahulu, terlebih jika Smartphone Android yang kalian jual tersebut, masih memiliki garansi yang hidup.


Perbaiki Fisik yang rusak


Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting ketika kalian ingin menjual kembali Smartphone Android yang kalian miliki tersebut, agar harga jualnya tidak jatuh adalah dengan memperhatikan kondisi fisik dari Smartphone Android terkait.

Memeperhatikan hal ini tentu saja bisa jadi keluar biaya lebih, misalnya casing belakang Smartphone Android rusak, maka kalian harus menggantinya dengan yang baru, atau kalian samarkan dengan cara mencatnya sendiri atau ditempeli Sticker.

Selanjutnya, jika kaca layar pecah, maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengan kaca yang baru.

Karena, percaya saja jika Smartphone Android yang ingin kalian jual itu bentuk fisiknya "Berantakan" maka jangan berharap kalian akan mendapatkan harga jual yang tinggi, karena pastinya konsumen pasti ingin mendapatkan barang yang mulus tentunya.


Pastikan Aksesoris lengkap


Lalu, para konsumen itu biasanya pasti akan menyanyakan terkait kelengkapan Aksesoris yang ada pada Smartphone Android yang ingin kalian jual tersebut.

Jika tidak lengkap, misalnya kurang Dus Box ataupun Headset, maka harga jualnya bisa kian jatuh, tetapi jika lengkap maka harga jualnya pasti akan meningkat lagi.

Lalu, selanjutnya masalah Orisinalitas Produk Aksesoris itu juga penting, biasanya calon pembeli juga akan menanyakan hal ini.

Jika, ada beberapa Aksesoris yang rusak ataupun hilang, maka kalian bisa membelinya secara Online dan pastikan Aksesoris yang kalian beli tersebut paling tidak dilevel OEM ataupun KW Super jika kepepet.

Karena, hal ini akan lebih baik daripada kalian menjual Smartphone Android tersebut dengan kelengkapan yang kurang yang tentu saja akan berimbas keharga jual yang bisa jadi menjadi lebih rendah.


Ganti Baterai


Ini adalah hal yang paling terpenting dari semuanya, yaitu adalah performa baterai, pastikan kalian tidak menjual Smartphone Android bekas yang memiliki performa baterai yang sudah jelek, karena hal ini pasti akan ditanyakan oleh para calon pembeli.

Jika, kalian memiliki Smartphone Android yang baterainya sudah Drop, maka pastikan kalian mengganti baterai tersebut, tenang saja harganya tidak mahal, mungkin sekitar 50ribuan hingga 200ribuan saja.

Keuntungannya adalah, kalian bisa menjual Smartphone Android yang ingin kalian jual tersebut diharga yang tertinggi, karena Value dari Baterai Smartphone Android tersebut, memang menjadi pertimbangan yang tinggi oleh para Konsumen Smartphone Android Second (Bekas).


Samarkan karusakan Fisik dikaca layar


Karena Smartphone Android itu menggunakan mekanisme Layar Sentuh, maka biasanya perhatian paling besar, sudah pasti terletak pada bagian Layar pada Smartphone Android terkait tersebut.

Masalah yang biasanya menjadi momok turunnya harga jual dari Smartphone Android Bekas (Second) tersebut ialah karena pada bagian Kaca Layar Smartphone Android tersebut, terlihat baret yang banyak dan jelas.

Namun, tenang saja kalian bisa menyamarkan hal ini dengan cara memasangkan Screen Protector dengan jenis Tempered Glass, dengan memasangkan jenis Screen Protector ini maka baret pada Kacar Layar Smartphone Android dipastikan akan tersamarkan dan akan terlihat mulus, percaya saja.


Kasih Bonus


Siapa sih yang tidak suka bonus? ya! bonus bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk produk Smartphone Android bekas (Second) tersebut, cara ini tentu akan bisa membuat Smartphone Android yang ingin kalian jual akan cepat laku dengan harga yang tinggi.

Untuk bonus sendiri, kalian bisa memberikan beberapa aksesoris murah seperti :


  • Kabel Data Extra
  • Power Bank
  • Screen Protector
  • Custom Case
  • Headset


Agar kalian tidak terlalu merugi, silahkan sesuaikan saja Bonus tersebut, kalian bisa mencarinya secara Online dengan maksimal harga dikisaran 100ribuan, maka Pembeli dari Smartphone Android Second (Bekas) tersebut jelas akan menjadi senang dan percaya dengan produk yang kalian jual.


Jujur


Ini adalah hal terpenting dari yang terpenting, karena setiap Konsumen atau Calon Pembeli pasti ingin membeli sebuah Smartphone Android Second (Bekas) dari Seller yang jujur apa adanya.

Pastikan, tidak ada kebohongan dalam deskripsi yang kalian buat, karena nilai kepercayaan dari Konsumen itu sangat tinggi nilainya, selian untuk menjadikan kalian Recommend Seller, kejujuran juga akan membuat popularitas kalian meningkat.

Sehingga, sekali lagi, jadilah penjual yang jujur dan mengedepankan kepentingan Konsumen, intinya "Jangan ada dusta diantara Seller dan Konsumen".

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, dari apa yang kami lihat, sejatinya Smartphone Android Second (Bekas) tersebut memang menjadi sebuah barang yang menarik.

Buktinya, banyak orang yang menyukai jenis Produk Smartphone Android seperti ini, sehingga di Toko Online atau dimanapun, pasti kalian bisa dengan mudah untuk menemukan orang yang menjual Smartphone Android Second tersebut.

Jika, kalian memang tidak memiliki pengalaman dalam menjual Smartphone Android Bekas (Second) sebelumnya, maka pembahasan diatas, bisa akan sangat membantu kalian untuk bisa membuat harga jual Smartphone Android yang ingin kalian jual, tidak terlalu jatuh.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat, bisa memberikan pengetahuan lebih untuk kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot