RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome

Internet memang menjadi salah satu mahakarya zaman modern yang paling menakjubkan yang bisa kita jumpai sekarang ini, mengapa tidak? dengan adanya Internet tersebut tentu kini kita semua sudah bisa merasakan banyak manfaat darinya, karena Internet memang dibuat untuk lebih memudahkan aktifitas hidup manusia.

Kami kira argumen tersebut mungkin sangat tepat untuk menggambarkan betapa besarnya manfaat Internet dalam kehidupan orang-orang modern seperti sekarang ini.

Terlebih lagi, Internet bukan menjadi sebuah barang yang mahal untuk sekarang ini, karena mau apapun latar belakang kalian, siapapun kalian, maka kalian semua berhak untuk menikmati layanan Internet tersebut, tentu dengan biaya tidak mahal tentunya.

Murah dan tidak mahal yang kami maksudkan disini ialah untuk menggambarkan, betapa mudahnya Internet tersebut bisa kita nikmati sekarang ini, cukup hanya bermodalkan sebuah Kouta Internet murah dengan alat bantu seperti Smartphone Android, maka kita sudah bisa menikmati beragam hal dari Internet tersebut.

Jika kita berbicara apa adanya, maka kami kira hampir seluruh orang didunia ini memang sudah mengenal apa itu Internet dan mungkin juga sudah hampir semuanya pernah mencicipi layanan Internet tersebut, meski dari orang-orang yang hidup dipedalaman sekalipun.

Asalkan infrastuktur terkait jaringan koneksi Internet tersedia, maka harusnya orang-orang yang berada dalam lingkun wilayah Internet tersebut, pasti pernah tahu atau pernah mencoba Internet tersebut, meski hanya untuk mengakses beberapa halaman web tertentu saja misalnya.

Nah, hal ini mungkin akan berbanding terbalik dengan meraka yang hidup di kota besar atau ditempat dimana jaringan Internet tersebut bisa stabil dan mudah untuk digunakan.

Maka, bisa kita asumsikan bahwa orang-orang tersebut mungkin telah menganggap Internet sama seperti kebutuhan pokok utama lainnya, apalagi bagi orang-orang milenial seperti kita ini, Internet seakan sudah menjadi bagian dari hidup kita.

Hal ini memang ditunjang dari nilai manfaat Internet yang sangat besar tersebut, kita tidak bisa menutup mata, bahwa Internet memang bisa mempermudah hidup kita dan membuat hidup kita menjadi tidak begitu membosankan.

Dengan adanya Internet semua komunikasi bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan murah tentunya, selain itu dengan adanya Internet tersebut maka semua perkerjaan kita akan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih efisien dari pada sebelumnya.

Selain itu, hal yang paling menarik dari Internet yang ada pada era modern seperti sekarang ini, yaitu adalah karena Internet bisa diandalkan sebagai media entertainment yang sangat menarik dan sangat menyenangkan.

Meski Internet itu bebas digunakan siapa saja dan kapan saja, nyatanya Internet itu juga sekarang sudah tidak sepenuhnya bebas, karena ada banyak sistem filterisasi yang diterapkan oleh lembaga-lembaga dunia, maupun dari pemerintahan negara kita sendiri.


Internet sudah disensor


Inilah faktanya, Internet yang biasa kita nikmati sekarang ini sudah tidak sebebas Internet yang ada pada 10 tahun silam, karena sekarang Internet sudah disaring dengan beragam jenis sensor.

Jika kita berbicara terkait alasan kenapa dilakukannya sensor tersebut, tentu jawabannya bisa menjadi pro dan kontra, tetapi kami sendiri beranggapan bahwa memang Internet itu memang perlu sekali untuk disensor agar tidak salah sasaran dalam pemanfaatannya.

Jika, Internet itu dibiarkan begitu saja tanpa adanya sensor seperti sekarang ini, maka bisa jadi Internet bukan lagi menjadi sebuah fasilitas yang ramah untuk kalangan tertentu.

Karena Internet itu mungkin bisa menjadi sangat jahat ketika beragam konten yang ada didalamnya tidak difilterisasi, misalkan saja konten yang berjenis infomasi palsu, informasi yang provokatif, Informasi rahasia yang disebarkan yang bisa memicu panik suatu negara tertentu dan beragam hal negatif lainnya.

Maka, jika dari perspektif ini, kami sendiri bahkan kalian mungkin akan mendukung dengan adanya sistem sensor dari Internet tersebut.

Namun, bagaimana jika sensor dari Internet tersebut dianggap berlebihan dan bahkan kearah mengekang kebebasan dari aktivitas penggunannya? tentu kami pun mungkin tidak akan setuju.

Inilah realita yang kita hadapi sekarang ini, memang tidak semuanya, tetapi kami kira ada beberapa situs yang memiliki nilai positif yang lebih besar dari nilai negatifnya, malah di sensor aksesnya oleh pemerintah kita.

Tentu hal ini sangat disayangkan, terlebih jika kalian memang adalah seorang yang sudah dewasa, berpikir menggunakan akal sehat, bertanggung jawab dan legal dimata hukum, tetapi dalam kasus sensor Internet tersebut, kalian tetap akan disama ratakan, misalnya dengan bocah berusia 5 tahun.

Tentu hak yang seharusnya bisa kalian nikmati menjadi terhambat dengan adanya aturan sensor Internet tersebut.

Nah, hal inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait permasalahan mengatasi sensor Internet yang salah target tersebut.


Mengakses Internet tanpa sensor


Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini, kami hanya ingin menekankan, bahwa disini kami bukan tidak setuju dengan adanya sensor konten Internet dari pemerintah, melainkan kami hanya ingin membantu rekan-rekan kami yang memang ingin menikmati Internet agar lebih leluasa dalam mengakses informasi dan konten, sesuai dengan hak dan tanggung jawab mereka masing-masing.

Sebenarnya, Sensor Internet ini kebanyakan hanya terjadi secara lokal saja, terkhusus untuk negara kita ini, umumnya kebijakan terkait konten di Internet tersebut akan diatasi oleh kementrian kominfo dengan berkerja sama dengan beragam pemilik jaringan ISP.

Sehingga, terciptalah sensor Internet secara lokal, dimana jika kalian mengakses web tertentu yang sudah diblacklist oleh pihak yang berwenang, maka kalian tidak akan bisa mengakses web tersebut dan akan dialihkan ke sebuah halaman bertuliskan "Internet Positif".

Bagi kalian yang mungkin suka mengakses situs nakal, mungkin akan sering mendapati tampilan Internet Positif tersebut.

Sebenarnya, untuk mengatasi permasalahan sensor Internet tersebut mudah saja untuk kalian lakukan, yaitu kalian hanya perlu menggunakan Aplikasi VPN saja, dan ubah saja IP Address di Smartphone Android kalian menjadi IP Address luar negeri, seperti US ataupun Singapore.

Maka, permasalahan sensor Internet tersebut bisa diselesikan dengan cepat.

Namun, bukan hal terkait VPN ini yang akan menjadi pembahasan kita kali ini, melainkan kita akan mengakses Internet tanpa sensor cukup hanya dengan bermodalkan Aplikasi Browser Google Chrome di Smartphone Android saja dan tanpa perlu menggunakan Aplikasi VPN apapun.

Meski demikian, untuk bisa menikmati fitur ini dari Google Chrome Android, kalian harus melakukan beberapa langkah khusus, karena fitur ini memang seperti tersembunyi keberadaannya.

Tertarik? silahkan lanjutkan pembahasan ini.


Kelebihan cara ini dibanding menggunakan VPN


Kami sangat yakin, salah satu kekurangan terbesar dari suatu VPN yang dalam kasus ini adalah penggunaan VPN gratisan, ialah terkait permasalahan koneksinya yang lamban.

Hal tersebut wajar saja, jika kalian menggunakan VPN gratisan, maka koneksi jaringan VPN tersebut akan dibagi dengan pengguna lainnya, sehingga tentu kalian tidak akan mendapatkan kecepatan Internet yang nyata.

Mungkin kalian hanya bisa menikmati kecepatan internet dari VPN gratisan tersebut sekitar 20%-30% dari total kecepatan Internet nyata yang biasa kalian gunakan.

Hal tersebut pastinya akan merugikan untuk kalian, meski bisa melewati sensor Internet tersebut, tetapi jika koneksi Internet yang didapatkan tidak cepat dan bahkan tidak layak, maka artinya hal tersebut bisa menjadi kesia-sian saja untuk kalian lakukan.

Nah, berbeda dengan cara yang akan kita bahas kali ini, karena disini kalian akan mendapatkan 100% kecepatan Internet kalian seperti biasa, plus tanpa sensor Internet tentunya.

Selain itu, cara ini juga legal dan aman untuk kalian gunakan, karena fitur ini memang secara resmi ada pada Aplikasi Google Chrome Android.

Lalu, bagaimana sih caranya? berikut adalah cara untuk menikmati layanan Internet bebas tanpa sensor langsung dari Google Chrome Android tanpa perlu menggunakan Aplikasi VPN apapun.


Cara lewati Internet Positif dengan Google Chrome Android


Hal pertama yang harus kalian lakukan, sebelum mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan dibawah ini, ialah kalian harus menggunakan Aplikasi Browser Google Chrome Android versi paling terbaru.

Sehingga, maka silahkan Update saja dulu melalui Aplikasi Google Play Store Android, karena nampaknya fitur tersebut tidak ada pada variant versi Google Chrome Android lawas.

Jika, kalian sudah berada pada versi Google Chrome Android yang paling baru, maka silahkan ikuti tata cara dibawah ini, agar kalian bisa menikmati Internet tanpa sensor tersebut :

  1. Buka Aplikasi Google Chrome Android.
  2. Kemudian masuk ke Menu Settings.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Lalu, masuk lagi ke Menu Privacy and Security.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Selanjutnya, masuk ke Menu Use Secure DNS.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Aktifkan tuas fitur Use Secure DNS.
  2. Lalu, pilih Choose Another Provider.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Tekan, pada tulisan Custom.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Terakhir, pilih Goole (Public DNS).
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Done!

Pada tahap ini, kalian sudah bisa bebas mengakses Internet tanpa sensor dari Internet Positif lagi! sangat mudah bukan untuk dilakukan?

Meski cara ini bisa mengatasi permasalahan sensor dari Internet Positif tersebut, nyatanya penggunaan dari cara ini juga masih terbatas.

Lalu, apa saja sih batasan dari penggunaan cara yang telah kami jelaskan diatas? berikut adalah pembahasannya.


Kekurangan dari fitur Google Secure DNS


Perlu kalian ketahui sebelumnya, meski bisa melakukan bypass terhadap filterisasi yang dilakukan oleh Internet Positif, nyatanya ada beberapa Web atau Situs yang tetap saja terblokir meski sudah menggunakan cara diatas, kenapa?

Karena Web atau Situs tersebut memang terbukti membahayakan bagi pengaksesnya, maka sudah pasti tidak akan bisa diakses, meski sudah menggunakan cara diatas, tetapi hal ini jarang sekali terjadi dan ditemukan.

Kebanyakan, hampir semua Web atau Situs yang sebelumnya di Blokir oleh Internet Positif, kini sudah bisa diakses sepenuhnya dari Google Chrome Android tersebut.

Hanya saja, perlu kalian ketahui, cara ini hanya akan bisa kalian manfaatkan untuk sekedar mengakses dan Streaming video / audio saja.

Pada kondisi ini, kalian tidak akan bisa melakukan Download terhadap konten yang ada pada situs tersebut, jika kalian menggunakan Tool Download pihak ke-3 atau dalam artian kalian mendownload menggunakan Tool Download Accelerator, seperti yang kami jelaskan dibawah ini :


Semua hal yang bisa kalian lakukan, ialah kalian hanya bisa melakukan semuanya via Google Chrome Android itu saja dan tidak bisa menggunakan atau dibantu oleh aplikasi lain, seperti Aplikasi Download Accelerator contohnya.

Sehingga, mungkin inilah yang akan menjadi batasan paling besar dari penggunaan fitur Google Secrue DNS tersebut.

Namun, kami kira Google Chrome Android sendiri memang sudah cukup mumpuni untuk melakukan Download File tersebut, meski tidak bisa secepat Aplikasi Download Accelerator yang memiliki fitur Split Download dan bisa meningkatkan proses Download hingga berkali lipat.

Sehingga, mau tidak mau, kalian harus puas dengan batasan tersebut, kami kira pada kondisi ini kalian pun tetap akan masih diuntungkan dengan beragam keuntungan yang sudah kami jelaskan diatas.


Cara diatas tidak berkerja?


Kalau cara diatas tidak berkerja dan situs yang ingin kalian buka tetap memunculkan halaman sensor dari Internet Positif, maka bukan berarti cara diatas tidak berkerja.

Melainkan, hal yang perlu kalian lakukan ialah dengan melakukan Clear Browsing Data, maka permasalahan tersebut bisa terselaikan dengan cepat.

Caranya?

  1. Buka Aplikasi Google Chrome Android.
  2. Kemudian masuk ke Menu Settings.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Lalu, masuk lagi ke Menu Privacy and Security.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Kemudian pilih menu Clear Browsing Data.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Pilih tab Basic.
  2. Centang semuanya.
  3. Terakhir, silahkan tekan Tombol Clear Data.
Cara buka situs web diblokir Internet Positif dengan Google Chrome
  1. Done!

Seharusnya, dengan melakukan cara diatas, kalian tidak akan menemukan permasalahan lagi dengan sensor Internet Positif tersebut.

Nah, dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sederhana kali ini, kami harap artikel ini bisa membantu kalian untuk mengatasi permasalahan yang sedang kalian alami, terkait permasalahan sensor Internet tersebut.

Namun, disini kami ingatkan, gunakanlah dengan bijak! disini kami hanya memberikan pelajaran untuk mereka yang sudah legal dan sudah bisa bertanggung jawab dengan apa yang akan mereka lakukan.

Jika, kalian adalah seorang yang mungkin belum pantas untuk bisa menggunakan fitur ini, maka kami sarankan jangan sekali-kali menggunakan atau mengikuti tutorial yang sudah kami buat diatas, itu sangat dilarang untuk kalian lakukan.

Akhir kata, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang menjadi masalah kalian bisa terselaikan dengan sempurna dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot