RILIS ARTIKEL TERBARU :

Lokasi tempat File SHAREit berada

Penggunaan Smartphone Android yang tepat tentu akan membuat segala hal dalam hidup kita menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan juga efisien, karena sejatinya Smartphone Android itu memang didesain dan dirancang untuk mempermudah hidup bagi para penggunannya.

Semua kemudahan tersebut tentu bisa kita nikmati sekarang ini, berkat adanya beragam kemajuan teknologi yang ada pada sebuah Smartphone Android modern tersebut, sehingga sekarang ini Smartphone Android tidak lagi bisa dikatakan hanya sebagai sebuah perangkat telekomunikasi mobile saja.

Melainkan Smartphone Android itu memang sudah menjelma menjadi sebuah Perangkat yang memang benar-benar pintar dan bisa diandalkan dalam beragam sektor, seperti sektor entertainment, pekerjaan, hobby dan lainnya.

Dengan adanya beragam kemudahan tersebut, tentu kita sebagai penggunannya akan sangat diuntungkan, selain waktu penyelesaian pekerjaan yang bisa lebih efisien, nyatanya Smartphone Android juga bisa digunakan sebagai sebuah alat analasis untuk mengambil keputusan tertentu.

Ya! semua hal tersebut bisa dan sangat memungkinkan untuk dilakukan, karena kalian hanya perlu membuka Aplikasi Google Play Store saja, selanjutnya silahkan kalian cari Aplikasi apa yang cocok untuk kalian gunakan.

Karena di Google Play Store sendiri, ada ribuan bahkan jutaan Aplikasi Android yang siap pakai, tentu saja jika kalian bisa memaksimalkan penggunaan beberapa Aplikasi pada Google Play Store tersebut untuk menunjang aktifitas yang kalian jalani.

Maka, kami yakin apa yang sedang kalian kerjakan mungkin akan lebih menyenangkan dari pada sebelumnya berkat bantuan dari Smartphone Android tersebut tentunya.

Selain itu, untuk bertukar informasi atau datapun menggunakan Smartphone Android tentu akan menjadi lebih mudah dan cepat dari pada pengguaan Telepon Selular jaman dulu.

Bahkan kecepatan Transfer Data antar Gadget Android sekarang ini sudah berkali-kali lipat lebih cepat dari pada kemampuan Ponsel zaman dulu.

Karena sekarang proses Transfer Data di era Smartphone Android modern seperti sekarang ini, sudah tidak lagi hanya bergantung kepada koneksi jaringan Bluetooth dan Kabel USB saja, melainkan sudah lebih dari itu.

Yaitu, penggunaannya sudah pada tingkat penggunaan Transfer menggunakan protokol dari teknologi Wi-Fi, sehingga proses Transfer Data akan sangat cepat sekali untuk dilakukan, umumnya kecepatan Transfer Data via koneksi Wi-Fi ini bisa mencapai 100MB/sec.

Nah, hal inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu terkait permasalahan Transfer Data tersebut, tetapi bukan terkait permasalahan teknis dalam melakukan Transfer Data tersebut.

Melainkan kita akan merumuskan suatu masalah tertentu yang muncul pada Aplikasi Android terkenal yang memang dibuat khusus untuk mengirim dan menerima Transfer Data berkecepatan super tersebut.

Mungkin kalian sudah bisa menebak Aplikasi yang kami maksud disini, ya! benar sekali Aplikasi tersebut adalah SHAREit.


Aplikasi terpopuler Transfer Data via Wi-Fi


Meski sekarang ini ada banyak sekali jenis Aplikasi Transfer Data via Wi-Fi tersebut, nyatanya SHAREit tetap menjadi yang paling populer.

Padahal, kalau menurut kami pribadi Aplikasi SHAREit sekarang ini sudah kurang nyaman untuk digunakan, karena terlalu banyak konten iklan yang mengganggu.

Dibandingkan kompetitornya seperti EasyShare dan ShareMe, kedua Aplikasi tersebut nyatanya lebih friendly untuk digunakan, karena ringkas dan minim bahkan hampir tidak terlihat menggunakan iklan sebanyak SHAREit.

Namun, mau bagaimanapun Aplikasi SHAREit tetap menjadi yang paling populer dan paling banyak dikenali oleh para pengguna Smartphone Android.

Selain hal tidak menyenangkan yang telah kami bahas diatas, nyatanya Aplikasi SHAREit itu memang sangat bisa diandalkan untuk melakukan Transfer Data berukuran besar dengan sangat cepat dan dengan proses kirim dan terima yang simple serta mudah dipahami.

Selain itu, Aplikasi SHAREit ini mungkin telah menjadi salah satu pelopor adanya Aplikasi sejenis Transfer Data via protokol Wi-Fi tersebut.

Karena dibeberapa tahun yang lalu, kami kira hanya Aplikasi SHAREit ini saja yang memiliki kemampuan untuk melakukan Transfer Data dengan sangat cepat, baru setelah Aplikasi SHAREit ini populer, banyak Aplikasi sejenis lain yang bermunculan, seperti 2 aplikasi yang telah kami sebutkan diatas.

Sehingga, masalah popularitas dari Aplikasi SHAREit tersebut memang tidak bisa diragukan lagi, dari fiturpun memang sudah jempolan, minusnya memang hanya ada dipermasalahan iklan tersebut saja.

Apakah masalahnya hanya itu? sebenarnya ada 1 hal yang yang sangat mengganggu dari Aplikasi SHAREit tersebut.

Permasalahan apakah yang kami maksud tersebut?


File hasil Transfer yang sulit untuk ditemukan


Nah, inilah masalah yang kami maksud diatas, kami yakin kalian pun pasti pernah mengalami hal serupa ketika sedang menggunakan Aplikasi SHAREit tersebut ketika telah menerima kiriman file dari pengguna Aplikasi SHAREit lain.

Secara umum file kiriman yang misalkan berbentuk Gambar Foto atau Video itu ketika dikirimkan ke pengguna Smartphone Android lain.

Pasti file tersebut akan langsung muncul di Aplikasi Gallery atau File Manager karena secara otomatis Aplikasi tersebut akan memindai file berjenis Gambar atau Video tersebut untuk dimasukan kedalam arsip kategori yang telah ditentukan.

Tetapi, hal ini tidak berlaku pada jenis File Gambar, Video, Aplikasi dan Dokumen yang dikirim atau diterima melalui Aplikasi SHAREit tersebut.

File yang dikirimkan atau diterima tersebut tidak akan muncul pada List Gallery atau Arsip kategori pada Aplikasi File Manager, sehingga untuk mencari dan menggunakan File yang telah dikirim atau diterima dari Aplikasi SHAREit tersebut akan sulit untuk dilakukan.

Kebanyakan pengguna Aplikasi SHAREit lain, pasti mengira File yang diterima atau dikirimkan tersebut Error, sehingga hilang keberadaannya dan sulit untuk dilacak tempatnya, sehingga pengguna Aplikasi SHAREit tersebut pasti akan meminta ulang File yang diinginkan tersebut.

Namun, sayangnya hal tersebut tidak akan membuat File yang dikirim atau diterima dari Aplikasi SHAREit muncul, karena ini memang menjadi masalah yang umum terjadi pada penggunaan Aplikasi SHAREit tersebut.

Selain itu, ketika kalian menerima File berupa Gambar atau Video dan kalian ingin mempostingkannya melalui Stories WhatsApp atau Instagram, maka File tersebut juga tidak akan muncul pada List Gallery yang tersedia.

Padahal secara System, List Gallery pada Aplikasi WhatsApp dan Instagram tersebut akan selalu memunculkan List Gallery Gambar atau Video terbaru yang masuk ke Storage Smartphone Android kalian, tetapi sayang hal ini tidak akan berlaku pada File yang diterima melalui Aplikasi SHAREit tersebut.

Lalu, bagaimana sih cara menemukan File yang dikirim atau diterima dari Aplikasi SHAREit tersebut? sehingga bisa kita pergunakan secara biasa?

Sebenarnya, cara untuk menemukan File tersebut mudah saja untuk dilakukan, hanya saja cara untuk mengetahui Informasi letak File tersebut memang seakan tersembunyi.

Berikut adalah pembahasan detailnya.


Cara menemukan File yang dikirim atau diterima via SHAREit


Dengan mengikuti cara yang kami sampaikan dibawah ini, kami yakin 100% kalian pasti akan menemukan letak dimana File yang dikirim atau diterima tersebut berada.

Karena informasi dari letak File tersebut akan langsung diberitahukan oleh Aplikasi SHAREit tersebut, sehingga tidak mungkin salah lagi dan tidak mungkin Data File tersebut menjadi hilang setelah diterima atau dikirim.

Selama kalian belum melakukan Uninstall terhadap Aplikasi SHAREit tersebut, berikut adalah cara untuk menemukan lokasi File kiriman dari SHAREit tersebut.

  1. Buka Aplikasi SHAREit.
  2. Masuk ke Tab Local.
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Cari File yang telah diterima tersebut, dalam kasus ini kami mencari File Video.
  2. Setelah menemukan File Video yang dimaksud. 
  3. Tekan button Play.
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Lalu, silahkan perbesar Video tersebut dengan menekan Icon seperti dibawah ini :
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Jika sudah, silahkan tekan Icon titik 3 pada bagian samping Video, seperti ini :
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Kemudian pilih opsi Properties.
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Nah, disini kalian akan melihat tempat File tersebut berada.
Lokasi tempat File SHAREit berada
  1. Done!

Pada studi kasus yang kami lakukan diatas, kami menemukan letak File yang diterima dari Aplikasi SHAREit tersebut terletak pada direktori :

  • /storage/emulated/0/Android/data/com.lenovo.anyshare.gps/file/SHAREit/videos/

Untuk mempermudah menerjamahkan lokasinya, maka bisa dipahami dan disederhanakan menjadi seperti ini :

  • Internal Memory/Android/data/com.lenovo.anyshare.gps/file/SHAREit/videos/

Nah, jadi letak File Video yang telah kami terima dari Aplikasi SHAREit tersebut, memang terletak ditempat yang tidak umum.

Kenapa file tersebut tidak bisa muncul di Gallery?

Alasannya sederhana saja, ketika suatu File tersebut terletak pada direktori Folder Android yang memang merupakan sebuah Folder yang memiliki Permission khusus, maka pastinya File tersebut tidak akan bisa dipindai oleh Aplikasi Gallery.

Karena Aplikasi Gallery atau Aplikasi File Manager tersebut tidak memiliki hak akses untuk mengakses File kedalam direktori Folder Android tersebut.

Studi kasus yang kami jelaskan diatas tersebut bisa diterapkan untuk mencari File Gambar dan Video saja.

Namun, bagaimana dengan File dengan jenis ekstensi lain, misalkan berjenis dokumen atau (.apk)?

Jawabannya mudah saja, kalian hanya perlu langsung masuk ketempat Folder direktori SHAREit berada saja.


3 Tempat berbeda Folder File SHAREit


Perlu kalian ketahui sebelumnya, pada Folder File SHAREit tersebut jenis File yang diterima atau dikirim dari Aplikasi SHAREit tersebut akan masuk kedalam Foldernya masing-masing, sesuai jenis extensi dari File tersebut.

Sehingga, jika File yang kalian terima adalah berjenis Aplikasi Android (.apk), maka File tersebut akan masuk kedalam Folder Apps yang ada pada direktori Folder SHAREit tersebut.

Jika, kalian sudah paham, maka kalian bisa langsung mencari File hasil kiriman atau File yang diterima dari Aplikas SHAREit tersebut, pada 3 tempat ini dibawah ini.

  1. Pertama, jika kalian tidak menggunakan Memory External pada Smartphone Android kalian, maka letak default dari direktori Folder File SHAREit adalah pada direktori ini :

  • Internal Memory/Android/data/com.lenovo.anyshare.gps/file/SHAREit/

  1. Kedua, jika kalian tidak menemukan direktori Folder diatas, atau Folder direktorinya ada, tetapi tidak ada File didalamnya, maka letak File dari SHAREit tersebut akan berada pada direktori ini :

  • Internal Memory/SHAREit/

  1. Ketiga, jika kalian menggunakan Memory Extrenal dan tidak menemukan File kiriman dari SHAREit tersebut pada Internal Memory, maka letaknya sudah pasti ada di direktori External Memory / SD Card, maka letak pastinya akan berada di :

  • External Memory (SD Card)/Android/data/com.lenovo.anyshare.gps/file/SHAREit/

  1. Atau bisa juga berada pada :

  • External Memory (SD Card)/SHAREit/

Nah, jika kalian sudah mengetahui letak dari tempat direktori Folder SHAREit tersebut, maka harusnya kalian tidak kesulitan lagi untuk mencari dimana File hasil kiriman via SHAREit tersebut berada.

Cukup langsung akses ke tempat yang telah kami sebutkan diatas, maka kalian pasti akan menemukan File yang sedang kalian cari..

Ingat! selama Aplikasi SHAREit tersebut belum kalian Uninstall setelah menerima File kiriman tersebut, maka harusnya File yang kalian cari, masih tetap akan ada berada ditempat direktori Folder SHAREit tersebut.

Namun, jika setelah kalian menerima File tersebut, setelahnya kalian langsung melakukan Uninstall pada Aplikasi SHAREit.

Maka, kami pastikan File yang telah diterima melalui Aplikasi SHAREit, juga akan ikut terhapus secara otomatis, sehingga kalian harus melakukan proses pengiriman File ulang.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sangat sederhana kali ini, meski terlihat biasa saja, nyatanya Tutorial ini mungkin akan sangat berharga untuk sebagian pengguna Smartphone Android diluar sana.

Karena bisa jadi, File yang dikirimkan melalui Aplikasi SHAREit tersebut, merupakan sebuah File yang teramat penting bagi kalian, maka disinilah artikel sederhana ini bisa membantu mengatasi masalah yang sedang kalian alami.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot