RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Salah satu tuntutan terbesar untuk jajaran Perangkat Pintar yang ada diera serba canggih sekarang ini, ialah memang harus memiliki fungsi yang serbaguna, artinya para konsumen itu memang menyukai produk-produk digital yang multi fungsi, seperti Smartphone Android contohnya.

Kita mungkin bisa sepakat, bahwa nyatanya Smartphone Android itu memang memilii fungsi yang beraneka ragam, bukan hanya sebagai sebuah Perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan Komunikasi jarak jauh saja, melainkan bisa digunakan untuk beragam hal.

Sebenarnya, itulah tuntutan dari produk-produk Smartphone Android yang ada dizaman sekarang ini, Inovasi memang sangat menentukan suksesnya suatu Brand yang ikut andil dalam bisnis Smartphone Android tersebut.

Sehingga, semuanya bukan melulu terkait kepada Teknologi Spefikasi Hardware yang digunakan pada Smartphone Android tersebut, melainkan lebih condong kepada nilai manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan Smartphone Android tersebut.

Maka, tidak heran jika sekarang ini kita bisa melihat banyak sekali Inovasi Teknologi yang hadir pada tiap-tiap Brand Smartphone Android, beberapa diantaranya memang ada yang bersifat mutakhir dan mencengangkan dan beberapa diantaranya memang ada yang terkesan aneh.

Pada faktanya, inilah yang membuat produk-produk Smartphone Android itu menjadi menarik, karena kita akan menemui banyak sekali jenis produk Smartphone Android dengan keunikanya sendiri.

Sehingga, kita sebagai konsumen tentu akan diuntungkan dengan adanya kondisi persaingan antar Produsen Smartphone Android tersebut, karena kita akan banyak diberikan pilihan terkait produk Smartphone Android yang dijual dipasaran, tentunya dengan harga yang bersaing.

Sebagai sebuah Perangkat Multimedia Pintar, maka kita bisa tahu, bahwa Smartphone Android itu memang bisa dimanfaatkan untuk digunakan dalam beragam tujuan, misalkan untuk tujuan pekerjaan, hobby, hiburan dan bisa juga dimanfaatkan untuk beragam hal yang mungkin tidak pernah kalian sangka-sangka sebelumnya, misalnya?

Apakah kalian pernah membayangkan, bahwa nyatanya sebuah Smartphone Android itu bisa dialih fungsikan sebagai sebuah alat pengeras suara atau microphone secara langsung?

Kami kira, mungkin hanya sedikit dari kalian yang mungkin menyadari, bahwa nyatanya Smartphone Android itu bisa difungsikan sebagai alat Pengeras Suara yang baik ketika dalam keadaan darurat.

Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu bagaimana sih cara membuat Smartphone Android menjadi sebuah alat pengganti Microphone pada umumnya?

Lalu, bagaiman bisa menjadi mungkin, bahwa Smartphone Android itu bisa dijadikan sebuah alat pengeras suara seperti pengganti TOA ataupun alat Microphone pada umumnya? tentu saja hal ini akan sangat mungkin dilakukan.


Memanfaatkan Hardware Microphone bawaan


Rahasia dari cara unik yang akan kita praktekan dibawah ini ialah dengan memanfaatkan Hardware Microphone yang pasti selalu ada pada setiap Smartphone Android.

Selanjutnya, untuk memungkinkan hal tersebut terjadi, tentu saja kita akan menggunakan sebuah Aplikasi Android khusus yang nantinya bisa kita Download secara gratis melalui Aplikasi Google Play Store.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada prakteknya kita disini akan memanfaatkan fitur Hardware Microphone pada tiap masing-masing Smartphone Android.

Sebenarnya secara fisik dan fungsi, Hardware Microphone pada Smartphone Android itu secara mekanisme saja saja seperti alat Microphone yang biasa kalian lihat dan jumpai.

Perbedaanya Hardware Microphone pada Smartphone Android itu ukurannya akan sangat jauh lebih kecil dari pada Microphone Konvensional pada umumnya.

Karena secara fungsi, sebenarnya Hardware Microphone pada Smartphone Android itu memang didesain hanya untuk mengeraskan suara ketika sedang melakukan panggilan masuk dan keluar saja.

Tetapi, ditangan orang-orang kreatif, maka Hardware Microphone yang terlihat sepele ini, bisa disulap menjadi sebuah fitur yang sangat mengesankan.

Kami yakin dalam keadaan darurat atau genting, fitur Microphone yang ada pada Smartphone Android itu akan bisa sangat berguna untuk kalian, salah satunya ialah sebagai sebuah alat yang bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai sebuah alat Pengeras Suara yang handal.

Dalam prakteknya, tentu disini kita akan dibantu oleh perangkat pendukung lain, yang pastinya sudah bisa kalian tebak sendiri.

Ya! pada prakteknya kita memang akan memerlukan sebuah alat Speaker untuk mengeraskan suara yang diolah dari Hardware Microphone Smartphone Android hingga berkali-kali lebih keras dan lantang.


Alat bantu yang diperlukan


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, disini kita akan menggunakan alat bantu berupa media alat Speaker, kalian bisa dengan bebas menggunakan jenis Speaker apapun, mulai dari Speaker Portable hingga Dedicated Speaker seperti Home Cinema atau Speaker Dangdutan bisa kalian manfaatkan pada kondisi ini.

Lebih canggih Teknologi yang digunakan pada Speaker yang kalian gunakan tersebut, maka tentu hasil keluaran suara akan menjadi lebih maksimal dan bagus ketika digunakan dalam mempraktekan cara yang akan kami sampaikan dibawah nanti.

Selanjutnya, selain menggunakan Speaker, tentu disini kita memerlukan sebuah alat bantu penghubung, yaitu adalah Kabel Jack 3.5mm bolak-balik.

Jika, kalian bingung bentuknya, maka kalian bisa melihat contohnya pada gambar dibawah ini :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Tetapi, jika kalian menggunakan sebuah Speaker Portable yang sudah Include dengan Kabel Jack 3.5mm, maka kalian bisa langsung menggunakan Speaker tersebut tanpa perlu membeli atau menggunakan Kabel Jack 3.5mm lain.

Nah, dalam prakteknya terkait penggunaan alat bantu tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa pada tutorial dibawah ini, alat pendukung yang diperlukan secara fisik adalah sebagai berikut :

  1. Speaker (Terserah jenis apapun)
  2. Kabel Jack 3.5mm (Dibutuhkan ketika Speaker tidak Include Kabel Jack 3.5mm)

Lalu, bagaimana jika Speaker yang digunakan menggunakan Kabel USB dan tidak menyediakan Port atau Kabel Jack 3.5mm tersebut? apakah masih bisa?

Tentu saja masih bisa, yang perlu kalian lakukan hanya perlu membeli sebuah alat Converter USB to Jack 3.5mm, seperti ini contohnya :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Selanjutnya, bagaimana jika Smartphone Android tidak Support Jack 3.5mm? artinya tidak tersedia Port Jack 3.5mm didalamnya?

Sama saja, yang perlu kalian lakukan hanyalah menggunakan Converter USB Micro atau USB Type C to Jack 3.5mm.

Biasanya, Smartphone Android yang tidak menyertakan fitur Jack 3.5mm tersebut, dari paket pembelian harusnya secara default biasanya sudah akan mendapatkan Converter seperti yang kami maksud diatas, seperti ini contohnya :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Lalu, pertanyaan selanjutnya, apakah harus menggunakan Kabel Jack 3.5mm dan tidak bisa menggunakan Koneksi secara Wireless misalnya?

Sebenarnya bisa saja kalian menggunakan koneksi dari Wireless Bluetooth tersebut, hanya saja hasilnya mungkin tidak akan maksimal.

Alasannya?


Koneksi Bluetooth Speaker tidak kami rekomendasikan


Sebenarnya kami memiliki alasan kenapa kami tidak merekomendasikan jalur Koneksi dari Wireless Bluetooth Speaker tersebut, karena bermuara dari pengalaman yang telah kami uji coba, maka hasilnya akan sangat tidak memuaskan, kenapa?

Sederhana saja, transmisi suara yang diterima dari Smartphone Android dan dihantarkan ke Speaker Bluetooth tersebut, akan menjadi sangat Delay dan sangat tidak nyaman untuk digunakan.

Berbeda dengan menggunakan Kabel Jack 3.5mm tersebut, hasil suara yang kami dapatkan terbilang akurat dan persisi, kalau didengarkan secara seksama, mungkin ada sedikit Delay, tetapi hal tersebut tidak terlalu terasa, dibandingkan ketika menggunakan Koneksi via Wireless Bluetooth tersebut.

Sehingga, pada kasus ini kami sama sekali tidak akan menyarankan kalian untuk menggunakan Koneksi via jalur Wireless Bluetooth tersebut, karena orang-orang yang akan mendengar suara yang dikeraskan dari Smartphone Android tersebut, tidak akan enak untuk didengarkan dan kalian pun mungkin tidak akan nyaman juga berbicara pada kondisi serba Delay tersebut.

Nah, dari beberapa hal yang sudah kami jelaskan diatas, jika kalian sudah bisa memahami semuanya, termasuk alat pendukung yang diperlukan, serta tindakan teknis terbaik yang telah kami rekomendasikan.

Maka, setelahnya kalian sudah bisa mempraketkan cara yang kami maksud pada pembahasan dibawah ini.


Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, untuk bisa mempraktekan cara ini, kalian perlu menggunakan sebuah Aplikasi khusus Microphone tersebut.

Tenang saja, kalian akan bisa dengan mudah untuk menggunakan Aplikasi yang kami maksud tersebut, karena Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara langsung dan gratis dari Aplikasi Google Play Store, dan nama Aplikasi tersebut ialah Microphone.

Jika kalian tidak ingin ribet mencari Aplikasi Microphone tersebut, kalian bisa langsung mengunjungi alamat URL yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Setelah Aplikasi yang dibutuhkan tersebut sudah terinstall di Smartphone Android kalian, maka kalian bisa langsung membuat Smartphone Android kalian menjadi alat pengeras suara darurat dengan cara dibawah ini :

  1. Silahkan buka Aplikasi Microphone tersebut.
  2. Hubungkan Smartphone Android ke Speaker dengan Kabel Jack 3.5mm.
  3. Lalu, Tekan (Tap) gambar Microphone, hingga berubah warna seperti ini :
Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone
  1. Setelahnya, kalian sudah bisa berhasil menyulap Smartphone Android kalian menjadi alat pengeras suara darurat.
  2. Done!

Bagaimana? mudah sekali bukan cara untuk mengubah Smartphone Android menjadi sebuah alat pengeras suara tersebut?

Jika kalian tidak puas dengan hasil keluaran suara yang didapatkan, maka sebenarnya kalian bisa melakukan beberapa penyesuain pada Aplikasi Microphone tersebut agar keluaran suara bisa menjadi lebih enak untuk didengar.


Cara Settings Sound Effect


Secara default, Aplikasi Microphone tersebut memang menyediakan beberapa opsi pengaturan yang bisa kalian sesuaikan sendiri.

Jika, kalian ingin mengubah keluaran suara seperti mirip suara yang dikeluarkan dari alat pengeras suara TOA, maka kalian bisa mengubah opsi Mic menjadi PTT, seperti ini :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Lalu, mengubah opsi Speaker menjadi Mono Sound dengan mencentang opsi ini :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Selanjutnya, jika keluaran suara dirasa kurang begitu ngebass atau kurang Echo, maka silahkan atur Sound Effect-nya pada opsi Gain, seperti ini :

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Terakhir, jika kalian ingin pengaturan yang lebih Advanced kalian masih bisa mengatur beragam hal terkait Sound Effect tersebut, seperti mengatur Equalizer, Sample Rate hingga Frame Per Buffer pada Menu Settings.

Setelahnya, tinggal kalian Ceklist saja, opsi mana yang ingin kalian munculkan dan ingin kalian gunakan.

Cara mengubah Smartphone Android menjadi Microphone

Bagaimana? apakah keluaran suara dari Microphone Smartphone Android sudah menjadi lebih baik dan enak untuk didengar?

Kalau masih belum, maka jawabannya sudah pasti, yaitu karena mungkin Kualitas dari Hardware Microphone dan juga Speaker yang digunakan jelek, sehingga hasilnya tidak akan bisa maksimal.

Tidak percaya?

Dari percobaan yang kami lakukan pada 2 buah Smartphone Android, yaitu menggunakan Redmi Note 8 Pro dan juga Vivo V17 Pro, hasilnya keluaran suara akan menjadi lebih bagus dan jernih ketika menggunakan Smartphone Android dari Vivo V17 Pro.

Sehingga bisa kita asumsikan, hasil akhirnya memang akan sangat tergantung pada kualitas Hardware Microphone yang ada pada Smartphone Android itu sendiri, berikut juga dengan alat Speaker yang digunakan.

Tetapi, kalau dalam keadaan darurat dan memang perlu menggunakan alat pengeras suara, maka kami kira permasalahan jelek atau tidaknya kualitas Hardware Microphone di Smartphone Android itu tidak akan menjadi masalah lagi.

Asalkan suara yang dikeluarkan bisa keras dan lantang, maka kami kira permasalahan Hardware Microphone tersebut tidak akan menjadi masalah untuk kalian.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan menarik kita kali ini, seperti yang sudah kami katakan diatas, nyatanya Smartphone Android itu bisa saja difungsikan sebagai sebuah alat yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kalian.

Sehingga, kalian perlu membuka mata kalian pada kondisi ini, karena sejatinya Smartphone Android itu memang dibuat sebagai sebuah alat yang multi fungsi dan bisa dipergunakan untuk beragam hal, termasuk bisa digunakan sebagai alat pengeras suara, seperti yang sudah kita bahas diatas.

Maka, pada akhirnya kita memang harus bisa memaksimalkan penggunaan dari Smartphone Android tersebut semaksimal mungkin, karena jika kita diletakan dalam suatu kondisi darurat, bisa jadi Smartphone Android tersebut akan bisa sangat berguna untuk kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot