RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara mengunci jaringan 5G agar tidak berubah

Babak baru era teknologi dalam aspek telekomunikasi telah sampai menyambangi negara kita ini, ya benar sekali! dengan adanya dukungan dari jaringan telekomunikasi berbasis jaringan 5G, maka sekarang kita sudah berada pada era dimana Internet tersebut sudah bisa benar-benar cepat untuk bisa kita nikmati bersama.

Sebenarnya, jaringan 5G ini bukanlah menjadi hal baru, hanya saja jenis jaringan ini baru saja ada secara resmi dinegara kita ini setelah melewati rentetan proses yang sangat panjang untuk melakukan realisasinya.

Dengan adanya dukungan jaringan 5G tersebut, maka tentu saja koneksi Internet yang kita miliki tentu akan berkali lebih cepat dari pada jaringan mainstream yang biasa kita pakai sekarang ini, yaitu adalah 4G.

Secara spesifikasi jaringan 5G ini membawa upgrade yang sangat signifikan dari jenis jaringan pendahulunya yaitu adalah 4G, yaitu dengan memiliki kecepatan transmisi koneksi sebesar 10 - 30Gbps.

Angka tersebut pastinya akan berada sangat jauh melampaui jaringan 4G yang hanya memiliki kecepatan transfer antara 100 - 300Mbps saja, secara teorinya.

Sehingga, bisa kita asumsikan bahwa kecepatan Internet dari jaringan 5G tersebut bahkan bisa 20 kali lebih cepat dari pada jaringan 4G yang biasa kita gunakan sehari-hari sekarang ini.

Melihat dari hal tersebut, tentu saja menggunakan jaringan 5G tersebut tentu akan sangat menyenangkan, karena kita akan mendapat akses yang sangat cepat, baik untuk bermain games, melakukan downloading data besar hingga melakukan upload file seperti video ke media sosial.

Ada fakta menarik dari kejadian datangnya jaringan 5G secara resmi ke negara kita ini, yaitu adalah bahwa jauh sebelum jaringan ini tersedia dinegara kita, Smartphone dengan teknologi 5G sudah ada lebih dulu dijual dipasaran.

Hal ini tentu akan menjadi keuntungan untuk kita sendiri, karena setelah koneksi jaringan 5G tersebut tersedia, maka kita bisa langsung menikmati fasilitas internet cepat tersebut.

Karena sekali lagi, Smartphone Android yang sudah mendukung jaringan 5G itu sudah banyak menjamur dipasaran.

Untuk harga jual Smartphone Android 5G sendiri itu juga sangat variatif, bahkan untuk kelas Smartphone Android Mid Level saja, sudah banyak yang mengadopsi dukungan jaringan 5G tersebut.

Nah, karena jaringan 5G ini baru saja ada dinegara kita, maka tentu akan ada banyak orang yang masih bingung bagaimana cara mengaktifkan atau menggunakan layanan internet jaringan 5G tersebut.

Maka, dari itu harus kalian pahami dulu, bahwa layanan atau fasilitas Internet dengan jaringan 5G tersebut baru hanya bisa kalian nikmati, jika beberapa kondisi dibawah ini sudah terpenuhi.


Bagaimana cara menggunakan jaringan 5G?


Sekali lagi, agar kalian bisa menikmati layanan internet 5G tersebut, memang diperlukan beberapa hal agar hal tersebut mungkin untuk kalian nikmati.

Sehingga, beberapa kondisi dibawah ini adalah syarat mutlak yang harus kalian pahami agar bisa menikmati internet dengan basis jaringan 5G tersebut.


Wilayah 5G


Ini adalah hal utama yang harus kalian pahami, kalian tidak akan pernah bisa menikmati jaringan 5G tersebut, jika ditempat tinggal kalian belum Support layanan 5G tersebut.

Seperti yang kalian ketahui, saat ini jaringan 5G masih belum merata persebarannya dan skalanya masih berada pada kawasan perkotaan saja.

Sehingga, jika kalian memang sangat ingin merasakan layanan internet 5G tersebut, maka kalian bisa saja pergi kewilayah yang memang sudah support jaringan 5G tersebut.

Untuk memudahkan kalian dalam melihat Peta Persebaran jenis layanan jaringan antar operator tersebut, kalian bisa dengan mudah melihatnya misalnya pada situs dibawah ini :



Smartphone 5G


Nah, hal kedua ini juga harus sejalan dengan hal pertama yang sudah kami jelaskan diatas, karena meski diwilayah kalian sudah berada pada cakupan jaringan 5G.

Tetapi, Smartphone Android yang kalian gunakan masih belum support 5G, maka tentu sampai kapanpun kalian tidak akan bisa menikmati layanan 5G tersebut, karena keterbatasan kemampuan dari Smartphone Android kalian sendiri.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, sekarang ini kalian bisa dengan sangat mudah mendapatkan Smartphone Android dengan dukungan jaringan 5G tersebut, karena sekarang ini memang sudah ada banyak sekali jenisnya dipasaran.


SIM Card 5G


Hal ini juga harus kalian perhatikan, umumnya untuk bisa menikmati layanan 5G tersebut dari beberapa operator tertentu, maka kalian harus menggunakan jenis SIM Card baru.

Karena, pada jenis SIM Card lama, kemungkinan secara spesifikasi belum bisa digunakan untuk menangkap jaringan 5G tersebut.

Sehingga, pastikan kalian berkonsultasi ke gerai provider resmi untuk operator seluler kalian, apakah memang perlu upgrade SIM Card atau tidak.

Karena, jika kita berkaca pada kasus peralihan dari jaringan 3G ke 4G, maka dulunya SIM Card tersebut perlu diupgrade, karena jika tidak maka jenis jaringan baru tersebut tidak akan bisa dinikmati.

Sampai disini, harusnya kalian sudah bisa memahami bagaimana teknisnya agar bisa menikmati layanan internet 5G tersebut.

Lalu, pertanyaan setelahnya, jika semua aspek diatas sudah kalian miliki, lalu bagaimana cara mengunci atau melakukan Lock jaringan 5G tersebut di Smartphone Android tersebut? apakah bisa?

Jawabannya tentu saja sangat bisa! dan caranya pun tentu akan sangat mudah sekali.

Namun, sebelum itu apa sih pengertian dari melakukan Lock Jaringan 5G tersebut?


Lock jaringan 5G Smartphone Android


Sebenarnya hal ini mudah saja untuk bisa kalian pahami, artinya ialah mengunci jaringan 5G yang sudah terdeteksi, sehingga bisa setiap saat kalian gunakan, tanpa perlu berubah-rubah ke jenis jaringan yang lebih rendah, misalkan ke 4G atau 3G.

Umumnya, jika kalian tidak melakukan Lock jaringan tersebut, maka ketika jaringan internet tersebut dianggap lemah oleh sistem pada Smartphone Android kalian, misalkan hanya menyisakan 1 bar saja.

Maka, secara otomatis jaringan tersebut akan dipindahkan ke jenis jaringan dengan kualitas signal yang lebih kuat.

Hal ini tentu akan sangat merugikan kita, meskipun 1 bar kalau jaringan tersebut 5G, tentu masih akan lebih cepat dibandingkan jaringan 4G yang Full Bar.

Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut maka kalian harus melakukan Lock jaringan 5G tersebut, agar tidak berubah-ubah, meski jaringannya sedang lemah atau bahkan hilang.

Menariknya, dengan melakukan Lock jaringan tersebut, maka kalian juga akan mendapati beberapa keuntungan yaitu adalah sebagai berikut.


Penggunaan Daya Baterai lebih awet


Ini adalah hal pasti yang akan bisa kalian dapati manfaatnya, karena secara teori, jika kalian melakukan Lock jaringan 5G tersebut, maka Smartphone Android kalian tidak perlu lagi dalam kondisi Idle yang siap untuk bergonta-ganti jaringan ketika dianggap lemah.

Dengan fitur Auto Preferred Network yang sudah Disable tersebut, maka Smartphone Android kalian tidak perlu lagi membuang-buang daya baterai untuk bisa berpindah-pindah jaringan secara otomatis.

Sehingga, pastinya penggunaan konsumsi daya baterai di Smartphone Android kalian tentu akan menjadi lebih irit dari pada sebelumnya.


Menghindari Overheat


Apakah kalian pernah merasa Smartphone Android disaku kalian tiba-tiba menjadi panas sendiri ketika sedang berpergian?

Jika pernah, maka salah satu alasannya sudah jelas, yaitu karena Smartphone Android kalian sedang berkerja keras untuk mencari atau berpindah-pindah ke jaringan atau signal yang lebih kuat, itulah alasannya.

Dengan memberlakukan tindakan Lock jaringan 5G tersebut, tentu permasalahan Overheat tiba-tiba tersebut tidak akan terjadi lagi.

Karena jelas saja, Smartphone Android kalian tidak perlu lagi mencari-cari signal yang lebih kuat, sehingga perpindahan atar jenis jaringan tersebut tidak diperlukan lagi.


Mengatasi permasalahan Error Network Changed


Nah, permasalahan ini memang sering kita jumpai ketika jaringan di Smartphone Android kita tiba-tiba saja berganti, misalkan dari 4G ke 3G.

Efek negatifnya memang sangat sering kita jumpai, ketika sedang melakukan Browsing ataupun melakukan Streaming Video, hal ini tentu saja akan sangat mengganggu jika dalam kondisi tertentu.

Maka, untuk bisa mengatasi masalah ini sebenarnya mudah saja, kalian hanya perlu melakukan Lock jaringan saja, sehingga jaringan tersebut tidak akan berubah lagi, meski sedang tidak dapat Signal.

Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk melakukan Lock jaringan 5G tersebut? kalau kami sendiri jelas sangat tertarik, karena akan ada banyak keuntungan positif yang bisa kita dapati setelahnya.

Lalu, bagaimana sih cara melakukan Lock jaringan 5G tersebut pada Smartphone Android yang kita miliki?


Cara Lock jaringan 5G disemua Smartphone Android


Untuk bisa melakukan Lock jaringan 5G tersebut, sebenarnya ada 2 buah cara yang bisa kalian lakukan, kedua cara tersebut memang sama mudahnya.

Hanya saja, mungkin cara yang pertama ini mungkin tidak bisa implementasikan pada semua Smartphone Android, karena mungkin hanya Smartphone Android dengan Brand tertentu saja yang memiliki fiturnya.

Baiklah, kita mulai dari cara yang pertama.


Via Network Settings


Ini adalah cara pertama dan termudah yang bisa kalian lakukan, yaitu kalian hanya perlu membuka aplikasi Settings di Smartphone Android kalian masing-masing.

Setelahnya, silahkan masuk ke menu Pengaturan Jaringan atau Network Settings, untuk mengunci jaringan 5G tersebut, kalian bisa memilih opsi 5G Only.

Jangan pilih 5G Preferred, karena opsi ini akan mengganti jaringan 5G jika secara sistem signal 5G tersebut dianggap lemah.

Kekurangan dari cara pertama ini, ialah biasanya tidak tersedianya opsi Only dan biasanya hanya tersedia opsi Preferred saja.

Jika, pada Smartphone Android kalian memang tidak ada opsi 5G Only tersebut, maka kalian tetap akan bisa mengunci jaringan 5G tersebut dengan mengikuti cara kedua ini.


Via *#*#4636#*#*


Cara kedua ini adalah cara yang paling sangat kami rekomendasikan untuk kalian, karena cara ini dipastikan akan berkerja pada semua jenis Smartphone Android 5G.

Teknis kerjanya pun juga sangat mudah sekali, kalian hanya perlu mengikuti intruksi dari kami dibawah ini saja, berikut adalah caranya :

  1. Silahkan buka Aplikasi Dialer atau Phones.
  2. Pada Dialpad, silahkan ketikan *#*#4636#*#*.
Cara mengunci jaringan 5G agar tidak berubah
  1. Secara otomatis kalian akan dibawa pada halaman ini :
Cara mengunci jaringan 5G agar tidak berubah
  1. Lalu, silahkan pilih opsi Phone Information.
  2. Kemudian, silah lihat dan tekan pada menu Set Preferred Network Type :
Cara mengunci jaringan 5G agar tidak berubah
  1. Untuk bisa menggunakan jaringan 5G Only, silahkan pilih opsi NR Only.
Cara mengunci jaringan 5G agar tidak berubah
  1. Setelahnya, Smartphone Android kalian akan selalu mengunci atau berada pada jaringan 5G tanpa terpindah-pindah secara otomatis lagi.
  2. Done!

Note : NR adalah singkatan dari New Radio yang merupakan Codename atau Identifier Name dari jaringan internet berbasis 5G.

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk bisa mengunci atau Locking jaringan 5G tersebut?

Jika cara kedua diatas tidak berhasil di Smartphone Android yang kalian miliki, maka bisa kami pastikan bahwa Smartphone Android kalian bukanlah sebuah Smartphone Android yang resmi dijual ditanah air kita.

Kenapa demikian?

Umumnya, Smartphone Android dengan jenis garansi distributor atau tidak resmi masuk ke Indonesia, maka biasanya fitur untuk mengubah jaringan ke 4G ataupun ke 5G akan ditiadakan atau disabled secara default.

Untuk alasannya kami juga kurang paham, mungkin karena belum lolos uji kelayakan, sehingga fitur diatas tidak matikan.

Tetapi, bisa juga cara kedua diatas tidak berkerja, karena fitur tersebut memang secara default dikunci dari pihak developer Brand Smartphone Android yang kalian gunakan.

Namun, kalau kami sendiri belum pernah mendapati atau mengalami hal demikian, sehingga kami lebih berasumsi, mungkin Smartphone Android kalian bukanlah barang resmi yang dijual di negara kita ini.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita yang sangat sederhana kali ini, kita semua tentu saja sangat berharap bahwa jaringan 5G ini bisa secepatnya merata kesemua pelosok negara Indonesia ini.

Agar semua orang bisa menikmati layanan internet cepat yang memang akan bisa memenuhi kebutuhan kita sebagai orang yang dihidup dizaman modern seperti sekarang ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot