RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara memperbaiki akurasi GPS yang bermasalah pada smartphone Android


Perlu kalian ketahui smartphone Android sekarang ini memang sudah di bekali dengan fitur GPS secara defaultnya, dan hal ini di dukung dengan hardware yang baik juga dengan pengaturan dari system operasi Android yang juga mumpuni, tetapi sekarang ini banyak kasus yang terjadi seperti bermasalahnya GPS dalam mencari lokasi yang mempunyai tingkat akurasi yang payah bahkan sampai tidak berfungsimya fitur GPS itu sendiri.

Masalah ini umumnya datang dari pengaturan GPS itu sendiri secara software yang ada pada device Android kalian, seperti datangnya masalah ini akibat memasang sebuah custom ROM atau bahkan akibat melakukan pembaharuan system secara berkala, dan tidak bisa di pungkiri masalah ini sudah lazim terjadi pada device Android sekarang ini, meski demikian sekarang sudah banyak sekali jenis aplikasi yang beredar untuk memperbaiki settingan GPS tersebut, tetapi untuk tutorial kali ini kalian tidak perlu lagi menggunakan aplikasi apapun melainkan hanya dengan meletakan sebuah file khusus pada komposisi system operasi Android kalian dengan itu maka GPS kalian akan di perbaiki secara permanen.

Untuk menjalankan hal ini, pertama device kalian sudah dalam keadaan Root terlebih dahulu, karena tutorial ini adalah untuk mengubah dan memperbaharui kondisi system secara custom, jadi di butuhkan sebuah akses Root, dan tidak kalah penting juga kalian harus memiliki sebuah aplikasi file manager seperti Root Explorer atau aplikasi sejenis yang mampu mendapat permission untuk menganti dan merubah komponen system secara customnya.

Cara memperbaiki GPS tersebut :
1. Pastikan device kalian sudah dalam keadaan Full Root dan terinstall aplikasi sejenis Root Explorer atau lainnya, untuk aplikasi tersebut bisa kalian download secara gratis melalui Playstore.
2. Download file untuk memperbaiki GPS tersebut DISINI (Link sedang di perbaiki).
3. Extract file tersebut, dan pilih sesuai regional GPS, jika kalian tinggal di Indonesia maka pilih config GPS untuk regional Indonesia saja.
4. Jika regional sudah di pilih, selanjutnya buka folder regional tersebut, maka kalian akan melihat sebuah file bernama gps.conf, selanjutnya replace file tersebut kedalam system/etc.
5. Ganti permission file yang sudah di replace tersebut menjadi rw-r-r seperti ini


6. Reboot device kalian, dan ketika sudah di hidupkan maka harusnya GPS di device kalian sudah baik kembali dengan konfigurasi akurasi yang lebih tinggi.

Sekedar mengingatkan ada baiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu pada data atau files yang kalian miliki, karena jika kalian mengikuti tutorial diatas ada potensi hal ini akan membuat device kalian bootloop, karena secara langsung kita sudah mengubah struktur standar dari suatu system di firmware device yang bersangkutan, tetapi kasus bootloop tersebut sangat jarang terjadi dalam mengikuti tutorial yang sudah di paparkan diatas, tetapi tetap lakukan dengan hati-hati dan teliti agar mendapat hasil yang di inginkan.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

In Our Network !


Post a Comment