RILIS ARTIKEL TERBARU

Ketahui ini penyebab meledaknya smartphone Android dan bagaimana cara mencegahnya


Kita tidak bisa menutup mata tentang banyak kejadian kasus meledaknya smartphone akhir-akhirn ini, namun sebagai pengguna smartphone yang baik seharusnya kita ketahui dulu penyebab utama kenapa kejadian ini sampai terjadi dan bahkan hingga menimbulkan korban terkait kejadian yang tersebut, memang pada dasarnya kita sebagai pengguna tidak akan pernah tahu apakah device yang kita pakai cacat batterai atau cacat komponen inti yang kemungkinan bisa meledak atau hal lainnya, untuk itu kita hanya bisa mencegah hal tersebut terjadi, dan ini mungkin akan sangat berguna bagi kalian sekarang dan mungkin untuk di masa depan nantinya.

Sebelumnya ketahui dulu kenapa smartphone tersebut bisa meledak, karena tidak mungkin ledakan terjadi tanpa adanya penyebab, dan dua buah alasan besar terkait mengapa hal ini dapat terjadi yaitu adalah :
1. Cacat produk, hal ini bukan isapan jempol belakan terbukti sekarang smartphone sekelas Samsung Galaxy Note 7 pun bisa mendapatkan predikat cacat produk, mengapa demikian karena batterai yang di usung device tersebut cacat sehingga mudah terbakar, lalu sebagai hasil akhirnya device itu meledak hingga mampu melukai para penggunanya, hal ini sudah dapat membuka mata kita bahwa produk ternama dari vendor besar pun bisa saja mengalami cacat produk, lalu bagaimana dengan produk dari vendor lain dan vendor lokal, tentu saja juga memiliki potensi cacat produk tersebut, untuk ini kita tidak bisa berbuat banyak selain menukarkan smartphone yang cacat tersebut dengan yang baru.
2. Pengguna yang tidak cerdas, mengapa demikian? tentu saja smartphone itu adalah sebuah alat elektronik yang rentan terhadap kerusakan dan bahkan bisa meledak jika pengguna yang memakai smartphone tersebut secara tidak bijaksana, seperti yang sudah di katakan penggunaan smartphone tersebut ada batasannya, mulai dari waktu pemakiannya, waktu chargingnnya dan juga selalu gunakan aksesoris yang sudah lolos uji kelayakan, dan jangan sembarangan memakai barang KW, karena banyaknya kasus smartphone meledak dari dulu hingga sekarang memang karena ulah pengguna yang kurang cerdas tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika smartphone yang kita beli cacat produk ? caranya sangat mudah kalian hanya perlu mencari tahu lewat media internet saja dan kalian sudah bisa mendapatkan data yang kalian inginkan secara spesifik, contohnya jika smartphone yang kalian miliki ternyata punya isu cacat produk, maka saat itu juga kalian bisa mencari tahu, dan jika benar adanya pasti saja beberapa media online besar dunia akan mencuplik berita tersebut, dari itu kalian bisa mengetahui apa penyebab cacat tersebut dan bagaimana cara menanggulanginya, namun jika tidak ada isu apa-apa yang kalian dapat maka sudah dapat di pastikan device kalian sudah layak dan aman, lalu selanjutnya kembalikan lagi pada penggunaannya.

Selanjutnya untuk mengetahui apakah device kalian cacat produk atau tidak juga dapat kalian ketahui sendiri dari aktifitas smartphone yang kalian miliki apakah terdapat aktifias aneh atau tidak, sebagai contoh dari batterai sendiri apakah tahan lama, atau apakah ketika di charge tiba-tiba langsung penuh dan mengeluarkan panas yang berlebih, atau bahkan tiba-tiba smartphone mati total sendiri, dari hal tersebut maka sudah dapat di pastikan device yang kalian beli cacat dan ini hanya berlaku pada smartphone yang baru kalian beli kurang dari sebulan, jika lebih hal tersebut bisa jadi akibat pemakian kalian yang tidak baik.



Bagaimana cara mencegahnya ?
1. Gunakan smartphone sebagai smartphone, dengan artian gunakan smartphone dengan bijaksana, kalau sudah di rasa panas atau bahkan terlalu lama memainkannya silahkan berhenti sebentar, biarkan komponen inti istirahat dan di dinginkan terlebih dahulu, jangan terus-terusan di charge atau pun di mainkan sambil di charge karena dari situ akan sangat besar potensi ledakan terjadi.
2. Jangan gunakan aksesoris KW berlebihan, penggunaan barang KW memang dapat di gunakan dengan aman, asalkan hanya dalam waktu tertentu saja, dan tidak dalam waktu yang lama, karena barang KW tidak punya sertifikasi uji kelayakan, dan di buat dengan kesan asal-asalan asalkan mirip dengan yang asli maka produk tersebut di jual, untuk efek sampingnya bisa sangat merugikan dan bisa membuat smartphone kalian rusak, apalagi sampai charge atau batterai smartphone yang di pasangai adalah barang KW maka smartphone kalian sangat berpotensi meledak, karena dengan asumsi komponen dan aksesoris pendukung tidak asli hingga bisa menimbulkan bahaya.
3. Jangan melakukan charge dekat dengan cairan mudah terbakar, hal ini pernah terjadi sebelumnya dimana seseorang melakukan charge di dekat cairan yang sangat mudah terbakar, dan hasilnya membakar rumah dari pengguna smartphone tersebut, tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena kita tidak pernah tahu kapan smartphone tersebut dapat meledak, dan jika kalian melakukan charge dekat dengan penyimpanan bensin misalnya, maka jika ada percikan api sedikit saja dari smartphone kalian yang keluar maka seketika itu juga akan terjadi kebakaran hebat, jadi sangat di rekomendasikan untuk mnejauhi hal tersebut.

Dengan demikian mungkin sudah secara keseluruhan di paparkan diatas bagaimana ledakan smartphone tersebut dapat terjadi dan bagaimana cara menanganinya, namun kembali lagi suatu musibah memang tidak akan pernah kita tahu kapan terjadinya, tetapi paling tidak kita bisa mengetahui sedikit dan mencoba untuk menghindarinya, dan juga sekali lagi di ingatkan smartphone itu bendan elektronik yang sangat rentan, mau bagaimanapun hebatnya smartphone tersebut tetap saja sebuah alat yang rentan, untuk itu disini di perlukan kecerdasan dari penggunannya untuk menggunakan smartphone tersebut secara benar dan sesuai dengan nilai kewajaran, maka insiden yang sedang marak terjadi sekarang mungkin tidak akan menimpa kalian.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment