RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara mengaktifkan fitur rahasia Ultimate power saving mode pada MIUI 8


Seperti yang kita ketahui bersama, jika sebuah smartphone banyak di jejali dengan aplikasi seperti medsos atau lainnya yang secara real time akan mengirimkan notifikasi, tentu saja hal ini akan berdampak kepada kapasitas baterai kalian yang bisa lebih cepat berkurang, karena pada background apps tidak di manage sama sekali oleh OS, dan pada MIUI 8 ini sebenarnya ada sebuah fitur yang dapat mengatur hal tersebut, agar baterai smartphone kalian tidak cepat habis.

Dan seperti kebanyakan yang ada pada device vendor lain pada Xiaomi dengan MIUI 8 nya juga di bekalu dengan fitur power saver mode, tetapi secara defaultnya, fitur ini hanya akan mengunci atau menekan proses dari aktifitas background apps tersebut, dan itu di lakukan secara tidak menyeluruh juga, memang dapat membuat baterai lebih irit, tetapi belum sepenuhnya maksimal, sehingga dengan demikian ternyata ada sebuah menu khusus yang tersembunyi pada MIUI 8 tersebut, dengan nama Ultimate power saving mode.

Pada faktanya fitur ini sengaja disembunyikan, karena bagi yang tidak tau, hal ini akan membuat device mereka seperti device tanpa internet, mengapa demikian karena fitur ini tidak bisa di pakai dalam keadaan normal, dengan alasan fitur ini dapat menekan semua aktifitas data internet dan multitasking yang ada di smartphone tersebut, lalu untuk apa sebenarnya peruntukan fitur ini? jawabannya sama seperti mode pesawat, yaitu di gunakan jika ingin menyimpan kapasitas baterai smartphone ketika dalam perjalanan jauh, atau lain sebagainya.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah yang perlu kalian lakukan adalah :
1. Masuk pada menu Settings
2. Pilih menu Battery, lalu masuk pada menu Manage apps battery usage
3. Kalian akan mendapati 2 buah menu yaitu On atau Off, nah untuk saat ini fitur ultimate power saver mode belum terlihat, dan harus di aktifkan terlebih dahulu.
4. Cara mengaktifkannya adalah dengan cara menekan tombol menu On sebanyak 7 kali, maka fitur ultimate power saver akan muncul, dan secara otomatis akan di setting berada pada mode itu.
5. Jika kalian ingin menghentikan fitur ini dan ingin berpindah ke mode yang normal, kalian bisa tekan tombol On lagi sebanyak 7 kali untuk menonaktifkan dan menyembunyikan fitur ini.
6. Selesai

Dari pengamatan saya sendiri, fitur ini berkerja hampir sama seperti mode pesawat, namun bedanya dari mode pesawat jika devie kalian off, maka semua aktifitas aplikasi bisa itu multitasking atau terkoneksi ke jaringan internet, gps, dan lainnya akan segera di bekukan, sehingga tidak terjadi aktifitas apa-apa pada smartphone kalian, untuk lebih jelasnya kalian bisa mencoba fitur ini sendiri, namun jika dalam keadaan normal seperti kalian tidak dalam perjalanan jauh, atau ada sesuatu hal yang menyebabkan kalian tidak boleh menggunakan smartphone, mode ini sama sekali tidak di rekomendasikan, karena akan memutus semua notifakasi penting dan aplikasi berjalan atau multitasking.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment