RILIS ARTIKEL TERBARU :


Berbicara soal dunia smartphone, pasti selalu saja ada perkembangan yang signifikan dari sisi teknologinya, jika dulu tahun lalu RAM 12GB masih sangat langka.

Maka di penghujung tahun ini rata-rata smartphone unggulan beberapa vendor menghadirkan jumlah RAM 8GB bahkan hingga 12GB, lalu apakah benar kita membutuhkan jumlah kapasitas RAM sebesar itu untuk sekarang?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, namun umumnya sebenarnya kita tidak perlu menggunakan kapasitas RAM sebesar itu untuk saat ini, karena hingga saat ini tidak ada aplikasi ataupun games Android yang benar-benar boros terhadap penggunaan RAM.

Tetapi mungkin RAM 12GB bisa saja habis jika kalian memainkan beberapa games berat sekaligus, tapi ini pun mustahil untuk kalian lakukan.

Lalu kenapa vendor smartphone itu berlomba-lomba membuat dan memasarkan smartphone dengan size RAM segaban? 

Jawabannya sudah pasti, yaitu bersaing di lini teknologi untuk nama besar, jadi wajar jika smartphone unggulan dengan harga mahal saja yang mendapat size RAM besar ini.

Untuk smartphone suksesor di lini menengah dan bawah? tentu saja mereka pasarkan dengan kapasitas RAM paling ideal yang saat ini maksimal untuk gunakan.


Jumlah besaran RAM Smartphone Android yang Ideal


Lalu berapakah jumlah RAM di smartphone sekarang yang paling ideal untuk kalian guanakan? menurut kami adalah bersize 4/6GB, dan ini sudah lebih cukup, jika resolusi layar smartphonennya maksimal di 2K atau QHD, lebih dari itu seperti resolusi 4K maka idealnya menggunakan RAM 8GB atau lebih.

Jadi apakah dengan RAM 4/6GB sudah sangat bisa di andalkan, kami jamin ya! itu jika smartphone kalian memiliki resolusi layar FHD hingga QHD, RAM 4/6GB masih sangat mampu untuk kalian ajak bermultitasking banyak aplikasi sambil bermain games.


Asumsinya


Dengan memiliki RAM yang cukup serta didukung dengan kemampuan processor yang mumpuni, maka harusnya dengan RAM 4/6GB kalian sudah bisa menggunakan sebuah Smartphone Android dengan nyaman.

Dalam artian, hanya untuk penggunaan yang normal saja tentunya, jika kalian menggunakan Smartphone Android tersebut untuk kebutuhan yang berat.

Misalkan untuk bermain Games yang nyatanya memerlukan kapasitas RAM Extra atau kalian ingin melakukan Rendering sebuah Video berdurasi lama dengan banyak effect didalamnya.

Maka, tentu saja kalian memerlukan sebuah Smartphone Android yang tentu saja harus memiliki RAM yang besar.

Karena, jika tidak, maka semua proses yang dijalankan tersebut akan tidak bisa dijalankan atau sering kali menimbulkan kegagalan, hingga bisa membuat Smartphone Android kalian menjadi rusak.

Dengan demikian, untuk sekarang mungkin jumlah RAM 4/6GB masih cukup saat ini, tetapi mungkin saja untuk tahun depan akan terjadi perubahan lagi.

Terhadap beragam jenis Aplikasi Android yang mungkin memerlukan sumber daya RAM lebih untuk bisa menjalankan beragam fitur terbaru yang lebih mutakhir dari yang ada sekarang ini.

Karena seperti yang kalian lihat sendiri, kemajuan teknologi di dunia smartphone itu benar-benar cepat, dan semoga artikel ini bisa jadi bahan referensi positif bagi kalian. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot