RILIS ARTIKEL TERBARU


Berbicara soal dunia smartphone, pasti selalu saja ada perkembangan yang signifikan dari sisi teknologinya, jika dulu tahun lalu RAM 6GB masih sangat langka, maka di penghujung tahun 2017 ini rata-rata smartphone unggulan beberapa vendor menghadirkan jumlah RAM 6GB bahkan hingga 8GB, lalu apakah benar kita membutuhkan jumlah kapasitas RAM sebesar itu untuk sekarang?

Jawabannya bisa iya bisa tidak, namun umumnya sebenarnya kita tidak perlu menggunakan kapasitas RAM sebesar itu untuk saat ini, karena hingga saat ini tidak ada aplikasi ataupun games Android yang benar-benar boros terhadap penggunaan RAM, tetapi mungkin RAM 8GB bisa saja habis jika kalian memainkan 5 games berat sekalian, tapi ini pun mustahil untuk kalian lakukan.

Lalu kenapa vendor smartphone itu berlomba-lomba membuat dan memasarkan smartphone dengan size RAM segaban? jawabannya sudah pasti, yaitu bersaing di lini teknologi untuk nama besar, jadi wajar jika smartphone unggulan dengan harga mahal saja yang mendapat size RAM besar ini, untuk smartphone suksesor di lini menengah dan bawah? tentu saja mereka pasarkan dengan kapasitas RAM paling ideal yang saat ini maksimal untuk gunakan.

Lalu berapakah jumlah RAM di smartphone sekarang yang paling ideal untuk kalian guanakan? menurut kami adalah bersize 3/4GB, dan ini sudah lebih cukup, jika resolusi layar smartphonennya maksimal di 2K atau QHD, lebih dari itu seperti resolusi 4K atau UHD maka idealnya menggunakan RAM 6GB atau lebih.

Jadi apakah dengan RAM 3/4GB sudah sangat bisa di andalkan, kami jamin ya! itu jika smartphone kalian memiliki resolusi layar HD hingga QHD, RAM 3/4GB masih sangat mampu untuk kalian ajak bermultitasking banyak aplikasi sambil bermain games.

Dengan demikian, untuk sekarang mungkin jumlah RAM 3/4GB masih cukup saat ini, tetapi mungkin saja untuk tahun depan akan terjadi perubahan, karena seperti yang kalian lihat sendiri, kemajuan teknologi di dunia smartphone itu benar-benar cepat, dan semoga artikel ini bisa jadi bahan referensi positif bagi kalian.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment