RILIS ARTIKEL TERBARU

Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Siapa bilang cuma PC Windows saja yang punya fitur Safe Mode? faktanya di smartphone Android sendiri fitur seperti itu juga ada dan itu sangat mudah untuk di akses, secara garis besarnya untuk pembahasan secara umumnya sudah saya buat dalam artikel Cara Aktifkan Dan Mengatasi Masalah Mode Aman Atau Safe Mode Pada Smartphone Android, tetapi untuk kali ini pembahasannya akan khusus kepada jajaran smartphone Xiaomi saja.

Perlu kalian ketahui fitur ini ada di setiap smartphone Android tidak terkecuali untuk smartphone Xiaomi juga, fitur ini memang di tujukan untuk pengguna yang sudah Advance dalam artian tidak di peruntukan untuk pengguna pemula yang baru menggunakan smartphone Android, karena mode ini akan sedikit membingungkan kalian dari segi fungsionalitas dan interface-nya.

Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Cara masuk, keluar dan fungsi penting Safe Mode di Xiaomi

Lalu, pada pembahasan lanjutannya saya akan menjelaskan secara runtu terkait fungsi penting dari Safe Mode Xiaomi tersebut dan bagimana cara mengakses dan keluar dari mode Safe Mode tersebut, sehingga dengan demikian kalian bisa tahu kenapa device kalian bisa tiba-tiba masuk ke Safe Mode tanpa di sengaja, dan kalian juga bisa dengan mudah keluar dari Safe Mode tersebut dengan sangat cepat.

Fungsi Safe Mode Xiaomi

Sama seperti Safe Mode di smartphone Android yang lain, fungsi Safe Mode di Xiaomi juga memiliki fungsi dan tampilan yang sama, indikasinya adalah aplikasi yang telah kalian install (bisa juga berupa bloatware) itu tidak akan muncul, juga terkait settingan yang telah kalian buat juga akan kembali ke settingan standar atau default, dan disinilah letak kehebatannya.

Kenapa hebat? karena kalian bisa dengan mudah menghapus/merubah semua aplikasi dan memfilter settingan yang tak perlu, biasanya hal ini lebih di tujukan kepada penggunaan Mod yang berlebihan, selain itu pada Safe Mode di Xiaomi, jika device kalian di susupi malware berupa pop up ads (iklan) maka malware tersebut tidak akan berkerja, dan disinilah point utamanya, kalian bisa menghapus file/aplikasi penyebab munculnya malware tersebut, hebat bukan?.

Indikasi Fitur Safe Mode yang telah aktif

Setelah kalian mengaktifkan fitur Safe Mode tersebut, cara mengetahuinya sangat mudah sekali, karena jika kalian masuk dalam fitur Safe Mode, maka pada bagian kanan bawah akan muncul tulisan "Mode Aman" atau "Safe Mode" hal ini juga di iringi dengan hilangnya aplikasi yang telah kalian install sebelumnya.

Cara Masuk Safe  Mode di Xiaomi

1. Tekan beberapa detik menu Power Off
Ini adalah cara klasik yang bisa di terapkan bukan hanya di smartphone Xiaomi saja, tetapi di seluruh smartphone Android, caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol power (dalam keadaan hidup yang biasa kalian gunakan untuk mematikan smartphone Xiaomi kalian) hingga akan muncul opsi Power Off, pada tahap ini kalian mesti menekan opsi tersebut beberapa detik hingga muncul Pop Up yang mengatakan "apakah anda ingin masuk ke mode aman" tekan "ok" maka sewaktu device kalian restart maka device Xiaomi kalian akan di bawa ke Mode Safe mode.

2. Menekan tombol Volume Down (-)
Cara kedua ini bisa kalian terapkan juga untuk masuk Safe Mode di smartphone Xiaomi kalian, caranya adalah kalian mesti melakukan restart terlebih dahulu pada smartphone Xiaomi kalian, selanjutnya ketika "Logo" MI telah muncul, segera tekan dan tahan tombol volume down (-) hingga booting selesai, maka secara langsung device Xiaomi agan akan masuk ke Safe Mode.

3. Mengetuk-ngetuk Fingerprint Scanner
Cara ini juga bisa membawa kalian masuk kedalam Mode Aman, ialah sama dengan cara nomor 2, saat device kalian restart dan muncul Logo MI, berbeda dengan point nomor 2 yang menganjurkan kalian menekan tombol Volume Down (-), pada tahap ini kalian mesti menyentuh atau mengetuk-ngetuk Fingerprint Scanner kalian secara continue hingga selesai booting, maka device Xiaomi kalian juga akan masuk ke Safe Mode dengan indikasi yang sudah di sebutkan di atas.

Cara Keluar Dari Safe Mode Xiaomi

Jika cara masuk ke Mode Aman Xiaomi itu mudah, maka cara keluarnya juga sama mudahnya, yaitu kalian hanya perlu melakukan restart/reboot device Xiaomi kalian, maka setelah booting selesai maka device kalian akan kembali normal kembali, beres!

Jika device kalian masih saja masuk ke dalam Safe Mode meski sudah di restart berkali kali, maka ada sesuatu yang salah, dan itu bisa datang dari rusak hardware atau error system, seperti :
1. Tombol Volume down (-) atau Fingerprint Scanner aktif terus atau tertekan secara terus menerus (error) sehingga hal ini akan membuat device Xiaomi kalian selalu masuk ke Safe Mode secara terus menerus.
2. Firmware Crash, bisa jadi ada terdapat Error di Firmware MIUI yang sedang kalian pakai, sehingga device kalian tida bisa booting secara normal.

Solusinya? bisa dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini :
1. Perbaiki secara manual seperti melakukan Flash Ulang (Fastboot)
2. Kalau sudah urusan hardware kalian mesti membawanya ke service center atau tukan reparasi smartphone, meski demikian kalian harus mengeluarkan sejumlah biaya.

Saya pikir penjelasan terkait Safe Mode di Xiaomi sudah sangat jelas dan sangat mudah untuk kalian pahami sebagai bahan pembelajaran atau melakukan diagnosa terhadap masalah terkurung di Safe Mode smartphone Xiaomi kesayangan kalian, semoga bermanfaat.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment