RILIS ARTIKEL TERBARU

Restore IMEI Android (MTK)

Salah satu hal paling penting yang harus ada di sebuah smartphone Android dan OS lainnya memang adalah IMEI, tanpa IMEI jelas saja kalian tidak akan bisa menikmati layanan jaringan Provider, karena mekanismenya adalah jika smartphone anda menggunakan nomor IMEI yang valid dan di kenali, maka setelahnya pihak Provider akan memberikan layanannya, yaitu berupa jaringan koneksi yang biasanya kita sebut sebagai Signal Hape.

Nah, ada sebuah kasus unik dimana pad sebuah smartphone Android IMEI tersebut menjadi hilang! apa tidak salah? iya benar-benar hilang, ketika di cek nomor IMEI memang tidak ada sama sekali, sehingga dampaknya adalah jaringan provider telekomunikasi tidak akan muncul, selama IMEI tersebut tidak di recover oleh pemiliknya.

Kehilangan nomor IMEI ini bukan tanpa sebab, karena biasanya IMEI ini menjadi hilang karena pengguna Smartphone Android tersebut melakukan beberapa hal dibawah ini :


  • Flashing (hampir 98% kasus karena ini)
  • Factory Reset
  • Firmware Crash

Dari ketiga hal diatas, biasanya masalah IMEI hilang ini memang diakibatkan oleh kegiatan Flashing atau kerap disebut dengan Flash, karena pada dasarnya jika kalian melakukan Flash, maka sudah pasti semua komponen Firmware akan diperbaharui, sehingga bisa jadi nomor IMEI yang di input secara manual sebelumnya oleh vendor juga akan hilang.

Hampir semua kasus kehilangan IMEI ini terjadi pada sebuah smartphone Androi dengan Processor MediaTek, untuk Processor Qualcomm Snapdragon kami kira tidak pernah terjadi sebelumnya, maka dengan demikian tutorial ini khusus ditujukan untuk para pengguna Android dengan mesin MediaTek saja.

Untuk variant lain, seperti Processor Exynos dan Kirin, cara penanganannya akan berbeda dan jangan pernah sekali-kali menerapkan cara ini pada Android dengan Processor selain MediaTek, karena bisa jadi hal yang buruk akan terjadi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengembalikan IMEI pada Android MTK tersebut, hanya saja disini kami hanya pernah mencoba salah satu cara paling pendek yang akan kami bahas dibawah ini dan tentu saja setelahnya IMEI yang hilang kembali tercover dengan baik, setelahnya Smartphone Android tersebut bisa mendapatkan Signal lagi seperti sediakala.

Penting untuk kalian ketahui, bahwa ada 2 buah syarat utama yang harus kalian penuhi sebelum mengikuti cara dibawah ini, yaitu adalah sebagai berikut :


1. ROOT


Ini adalah syarat utama, karena tanpa ROOT maka tutorial dibawah ini tidak akan bisa kalian lakukan, karena cara yang akan kita tempuh ini adalah cara manual, jadi IMEI akan di Generate secara manual ke System, sehingga di perlukannya akses ROOT, maka pastikan device kalian dalam kondisi ROOTED sebelum mengikuti cara dibawah ini.


2. Tahu Nomor IMEI yang hilang tersebut


Ini adalah salah satu syarat penting, karena disini kita akan "Push" IMEI secara manual, tentu saja kalian perlu memasukan nomor IMEI yang ada pada smartphone Android kalian dengan benar, jika salah maka akan terjadi invalid pada NVRAM, sebagai akibatnya smartphone Android kalian akan Brick, jadi berhati-hatilah.

Untuk melihat nomor IMEI tersebut sebenarnya mudah saja, bisa di lakukan dengan 2 cara dibawah ini (jika kondisi smartphone kalian sudah hilang IMEI-nya) :


# Dari kotak dus smartphone


Pastinya setiap dus atau kotak smartphone itu memiliki IMEI yang tertempel pada bagian samping atau belakang dus smartphone tersebut, kecuali jika kalian membelinya secara ilegal, biasanya nomor IMEI ini di tempel dengan sticker khusus, tetapi jika kotak dus smartphone Android kalian hilang maka silahkan cari dengan menggunakan cara ke-2.


# Di dalam Smartphone Android anda


Selain itu kalian juga bisa melihat informasi IMEI tersebut tertempel pada bagian dalam smartphone Android anda, biasanya letaknya di baterai atau di belakang dudukan baterai, sehingga kalian mesti membongkar smartphone Android yang anda miliki terlebih dahulu untuk bisa mengetahui nomor IMEI yang hilang tersebut.

Jika sudah kalian pastikan nomor IMEI tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan mendownload dan menginstall alat-alat yang di butuhkan, pada kasus kali ini kita akan membutuhkan bantuan PC untuk melakukan generate IMEI, berikut adalah alat yang mesti di penuhi :



Cara Kembalikan IMEI Android yang hilang


1. Silahkan Extract dulu MTK IMEI Write Tool di PC / Laptop yang kalian miliki.
2. Setelahnya buka aplikasinya, hiraukan saja bahasanya memang aneh, tetapi tenang saja akan kami pandu.
3. Jika aplikasi telah terbuka silahkan tekan Y dan Enter.

Restore IMEI Android (MTK)

4. Selanjutnya silahkan masukan IMEI 1, pastikan tidak ada kesalahan dalam Input IMEI, gambarannya akan seperti di bawah ini, lalu tekan Enter.

Restore IMEI Android (MTK)

5. Masukan lagi IMEI 2 (Jika Dual SIM), jika Single SIM masukan saja nomor IMEI 1 lagi dan tekan Enter.

Restore IMEI Android (MTK)

6. Pada tahap ini kalian sudah berhasil melakukan Generate IMEI, selanjutnya buka Folder MTK IMEI Write Tool dan temukan file bernama IMEI.bak dan Copy atau pindahkan ke Internal Storage Smartphone Android kalian.

Restore IMEI Android (MTK)

7. Install Mobile Uncle Tool di Android kalian.
8. Buka aplikasi tersebut dan pilih opsi IMEI Backup.
9. Terakhir, lakukan Restore pada file IMEI.bak yang sudah kalian Copy Paster sebelumnya,
10. Lakukan Reboot.
11. Selamat! nomor IMEI di Android kalian sudah kembali.
12. Done!

Dengan demikian, cara untuk mengembalikan IMEI Android khusus mesin MediaTek sudah kalian lakukan, hanya saja kami tidak menjamin cara ini sepenuhnya berhasil, di beberapa smartphone Androi dengan versi OS Android yang berbeda, mungkin cara diatas tidak akan berhasil.

Selain itu kami juga tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang lebih parah lagi, karena jika satu angka saja kalian salah menginput nomor IMEI, maka cerita akhirnya akan berbeda.

Maka dari itu lakukan dengan hati-hati, kalau bisa silahkan cek IMEI yang kalian input, pastikan sama dan yang paling penting pastikan hanya menggunakan nomor IMEI yang memang teruntuk untuk Smartphone Android kalian, jangan gunakan sembarang nomor IMEI, itu akan sangat berbahaya.
bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot