ARTIKEL ANDROID TERBARU

Cara pasang TWRP Recovery Oppo R11

Cara pasang TWRP Recovery Oppo R11

Seperti yang kalian ketahui, device Oppo memang banyak peminatnya sekarang ini, tetapi dari segi pengembangan dan komunitas tidak seterang vendor saingan utama yaitu Xiaomi, hanya ada beberapa jenis seri device Oppo saja yang mendapat perhatian dari developers pihak ke-3 dan salah satu device istimewa tersebut ialah Oppo R11, yang pada faktanya sudah bisa di pasangi TWRP Recovery saat ini.

Namun, sebelum kalian memasangkan TWRP pada Oppo R11 tersebut, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan utama di bawah ini, dan kalian harus melakukan hal ini dengan hati-hati dan teliti, karena potensi bootloop ada, tetapi tenang saja, jika kalian melakuan semuannya sesuai dengan yang sudah di tuliskan, kami jamin TWRP akan 100% berhasil terpasang pada device kalian.

Syarat utama sebelum memasangkan TWRP :
1. Unlock Bootloader
2. PC atau Laptop
3. USB Cable.
4. Driver ADB dan Fastboot, download DISINI
5. TWRP Oppo R11 DISINI
6. Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0

Catatan : File TWRP yang kalian download di atas, bukan hanya sekedar file TWRP saja, karena di dalam file arsip tersebut terdapat firmware Oppo yang bisa kalian gunakan untuk melakukan Flashing di type Oppo R11 yang di support sebagai berikut :

Oppo R11: 16051
Oppo R11T: 16052
Oppo R11 Plust: 16102
Oppo R11 Plus: 16103
Oppo R11 Pluskt: 16116
Oppo R11 Plusk: 16118

Jadi, jangan heran jika size yang perlu kalian download cukup besar, karena file tersebut sudah support untuk semua variant Oppo R11, tetapi pada tutorial kali ini kalian hanya perlu mengambil file yang benama Recovery.img di firmware spesifi sesuai type device Oppo kalian

Cara pasang TWRP Recovery Oppo R11


Cara pengerjaannya adalah :
1. Silahkan kalian lengkapi dulu persyaratan di atas.
2. Jika sudah rename file recovery yang kalian download tadi menjadi twrp.img lalu copy atau pindahkan file twrp.img yang sudah kalian rename tadi, masukan kedalam folder direktori Abd dan Fastboot di PC kalian.
3. Untuk file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0, segera pindahkan ke Internal Memory device Oppo R11 kalian.
4. Koneksikan device kalian ke PC dengan USB dan buka aplikasi Command Promt a.k.a CMD pada pada direktory driver ADB dan Fastboot kalian.
5. Silahkan masuk ke mode bootloader dengan cara memasukan perintah ini :

abd reboot bootloader

6. Jika sudah masuk ke mode bootloader coba masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika sudah terkoneksi dengan baik silahkan masukan perintah ini ;

fastboot flash recovery twrp.img

lalu masukan lagi perintah ini

fastboot boot twrp.img

7. Tunggu hingga device kalian reboot dan masuk ke mode TWRP secara otomatis, jika sudah segera Flash file Dm-verity and Forced Encryption Disabler 6.0 untuk menghindari bootloop setalah memasangkan TWRP tersebut.
8. Done, kalian sudah bisa melalukan reboot saat ini dan TWRP sudah terpasang pada device kalian, untuk bisa masuk ke mode TWRP kalian bisa menekan tombol volume up (-) dan Power berbarengan saat kondisi device Power Off atau kalian juga bisa masuk ke mode TWRP dengan perintah fastboot boot twrp.img melalui CMD.

Info Penting! lakukan Backup sebelum memasangkan TWRP tersebut, karena ada potensi bootloop, jika kalian mendapati masalah terkait TWRP yang tidak bisa membaca Memory Internal atau terkunci, solusinya sudah di tuliskan lengkap dan ampuh DISINI.

Jika kalian sudah mengikuti cara diatas dengan benar sepenuhnya, mestinya kalian sudah berhasil memasang TWRP ini secara 100% berhasil, dan jangan khwatir metode ini sudah kami uji coba dan berhasil, jadi selamat menikmati TWRP baru pada device kesayangan kalian. 
KOTAK PENCARIAN
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.

Post a Comment