RILIS ARTIKEL TERBARU

Atasi masalah TWRP yang terkunci, TWRP yang tidak bisa membuka internal memory

Team Win Recovery Project atau kerap di singkat TWRP ini memang menjadi sebuah Custom Recovery primadona bagi hampir seluruh kalangan user Android sekarang ini, karena tidak dapat di pungkiri, TWRP ini tersebut memang memiliki fitur yang sangat komplit yang sama sekali tidak bisa di bandingkan dengan Recovery bawaan smartphone yang ada saat ini, terlebih lagi tampilan UI (User Interface) pada TWRP ini juga di buat sangat baik dan sudah support fungsi layar sentuh.

Tetapi di balik hebatnya TWRP tersebut, nampaknya jika di pasangkan ke device Android yang berbeda-beda maka akan menimbulkan masalah yang berbeda-beda juga, dan saat ini masalah yang paling sering terjadi adalah terkuncinya atau tidak bisanya TWRP tersebut membaca isi dari Memory Internal smartphone kalian.

Masalah yang sebenarnya baru akan membesar setelahnya, karena TWRP ini bisa menjadi biang keladi yang membuat device kalian bootloop, kenapa bisa demikian? karena memang sejatinya system smartphone Android itu berbeda-beda dan tidak sama di setiap type dan juga di setiap versi Androidnya, dan untuk menangani hal itu maka di perlukan sebuah file khusus untuk melakukan disable terhadap DM-Verity atau mudahnya kita sebuah No-Verity, kalian bisa mendapatkan file No-Verity tersebut DISINI.

Sayangnya, file No-Verity ini hanya akan bisa berfungsi jika kalian sudah melakukan Flashing terhadap file tersebut tepat setelah kalian memasangkan TWRP ke device Android kalian, yang jadi masalahnya adalah bagaimana mungkin melakukan Flashing file No-Verity, jika TWRP terkunci atau tidak bisa membaca Memory Internal device kalian? maka disini akan kami jabarkan caranya dengan sangat jelas dan pasti.

# Cara mengatasi TWRP yang terkunci atau tidak bisa membaca Memory Internal



Ingat! cara ini akan menghilangkan semua file yang ada di Memory Internal kalian, lakukan Backup sebelum melakukan cara ini, jika tidak bisa lagi di backup karena bootloop, ikhlaskan data kalian, dan mulailah move-on!, cara untuk mengatasi ini sangat gampang yang perlu kalian lakukan adalah dengan cara melakukan Format Data pada fitur TWRP pada menu "WIPE", setelah itu maka kalian bisa mengakses Memory Internal kalian lagi dengan bebas tanpa terkunci atau timbul masalah lainnya lagi.

Namun, masalah tersebut masih berlanjut, karena jika kalian melakukan Format Data pada Memory Internal kalian, maka file No-Verity yang sudah kalian copy atau pindahkan ke Memory Internal kalian akan hilang bukan? maka solusinya mudah saja, ikuti salah satu cara dari 2 buah cara yang di sebutkan di bawah ini :

1. Copy kembali file DM-Verity atau No-Verity ke Memory Internal



Caranya sangat mudah kalian hanya perlu menyiapkan kabel USB kalian dan masuk ke mode TWRP, dan pilih menu "Mount" dan arahkan ke "Internal Storage", lalu sambungkan device kalian ke PC dengan menggunakan kabel USB, dan copy-kan atau pindahkan file No-Verity tersebut ke Memory Internal kalian, lalu lakukan Flash terhadap file tersebut dari TWRP, beres!.

2. Menggunakan kemampuan ADB Sideload



Fitur ini juga secara default sudah ada di menu utama TWRP, namun fitur ini baru akan berkerja jika fitur USB Debugging sudah aktif di smartphone Android kalian, caranya DISINI, dan juga ADB Driver juga sudah terinstall di PC kalian, tutorialnya DISINI, jika semua syarat tersebut telah kalian penuhi maka saat ini kita bisa melakukan ADB Sideload tersebut.

Pertama, silahkan kalian masuk mode TWRP dan pilih menu "Advance" lalu "ADB Sideload", kemudian hubungkan smartphone kalian ke PC dengan kabel USB, jika sudah terhubung ketikan perintah ini :

adb devices

Jika device kalian sudah benar-benar terhubung, langsung saja Flash file no-verity (file No-Verity harus kalian letakan di tempat atau di dalam folder ADB Driver berada), masukan perintah ini untuk melakukan Flash :

adb sideload <nama file.zip>

Contonya akan seperti ini :

adb sideload no-verity.zip

Prosesnya akan berlangsung dengan sangat cepat, jika sudah selesai, saat ini kalian sudah bisa melakukan reboot pada device kalian, beres!.

Dengan, demikian harsunya masalah yang kalian cari dan kalian temui di TWRP sudah selesai dengan adanya bimbingan dari artikel hebat ini, jika kalian merasa kurang jelas, kalian bisa bertanya di kolom komentar di bawah, dan sekali lagi, ini sangat penting!, lakukan Backup data kalian sebelum memasangkan TWRP, karena ada potensi data di Internal Memory kalian akan hilang selamannya.
bm

Suka makan gorengan tapi minyaknya jangan banyak, cita-cita jadi insinyur.


Post a Comment